alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a074ca7b1243222700010c/hari-gini-abdi-dalem-keraton-8-bulan-tak-digajiterlaluuu
Cool 
{hari gini} Abdi Dalem Keraton, 8 Bulan Tak Digaji..terlaluuu
SOLO – Sejumlah abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengeluh karena tidak pernah digaji selama delapan bulan. Mereka meminta kepada pemerintah dan Keraton untuk memerhatikan soal gaji yang semestinya cair setiap satu bulan.

“Sudah delapan bulan ini, kami belum terima gaji. Padahal kebutuhan rumah cukup banyak,” kata abdi dalem, Daliman, 65, saat ditemui Solopos.com, di kawasan Keraton, Kamis (8/11/2012).

Daliman mengakui gaji yang diterima dari pekerjaan sebagai abdi dalem Keraton memang tak seberapa. Namun karena belum terima gaji itulah, Daliman sering disambati keluarga guna kebutuhan sehari-hari.

“Ya, saat keluarga butuh uang, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Entah, kenapa gaji tahun ini sudah lama belum turun. Kalau sebelumnya paling tiga bulan sudah cair,” jelas Daliman.

Melihat kenyataan tersebut, Daliman memutar otak dan memilih nyambi mbecak. Dia mengayuh becak setelah menyelesaikan tugasnya menjadi abdi dalem.

“Masing-masing gaji abdi dalem tidak sama nominalnya, tergantung status. Kalau saya sendiri sebagai abdi dalem pecaosan keparak mandra budaya. Gaji yang saya terima perbulan sekitar Rp83.000. Ada pula gaji di bawah saya. Sanajan gaji sitik tapi kan lumayan kanggo pengarep-arep kebutuhan keluarga,” terang Daliman dengan nada pasrah.

Ditemui terpisah, Wakil Pengageng Sasana Wilapa, KP Winarno Kusumo, mengakui abdi dalem Keraton yang berjumlah 500-an orang belum terima gaji.

“Bahkan secara jujur, gaji belum diterima selama 11 bulan. Terhitung Januari-November. Namun kami nalangi gaji selama tiga bulan (Januari-Maret). Jadi yang dikeluhkan abdi dalem memang delapan bulan,” jelas Winarno.

sumber:

emoticon-Rate 5 Star

TS: momentum yg tepat mbah, mumpung abis ngunduh mantu sapa tau kecipratan ampau
namanya juga abdi..

pengabdian.. siap gak dibayar emoticon-Ngakak

tapi kenapa banyak yang bangga dan berminat jadi abdi dalem yah emoticon-Bingung (S)
Kayaknya memang ga bakalan ada deh yang mau melamar jadi abdi dalem kecuali untuk dedikasi kepada kraton



_______________________________________________________
Kunci Pintu Digital com
Spoiler for Kunci Samsung, Gateman, Epic:
gaji abdi dalem berapa sih, nggak di bayar pun sebenarnya mereka sudah ikhlas, mengabdi kepada raja itulah yang terpenting buat sang abdi
@ TS jangan dikira gaji abdi dalem sama dengan pegawai negeri
kebangeten bngt sichhh emoticon-Matabelo
Keratonnya ribut melulu, bangsawannya pada melarat, boro2 mau ngegaji abdi dalem yg notabene gajinya ga seberapa, buat perawatan keraton aja ga ada duit,
liat aja bangunan keratonnya kumuh ga terawat, beda banget sama keraton jogja

btw biaya hidup di solo itu supeeeer murah, gaji Rp 85.000 itu udah lumayan dibanding ga sama sekali
Management kraton Solo kok memprihatinkan ya?

Sudah sedikit, terlambat (baca: terabaikan) pula.


ngabdi ko sama manusia,ngabdi sama tuhan aja. emoticon-Cape d... (S)
kalakuan kayak gitu kok minta diistimewakan kayak jogja emoticon-Ngakak
pejabat kraton solo ga ada yang peduli sama kawulonya, beda sama kraton jogja...
wah pada kemana neh danananya neh
Quote:Original Posted By kimak.kw1

ngabdi ko sama manusia,ngabdi sama tuhan aja. emoticon-Cape d... (S)


Maap ane tambah dikit gan...tuhan, ayah dan ibu emoticon-I Love Kaskus (S)

Udah berhenti lah jadi kacung
Cari pekerjaan lebih bermartabat di luar
Banyak bid'ah di sono
Cuci keris, mandiin kebo, bikin sesajen dll
tapi punya jatah tanah
kerja sama gua aje lu pade woii emoticon-Cool
mau gua gaji berape sebulan lu sebut aje , hmm emoticon-Cool
horang kaya kek gua kgak berase klo cuma milyaran doang sebulan mah emoticon-Cool
baru tahu jadi gtuan digaji, tapi kalo djadikan sumber utama pemasukan riskan juga
keraton pedagang gelar itu ya gan emoticon-Smilie
keraton abal-abal yg apabila di delete aja ga ada yg protes emoticon-Smilie
koq kecil amat ya gajinya emoticon-No Hope
Buset.. Dikit amat.. Minimal sejuta kek..
Quote:Original Posted By deganfan
Buset.. Dikit amat.. Minimal sejuta kek..


mahalan mana sama "kelapa muda" gan emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By sokerbabi


mahalan mana sama "kelapa muda" gan emoticon-Bingung (S)


Hahaha.. Ente inget aje..