alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509dee720975b43f35000066/miris-gan-di-hari-pahlawan-rumah-tempat-lahir-wr-soepratman-belum-dialiri-listrik
Kesel 
(MIRIS GAN DI HARI PAHLAWAN) Rumah Tempat Lahir WR Soepratman Belum Dialiri Listrik
(MIRIS GAN DI HARI PAHLAWAN) Rumah Tempat Lahir WR Soepratman Belum Dialiri Listrik

Miris! Rumah Tempat Lahir WR Soepratman Belum Dialiri Listrik

PURWOREJO - Meski telah dianugerahi gelar sebagai pahlawan nasional, kondisi tempat kelahiran WR Soepratman di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Purworejo cukup mengenaskan.
Walau sudah menjalani beberapa rehabilitasi, masih diperlukan banyak perbaikan untuk rumah tempat lahir pahlawan nasional.
“Instalasi listrik sudah dipasang, namun sampai sekarang belum ada sambungan listrik,” kata Panut Maryono, penjaga monumen kelahiran WR Soepratman, Jumat (9/11/2012).
Rumah joglo sederhana yang terletak di kawasan perbukitan Dusun Trembelang, lanjutnya, belum lama ini direhabilitasi. Awalnya, rumah tersebut ditempati seorang kerabat WR Soepratman. Namun, sekitar 2007, Pemkab Purworejo berinisiatif membeli tanah dan rumah tersebut.
Akhirnya, pada 5 Oktober 2008, rumah selesai direnovasi dengan mengganti atap, dinding, dan halaman rumah yang terletak di perbukitan diperkuat.
“Yang masih asli ya dua soko di bagian samping timur rumah. Namun, secara umum kondisi rumah memang dibuat seperti aslinya,” jelas Panut.
Di dalam bangunan rumah sederhana berukuran sekitar 8x5 meter, terdapat beberapa ruangan. Namun, isinya tidak banyak. Hanya, di ruangan utama terdapat beberapa memorabilia sang komponis. Beberapa informasi seputar pencipta lagu kebangsaan terpajang dalam bingkai rapi.
“Yang itu memang disediakan oleh pemerintah daerah,” imbuh Panut.
Dengan membaca belasan bingkai cerita, pengunjung akan mudah memahami perjalanan hidup sang komponis.
Kisah kehidupan WR Soepratman yang dilahirkan dari ibu bernama Senen, memang menggugah perasaan. Sewaktu sang ibu mengandungnya, ayahnya terlibat hubungan dengan wanita lain.
Sang ibu yang merasa sakit hati kemudian pulang ke daerah asalnya, Somongari. Belum cukup penderitaan mendera, sewaktu berumur tujuh tahun Wage, nama kecil WR Soepratman, harus kehilangan ibunya. Sejak saat itu, ia ikut kakak perempuannya.
Sewaktu ikut kakaknya itulah, ia mendapatkan tambahan nama 'Rudolf', karena berhasil memerankan tokoh Rudolf dalam suatu pementasan drama.
Setelah perjuangan panjang bersama rekan-rekannya, ia berhasil menciptakan lagu Indonesia Raya. Dengan berani ia memperdengarkan lagu tersebut.
WR Soepratman meninggal dunia di Surabaya pada 17 Agustus 1938. Ia telah melahirkan beberapa karya lagu, di antaranya Indonesia Raya yang ia ciptakan pada 1924. Lagu tersebut baru dikumandangkan saat penutupan Kongres Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.
Soekoso DM, budayawan Purworejo, menyatakan prihatin atas kondisi rumah kelahiran WR Soepratman.
“Kondisi lingkungan tempat monumen kelahiran tersebut, saya rasa masih belum pas untuk ukuran pahlawan nasional,” ucapnya melalui sambungan telepon.
Ia berharap, pemerintah pusat dan daerah lebih memerhatikan tempat tersebut. Bagaimanapun juga, WR Soepratman merupakan seorang yang berjasa dalam berdirinya Indonesia.
Karena itu, sudah seharusnya perhatian diberikan kepada tempat yang sangat penting dan bersejarah tersebut. (*)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)

http://www.tribunnews.com/2012/11/10...ialiri-listrik

Mudah2an PEMDA PURWEROJO bergerak cepat.......jadi miris banget..
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
tumben nih ada TS nyalahin pemda, biasanya kan pusat yang selalu jadi biang kerok masalah...emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Tahukah sebabnya?

Apakah karena W.R. Soperatman seorang Islam Ahmadiyah lalu mendapat perlakuan yang tidak adil ???

Atau apakah memang negeri ini kurang memperhatikan pahlawan????
jangan2 beliau blum resmi jd pahlawan emoticon-Peace

tp miris jg tahu berita ini
Jadi terharu ane emoticon-Sorry emoticon-Mewek
Apkah Negri ini negri hukum yang adil ?
bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai dan menjunjung tinggi jasa para pahlawannya.
seperti itukah kita?
Miris emang ,krn gak sepadan dg apa yg sudah beliau lakukan untuk bangsa ini
Bangsa kita ini kan bangsa yang kecil.. jadi ya maklum aja emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Kelly.chian
Tahukah sebabnya?

Apakah karena W.R. Soperatman seorang Islam Ahmadiyah lalu mendapat perlakuan yang tidak adil ???

Atau apakah memang negeri ini kurang memperhatikan pahlawan????


seperti biasa di negeri ini kurang meratiin pahlawan coba aja ente kiat gambar ini

(MIRIS GAN DI HARI PAHLAWAN) Rumah Tempat Lahir WR Soepratman Belum Dialiri Listrik


pasti ente langsung tepok jidat emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By Kelly.chian
Tahukah sebabnya?

Apakah karena W.R. Soperatman seorang Islam Ahmadiyah lalu mendapat perlakuan yang tidak adil ???

Atau apakah memang negeri ini kurang memperhatikan pahlawan????


sekolah lagi gan, belajar sejarah lagi. minimal kalo gak tau googling dulu sebelum komen :
"W.R. Soepratman tidak beristri, beragama Kristen Protestan serta tidak pernah mengangkat anak."
Wage Rudolf Soepratman
Mungkin karena terletak di wilayah perbatasan (antara Kab. Purworejo dan Kab. Kulom Progo), dan seperti semua daerah perbatasan di mana saja, tempat itu terabaikan.
Banyak kasus kok! ga cuman ini aja!
Yang terakhir anget rumah panglima Sudirman yang mau dijual! Masih inget ga!?
Ga tau deh kita harus gimana!? sedih ane emoticon-Turut Berduka
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya".



Kita memang masih abal-abal.
BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG BUKAN HANYA MENGHARGAI JASANYA, NAMUN JUGA MELANJUTKAN KARYA"NYA. SEKIAN
apakah ini artinya indonesia bukan bangsa yang besar??
Kalo udah deket2 ama urusan duit, lupa deh ama leluhurnya sendiri
wah, nasib pahlawan malah dicuekin aja nih emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By Kelly.chian
Tahukah sebabnya?

Apakah karena W.R. Soperatman seorang Islam Ahmadiyah lalu mendapat perlakuan yang tidak adil ???

Atau apakah memang negeri ini kurang memperhatikan pahlawan????


Omongan klaim JAI di percaya. emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By displacesux


sekolah lagi gan, belajar sejarah lagi. minimal kalo gak tau googling dulu sebelum komen :
"W.R. Soepratman tidak beristri, beragama Kristen Protestan serta tidak pernah mengangkat anak."
Wage Rudolf Soepratman


WIKIPEDIA dipercaya? emoticon-Cape d... (S) Coba ente jadiin link wikipedia sebagai link sumber di Kaskus, bakal didelete Gan karena setiap info di wikipedia bebas di edit.

WR SOEPRATMAN adalah Islam Ahmadiyah dan pernah di tampilkan di METRO TV. Puas, Puas Gan???


emoticon-Ngakak
bukti bahwa pemerintah kurang peduli ama jasa para pahlawan nya...







______________________________________________________
"Always Have a Contigency Plan"
×