alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a06ad2516ea1f52800009c/pertama-kali-tata-ruang-dki-terbuka-untuk-warga
Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga
Mudah-mudahan ga emoticon-Repost

Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga

Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga
sumber gambar

RENCANA Dasar Tata Ruang (RDTR) DKI Jakarta dua puluh tahun mendatang, akan betul-betul terbuka untuk warga, dan mengakomodasi kepentingan warga kota secara keseluruhan. Inilah perubahan baru yang pertama kali, yang juga diinginkan oleh Gubernur baru Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Warga diajak ikut menentukan tata ruang DKI Jakarta. Berbeda dengan selama ini, bahwa rencana tata ruang kota terkesan tertutup, warga tidak perlu tahu, sehingga warga tidak mengetahui bahwa di sekitar permukimannya bakal diperuntukkan untuk bangunan umum, atau bahkan tempat tinggalnya pun bakal tergusur untuk akses jalan.

Untuk mewujudkan keterbukaan itu, Wagub Basuki Tjahaja Purnama pun sudah berencana menyosialisasikan draf RDTR DKI Jakarta 2010-2030 melalui situs internet. Draft tersebut bisa diunduh di situs www.sosialisasirdtrdkijakarta.com dan [url=http://www.forumrdtrdkijakarta.com.]www.forumrdtrdkijakarta.com.[/url] Selain lewat situs internet, draf RDTR akan ditempel juga di kantor-kantor kelurahan, dengan disediakan formulir aspirasi yang bisa diisi warga untuk diteruskan kepada pejabat berwenang.

Yang sering pula ditengarai, bahwa rencana tata ruang yang tertutup selama ini, menjadi bahan “permainan” antara pejabat berwenang dengan para pengembang mall atau supermarket. Akibatnya, di suatu kawasan menjadi macet lalu lintas, karena tidak dipersiapkan infrastruktur tambahan, atau hanya menjejali infrastruktur yang sudah ada.

...........

Untuk APBD misanya, berdasarkan temuan Indonesia Corruption Watch (ICW), banyak mata anggaran dalam RAPBD DKI Jakarta Tahun 2013 yang terlalu mahal, tidak perlu, boros dan perlu dievaluasi ulang.

------------

Sebagai contoh pemborosan, rencana anggaran untuk jamuan resmi Pemprov DKI Rp 5,42 miliar, pengadaan pakaian dinas lapangan Satpol PP Rp 18 miliar, pengadaan alat musik Dinas Kebakaran Rp 1,1 miliar dan partisipasi turnamen golf internasional Rp 8 miliar. Belanja birokrasi pun perlu diperketat. Ingat sinyalemen ahli sejarah Universitas Indonesia JJ Rizal, baru-baru ini, tentang birokrasi Pemprov DKI Jakarta, bagaikan mandor kawat, yakni kerja kendor, tapi korupsi kuat. Jokowi-Basuki diharapkan bisa membersihkannya

Lengkapnya langsung ke TKP gan
Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga

--------

Makin salut ama bang jokowi nih. Kalo konsisten gini terus, pasti deh bisa biikin Jakarta Baru. Contoh yang ini aja, kalo tata ruang bisa terbuka/transparan, gak bisa lagi tuh makelar2 maen2 sama pengusaha. Yang mo maenan properti, kudu ati2 juga kali ya skrg hehe...

mantaff
emang udah hak warga dong tahu tata ruang DKI



bagus pak..
tapi jangan cuma rencana aja yah..
realisasi harus perlu di wujudin tuh pak..
Mantapp.. masyarakat tau mana yang mau d bangun..
plus bisa ngasi usul pula..

Jokowi - Ahok emang emoticon-thumbsup

Quote:Sebagai contoh pemborosan, rencana anggaran untuk jamuan resmi Pemprov DKI Rp 5,42 miliar, pengadaan pakaian dinas lapangan Satpol PP Rp 18 miliar, pengadaan alat musik Dinas Kebakaran Rp 1,1 miliar dan partisipasi turnamen golf internasional Rp 8 miliar. Belanja birokrasi pun perlu diperketat. Ingat sinyalemen ahli sejarah Universitas Indonesia JJ Rizal, baru-baru ini, tentang birokrasi Pemprov DKI Jakarta, bagaikan mandor kawat, yakni kerja kendor, tapi korupsi kuat. Jokowi-Basuki diharapkan bisa membersihkannya

Ini kata mahasiswa cuma pencitraan, tidak essensial emoticon-Najis

makan tuh essensial.. emoticon-Najis


kalo ga terbuka gini.. kita mana tau anggaran dipake apaan..
ayo majukan jakarta dengan ilkut berpartipasi membangunnya emoticon-I Love Indonesia (S)
Jangan lupa mampir ke http://www.sosialisasirdtrdkijakarta.com n www.forumrdtrdkijakarta.com gan. Ikutan liat n kasih usul. Rumah ane di sini nih gan http://www.sosialisasirdtrdkijakarta...g/cipayung.php emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Kita liat nanti, jokowi-ahok pencitraan doang atau beneran ngasih kuping buat rakyatnya. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Yang lebih bagus sih, properti udah yg ngelanggar tata ruang dibongkar aja. emoticon-Big Grin jangan cm didenda.
emoticon-Matabelo sekarang gw harus bilang wow!!

ayo awasi dan ikut berpartisipasi emoticon-I Love Indonesia (S)
Saya mendukung Jokowi menertibkan keberatan pos polisi (polpos) yang berdiri diatas lahan hijau atau fasilitas umum/publik! Keberadaan polpos yang seperti itu selain merusak keindahan kota juga terbukti melenceng dari rencana dasar tata ruang kota!
kalo ane setuju mall yang ada di DKI JAKARTA dibongkar aja.

seperti kawasan mangga 2 liat aja radius beberapa meter hingga beberapa KM ada mall.
mantappppppppppp
karrna udah di web kan,, coba dehh tuh pak jokowi ahok di gusuur bangunan2 yg melannggar tata ruang emoticon-Embarrassment
Semoga dicontoh oleh wilayah-wilayah lain di Indonesia.
Nice Thread gan emoticon-thumbsup
iya nihhh..langkah baru terobosan baru...
lanjuut pak!
coba ngecek tkpnya dulu.
Quote:pengadaan alat musik Dinas Kebakaran Rp 1,1 miliar

itu buat apa yah?
Quote:Original Posted By Xanderlocke


itu buat apa yah?


Biar bisa memadamkan kebakaran sambil main piano atau saksofon gan. Kan kebakaran ga selalu harus tegang emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By piindh


Biar bisa memadamkan kebakaran sambil main piano atau saksofon gan. Kan kebakaran ga selalu harus tegang emoticon-Hammer (S)


emoticon-Ngakak
skalian buat album kayak pak beye emoticon-Ngakak
Ide yang muantap ini.. Emang harus begini..