alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509dedb548ba545871000157/bob-freeberg-pilot-amerika-pahlawan-indonesia
Thumbs up 
Bob Freeberg, Pilot Amerika Pahlawan Indonesia
Bob Freeberg, Pilot Amerika Pahlawan Indonesia

Quote:Robert Earl Freeberg, adalah salah satu orang yang berjasa di awal kemerdekaan Indonesia. Pilot bayaran berkebangsaan Amerika Serikat ini gagah berani terbang menembus blokade udara Belanda. Bob belasan kali menjalankan operasi 'black flight' atau penerbangan gelap menyelundupkan candu dan berbagai hasil alam Indonesia untuk ditukar senjata atau uang di luar negeri. Hasil penyelundupan itu digunakan pemerintah Soekarno untuk membiayai negara di masa sulit awal kemerdekaan.

Di mata Presiden Soekarno, Bob adalah orang yang idealis. Dia ditakdirkan datang untuk membantu perjuangan rakyat Indonesia.

"Seorang pemuda pada suatu hari muncul entah darimana dan memperkenalkan dirinya. Namaku Bob Freeberg. Aku orang Amerika. Aku seorang pilot dan menaruh simpati pada perjuangan anda. Bantuan apa yang dapat kuberikan?" demikian Soekarno dalam biografi yang ditulis Cindy Adams.

Bob adalah mantan penerbang tempur Angkatan Laut Amerika Serikat saat perang dunia ke II. Setelah perang berakhir, pria asal Kansas ini menjadi pilot carter CALI (Commercial Air Lines Incorporated) Filipina. Dia bertemu Opsir Udara III Petit Muharto Kartodirdjo di Singapura dan segera menyatakan kesediaannya untuk melakukan penerbangan untuk membantu Indonesia.

Bob kemudian menabung dan membeli sebuah pesawat angkut DC-3 Dakota. Dia memberi nama pesawat itu RI-002. Kenapa bukan RI-001? Bob berpendapat nama RI-001 selayaknya diberikan untuk nama kehormatan pesawat pertama yang dimiliki Indonesia. Ketika Bob disewa, Indonesia tak punya satu pun pesawat angkut.

Bob membantu menyelundupkan emas, candu, perak, kina dan karet dari Indonesia ke luar negeri. Lalu dia membawa senjata, pakaian dan obat-obatan dari luar negeri ke Indonesia. Kisah petualangan Bob seru seperti di film action saja.

Bob juga banyak membantu TNI untuk melakukan operasi militer. Dialah pilot operasi penerjunan pertama yang dilakukan Angkatan Udara Republik Indonesia. Pada 17 Oktober 1947, Bob menerbangkan RI-002 dari Bandara Maguwo ke Kotawaringin, Kalimantan Tengah. TNI menerjunkan 12 prajurit AURI untuk menembus blokade Belanda dan mengobarkan perlawanan di sana.

Bob pula yang mengantar Soekarno berkeliling Sumatera guna meminta sumbangan rakyat untuk membantu perjuangan RI. Rakyat Aceh kemudian menyumbang 20 Kg emas yang kemudian dibelikan pesawat Dakota dengan nama seulawah atau gunung emas. Pesawat ini yang kemudian diberi nomor registrasi RI-001.

Bob memang seorang pilot bayaran. Tapi dia terlibat secara emosional dalam perjuangan bangsa Indonesia. Bob tak bisa menerima perlakuan sewenang-wenang Belanda terhadap rakyat Indonesia. Dalam surat-surat yang dikirimkan ke keluarganya di AS, Bob selalu menggambarkan penghormatannya untuk rakyat Indonesia.

"Sangat menakjubkan melihat rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaan mereka," kata Bob seperti dikutip dari smithsonianmag.com.

Sayangnya nasib Bob berakhir tragis. Pesawatnya jatuh saat mengirim emas 20 kilogram ke Palembang. Tanggal 29 September 1948, pesawat Dakota milik Bob jatuh di belantara hutan. Diduga pesawat itu ditembak jatuh pesawat pemburu Belanda.

"Dia mengalami kecelakaan saat aku mengirimnya ke Palembang untuk membawa uang untuk membantu gerilya di Sumatera. Tak pernah aku akan melupakan kawanku orang Amerika, Bob Freeberg," kata Soekarno.



sumber


ketika orang asing mampu menjadi pahlawan negara kita emoticon-Sorry



Spoiler for Sekilas:



Selamat Hari Pahlawan

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
pahlawan tak pernah membedakan suku ras dan agama yang dilihat mana yang layak dibela kali yah emoticon-EEK!


wah tuh emas 20kg udah ketemu blom yee...?? emoticon-Genit:


btw, makasi om bob udah bantu Indonesia...emoticon-Angkat Beer
Thax ya buat om Bob ,
sayang berakhir dengan tragis emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By TukangObokBabu
kalo ga tewas bisa jadi warga kehormatan indo nih orang


iye gan salut bt beliau..
thx bob emoticon-rose

pengorbanan dan kontribusi mu sangat berarti untuk bangsa kami emoticon-rose
kini muncul pasukan berjubah putih dari dalam negri yang merusak nkri, merusak tempat ibadah, melakukan tidak kekerasan, dlsb emoticon-Najis
salut buat perjuangannya meski bukan warga negara indonesia,
untuk saat ini kayaknya ada beberapa oknum pilot kita yg mengikuti langkahnya menjadi penyelundup candu,
tapi sayang hasilnya digunain untuk menuhin kantong pribadi bukan dijadiin dana buat perjuangan bangsa ini.
banyak gan orang2 asing yang ikut berjuang untuk Indonesia kok kl mau di cari

Ada yang karena dah menganggap diri nya pribumi cz lahir di sini, ada pasukan2 jepang yang iba melihat perjuangan ni bangsa dll


Selamat hari pahlawan
Jangan biarkan pahlawan2 menangis dalam kubur nya melihat bangsa ini gemar tawuran

Wah ane belum pernah dengar ada 'Bob pilot badung' gini.
Keren, beli pesawat sendiri, tapi di berita ga disebutkan yah apakah selama membantu Indonesia muda dia dibayar?
Freeberg yang Orang Amerika aja berjuang untuk Indonesia.

Kalo FPI ngapain ya? emoticon-Ngakak
Semoga Mr. Bob masuk surga ya Allah
Ane sih nga bisa bayangin ya sama orang orang Indonesia yang benci sama US, kalau dilihat dan jika bener hal yang dikemukakan TS maka tanpa BOB Indonesia belum tentu bisa seperti sekarang, tanpa uang dan senjata mau jadi apa terus terusan perang pake bambu runcing.............
Quote:Original Posted By kensama
Freeberg yang Orang Amerika aja berjuang untuk Indonesia.

Kalo FPI ngapain ya? emoticon-Ngakak


lha kok sampe FPI om??emoticon-Cape d...
emoticon-Ngakak ternyata ketidak jujuran di awal

menyebabkan kita mejadi generasi gak jujur ampe sekarang

tukang selundup

selundup duit emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By sigmamale
kini muncul pasukan berjubah putih dari dalam negri yang merusak nkri, merusak tempat ibadah, melakukan tidak kekerasan, dlsb emoticon-Najis


maka dr itu gan sesuai dgn pepatah ;
"kemenangan & kehancuran suatu bangsa bukan krn di rong-rong oleh bangsa lain tapi oleh musuh dalam selimut alias bangsa sendiri"
×