alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509db7e7e574b4d811000016/yang-dinanti-warga-dki-telah-tiba--dki-jakarta-resmi-luncurkan-kartu-sehat
Thumbs up 
( Satu Janji kampanye telah lunas ) DKI Jakarta Resmi Luncurkan Kartu Sehat
( Yang dinanti warga DKI telah tiba ) DKI Jakarta Resmi Luncurkan Kartu Sehat

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu yang dinanti tiba. Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Kartu Jakarta Sehat, Sabtu (10/11/2012). Kartu yang terbilang sakti ini adalah salah satu program unggulan Gubernur Joko Widodo. Dalam rencana, seluruh warga Ibu Kota berhak memeroleh kartu ini. Akan tetapi nantinya Pemprov DKI Jakarta hanya menyasar 4,7 juta warga miskin, atau setara dengan 50 persen warga Ibu Kota.

Jumlah tersebut diberikan secara bertahap. Pada tahap pertama, November hingga Desember, Pemprov DKI Jakarta akan mengeluarkan 3.000 kartu. Gubernur Jokowi akan menyerahkan kartu tersebut secara seremonial kepada beberapa kelurahan yang menjadi prioritas penyebaran kartu ini. Adapun kelurahan yang menjadi prioritas utama ialah Tanah Tinggi, Bukit Duri, Manggarai, Pademangan Timur, Marunda, dan Tambora.

Penentuan daerah prioritas berdasarkan tingkat kepadatan penduduk dan wilayah kumuh. Dengan kartu sehat para pemiliknya dapat berobat gratis di puskesmas, atau rawat inap di rumah sakit umum daerah (RSUD) kelas tiga. Selain tanpa biaya, pasien rawat inap juga akan dirujuk ke RSUD kelas dua apabila ruang di kelas tiga sudah tak lagi tersedia.

Kartu ini dapat diperoleh melalui partisipasi aktif masyarakat mendaftarkan diri ke puskesmas. Petugas di puskesmas akan mencatat data sesuai KTP, berikut penyerahan bukti serah terima. Untuk mengoptimalkan layanan ini, Pemprov DKI Jakarta menggandeng beberapa pihak untuk terlibat di dalamnya. Manajemen melalui Jamkesda, sistem diperkuat oleh RSCM, dan tambahan tenaga medis baru dari Fakultas Kedokteran yang digawangi oleh Universitas Indonesia ( UI )

Sumber

Semoga kartu ini bisa bermanfaat untuk warga DKI Jakarta dan setiap warga DKI Jakarta wajib ikut mengawasi jadi ketika ada kendala2 bisa segera dilaporkan ke Pemprov DKI.

emoticon-Matabelo

ayo kita liat reaksi tokoh2 di jakarta, ada yang terguncang lagi apa tidak emoticon-Big Grin

semoga sukses program kartu sehatnya emoticon-Selamat
Quote:Original Posted By rzareza
ayo kita liat reaksi tokoh2 di jakarta, ada yang terguncang lagi apa tidak emoticon-Big Grin

semoga sukses program kartu sehatnya emoticon-Selamat


Amin Gan, semoga saja bisa sukses Gan,..
Kendala sih pasti ada tapi ane yakin kalau semua aktif baik dari pemprov, puskesmas, RS dan warga DKI sendiri pasti bakal ketemu solusinya.
Jokowi: Keluarga Mampu Bisa Dapat Kartu Sehat

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menargetkan pada 2013, Kartu Jakarta Sehat akan dibagikan ke seluruh pihak, termasuk bagi warga yang mampu.

"Sekarang yang diprioritaskan adalah warga yang tidak mampu. Tapi tahun 2013, siapa pun yang mau dapat Kartu Jakarta Sehat, ya silakan saja," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (9/11/2012).

Jokowi mengatakan, semua warga DKI Jakarta bisa menggunakan Kartu Jakarta Sehat dengan catatan mau ditempatkan di kelas III. Ia pun tidak khawatir penggunaan Kartu Jakarta Sehat ini akan berdampak seperti pemberian subsidi pada premium, yang kemudian para pejabat pun turut menggunakan bahan bakar bersubsidi tersebut.

"Enggak tepat sasaran gimana? Emangnya orang kaya mau ditempatin di kelas III? Ya enggak mau. Yang mau ya mesti orang enggak punya," kata Jokowi.

Untuk persiapan launching Kartu Jakarta Sehat, Jokowi mengaku telah mempersiapkannya seratus persen. Untuk peluncuran pertamanya, terdapat enam kelurahan yang akan menjadi sasaran pembagian kartu oleh Jokowi. Enam kelurahan tersebut antara lain Pademangan, Bukit Duri, Tanah Tinggi, Tambora, Manggarai, dan Marunda.

Jokowi mengatakan, ia memilih enam kelurahan itu sebagai prioritas karena memang keadaan lapangan di kelurahan-kelurahan tersebut sudah sangat parah. "Ya, itu sama-sama parahnya itu. Kalau lapangan, lebih tahu saya-lah," kata Jokowi.

Dalam Kartu Jakarta Sehat tersebut, kata Jokowi, akan ada rekam medisnya. Sistem ini yang membuat Kartu Jakarta Sehat berbeda dari kartu-kartu lainnya.

"Nanti akan ada record sakitnya apa. Misalnya bulan ini panu, bulan depan masuk angin. Semuanya akan ada di situ. Ini yang membedakan karena ada sistemnya," ujarnya.

Pada dasarnya, kartu itu dapat digunakan warga untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis pada segala jenis penyakit. Kartu itu baru berlaku jika warga pemegang kartu bersedia menjalani pengobatan di puskesmas atau rawat inap di rumah sakit umum daerah (RSUD) kelas III.

Kalaupun ruang rawat inap di RSUD kelas III sudah penuh sehingga tak dapat menampung pasien lagi, maka pasien dengan kartu tersebut akan di-upgrade ke RSUD kelas dua. Penyebaran Kartu Jakarta Sehat akan dilakukan secara bertahap, sampai akhir tahun ini akan diluncurkan hingga 3.000 kartu.

Semua warga DKI Jakarta berhak memiliki kartu ini dengan cara mendaftarkan diri ke puskesmas. Akan tetapi, pada pelaksanaannya, kartu ini dipetakan hanya untuk 4,7 juta warga Ibu Kota. Angka tersebut setara dengan jumlah warga miskin di Jakarta.

Sumber
Ini 6 Kelurahan Prioritas Peluncuran Kartu Sehat

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Ibu Kota boleh sedikit bernapas lega. Di tengah impitan hidup yang semakin ketat, pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera merealisasikan pembuatan Kartu Jakarta Sehat. Kartu "sakti" ini memungkinkan semua warga Jakarta mendapatkan layanan kesehatan secara penuh dan gratis.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati mengatakan, peluncuran Kartu Jakarta Sehat akan dilakukan pada Sabtu (10/11/2012). Setelah selesai dicetak, kartu ini akan disalurkan ke enam kelurahan kumuh dan padat penduduk. Kelurahan-kelurahan ini merupakan wilayah prioritas utama penyebaran kartu tersebut. Penyebaran di wilayah lain akan menyusul di kemudian hari.

"Enam kelurahan itu adalah Tanah Tinggi, Bukit Duri, Manggarai, Pademangan Timur, Marunda, dan Tambora," kata Dien saat dijumpai di Balaikota Jakarta, Rabu (7/11/2012). Enam kelurahan kumuh dan padat penduduk tersebut menjadi prioritas utama karena dianggap menjadi kantong-kantong kemiskinan dengan potret kesehatan yang buruk.

Pada dasarnya kartu ini dapat digunakan warga untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis pada segala jenis penyakit. Kartu itu baru berlaku jika warga pemegang kartu bersedia menjalani pengobatan di puskesmas atau rawat inap di rumah sakit umum daerah (RSUD) kelas tiga. Kalaupun ruang rawat inap di RSUD kelas tiga sudah penuh sehingga tak dapat menampung pasien lagi, maka pasien dengan kartu tersebut akan di-upgrade ke RSUD kelas dua.

Penyebaran Kartu Jakarta Sehat akan dilakukan secara bertahap, sampai akhir tahun ini akan diluncurkan hingga 3.000 kartu. Semua warga DKI berhak memiliki kartu ini dengan cara mendaftarkan diri ke puskesmas. Akan tetapi, pada pelaksanaannya, kartu ini dipetakan hanya untuk 4,7 juta warga Ibu Kota. Angka tersebut setara dengan jumlah warga miskin di Jakarta. "Warga harus daftar aktif ke puskesmas, kita catat dan ada bukti serah terimanya," kata Dien.

Sumber
Alhamdulillah... semoga tepat sasaran dan bisa langsung dinikmati oleh warga yang membutuhkan.
lanjutkan Pak Jokowi

sepertinya bakal ada yg komen nih dari beberapa "orang" di luaran sana
entah mendukung atau "tergoyang" (terguncang)
tinggal lihat implementasinya nanti, bakal ada warga yg ditolak RS ga emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dasi.item
tinggal lihat implementasinya nanti, bakal ada warga yg ditolak RS ga emoticon-Big Grin


Betul Gan, semoga semua pihak ikut mendukung progam ini jadi bisa meringankan masyarakat Jakarta.
RSUD Siap Layani Pemilik Kartu Jakarta Sehat

TEMPO.CO, Jakarta - Lobi Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan, Jakarta Pusat, tampak riuh pada Jumat sore, 9 November 2012. Staf administrasi dan beberapa dokter berkumpul membicarakan persiapan menerima pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat, program Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yang akan dimulai besok, Sabtu, 10 November 2012.

Rencananya, 3.000 kartu akan dibagikan kepada warga di enam kotamadya dan kabupaten di Jakarta sebagai percobaan. Pemilik Kartu Jakarta Sehat akan mendapat layanan kesehatan gratis untuk pelayanan kelas III.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Tarakan, Theryoto, mengatakan cara menggunakan Kartu Jakarta Sehat ini serupa Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Keluarga Miskin (JPK-Gakin). "Tinggal tunjukkan kartunya di loket, lalu nanti dilayani," kata Theryoto saat ditemui pada Jumat, 9 November 2012. Bedanya, data pasien tak lagi dicatat secara manual, tapi menggunakan mesin gesek seperti menggunakan kartu debit.

Jika belum memiliki Kartu Jakarta Sehat, warga pun bisa menunjukkan kartu tanda penduduk Jakarta agar bisa menikmati pengobatan gratis. Penduduk yang terdaftar dalam Jamkesda dan JPK-Gakin pun tetap akan dilayani. "Jadi terserah mau pakai kartu yang mana, tetap akan kami layani," ujar dia.

Theryoto mengatakan pihaknya tak khawatir dengan membludaknya pasien pengguna Kartu Jakarta Sehat. Soalnya, baru ada 3.000 kartu yang dibagikan di enam wilayah. "Kecamatan yang paling dekat ke RSUD Tarakan itu Tambora, tetapi belum tahu berapa warganya yang mendapat kartu," ujar Theryoto.

RSUD Tarakan juga tak mempermasalahkan program baru ini. "Apa pun program pemerintah, kami akan mendukung dan siap memberikan pelayanan," ujarnya.

Sumber
keren pak jokowi ... sayang bukan di jawa barat euy .... emoticon-Sorry
pak jokowi tolong sekalian intruksikan sama warganya untuk jaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan...selamat untuk warga jakarta
Semoga pembagiannya merata
dan tidak ada lagi orang miskin ga bisa berobat emoticon-angel

gileks...
konisten bang jokowi..

klu bawahan ad yg nyeleneh, tebang aj...
semoga bisa membuat jakarta menjadi lebih baik
moga2 ga di "calo" in sama oknum2 kelurahan emoticon-Ngakak
akhirnya programnya jalan juga, belum 1 bulan nech. mana ne pasukan yang suka komentar negatif ke beliau? atau anggota DPRD yang cuma pandai ngmong atau kritik gk dapat Jatah? emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By antarez12
pak jokowi tolong sekalian intruksikan sama warganya untuk jaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan...selamat untuk warga jakarta


Nah ini ane sependapat ama Agan, Pak Jakowi kedepan harus gencar ngajak warga jakarta hidup bersih dan disiplin..
maju terus Om joko ,,,,ane dukung dah , muga lancar aza ,,,,emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

selamat buat warga jakarta

ane ikut berbahagia gan, semoga suatu saat pak jokowi bisa jadi RI-1 emoticon-I Love Indonesia (S)

satar