alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a057f97e124306570000da/pak-dahlan-mayat-bumira-belum-dikubur
Pak Dahlan, Mayat BuMira Belum Dikubur ?
reff : http://www.analisadaily.com/news/rea.../#.UKBV4Gf9fbM

Oleh emoticon-Big Grinrs. H. Done Ali Usman, M.AP. Gebrakan-gebrakan Dahlan Iskan Menteri BUMIRA
(Badan Usaha Milik Negara) / BUMN cukup mengundang apresiasi pemerhati ekonomi dan politik yang sebelumnya tidak pernah dilakukan oleh Menteri BUMN terdahulu.
Kata-kata nyeleneh Menteri BUMN Dahlan Iskan masih terus berlanjut. Setelah muncul kata-kata BUMN Dhuafa, Dahlan kembali mengeluarkan kosa kata baru, yakni BUMN seperti "mayat yang belum dikubur" bagi perusahaan plat merah yang merugi atau tergolong tidak sehat. Terdapat 31 BUMN yang menyandang predikat "mayat yang belum dikubur", dari total 141 perusahaan negara yang kini beroperasi. Namun sayangnya Dahlan tidak menerangkan lebih rinci siapa sajakah mereka.

"Kami mengelompokkan BUMN yang ada 141 perusahaan, 110 perusahaan (sehat), sisanya tinggal mayat, cuma belum dikubur". Kata Dahlan di Yogyakarta, Rabu (10/10).

Namun di depan Presiden SBY, Dahlan menambahkan ada beberapa BUMN yang masuk kategori "mayat yang belum dikubur" ini telah mengalami perbaikan kinerja, khususnya paska pergantian.

"Kami bersyukur juga tidak semua mayat BUMN di kubur, PT IKI (PT. Industri Kapal Indonesia) di Makassar sudah dua tahun tidak beroperasi, sekarang sudah diperbaiki manajemennya. Pabrik Kertas Leces juga sama" pungkasnya.

Gebrakan Dahlan Iskan dengan kata-kata nyeleneh merupakan bahasa sarkasme/menyindir terhadap manajemen BUMIRA / BUMN, yang terkesan tidak profesional sebagai pengelola asset milik negara yang seharusnya mengacu kepada tata kelola Perusahaan Pemerintah yang baik (good corporate Governance) dengan prinsip-prinsip : Akuntabilitas / akuntabel, bertanggung jawab, pengawasan, intensif mengadakan pengawasan internal dan eksternal, tanggap terhadap sesuatu perubahan / berkembang, profesional, efektif dan efisien, birokrasi yang ramping, hemat dan cermat, kesetaraan, tanpa membedakan, transparan dan keterbukaan, visi kedepan / visioner, partisipasi meningkatkan peran internal dan eksternal dan menegakkan supremasi hukum / tidak korupsi, kolusi, nepotisme, dan kongkalikong. Terakhir, gebrakan Dahlan Iskan akan memenuhi panggilan Badan Kehormatan DPR-RI, dan akan membeberkan siapa saja oknum anggota DRP-RI yang meminta jatah atau mengajak kongkalikong direksi BUMN.

Dahlan menunjukkan sikap transparansinya terhadap BUMIRA / BUMN, yang dipimpinnya, agar tidak ada sesuatu yang ditutup-tutupi. Kalau perusahaan itu tumpur / pailit katakan pailit, kenapa mesti disembunyikan?

Jika merujuk pada data kementerian BUMN hingga akhir 2011, ada beberapa perusahaan Persero yang masih merugi. PT. PAL Indonesia mencatat rugi bersih terbesar sepanjang 2011. Perusahaan galangan kapal ini mencatat rugi Rp. 1,32 triliun. Sedangkan BUMN yang mengalami kerugian terkecil adalah PT. Inhutani III, senilai Rp. 58 juta.

BUMN Merugi

Berikut daftar BUMN yang masih menderita rugi di 2011 : (Lihat Tabel)

Kemudian Audit BPK untuk PLN ditemukan kerugian negara Rp. 37 triliun (TVONE 23/10) dan informasi itu baru diberitakan sebelumnya pada Jum’at (14/9). Kasus Prima Jaya dengan Telkomsel, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang dipimpin Hakim Ketua Agus Iskandar, memutuskan bahwa Telkomsel pailit atas permohonan oleh PT. Prima Jaya Informatika, distributor Voucher isi ulang Kartu Prima.

Telkomsel dan Prima Jaya memulai kerjasama pada 1 Juni 2012 sampai batas waktu Juni 2013, dengan komitmen awal Telkomsel menyediakan voucher isi ulang bertema khusus olahraga bersama dengan Yayasan Olahraga Indonesia (YOI). Namun kemitraan ini menimbulkan kasus sejak Juni 2012 setelah Telkomsel memutuskan kontrak karena menilai Prima Jaya tidak memenuhi aturan yang dipersyaratkan.

Prima Jaya pun mengajukan permohonan pailit, karena menganggap sisa kontrak yang diputus tersebut senilai Rp 5,3 miliar sebagai utang Telkomsel

Mandiri Tanpa APBN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan perusahaan BUMN di Indonesia sebaiknya tidak tergantung mendapatkan dana dari APBN dalam menjalankan perusahaan.

Sebaiknya perusahaan BUMN tertentu tidak lagi dapat anggaran dari APBN, karena banyak perusahaan BUMN penerima APBN cenderung hanya memanjakan manajemennya, ujar Dahlan Iskan pada Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis ke-64 Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Makassar.

Kendati dirinya adalah seorang Menteri BUMN, bukan mustahil perusahaan BUMN tidak lagi tergantung dari APBN. Dia menyebutkan, beberapa perusahaan BUMN seperti PT. IKI, Merpati Airlines, Pegadaian, dan lainnya mulai mandiri.

Makanya Dahlan melarang bergantung pada APBN, kalau mau mati, mati saja, Indonesia tidak akan bangkrut, tetapi sampai sekarang kan perusahaan PT Merpati Airlines sudah baik dan malah untung dan membayar gaji karyawannya.

Selain itu, Dahlan juga menyinggung pabrik gula yang ada di beberapa tempat, salah satunya di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Takalar dan yang ada di Pulau Jawa.

Di Sulsel, hanya Pabrik Gula Takalar yang belum bangkit, sedangkan dua pabrik lainnya yakni Pabrik Gula Bone dan Camming mulai bagus serta puluhan pabrik gula di Indonesia juga mulai baik tanpa diberi dana, melainkan hanya perbaikan manajemen.

Perusahaan BUMN lain yang telah memiliki keuntungan dengan kualifikasi global seperti Bank BRI, Bank Mandiri serta Pabrik Semen Gresik dengan kapasitas produksi 23 juta ton/tahun.

Yang sudah mencapai kualifikasi global tersebut didorong untuk bermain di tingkat dunia dan menjadi perusahaan BUMN yang dinilai masih sulit menjalankan bisnis perbankan di luar negeri, padahal di Indonesia sejumlah bank luar negeri telah menjamur.

Mencermati keberhasilan perusahaan kaliber dunia, pendiri dan Presiden Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya di Amerika Serikat, Microsoft mempunyai Corporate Culture, yang sangat tinggi. Segala sesuatunya dari mulai rekruitmen, pelatihan, promosi insentif, riset, manajemen, penempatan, bonus, dan lain-lain diarahkan untuk prestasi, kreatifitas, inovasi, keunggulan.

Corporate Culture inilah yang membuat Microsoft perusahaan raksasa dunia, tidak cukup hanya mengandalkan jenius otak Bill Gates dalam merancang program komputer saja; harus ada budaya kerja perusahaan yang mampu membuat Microsoft selalu berada di garis terdepan baik secara komersial maupun teknologi.

Corporate Culture, atau "budaya kerja" adalah unsur paling penting dalam setiap organisasi, apakah LSM, bisnis, militer, ormas, maupun pemerintah. Dengan corporate culture yang tepat apapun bisa tercapai.

Sudahkah BUMN melaksanakan good corporate governance dan corporate culture di negeri ini?***

Penulis adalah Dosen UMA / UISU Medan.

Semoga BUMN kita semakin maju dengan Pak DI

Quote:Kemudian Audit BPK untuk PLN ditemukan kerugian negara Rp. 37 triliun (TVONE 23/10) dan informasi itu baru diberitakan sebelumnya pada Jum’at (14/9).

Klau memang itu dianggap KERUGIAN dah PLN mau diperintahkan untuk HEMAT, ya udah sampai sekarang masih banyak PLTD yg hidup tuh artinya sampai kini masih terjadi INEFFISIENSI emoticon-Embarrassment

BERANI gak DPR memerintahkan PLN MEMATIKAN semua unit PLTD nya demi sebuah penghematan ? emoticon-Stick Out Tongue
Kita liat aja demo gila2an (bukan lagi besar2an) masyarakat luas, utamanya KTI yg masih banyak mengandalkan PLTD sebagai backbone energi listriknya emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Uthe18


Klau memang itu dianggap KERUGIAN dah PLN mau diperintahkan untuk HEMAT, ya udah sampai sekarang masih banyak PLTD yg hidup tuh artinya sampai kini masih terjadi INEFFISIENSI emoticon-Embarrassment

BERANI gak DPR memerintahkan PLN MEMATIKAN semua unit PLTD nya demi sebuah penghematan ? emoticon-Stick Out Tongue
Kita liat aja demo gila2an (bukan lagi besar2an) masyarakat luas, utamanya KTI yg masih banyak mengandalkan PLTD sebagai backbone energi listriknya emoticon-Embarrassment


kalo gitu mending perusahaan listrik di negeri ini jangan di monopoli sama PLN aja donk yah?? banyak lhoo investor yg mau nanemin modal buat ngadain listrik di negeri ini.., atau...emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By luckyaje


kalo gitu mending perusahaan listrik di negeri ini jangan di monopoli sama PLN aja donk yah?? banyak lhoo investor yg mau nanemin modal buat ngadain listrik di negeri ini.., atau...emoticon-Malu (S)



Nanti kalau ada investor asing, pemerintah di kritik lagi, kalau seluaruh aset2 nasional harus dikelola sendiri.
kalau investor masuk, harga listrik per kwh akan naik. Dengan harga daya listrik seperti sekarang negara masih melakukan subsidi.
Kalau harga PLN per KWH naik, demo lagi...

Mana yang mau diutamakan, penghematan anggara BUMN (BUMIRA =Badan usaha milik Negara) atau membuat rakyat menikmati listrik dengan harga murah?

Quote:Original Posted By Gateman.iRevo
BUMIRA tu apa ya?

Semoga aja deh BUMN bisa pada bangkit semua.



Artikel nya di baca masbro, jgn cuman jualan doank emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By luckyaje


kalo gitu mending perusahaan listrik di negeri ini jangan di monopoli sama PLN aja donk yah?? banyak lhoo investor yg mau nanemin modal buat ngadain listrik di negeri ini.., atau...emoticon-Malu (S)



nah usulan ente ini balik lagi ke dpr juga...
berani ngga dpr nya? kl pln kan sekedar menjalankan uu buatan dpr dan presiden emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By luckyaje


kalo gitu mending perusahaan listrik di negeri ini jangan di monopoli sama PLN aja donk yah?? banyak lhoo investor yg mau nanemin modal buat ngadain listrik di negeri ini.., atau...emoticon-Malu (S)



SILAHKAN aja, tapi pada mau gk swasta menangani distribusi listrik di kota2 kecil, utamanya di KTI ? emoticon-Stick Out Tongue
Kan yg hingga kini masih menggunakan PLTD wilayah2 KTI macam Ambon, Ternate, Jayapura, dll emoticon-Embarrassment

atau.... swasta itu cuma mengincar yg di Jawa doang lagi emoticon-Hammer
kayak Shell yg kemarin gagal ikutan distribusi BBM Subsidi, karena yg diincar cuma di Jawa-bali doang emoticon-Cape d... (S)

bukannya apa, mereka itu SWASTA bro, apakah mereka mau menjalankan bisnis dengan niatan sosial ?
pertimbangan pertama kan pasti, BERAPA LAMA investasinya bisa BEP ?
kemudian, Bisa UNTUNG berapa banyak ?
Quote:Original Posted By renjanarose


nah usulan ente ini balik lagi ke dpr juga...
berani ngga dpr nya? kl pln kan sekedar menjalankan uu buatan dpr dan presiden emoticon-Embarrassment



Bener gan... Kalau mau ya UUnya yg dirubah... Tapi apa iya mereka mau? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By gunturep


Artikel nya di baca masbro, jgn cuman jualan doank emoticon-Nohope


wkwkwkwkw....Bu mira ....emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By luckyaje


kalo gitu mending perusahaan listrik di negeri ini jangan di monopoli sama PLN aja donk yah?? banyak lhoo investor yg mau nanemin modal buat ngadain listrik di negeri ini.., atau...emoticon-Malu (S)



ah lo basi, lihat paiton punyanya mbak Tutut dulu, dari dulu jual listriknya kemahalan mana distribusinya milik PLN. GW kasih tau bangun pembangkit itu murah yg mahal distribusi apalagi macam pembangkit tenaga air yg biasanya di daerah sepi dan jarak ratusan kilo dari kota besar.

Belom ancaman pencurian tower yg pernah terjadi di aceh sehingga mengurangi pasokan ke aceh. Atau kabel bawah laut yg tersangkut jangkar yg membuat kerugian besar.

Swasta cuma mau bikin pembangkit tapi gak mau distibusi. Sama kek telpon kabel gak ada yg doyan.
Quote:Original Posted By Uthe18


SILAHKAN aja, tapi pada mau gk swasta menangani distribusi listrik di kota2 kecil, utamanya di KTI ? emoticon-Stick Out Tongue
Kan yg hingga kini masih menggunakan PLTD wilayah2 KTI macam Ambon, Ternate, Jayapura, dll emoticon-Embarrassment

atau.... swasta itu cuma mengincar yg di Jawa doang lagi emoticon-Hammer
kayak Shell yg kemarin gagal ikutan distribusi BBM Subsidi, karena yg diincar cuma di Jawa-bali doang emoticon-Cape d... (S)

bukannya apa, mereka itu SWASTA bro, apakah mereka mau menjalankan bisnis dengan niatan sosial ?
pertimbangan pertama kan pasti, BERAPA LAMA investasinya bisa BEP ?
kemudian, Bisa UNTUNG berapa banyak ?



bukannya berapapun produksinya wajib dibeli sama PLN?.....pernah denger J sich...
Quote:Original Posted By aryocupz
mayan lah nambah pengetahuan emoticon-Ngakak

ane bantu emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star gan


ini id kejar setoran posting yee? gw baca di tret mane aje pasti komentnya gnian mlu2 cpeee..... deh..

pengelolaan yang kurang profesional membuatnya menjadi seperti mayat dan harus dikubur sindirannya udah anggap mati aja tuh perusahaan kalau nyadar ya berubah kalau gag ya tinggal dikubur kaya ya emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak kalau dikubur ya sudah berarti mati dan tidak bisa hidup lg x ya... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Gateman.iRevo
BUMIRA tu apa ya?

Semoga aja deh BUMN bisa pada bangkit semua.


dasar otak udang, di awal2 artikel udah dijelaskan noh, asal ngepost aja emoticon-Bata (S)
-
dari sumber di Jawa Pos hari ini menjelaskan beberapa kemajuan2 BUMN seperti semen gresik yang akan menjadi semen indonesia dan telah membeli perusahaan semen di vietnam. dari sini aja udah kemajuan yang sangat besar dimana Indonesia bisa membuka perusahaan di luar negeri yang biasanya perusahaan asing yang mendirikan di Indonesia. Indonesia yang sebelumnya sering jual BUMN kini menjadi sering beli perusahaan di luar negeri dan sedang digalakkan oleh Pak Menteri BUMN kita, PAK DI emoticon-Smilie
×