alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509d215be974b4ca6b0000a1/china-berkepentingan-bantu-proyek-infrastruktur-ri
China Berkepentingan Bantu Proyek Infrastruktur RI
VIVAnews - Hubungan ekonomi dan bisnis antara China dan Indonesia berjalan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kedua pemerintah terus menyepakati sejumlah proyek baru dalam mendukung pembangunan infrastruktur di tanah air.

Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, mengungkapkan bahwa dalam kerjasama terkini antarpemerintah, pada September 2012, China dan Indonesia menandatangani soft loan (pinjaman lunak) untuk tiga proyek besar, yaitu pembangkit listrik di Pare Pare, serta jalan tol di Bandung dan Medan.

"Infrastruktur adalah sektor yang paling diperlukan negara ini. China siap membantu," kata Dubes Liu dalam wawancara khusus dengan VIVAnews.

Dia juga mengungkapkan, beberapa proyek yang saat ini mulai dikerjakan adalah pembangkit listrik tenaga uap batu bara di Bali, bekerja sama dengan perusahaan China, Huadian Co. Perusahaan ini juga punya pembangkit listrik di Padang. Semuanya berjalan sukses, dari segi lingkungan dan pengadaan listrik. Perusahaan ini adalah salah satu yang terbaik.

"Yang paling membahagiakan saya adalah tiga minggu lalu saat menghadiri peresmian pembangunan proyek penampungan minyak di Padang. Total investasi proyek ini sebesar US$650 juta. Ini adalah investasi terbesar China untuk satu buah proyek," ujar Liu, yang pernah menjadi juru bicara Kementerian Luar Negeri China sebelum bertugas sebagai duta besar.

Selain antarpemerintah (G-to-G), kedua negara juga meningkatkan kerja sama B-to-B (Business to Business). Dubes Liu yakin kerja sama di sektor swasta akan semakin mempererat hubungan ekonomi kedua negara.

"Contohnya, semakin banyak perusahaan-perusahaan China yang berinvestasi di Indonesia. Dua minggu lalu, perusahaan ban untuk truk China menandatangani perjanjian dengan perusahaan Indonesia senilai US$550 juta untuk meningkatkan produksi di Indonesia," ujar Liu, yang bertugas di Filipina sebelum menjadi Dubes China untuk Indonesia sejak Maret 2012.

Selain itu, ungkap Liu, perusahaan China akan menanamkan modal di pabrik semen di Papua dan tempat lainnya. Perusahaan pembangkit China juga akan menanamkan modalnya di Indonesia.

Jika ditelaah lagi, produk manufaktur berhubungan langsung dengan infrastruktur. Contohnya semen, ban, pembangkit listrik, terkait satu sama lain di bidang infrastruktur. "Jadi Indonesia tidak harus lagi mengimpor semen untuk pembangunan," kata Liu.

Kerja sama lainnya antara China dan Indonesia adalah mendirikan pusat pemurnian (smelter) untuk memenuhi kebijakan pemerintah RI dalam operasi barang mineral setengah jadi. Ini hal yang bagus, karena banyak importir kesulitan mendapatkan sumber daya mineral.

"Tren umum hubungan bilateral RI-China sangat sehat. Kerja sama dagang kita juga akan berumur panjang," lanjut Liu. (adi)

sumber:http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/365078-china-berkepentingan-bantu-proyek-infrastruktur-ri

Ternyata diam diam , serta menghanyutkan … disaat krisis global .. ternyata … investasi kerjasama bilateral china ke indonesia , semakin menjadi -jadi … dan win2 solution … emoticon-Ngakak
semoga … hubungan kerjasama kedepannya akan semakin besar dan semakin erat ,dan untuk demi kemakmuran kedua negara ini .asal jangan indonesia , diobok2 ama amerika lagi
Cina = mangkrak proyek atau kualitas seadanya
Quote:Original Posted By wiki5000
Cina = mangkrak proyek atau kualitas seadanya


sebagai pemberi proyek harusnya memantau hasil kualitas jangan tutup mata saja
Quote:Original Posted By wiki5000
Cina = mangkrak proyek atau kualitas seadanya


bener banget gan.....emoticon-Ngakak

Urusan sama china cukup ambil duitnya, jangan ambil barangnya....barang sesuai dengan spec, masalahnya kualitas dari material spec itu yang hancur-hancuran.