alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a3768e0b75b454020000bd/inilah-kenapa-sekolah-negeri-mahal
Inilah Kenapa Sekolah Negeri Mahal
Jakarta - Wagub DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Sekolah MH Thamrin, di Cipayung, Jakarta Timur. Dalam sidak tersebut Ahok sewot karena mengetahui sekolah tersebut berbiaya mahal dan anak-anak yang kurang mampu tidak bisa masuk ke sekolah tersebut.

"Jadi biaya di sekolah ini menjadi mahal karena tenaga pengajar menggunakan tenaga dari Surya Institute. Kontrak mereka sebenarnya sudah habis sejak Agustus 2012 lalu. Tapi pengguna sekolah ini banyak yang fanatik," ujar Ketua Komite Sekolah MH Thamrin, Dedi Windiyarso, Rabu (14/11/2012).

Dedi juga menjelaskan kenapa dalam Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) 2012/2013, anggaran untuk membayar Surya Institute yang besarnya mencapai Rp 2,06 miliar masih tercantum. Menurutnya ini merupakan bagian dari keinginan sekolah untuk mencetak guru-guru yang handal sehingga bisa menghasikan murid yang berpretasi.

"Kita ingin menjadikan sekolah ini bukan hanya mencetak murid-murid yang hebat, tapi kita ingin mencetak guru-guru yang handal serta manajemen yang transparan," terangnya.

Dedi juga menyebutkan, dengan kehadiran staf pengajar dari Surya Institute, bisa mendongkrak pretasi sekolah tersebut. Menurutnya Surya Institute sudah sangat terbukti dalam lomba-lomba antar sekolahan.

"Saat tahun pertama dengan staf pengajar dari Surya Institute, kami berhasil menjuarai Olimpiade Sains Nasional di Medan. Tapi setelah diputus dengan Surya Institute, anak kita prestasinya menurun. Ini juga yang membut orang tua murid tidak mau apabila kontrak dengan Surya Institute itu diputus," terangnya.

Dia menambahkan tidak keberatan apabila memang biaya iuran sekolah bisa dipotong. Asalkan dengan pengurangan biaya itu, tidak menurunkan kualitas dan prestasi sekolah itu.

"Tidak apa-apa, asalkan penurunan prestasi yang terjadi tidak terulang kembali," imbuhnya.

SMA MH Thamrin, sudah melakukan kerjasama dengan Surya Institute sejak pertama sekolah itu berdiri pada tahun 2009. Anggaran yang disiapkan untuk membayar tenaga pengajar dari lembaga milik fisikawan Indonesia, Yohannes Surya itu juga tidak kecil. Untuk tahun ajaran 2009/2010 dan 2010/2011 jumlah kontrak mencapai Rp 1,7 miliar. Sementara untuk tahun ajaran 2012/2013 mencapai Rp 2,06 miliar.

Sebelumnya, Ahok sewot karena sekolah tersebut tak banyak menampung siswa miskin namun pintar.

"Intinya saya juga nggak suka, 'kalau uang tidak cukup jangan salahkan kami', ada filosofi 'anakmu sekolah di sekolah saya'. Saya ancam Saudara, saya (Wagub DKI) yang atur," ujar Ahok dengan nada keras dan tegas.

Sekolah MH Thamrin merupakan lembaga pendidikan negeri terdiri dari SD hingga SMA. Menurut APBD bidang pendidikan, terdapat subsidi untuk anak-anak miskin yang pintar untuk masuk sekolah unggulan. Sekolah MH Thamrin didatangi Ahok karena terdapat kabar bahwa sekolah itu hanya diisi siswa berduit.

(riz/nwk)
[url]http://news.detik..com/read/2012/11/14/160617/2091784/10/ini-alasan-mengapa-sekolah-mh-thamrin-mahal?991104topnews[/url]
-----------------------------------------------------------------------------------------------

Kalo cara mengelola sekolah negeri seperti ini pake outsorcing segala yang nilainya bisa ampe 2 M / tahunemoticon-Bingung (S) , sampe kiamat pun orang miskin walaupun pandai kaga bakalan bisa masuk ke sekolah negeri emoticon-Sorry
itu peluang bisnis namanya agan, xpa sih yg gk suka duit??
Nice info gan emoticon-thumbsup
masih byk kok sekolah negeri yg gratis bner2...tp klo udah ada embel2 unggulan ao apalah kaga mungkin dah...
Quote:Original Posted By ugatz
masih byk kok sekolah negeri yg gratis bner2...tp klo udah ada embel2 unggulan ao apalah kaga mungkin dah...

Adik ane sekolah di sekolah negeri pake embel2 unggulan, gratis kok gak keluar duit sama sekali emoticon-Stick Out Tongue
ooh yg dibanggain juara sains.

emang dari ribuan anak, semuanya pernah jadi juara sains?

paling2 cuma >10 orang.

sisanya? ya juara dota.
yah klo koh ahok berani gaji guru2 di atas 10 jt, mungkin itu sekolah gak akan mahal biayanya.... emoticon-Ngakak
sekolah ababil
kalau gurunya memang gak kompeten pecat saja tuch gurunya
bukannya biaya disekolah negeri gratis yah??
kok mahal??
gila bangat ya, klu dana sekolah jgn dikorupsi lah...
ada uang embel2nye gmn gk mahal tuh
Semoga kualitas sekolah ngeri makin bagus shg tercipta generasi penerus bangsa yang hebat"
Bukannya gratis yah SD-SMP di negeri ?
ternyata guru pun di outsourcing juga yaa ... luar biasa emoticon-Ngakak
pantes ane lihat guru sekarang kaya2 parkiran depan sekolah sampe ngga muat, ane pikir mobil para wali, ngga taunya punya guru.. beda jaman ane sekolah dulu satu2nya yg punya kendaraan kepsek doang itu juga vespa tua
Quote:Original Posted By mbia
pantes ane lihat guru sekarang kaya2 parkiran depan sekolah sampe ngga muat, ane pikir mobil para wali, ngga taunya punya guru.. beda jaman ane sekolah dulu satu2nya yg punya kendaraan kepsek doang itu juga vespa tua


lagu guru oemar bakrie udah ga berlaku emoticon-Big Grin

sekarang oemar bakrie udah ketauan sebagai pamannya ARB sehingga sepeda kumbangnya ditukar mobil mewah...
jangan menggeneralisir dong.. emoticon-Big Grin kan cuma sekolah itu doang yang pake outsourcing mahal. Yang laennya? bahkan masih banyak guru honorer yang susah banget buat jadi PNS.. emoticon-Ngakak (S)
buka sekolah swasta aja...sepertinya kalo sekolah negeri, dianggap gurunya abal-abal, kayak ga ada kehormatan diri guru negerinya...sungguh geblek,,emoticon-Najis
bah kok pengajarnya dari luar, trus guru tetapnya bobok doang dong... super sekaliemoticon-Big Grin
parah ya bray
ANE BANGGA BERSEKOLAH DI SEKOLAH SWASTA !!
BUKAN SEKOLAH NEGERI GATEL !
INGAT ITU BRAY !
SEKOLAH SEPERTI BAGI ORANG2 YANG ORANG TUANYA MALAS BEKERJA !