alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a35880e474b4316100017c/upah-buruh-semakin-mahal-foxconn-pilih-pekerjakan-robot
Upah Buruh Semakin Mahal, Foxconn Pilih Pekerjakan Robot
Upah Buruh Semakin Mahal, Foxconn Pilih Pekerjakan Robot

Upah Buruh Semakin Mahal, Foxconn Pilih Pekerjakan Robot


KOMPAS.com - Foxconn, raksasa manufaktur elektronik asal China yang sering dikritik soal perlakuan buruknya pada pekerja, dikabarkan telah mulai menggantikan buruh pabrik dengan robot.

Sebanyak 10.000 unit robot bernama "Foxbot" dilaporkan telah tiba di setidaknya satu pabrik Foxconn. Lainnya, sebanyak 20.000 unit, dijadwalkan menyusul pada akhir tahun.

Tiap unit robot ini berharga antara 20.000 hingga 25.000 dollar AS. Jumlah tersebut tiga kali lipat lebih besar dibandingkan gaji tahunan rata-rata pekerja Foxconn.

Apa alasannya Foxconn memilih solusi robot yang lebih mahal ketimbang mempekerjakan tenaga manusia?

Pada Juli 2011, pendiri dan chairman Foxconn Terry Gou pernah menjelaskan bahwa langkah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan juga sebagai solusi atas upah buruh yang terus naik.

Selain itu, ribuan robot tersebut akan menggantikan tugas manusia yang dianggap berbahaya dan membosankan.

Alasan lain, banyaknya kasus bunuh diri pekerja di pabrik-pabrik Foxconn yang sepertinya membuat pusing para petinggi Foxconn.

Sebelum rencana penggantian pekerja dengan robot ini diumumkan tahun lalu, setidaknya 16 orang pegawai Foxconn melakukan bunuh diri sejak 2010 di salah satu pabriknya di Shenzen, China.

Kebanyakan pelaku bunuh diri melakukan aksinya dengan meloncat dari ketinggian gedung, sehingga Foxconn memasang "jaring anti-bunuh diri" untuk mencegah kejadian serupa. Banyaknya kasus bunuh diri ini pun membuat Foxconn terpaksa menaikkan gaji pekerja sebesar 25 persen.

Fasilitas Foxconn juga beberapa kali dilanda kerusuhan oleh pekerja. Akhir September lalu pabrik di Taiyuan sempat tutup selama 24 jam karena dibuat rusuh oleh 2.000-an pekerja. Kabarnya, 3.000 hingga 4.000 pekerja juga sempat mogok awal Oktober lalu, tapi hal ini dibantah oleh Foxconn.

Rentetan masalah di atas diharapkan hilang saat pasukan Foxbot datang menggantikan para pekerja yang ada sekarang.

Kompas

Selamat deh buat buruh yang berjuang menuntut kenaikan upah
pekerjaan kalian bakal di gantikan robot emoticon-Ngakak (S)
pake robot enak, kaga bawel.. kayak kuda. hahahaha

Tingkat kemiskinan naik karena perbuatannya sndiri... huuu !!
padahal kemaren ada orang SP yang ngebanggain kalo foxconn mo buka pabrik di indonesia emoticon-Embarrassment
kalo bikin pabrik di negara yang buruhnya cerewet ... mendingan pake robot aja ... paling tinggal ganti oli ama servis doang ... gak repot ... emoticon-Big Grin

ngapain kita ngasih kerja ke orang yang gak tau budi .. ??? mendingan duitnya di pake buat foya foya ... emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
30.000 unit robot berarti menggantikan katakanlah hitungan kasar 90.000 pekerja, dengan asumsi robot bisa bekerja 24 jam, sementara untuk kerja 24 jam perlu 3 shift pekerja.

Robot tidak butuh hari libur, THR, cuti, dan yang pasti, kalau mau diganti nggak perlu pesangon. Pengawas robot mungkin cuma butuh 100-200 orang karena dengan sistem komputerisasi monitoring jauh lebih mudah. Gimana kalo robotnya rusak? Tinggal panggil vendor maintenance, nggak perlu ngegaji maintenance sendiri.

Kalo hitungan kayak gini siapa yang paling diuntungkan?
Semoga para buruh bisa menjadi THE SIX MILLION DOLLAR LOOSER
y selayaknya di era modern gni pilihan pake robot gk bacod klu kerja, dan lebih lama pakainya...
sudah nggak bawel, produktivitas tinggi pula.. emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By kabei
padahal kemaren ada orang SP yang ngebanggain kalo foxconn mo buka pabrik di indonesia emoticon-Embarrassment


Ya kalaupun jadi buka pabrik di sini, ane yakinnya Foxconn pengen pake robot juga emoticon-Embarrassment
Revolusi industri jilid II, ROBOTNISASI, awal dari berkembangnya koloni robot. . .
yang servis robot kan manusia juga...
nambah lagi pengeluaran emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By yuniharto
30.000 unit robot berarti menggantikan katakanlah hitungan kasar 90.000 pekerja, dengan asumsi robot bisa bekerja 24 jam, sementara untuk kerja 24 jam perlu 3 shift pekerja.

Robot tidak butuh hari libur, THR, cuti, dan yang pasti, kalau mau diganti nggak perlu pesangon. Pengawas robot mungkin cuma butuh 100-200 orang karena dengan sistem komputerisasi monitoring jauh lebih mudah. Gimana kalo robotnya rusak? Tinggal panggil vendor maintenance, nggak perlu ngegaji maintenance sendiri.

Kalo hitungan kayak gini siapa yang paling diuntungkan?


FOXCON yang jelas lah .... nah para buruh siap-siap gigit jari aja dah .... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
foxconn, mb aja mahal...

kalo pekerjanya robot, ane juga ga yakin harganya bakalan murah. emoticon-Ngakak
itu sebabnya di China, pertumbuhan jumlah penduduk dikontrol dengan ketat, kalo ndak, bakal puyeng nyediain lapangan kerja yg pendapatannya layak buat warganya. Di sini kalo bilang KB, pada lari semuaemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By IPduakoma
yang servis robot kan manusia juga...
nambah lagi pengeluaran emoticon-Ngakak


ntar ada robot tukang servicenya juga gan emoticon-Ngakak
bener, pake robot . paling butuh teknisi ajah. tuh teknisi emang kerja nya pake mikir
kebanyakan demo minta tuntutan ke perusahaan tar perusaha2n pada milih pake robot yg nga rewel dan nga ada cuti paling maintenance 1 hari penuh untuk perawatan akibatnya banyak penganguran
Quote:Original Posted By batu.merah
foxconn, mb aja mahal...

kalo pekerjanya robot, ane juga ga yakin harganya bakalan murah. emoticon-Ngakak


lha, emangnya foxcon cuma bkin mb doang? emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Cape d... (S), ini lah yang di takutkan, tenaga manusia ga bisa di gunain lagi. semuannya udah pakek tenaga robot. otomatis banyak penganguran di mana-mana, trus tingkat kejahatan pasti meningkat.emoticon-Sorry
MEMANG BAGUSNYA SIH PAKE ROBOT SEMUA DAH...
×