alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509e73a57e1243f06f0000c3/dprd-dki-mulai-berulah
Perbaikan angkot DKI dijegal Organda dan DPRD
DPRD DKI Mulai Berseberangan dengan Jokowi

Quote:
JAKARTA - Rencana Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk menghibahkan 1.000 angkutan umum terancam gagal. Hal tersebut disebabkan mayoritas anggota dewan menolak rencana Jokowi dalam memberikan angkutan secara cuma-cuma kepada swasta.

“Persepsi yang muncul di anggota Badan Anggaran DPRD menolak kebijakan hibah angkutan umum. Pandangan dewan, angkutan umum itu bagian dari profit oriented,” ujar anggota Badan Anggaran DPRD Wanda Hamidah, usai mengikuti pembahasan dengan SKPD terkait perencanaan managemen anggaran transportasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Senin (29/10/2012).

Kata Wanda, penolakan ini disebabkan sejumlah faktor, di antaranya ketidakjelasan dasar hukum hibah angkutan umum dan sisi politis koalisi partai yang pada pemilukada berseberangan dengan Jokowi-Basuki. Faktor lainya yakni dinas yang diutus oleh Gubernur DKI Jakarta tidak mampu menjelaskan teknis pelaksanaannya kebijakan hibah dengan detail.

Wanda mengaku, dirinya termasuk yang menolak kebijakan hibah angkutan umum. Menurutnya, angkutan umum merupakan bagian dari bisnis transportasi yang menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya, karena itu pengunaan APBD untuk membelikan angkutan kepada pengusaha secara cuma-cuma tidak relevan.

“Kami perlu gubernur menjelaskan secara langsung kebijakan hibah ini karena berbeda sekali dengan RPJMD jaman gubernur sebelumnya. Karena itu wajar sekali tadi Dinas Perhubungan sangat gagap menjelaskan dan terkesan kurang mengerti dengan konsep pimpinannya,” terangnya.

Wanda berharap pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta bisa segera terealisasi, mengingat APBD DKI Jakarta 2013 harus diketuk pada November mendatang.

Anggota Banggar lainnya, Dwi Rio Sambodo, mengakui mayoritas dewan meminta penjelasan terkait skema transportasi yang menjadi visi dan misi Gubernur DKI Jakarta yang baru.

“Penyelesaian kemacetan itu membutuhkan kontribusi pemerintah pusat. Dewan bertanya, posisi pemerintah pusat dimana saat gubernur menjabarkan kebijakan hibah, penyatuan MRT dan Monorel. Karena semua kebijakan itu membutuhkan dana besar,” jelasnya.


Meski Dapat Penolakan, Ahok Klaim Peremajaan Bus Pilihan Terbaik
Quote:
JAKARTA - Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Soedirman menolak program peremajaan angkutan kota yang digagas Pemrov DKI. Penolakan itu secara langsung ia lontarkan dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Badan Legislatif Daerah DPRD DKI Jakarta.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) mengatakan seharusnya pihak pemilik angkutan umum merasa senang, karena menejemen yang ada akan dikelola lebih baik lagi.

"Lho, seharusnya mereka malah bersyukur dong, jadi nantinya itu akan kita bentuk menjadi konsorsium, kita satukan semua, dan upah para sopir juga akan kita naikkan, nantinya akan berbentuk koperasi atau apa saja namanya terserah mereka," ungkapnya saat ditemui di Balaikota Jakarta, Jumat (8/11/2012) malam.

Sebelumnya, Soedirman mendesak DPRD dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk kembali mempertimbangkan program tersebut. Dirinya menilai progranm itu harus diimbangi dengan kajian yang mendalam dan sesuai kondisi di lapangan.

"Andai kata itu benar dilaksanakan, maka habis semua bus. Saya minta dipertimbangkan karena kami sangat keberatan," kata Soedirman.

Soedirman menjelaskan, dasar dari penolakan itu karena semua semakin tak masuk akal. Kata dia, usulan yang mengatur peremajaan angkutan kota itu, rentang waktunya sangat singkat, yakni peremajaan bus besar setiap 10 tahun, bus sedang 8 tahun, dan angkutan kecil dalam kurun 7 tahun.

Padahal, lanjutnya, dalam banyak diskusi dan hasil kajian, pemilik angkutan akan mencapai break event point (BEP) setidaknya setelah kendaraannya beroperasi selama tujuh tahun.

"Harusnya diatur detail soal kompensasinya karena kami tidak sepakat dengan cara yang tidak matang. Ini tergesa-gesa dan semua syaratnya memberatkan. Kami khawatir akan ada gejolak sosial," tandasnya.


Apa kata pakar?

Kebijakan Jokowi Soal Transportasi Jakarta Sudah Tepat
Quote:JAKARTA - Penolakan DPRD terhadap rencana Jokowi untuk menghibahkan 1.000 unit angkutan umum menuai kontra dari berbagai kalangan, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta, Tigor Nainggolan menilai, DPRD tidak tepat jika menolak kebijakan tersebut dengan alasan bahwa angkutan umum itu bagian dari profit oriented.

“Pemerintah itu jangan mikir profit, itu memang tugasnya pemerintah untuk penyediaan sarana umum, jangan mikir untung-ruginya,” tegas Tigor saat dihubungi Okezone, Senin (29/10/2012) malam.

Menurutnya, kebijakan yang direncanakan mantan Wali Kota Solo itu sangat tepat untuk kemajuan angkutan umum di Jakarta, asalkan penanganannya benar-benar sampai sasaran.

“Rencana itu sangat bagus, untuk melakukan revitalisasi angkutan kota, itu memang pekerjaan wajib pemerintah memberikan sarana transportasi yang layak apalagi untuk warga Jakarta,” katanya.

Diketahui, mayoritas anggota dewan menolak rencana Jokowi dalam memberikan angkutan secara cuma-cuma kepada koperasi angkutan umum, menurut pandangan anggota dewan, angkutan umum merupakan bagian dari bisnis transportasi yang menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya, karena itu pengunaan APBD untuk membelikan angkutan kepada pengusaha secara cuma-cuma tidak relevan.

Setelah mendapat penolakan dari mayoritas anggota DPRD DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji akan menjelaskan kepada mereka mengenai kebijakan menghibahkan 1.000 angkutan umum. Termasuk dasar hukum yang menurut anggota dewan masih belum jelas.


Konsep reformasi angkutan umum Jokowi:
Gebrakan Jokowi, Sopir Angkot Digaji
Quote:
Sistem gaji bagi para sopir ini gambarannya nanti seperti apa? bagaimana mereka kemudian dipastikan tidak bakal kebut-kebutan atau ugal-ugalan lagi?

Pada prinsipnya kebut-kebutan atau ugal-ugalan itu kami pahami sebagai upaya mereka untuk mendapatkan uang lebih banyak. Artinya kalau saya dapat penumpang banyak maka saya akan punya uang lebih banyak, untuk itu saya ngebut. Tapi dengan model gaji kita bisa lihat hasilnya di pengemudi Transjakarta, gaji mereka tetap, selain karena memang jalurnya tertentu tidak bisa kebut-kebutan tapi itu juga mereka tidak lagi berpikir harus kejar setoran.


Siapa yang ga mau sopir angkot dapat gaji tetap supaya ga perlu ngetem ngetem dan ugal ugalan lagi, angkat tangan!!!


Menjawab kizrusan, ane buat poll aja. Tolong kaskuser jakarta post, siapa yang ingin sopir angkot digaji tetap supaya ga ugal ugalan dan ngetem lagi seperti rencana jokowi-ahok, atau tetap pake setoran kayak sekarang seperti yang katanya "sang wakil rakyat"

Spoiler for contoh panasbung kebakaran jenggot:

Silahkan diisi surveynya:
http://www.surveymonkey.com/s/9ZY57RG
Linknya pakai survey monkey, jadi bisa dibagikan ke forum lain kalau ada yang menganggap kaskuser sudah dibayar jokowi sama ahok. Bagi ke forum nasi bungkus juga boleh.
anggota hewan mah klo kagag ada untung buat dia ma paratai dia bakalan kagag setuju.
lah mana pernah anggota d(h)ewan itu naik angkot?padahal dulu masih miskin masih kere masih belum terkenal naik angkot gratisan sekarang udah naik mobil mewah, harum dingin gak kena macet mana sempat mikirin angkot?

Kata dia gw dulu sengsara sekarang enggak lo2 tuh sebagai rakyat jakarta mesti ikut merasakan apa yg pernah gw rasakan.

Mending 2014 gw coblos lo semua ....
halah,,anggota dHEWAN emoticon-No Hope

udah tau dari puluhan thn kebelakang angkot DKI ga di ganti2,,polusi,,besi karat berjalan

bilang aja kurang setoran

emang udah saatnya angkot yang reyot di buang emoticon-Big Grin

maju terus pak de
kalo anggota hewan kita itu kan prinsipnya

WANI PIRO ?????
sudah kebaca dr sblm jokowi jd Gub..Anggota hewan pasti berseberangan dengan apapun yg tidak ada duitnya emoticon-Ngakak



btw,mohon disebutkan satu persatu nama2 mereka yg berseberangan berikut nama partainya
2014 coblos smua aja dah anggota HEWAN biar adil dan makmur emoticon-Big Grin
Quote:“Persepsi yang muncul di anggota Badan Anggaran DPRD menolak kebijakan hibah angkutan umum. Pandangan dewan, angkutan umum itu bagian dari profit oriented,” ujar anggota Badan Anggaran DPRD Wanda Hamidah

masalah yang sama ketika tahun 2006-2007 ratusan unit bus Trans Jakarta sempat tertahan lama di Tj Priok karena gak bisa keluar dr pelabuhan dan menjadi pertikaian antara Ditjen Bea Cukai vs Pemda DKI mengenai status itu bus (yg bisa dijadikan dasar menarik pajak import) emoticon-Embarrassment
BUAJINGANNN SEMUA emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By prd0000
DPRD DKI Mulai Berseberangan dengan Jokowi



Meski Dapat Penolakan, Ahok Klaim Peremajaan Bus Pilihan Terbaik


Apa kata pakar?

Kebijakan Jokowi Soal Transportasi Jakarta Sudah Tepat


Siapa yang ga mau sopir angkot dapat gaji tetap supaya ga perlu ngetem ngetem dan ugal ugalan lagi, angkat tangan!!!


SAYA ANGKAT TANGAN KAKI GAN.. SETUJU ANGKOT JADI TERTIB. SEPERTI DI LUARNEGRI emoticon-Matabelo
profit oriented brt penumpang melayani angkutan umum bukan sebaliknya, pantesan gw disuruh nungguin angkot ngetem sampe 1 jam
ane juga udah kesel ama DPRD neh
tapi sebaiknya jokohok mengadakan lobi dengan anggota tersebut
tanpa bermain uang
mereka suka banget ama uang gan

ane juga seh, tp mreka gila
saya sih orang yang termasuk Pro DPRD.

Ingat gan DPR itu wakil dari rakyat, kalo DPR menolak ya sudah, berarti rakyat tidak setuju toh. Gitu aja kok repot, ingat kata pepatah rakyat jangan dibohongi. Kelihaian bapak Joko dalam menipu warga Solo tidak patut kita tiru.
Quote:Original Posted By kizarusan
saya sih orang yang termasuk Pro DPRD.

Ingat gan DPR itu wakil dari rakyat, kalo DPR menolak ya sudah, berarti rakyat tidak setuju toh. Gitu aja kok repot, ingat kata pepatah rakyat jangan dibohongi. Kelihaian bapak Joko dalam menipu warga Solo tidak patut kita tiru.


Oke, kita buka poll.. Agan setuju kan kalau kaskus ini rakyat? Ane buka poll disini mengenai peremajaan angkot. Kita lihat, DPRD wakil rakyat atau bukan. Gimana?

Bagaimana kaskuser jakarta? Ingin angkot dikasih gaji tetap, atau dibiarkan pake setoran kayak sekarang?
Itu anggota dewan....lupa kalau visi dan misi pemerintah adalah bukan untuk keuntungan.....karena mereka sudah dibiayai pajak pajak kita.....
Kalau sdh ngambil pajak terus masih mencari keuntungan ? buat apa kita bayar pajak ?
Quote:Original Posted By prd0000


Oke, kita buka poll.. Agan setuju kan kalau kaskus ini rakyat? Ane buka poll disini mengenai peremajaan angkot. Kita lihat, DPRD wakil rakyat atau bukan. Gimana?

Bagaimana kaskuser jakarta? Ingin angkot dikasih gaji tetap, atau dibiarkan pake setoran kayak sekarang?


yah silahkan saja agan buka poll. Tapi ane curiga kalau kaskuser disini sudah dibayar oleh pasukan kutu loncat jadinya pollingnya sudah gak objektif lagi. Mending kita tanyakan ke hati nurani kita sendiri.

Pantaskah seorang pemimpin meninggalkan rakyatnya. Seperti Naruto meninggalkan konohagukre demi kimigakure. atau seperti Luffy pergi meninggalkan topi jerami demi bajak laut blackbeard..?
Quote:Original Posted By kizarusan


yah silahkan saja agan buka poll. Tapi ane curiga kalau kaskuser disini sudah dibayar oleh pasukan kutu loncat jadinya pollingnya sudah gak objektif lagi. Mending kita tanyakan ke hati nurani kita sendiri.

Pantaskah seorang pemimpin meninggalkan rakyatnya. Seperti Naruto meninggalkan konohagukre demi kimigakure. atau seperti Luffy pergi meninggalkan topi jerami demi bajak laut blackbeard..?


lha wong dikasih gratis buat rakyat kok dibilang ninggalin rakyatemoticon-Cape d... (S)

coba tanya sama hati nurani agan sendiri, dari dulu kok musuhin jokowi terus

kalo ga setuju, solusi dari agan gimana??
Quote:Original Posted By kizarusan


yah silahkan saja agan buka poll. Tapi ane curiga kalau kaskuser disini sudah dibayar oleh pasukan kutu loncat jadinya pollingnya sudah gak objektif lagi. Mending kita tanyakan ke hati nurani kita sendiri.

Pantaskah seorang pemimpin meninggalkan rakyatnya. Seperti Naruto meninggalkan konohagukre demi kimigakure. atau seperti Luffy pergi meninggalkan topi jerami demi bajak laut blackbeard..?


eh anjing kurap.
di bayar berapa bungkus lo kali ini. emoticon-Big Grin

sampah ga ada otak macem lo ga pantes lah sok sok komen bijak anjing macem gtu.
keuntungan untuk supir angkot:
1. kendaraannya bagus, adem, wangi, dan lebih aman..
2. nyetir ga perlu ugal2an..
3. jalanan udah ga ganas lagi emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
4. kerja nyaman dan terjamin, pulang ke keluarga jg damai sejahtera.. ga disumpah2in soalnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
5. gaji tetap, kerjaan jelas.. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
6. ga perlu setor sana-sini..

ruginya:
1. ga bs nembak2 lagi emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
2. ga ada penyaluran adrenalin emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
3. ....

saran: para supir mogok aja.. jgn mau dikacung2in sama pengelola organda!
pengguna angkot yg doyannya ngeluh kondisi transportasi massal, demo DPRD jkt.. kampret2 itu kudu tau suara penghuni jakarta yg sebenernyaa..

demi jakarta baru, yg lebih baik emoticon-Angkat Beer
Quote:Pandangan dewan, angkutan umum itu bagian dari profit oriented,” ujar anggota Badan Anggaran DPRD Wanda Hamidah

Quote:Wanda mengaku, dirinya termasuk yang menolak kebijakan hibah angkutan umum. Menurutnya, angkutan umum merupakan bagian dari bisnis transportasi yang menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya, karena itu pengunaan APBD untuk membelikan angkutan kepada pengusaha secara cuma-cuma tidak relevan.

Ini orang DPRD sama bodohnya dengan pengurus Organda.

Di mana-mana pelayanan umum itu pasti rugi. Nggak mungkin profit oriented - termasuk di Eropa. Itu makanya disebut pelayanan, dan pemerintahlah yang harus menyelenggarakannya.