alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a1bc23e474b44f22000000/pakar-maroko-nilai-indonesia-tidak-lahirkan-ulama-tingkat-dunia
Pakar Maroko Nilai Indonesia Tidak Lahirkan Ulama Tingkat Dunia
Pakar Maroko Nilai Indonesia Tidak Lahirkan Ulama Tingkat Dunia

Senin, 12 November 2012
Hidayatullah.com--Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia dinilai gagal menelorkan ulama tingkat dunia. Demikian disampaikan Prof Dr Mariam Ait Ahmed, Guru Besar Universitas Ibnu Thufail Maroko dalam Nadwah Ilmiyah yang diselenggarakan Pengurus Pusat Lembaga Bahtsul Masail (LBM) di ruang pertemuan Syuriyah PBNU, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2012) siang.

“Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, tapi tidak ada ulama Indonesia yang tampil di kancah dunia,” katanya.

Dirinya tidak menemukan karya ilmiah yang menonjol yang dipersembahkan oleh ulama Indonesia saat ini untuk dunia. Selain karya, peran ulama Indonesia dalam mengatasi berbagai persoalan dunia muslim juga tidak nampak.

Tidak hanya ulama Indonesia, Mariam Ait Ahmed yang dikenal sebagai pakar perbandingan agama itu juga mempertanyakan peran ulama Timur Tengah. Katanya, ulama Timur Tengah tidak banyak berbuat sesuatu untuk mengatasi persoalan pemuda Islam, terutama yang muncul akibat perkembangan teknologi informasi.

“Para ulama (Timur Tengah) hanya mengatakan naudzubillah (kita berlindung kepada Allah, red) dan tidak melakukan apa-apa,” katanya, mengutip ayat Al-Quran yang menyerukan umat Islam untuk bertindak aktif mengatasi berbagai persoalan yang sedang dihadapi.

Mariam Ait Ahmed, seperti diberitakan laman NU, juga memberikan kuliah umum di hadapan segenap civitas akademika STAINU Jakarta di aula PBNU, Senin malam. Kuliah umum yang bertajuk “Ad-Dirasah al-Islamiyah, Mafhumuha wa Majaluha” ini dimulai pukul 18.30 WIB.

Selain menjadi guru besar perbandingan agama, Prof Mariam merupakan ketua organisasi Persaudaraan Indonesia-Maroko. Rencananya, STAINU Jakarta akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan organisasi ini dalam hal kebudayaan dan pendidikan.*
Rep: Insan Kamil
Red: Syaiful Irwan

Sumber : http://www.hidayatullah.com/read/258...at-dunia-.html

--------------------------------------------------------
Pada sibuk perebutan kue dunia
kalo Ulama tingkat dunia dari Maroko dan negara2 Timteng emang siapa aja ya?
sementara ini kita cukup berbangga punya presiden yg produktif melahirkan album,udah album ke-4 lohemoticon-Blue Guy Cendol (L)
ya jelas ga mungkin
islam di indo itu islam tradisional
masih sering melakukan amalan amalan yg ada hubungannya dengan kebudayaan hindu
tapi tetep mereka mengklaim ahlu sunna
ya gapapa bagus mengklaim ahlu sunnah
daripada mengklaim syi'ah



pada sibuk rebutan kursi gan
anda terlalu naif berpandangan seperti itu...karena telah mengesampingkan para ulama bangsa seperi syeikh yasin padang,,syaikh hasyim as'ari,tengku hasby assidiqie,buya hamka,,syaikh ali mahsun.generasi sekarang ada prof quraish sihab,kh sahal mahfudz,,dan masih banyak ratusan bahkan mungkin ribuan.....

islam diindonesia bukan islam timur tengah yang terlihat dari luar..islam diindonesia islam yang subtansial..islam tingkah laku dan toleransi ,,warisan walisongo islam yang berdampingan dg adat.meskipun ada sebagian kelompok ekstrim yang merusaknya...silahkan datang ke kh sahal mahfudz (kajen pati) beliau mengarang ratusan kitab dan hafal puluhan kitab wajib fiqhiyyah..dan masih bnyak ulama pesantren laen yang tidak dikenal media..
Quote:Original Posted By fahrezza
anda terlalu naif berpandangan seperti itu...karena telah mengesampingkan para ulama bangsa seperi syeikh yasin padang,,syaikh hasyim as'ari,tengku hasby assidiqie,buya hamka,,syaikh ali mahsun.generasi sekarang ada prof quraish sihab,kh sahal mahfudz,,dan masih banyak ratusan bahkan mungkin ribuan.....


Maksudnya Gan :
Pemikirannya dijadikan acuan oleh muslim dunia, yang tidak terkotak oleh Mazhab.
maroko seblah mananya margonda om ? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By fahrezza
anda terlalu naif berpandangan seperti itu...karena telah mengesampingkan para ulama bangsa seperi syeikh yasin padang,,syaikh hasyim as'ari,tengku hasby assidiqie,buya hamka,,syaikh ali mahsun.generasi sekarang ada prof quraish sihab,kh sahal mahfudz,,dan masih banyak ratusan bahkan mungkin ribuan.....

islam diindonesia bukan islam timur tengah yang terlihat dari luar..islam diindonesia islam yang subtansial..islam tingkah laku dan toleransi ,,warisan walisongo islam yang berdampingan dg adat.meskipun ada sebagian kelompok ekstrim yang merusaknya...silahkan datang ke kh sahal mahfudz (kajen pati) beliau mengarang ratusan kitab dan hafal puluhan kitab wajib fiqhiyyah..dan masih bnyak ulama pesantren laen yang tidak dikenal media..

ane tambahin gan.syaekh Nawawi Al Bantani.beliau pada zamannya memang asli ulama internasional.kitab-kitabnya menjadi rujukan dunia pendidikan islam hampir di seluruh negara Islam.
mungkin si profesor ini kurang membaca sejarah pendidikan Islam secara konfrehensif. Cuma membaca dunia kekinian.
Quote:Original Posted By wismaasri


Maksudnya Gan :
Pemikirannya dijadikan acuan oleh muslim dunia, yang tidak terkotak oleh Mazhab.


syeih yasin yang lama bermukim dimekah,,, bahkan pemikir baru mesir yang sekarang menonjol banyak yang berguru pada beliau waktu dimakkah...beliau ahli bidang tafsir hadist,,karyanya bnyak diperpustakaan universitas islam madinah.(madzhab syafii)

tengku muhammad hasby assidyqydan buya hamka(madzhaf hanafi)
karya beliu termasuk tafsir alquran dan dah bnyak diterjemahkan di berbagai bahasa..kamus arab indonesia inggrisnya adja jadi pegangan mahasiswa kairo mesir..


ane pikir masih bnyak...cuma pengetahuan ane cetek..kamren sempet baca2 literatur islam aja..
kebanyakan ngurusin politik
dan mau aja di tunggangi oleh pejabat ketika kampanye
Quote:Original Posted By fahrezza




ane pikir masih bnyak...cuma pengetahuan ane cetek..kamren sempet baca2 literatur islam aja..


Sama Saia Juga Cetek.
Mari kita implementasikan sebagai seorang Muslim dalam keseharian kita.

itu Gus dur bukannya ulama kelas dunia? udah pernah jadi presiden Indonesia...

emang dr Maroko siapa ulama kelas dunia??
Quote:Original Posted By aburatu

ane tambahin gan.syaekh Nawawi Al Bantani.beliau pada zamannya memang asli ulama internasional.kitab-kitabnya menjadi rujukan dunia pendidikan islam hampir di seluruh negara Islam.
mungkin si profesor ini kurang membaca sejarah pendidikan Islam secara konfrehensif. Cuma membaca dunia kekinian.


iya gan ane juga pernah denger...
ane pernah baca juga di buku serat tanah jawa/babat tanah jawa gitu kalo jawa itu dibagi 3

bagian barat..di jaga syeikh nawawi al bantani
bagian tengah syaikh sholeh darat(gurunya ra kartini)
bagian timur syaikh kholil bangkalan madura
Quote:Original Posted By emasmurni
itu Gus dur bukannya ulama kelas dunia? udah pernah jadi presiden Indonesia...

emang dr Maroko siapa ulama kelas dunia??


ulama indonesia banyak bnget gan...dan bagusnya ajaran mereka universal toleransi tingkat tinggi..mkanya mereka aja rela bangsa kita berdasarkan pancasila...

mari kita belajar sejarah supaya tambah pengetahuan kita terhadap tokoh2 sejarah ulama kita bnyak sekali jasanay buat umat dimuka bumi ini...dan ingat ajaran mereka toleransi harus kita jaga jangan sampai kita terbelah...maaf kate kebanyakan ditimur tengah kagak akur....kita masih bersyukur banyak agama suku masih adem ayem...kalo yang suka anarkis biarin aje bawa pentungan ampe kiamat biar ntar dipentung malaikat
si ULIL dan GUNTUR ROMLI juga udah tingkat DUNIA tuh emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By perusuh69
si ULIL dan GUNTUR ROMLI juga udah tingkat DUNIA tuh emoticon-Ngakak


tingkat dunia bawa petaka...Jil ama klenikemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By fahrezza


ulama indonesia banyak bnget gan...dan bagusnya ajaran mereka universal toleransi tingkat tinggi..mkanya mereka aja rela bangsa kita berdasarkan pancasila...

mari kita belajar sejarah supaya tambah pengetahuan kita terhadap tokoh2 sejarah ulama kita bnyak sekali jasanay buat umat dimuka bumi ini...dan ingat ajaran mereka toleransi harus kita jaga jangan sampai kita terbelah...maaf kate kebanyakan ditimur tengah kagak akur....kita masih bersyukur banyak agama suku masih adem ayem...kalo yang suka anarkis biarin aje bawa pentungan ampe kiamat biar ntar dipentung malaikat


untuk ke kinian memang minus pemikir tingkat dunia.
Bagaimana mau bisa kaliber dunia, sejak bayi sudah diracuni darahnya oleh zat haram ( Imunisasi berasal dari sumber yang Haram menurut syariat ).

Mari kita menjadi Islam yang Merangkul bukan memukul.

Kan sudah jelas di surat Al-Kafirun.
masing2 aja.

Quote:Original Posted By fahrezza
anda terlalu naif berpandangan seperti itu...karena telah mengesampingkan para ulama bangsa seperi syeikh yasin padang,,syaikh hasyim as'ari,tengku hasby assidiqie,buya hamka,,syaikh ali mahsun.generasi sekarang ada prof quraish sihab,kh sahal mahfudz,,dan masih banyak ratusan bahkan mungkin ribuan.....

islam diindonesia bukan islam timur tengah yang terlihat dari luar..islam diindonesia islam yang subtansial..islam tingkah laku dan toleransi ,,warisan walisongo islam yang berdampingan dg adat.meskipun ada sebagian kelompok ekstrim yang merusaknya...silahkan datang ke kh sahal mahfudz (kajen pati) beliau mengarang ratusan kitab dan hafal puluhan kitab wajib fiqhiyyah..dan masih bnyak ulama pesantren laen yang tidak dikenal media..


yang menilai khan ente... terus islam kita wow getoh... karena beda dgn yg di timur tengah
Quote:Original Posted By wismaasri


Sama Saia Juga Cetek.
Mari kita implementasikan sebagai seorang Muslim dalam keseharian kita.



emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
setuju gan ane muslim...tapi kelurga gw sebagian kristen..tapi kita gak pernah bahas agama tuh..karena agama urusan hati manusia dan tuhannya..justru ane belajar toleransi dari kelurga2 gw yang kristen dimanado..mereka sangat taat beribadah dan toleransi ke pemeluk agama yang laen sangat tinggi..maknya ane niat mau mempelajari agama gw dg serius supaya..gak cuma agama e-ktp emoticon-Hammer2
Bahan mawas diri yang bagus, agar ulama Indonesia jangan puas jadi jago kandang.