alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509e68422775b4f01b000113/alhamdulillah-indonesia-banyak-utang-tapi-sehat
Kesel 
[ALHAMDULILLAH] Indonesia Banyak Utang Tapi Sehat
Liputan6.com, Jakarta: Meskipun saat ini utang Pemerintahan Indonesia hampir Rp 2.000 triliun, namun Pemerintah mengklaim bahwa Indonesia salah satu negara paling baik dalam pengelolaan utang diantara negara lain.

"Kalau melihat utang jangan hanya melihat pada angkanya. Tapi lihat depth to GDP ratio kita turun, hanya tinggal 23 persen. Kita mengelolanya sangat sehat. Dan bahkan dianggap Indonesia mengelola utang salah satunnya negara yang sehat di dalam melakukan pengelolaan utang," ujar Menteri Perekonomian, Hatta Rajasa, di Departemen Keuangan, Jakarta (6/11).

Lantas apa upaya pemerintah dalam mengurangi atau meluasi hutang Indonesia?

Hatta menegaskan bahwa saat ini Pemerintah tak lagi membebani biaya pembangunan dari pinjaman luar negeri.

"Pemerintah saat ini tidak lagi menggantungkan pembangunan dari utang. Catat! Coba pelabuhan sekarang BUMN, bandara dibangun dengan BUMN yang dulu semua dibangun dengan utang. Kita terus menurunkan utang," tegasnya.

Selain itu, lanjut Hatta, setiap menggelar rapat kordinasi ia selalu menekankan kepada jajarannya agar berupaya sebisa mungkin mengurangi utang-utang.

"Termasuk pembangunan jalan tol di Sumatera yang tadinya akan dibiayai di dalam lubuk kita keluarkan. Tidak lagi masuk dalam lubuk, tapi dibiayai oleh BUMN kita," ujarnya mencontohkan.

Dalam rangka mengurangi utang itu, pemerintah hanya memprioritaskan pembangunan yang sangat dibutuhkan.

"Seperti infrastruktur terkait dengan MRT ataupun waduk atau apapun yang dibiayai dengan itu. Sedangkan yang lain yang secara komersial dibangun sendiri dengan biaya modal dalam negeri kita lakukan itu," tandasnya.

Hatta menambahkan, tahun depan pemerintah akan lebih menfokuskan pembangunan yang bersifat mendasar. Kemudian hal-hal yang terkait di Kementrian juga akan dilakukan efisiensi.

"Banyak yang dicoretin. Saya rapat tiga kali di sini. Karena spirit kita adalah tidak bergantung pada pembiayaan luar negeri. Kita ingin mendoronng swasta kita membangun. Spiritnya itu," imbuhnya. (IGW)

sumber
Halaah kecil itu, utang baru 2000 trilyun aja kokemoticon-Cape d... (S)
2000 T kalo beli krupuk dapat brp ganemoticon-Bingung (S)
kenyataan rakyat masih banyak yang sengsara pak......
jauh dari apa yg diucapkan,.kenyataan di lapangan,.??emoticon-Belomatabelo
iye'lah, wong itu org gaul'nya ama org2 elit politik..
ngga pernah turun ke jalan atau slum area kan.? kalo iya juga, hanya utk pencitraan doang..
yaa wajar utang dengan nilai segitu dibilang dikit.. emoticon-Cape d... (S)
Kira2 perlu berapa generasi utk bisa lunasemoticon-Cape d... (S)
hahahaha
Itu maksudnya debt to GDP kali y, fail juga nih reporter liputan6...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kortikal
Kira2 perlu berapa generasi utk bisa lunasemoticon-Cape d... (S)


pertanyaan yang sama yang terlontar dalam benak ane gan...

berarti setiap anak yang lahir udah punya utang 8 juta rupiah gitu ??
Tetangga ane, kebanyakan utang, bengeknya sering kambuh tuhemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Semoga cepat dilunasi utangnya agar kita tidak tergantung dengan negara lain
maksudnya orang2 yg menikmati hasil dari utang itu yah?? emoticon-Big Grin
sehat banget tuh bos utang 2000T. ibarat sakit jantung ini masi penyempitan pembuluh darah kecil aja kok, tinggal tunggu serangan jantung. klo da serangan jantung baru muncul 2 opsi. 1 indonesia runtuh, 2 indonesia dijual sebagian kenegara lain. betul?
kalau jadi diredonomisasi utang jadi "cuma" Rp 2 T emoticon-Embarrassment
sampe kiamatpun gk baal lunas kayaknya kalo DPRnya gini gini aja emoticon-Cape d... (S),
ya kya kita yang kredi motor 20jt an pdahal gaji cman 1 jt an....
yah smoga utangnya gak nambah, dan korupsi berkurang, sukur2 ilang emoticon-Belo
namanya banyak utang itu ya penyakitan.
turut bersyukurrr .... atas prestasi pemerintah
emoticon-thumbsup:
di negara manapun hutang itu pasti ada, apalagi untuk negara2 yang sedang berkembang, hutang sangat diperlukan untuk membangun insfrastruktur, cuma, masalahnya, hutang di indonesia ini penggunaan di pembangunannya kurang mengena, banyak proyek2 pemerintah yang di danai dari utang ga tepat sasaran, akibatnya ga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakatnya,

contoh : pembagunan jalan2 di provinsi yang terpencil dibikin asal2an atau mark up, seharusnya jalan itu jika dibangun dengan benar, maka akan membantu masyarakat disekitarnya lebih mudah dalam hal mengelola bisnis/ekonominya (jual beli sembako dari pasar ke pedalaman), cuman karena banyaknya mark up, maka jalan yg harusnya bertahan 10 tahun cuma bertahan 1 tahun..

so.. utang itu penting untuk mempercepat pembagunan, asal pengelolaan utang itu bertanggung jawab, klo ngga ya semakin banyak utang, semakin ga jelas pembangunan dan manfaatnya.. emoticon-Cape d... (S)
ane punya utang stressnya bukan main gan, udah gitu utangnya ngak lunas-lunas...emoticon-Matabelo
sedih ane gan

indonesia banyak utang
padahal dikorup melulu