alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509ea41e48ba54a049000093/inilah-perbedaan-kartu-jakarta-sehat-jokowi-dan-gakin-foke
Inilah Perbedaan Kartu Jakarta Sehat dan Gakin
JAKARTA - Sebelum Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meluncurkan kartu Jakarta Sehat, Provinsi DKI Jakarta sudah memiliki sistem jaminan kesehatan bagi warga tidak mampu. Gubernur sebelumnya Fauzi Bowo telah mencanangkan kartu Gakin untuk membantu warga yang kurang mampu mendapat layanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, Dien Ernawati mengatakan bahwa tidak banyak perbedaan antara kedua program tersebut. Kata dia, kartu Jakarta Sehat hanya menyempurnakan sistem yang telah ada.

"Secara sistem dan jaminan sama, hanya sistemnya kita perbaiki," kata Dien kepada wartawan usai peluncuran kartu Jakarta Sehat di Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (10/11).

Perbedaannya yakni sistem elektronik yang terdapat di dalam kartu Jakarta sehat. Sistem elektonik tersebut berfungsi untuk menyimpan data riwayat kesehatan sang pengguna.

"Ada barcodenya. Kalau digesek muncul kepesertaannya apa, kemudian sakitnya apa, dirawat dimana saja, riwayatnya, semua akan muncul," ujar Dien.

Dengan pendataan elektronik ini maka pihak Dinas Kesehatan dapat dengan mudah melakukan pengawasan. Sistem ini juga mempermudah proses perujukan ke rumah sakit. Pasalnya, sistem telah terintegrasi dengan database di 88 rumah sakit yang menerima kartu Jakarta Sehat.

"Misalnya di rumah sakit ini sudah penuh, jangan lagi masuk ke sini, masuk lah rumah sakit yang lain. Jadi ke depan tidak ada rumah sakit yang berjubel-jubel. Sistem ini bisa mendeteksi masalah seperti itu," paparnya.

Perbedaan lainya ada pada persyaratan yang lebih sederhana. Warga cukup membawa KTP dan KK untuk memperoleh kartu Jakarta Sehat. Berbeda dengan kartu Gakin yang memerlukan surat keterangan tidak mampu (SKTM). "Ga perlu repot bikin SKTM lagi," imbuh Dien.

Ia pun menegaskan, sama seperti Gakin, kartu Jakarta Sehat sepenuhnya dikelola oleh pemerintah daerah. Ia membantah tudingan yang menyebutkan bahwa pengelolaan kartu Jakarta Sehat diserahkan pada pihak luar. "Pelaksananya tetap jamkesda, nggak ada Askes. Tetap kita kelola jamkesda," pungkas Dien.

sumber

Wah..gak nyangka jd HT
intinya lebih bagus kan sistemnya emoticon-thumbsup

kelamaan buat surat tidak mampu bisa keburu mati yang sakit.
kelamaan cari data rumah sakit yang tidak penuh , bisa keburu mati yang sakit.

Komeng ts mana?

Mejeng sebelom diapus momod emoticon-Cool
dan diakhiri pula yang kaya raya boleh mendaftar asal tidak punya malu emoticon-Big Grin
TS cuma berharap semoga kartu sehat bisa bermanfaat untuk warga jkt,dan bisa jd program percontohan di daerah lain
semoga lebih baik saja...
agar negara kita maju.
naehhh ini lebih baek...
masa miskin aja pake keterangan
jelas beda dong... ayo maju terus jokowi-ahok.. emoticon-I Love Indonesia (S)
DELETED
Gak papa sama yang penting sama2 tujuannya untuk membantu rakyat
Quote:Original Posted By xbantai
ayolah gan, kita harus lebih objektif disini. hanya karna jokowi apapun jadi terkesan terlihat benar dan abru..

ini menujukkan apa yg dikampayekan jokowi tentang kartu sehat bukanlah sebuah terobosan inovatif, dimana gubenur sebelumnya sudah melakukannya dan jokowi hanya melanjutkannya..


kalo ane liatnya gampang aja gan
kalo si kumis yang ditekankan adalah AKAN
kalo jokowi yg ditekankan EKSEKUSI

jd si kumis bikin program akan2x
sama jokowi dilaksanakan

gitu aja kok bingung emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By xbantai
ayolah gan, kita harus lebih objektif disini. hanya karna jokowi apapun jadi terkesan terlihat benar dan abru..

ini menujukkan apa yg dikampayekan jokowi tentang kartu sehat bukanlah sebuah terobosan inovatif, dimana gubenur sebelumnya sudah melakukannya dan jokowi hanya melanjutkannya..


saya pikir attack birokrasi yang dilakukan oleh Jokowi dalam kartu sehat cukup inovatif untuk ukuran Indonesia...cukup KTP dan KK yang notabene disetiap keluarga punya, gak perlu ngurus SKTM ke kelurahan lagi
jokowi melanjutkan dan merevisi sistem nya menjadi lebih baik dan mudah bagi yg berhak mendapatkan emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By xbantai
ayolah gan, kita harus lebih objektif disini. hanya karna jokowi apapun jadi terkesan terlihat benar dan abru..

ini menujukkan apa yg dikampayekan jokowi tentang kartu sehat bukanlah sebuah terobosan inovatif, dimana gubenur sebelumnya sudah melakukannya dan jokowi hanya melanjutkannya..


justru situ yg ga objectif. jokowi blm genap 1 bulan uda bikin program yg bagus kayak gini masih dibilang ga inovatif.
baca berita yg lengkap cuy. ini kartu ada terekam riwayat penyakitnya pengguna kartu. dan hebatnya yg berKTP DKI bisa dapat ni kartu.
dari namanya aja terkandung filofosi yg bagus kartu JAKARTA SEHAT,
klo dulu kan namanya kartu KELUARGA MISKIN..sangat terkesan merendahkan.

masih belum redo jagoannya keok?
weks, komen begitu saja langsung dibata disini..

gw tidak pro foke atau sentimen pada jokowi, tapi tidak berarti kita harus membuang cara berpikir kritis terhadap apa yg dilakukan jokowi. fanatik buta itu berbahaya...
yakin tuh gak beda jauh coba bandingin dulu
http://www.ygdi.org/_patientinfo.php...iew=_infogakin emoticon-Cape d... (S)

kalo yg jokowi versi upgrade-an dari yg foke . .
gitu maksudnye ??
Quote:Original Posted By oedien23

Berbeda dengan kartu Gakin yang memerlukan surat keterangan tidak mampu (SKTM).


Sekedar memberi informasi saja. Dengan telah diluncurkannya Kartu Jakarta Sehat (KJS), bukan berarti kartu Gakin dan SKTM tidak berlaku lagi.
Justru kartu Gakin dan SKTM mendukung pelaksanaan KJS pada tahap awal ini.

Jadi bagi pemilik Gakin atau pun SKTM, pembiayaan KJS akan diklaim dari komponen Gakin atau SKTM.
Perlu diketahu, Gakin tidaklah sama dengan SKTM. SKTM bukanlah syarat untuk memiliki kartu Gakin.
Kartu Gakin adalah kartu bagi keluarga miskin yang dianggap sama sekali tidak mampu membayar biaya pelayanan kesehatan. Pembiayaan ditanggung sepenuhnya 100%.
Sementara SKTM pembiayaannya ditanggung 50% saja, yang kemudian direvisi menjadi ditanggung penuh 100%.
Selama ini, pemegang kartu Gakin atau pun SKTM ditanggung bukan sekedar pengobatan di puskesmas saja, tetapi juga bahkan sampai tindakan operasi atau pun cuci darah.
Spoiler for surat edaran kadinkes dki:

Sementara bagi lapisan masyarakat yang tidak memiliki kartu Gakin atau tidak memiliki SKTM, pembiayaannya akan diklaim melalui komponen semacam asuransi/ jamkesda.
http://kkcdn-static.kaskus.co.id/ima...1115113224.jpg
menurut ane sih sama aja pentingnya kesehatan sama pangan. so mau kartu apapun itu, sama sama bagus, tergantung penyampaiannya aja, mulus apa di kenain hambatan (berupa potongan) dulu. hehehe.
Quote:Original Posted By mrjack
dan diakhiri pula yang kaya raya boleh mendaftar asal tidak punya malu emoticon-Big Grin


dan sayangnya masih banyak orang kaya di indonesia yg tidak tau malu emoticon-shakehand emoticon-Ngakak