alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a2dc71572acf08460000c4/china-dan-rusia-akan-kerjakan-kereta-trans-sulawesi
China dan Rusia akan kerjakan kereta trans Sulawesi
Quote:Pemerintah Daerah Sulawesi Barat menyatakan pengerjaan jalur kereta trans Sulawesi rencananya akan dilakukan oleh investor dari China dan Rusia. Proyek jalur transportasi kereta api pertama di pulau Sulawesiini ditargetkan akan melakukan peletakan batu pertama pada akhir 2013.

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, mengatakan pemerintah saat ini tengah mempertimbangkan investor yang akan mengerjakan proyek ini. Tidak menutup kemungkinan proyek ini akan dikerjakan oleh dua investor mengingat panjangnya jalur kereta tersebut.

"Ini kan 2.000 km. Pertimbangan pemilihan investor tentu yang paling banyak uangnya lah biar tidak tersendat-sendat," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional,Jakarta, Kamis (8/11).

Dia mengatakan terdapat enam gubernur yang telah menandatangani kesepahaman untuk mendukung percepatan realisasi proyek ini. Proses pembebasan lahan menjadi salah satu aspek dukungan dari pemerintah daerah.

"Enam gubernur tersebut ialah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Sulawesi Utara," tuturnya.

Jalur kereta yang membentang dari utara hingga selatan sulawesi ini tengah menunggu masukan dari konsultan mengenai konsep pengerjaanapakah menggunakan teknologi baru atau lama.

"Teknologi yang digunakan adalah teknologi baru atau teknologi yang kayak di Indonesia. Kalau teknologi baru kan itu gunung-gunungditembus semua. Itu kita masih tunggu dari konsultannya," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa proyek kereta trans Sulawesi membutuhkan dana sekitar USD 2miliar.

Salah satu investor yang menyatakan ketertarikannya ialah Rusia melalui BUMN negara tersebut. Proyek ini nantinya akan sepenuhnya dikerjakan oleh pihak swasta dan tidak menutup kemungkinan melibatkanpemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Hal itu bisa saja terjadi sepanjang tidak ada yang dirugikan," ucap Hatta.


Sumber

Bukan hanya yang paling banyak duitnya, tapi yang pengerjaannya paling jempolan....

Mending KA di Sulawesi diurus oleh swasta saja deh......

Ngomong-ngomong kok "negeri saudara tua" tidak ikutan ya?
saudara tua? jepang maksudnya?
haha.. mereka mending jualan mobil...
Quote:Original Posted By blue_danube
saudara tua? jepang maksudnya?
haha.. mereka mending jualan mobil...


bener juga ya, mereka paling eneg dengan rencana macam ini emoticon-Big Grin
Quote:Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa proyek kereta trans Sulawesi membutuhkan dana sekitar USD 2miliar.

bener nih cuma segitu biayanya untuk proyek sepanjang 2000 km ?
murah banget.... emoticon-Hammer

atau jangan2 ini exclude biaya PEMBEBASAN tanah ? emoticon-Bingung (S)
China, korea sama russia beperan besar banget dalam pembangunan infrastruktur di daerah-daerah. Pemerintah Indonesia terlalu angkuh dan sentralis, pembangunan infrastruktur hanya fokus ke pulau Jawa.

Saatnya daerah-daerah tidak ketinggalan sama provinsi-provinsi di Pulau Jawa
Mantap infonya gan. Ane orang sulawesui. Semoga cepat terealisasi
Quote:"Teknologi yang digunakan adalah teknologi baru atau teknologi yang kayak di Indonesia. Kalau teknologi baru kan itu gunung-gunungditembus semua. Itu kita masih tunggu dari konsultannya," jelasnya.

gunung di tembus maksudnya dibelah ? gunung ga usah di tembusemoticon-Big Grin
make teknologi lama aja bikin terowongan,kan ciamik tuh emoticon-Big Grin kek terowongan ijo emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Uthe18


bener nih cuma segitu biayanya untuk proyek sepanjang 2000 km ?
murah banget.... emoticon-Hammer

atau jangan2 ini exclude biaya PEMBEBASAN tanah ? emoticon-Bingung (S)


nampaknya memang itu TIDAK TERMASUK biaya pembebasan lahan....
Masak, untuk peletakan batu pertama musti tunggu sampai akhir 2013?

Apa nggak keburu bulukan?
Quote:Original Posted By mukidivanbekasi
Masak, untuk peletakan batu pertama musti tunggu sampai akhir 2013?

Apa nggak keburu bulukan?


wajarlah klo 2013
klo ga salah trans sulawesi railways ini sebelumnya ga msk program MP3EI

malah ane perkirain bakalan molor
perkiraan ane 2014 sebelum pak SBY lengser baru groundbreaking, ato bisa aja 2015 ato 2016
Quote:Original Posted By couk


wajarlah klo 2013
klo ga salah trans sulawesi railways ini sebelumnya ga msk program MP3EI

malah ane perkirain bakalan molor
perkiraan ane 2014 sebelum pak SBY lengser baru groundbreaking, ato bisa aja 2015 ato 2016


Emang ga masuk, cuma udah ada masterplannya ttg jaringan kereta sampe 2030.
emoticon-Bingung (S) gw denger berita ini udah lama keknya...
sampe ada gosip2 pembuatan pangkalan militer rusia segala di sulawesi sana...

#just gosip.. hal kaya gini gak akan ada publikasi besar2an emoticon-Embarrassment
asia timur gedeg gan sama asia tenggara emoticon-Big Grin

tapi kalau dari 2 negara itu,ane kurang percaya gan.
karena 1.Russia sering membuat hal2 yang aneh emoticon-Ngakak
2.Barang dari cina kebiasaan KW emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Ryokamazaky
asia timur gedeg gan sama asia tenggara emoticon-Big Grin

tapi kalau dari 2 negara itu,ane kurang percaya gan.
karena 1.Russia sering membuat hal2 yang aneh emoticon-Ngakak
2.Barang dari cina kebiasaan KW emoticon-Ngakak


Rusia sudah berpengalaman membuat jalur Trans Siberian yang medannya ganas....

ente jangan asal bacot kalau mengenai kualitas barang Rusia
cuma 2 hal yang dipikiran ane

1. KAI ga usah dilibatin deh, swasta aja sekalian dan liat perkembangannya, liat aja kereta di jawa, telat, penuh hadehh, ane aja waktu ada tugas di jateng lagi naik kereta ekonomi pagi2 ada 2 orang yang satu kayaknya mabok berantem di kereta emoticon-Cape d... (S)

2. russia & china, nanti ada hal lain ga yang dibangun sama 2 negara ini.
masih wacana masih juaoh implementasinya....
hasil akhir studi..... paling paling belum layak secara finansial.
mundur mundur sampai 2030.
bakal tebih hebat dari pulau yang ada di pulau jawa nih
kenapa selama ini pembangunan railroad cuma berakhir di wacana dan wacana saja??
semoga bukan untuk mengangkut hasil kekayaan alam
Quote:Original Posted By mbia
semoga bukan untuk mengangkut hasil kekayaan alam


utk mengangkut penumpang lahemoticon-Malu (S)