alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509ca3077c1243b51c0000a9/berita-basisatu-lagi-terduga-peminta-upeti
[Berita basi]Satu Lagi Terduga Peminta Upeti
TEMPO.CO, Jakarta - Setelah Idris Laena, Sumaryoto, MN, ETS, dan IS, kini muncul satu lagi nama anggota DPR yang diduga menerima upeti. Ini terungkap dari kesaksian karyawan bagian pemasaran Grup Permai, Bayu Widjojongko, dalam persidangan Angelina Sondakh, terdakwa suap proyek Wisma Atlet SEA Games dan universitas, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis, 8 November 2012.

Anggota DPR yang dituduh itu adalah M. Oheo Sinapoy. Anggota Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat ini disebut oleh Bayu menerima uang US$ 75 ribu (Rp 712,5 juta) dari perusahaan milik M. Nazaruddin itu.

Uang untuk memperlancar penganggaran proyek di Kementerian Agama tersebut diserahkan melalui dua anggota Badan Anggaran DPR, yakni I Wayan Koster dan Angelina Sondakh. “Tapi saya tidak tahu uang itu diantar ke komisinya (Komisi Agama) atau tidak," ujar Bayu.

Bayu menuturkan, setoran kepada politikus Partai Golkar itu merupakan bagian dari uang US$ 150 ribu yang dikucurkan Grup Permai. Wayan dan Angie masing-masing menerima US$ 75 ribu. Dari kedua orang itu, mengalir lagi US$ 75 ribu kepada Oheo.

Masih menurut Bayu, penyerahan duit kepada politikus PDI Perjuangan berlangsung di lobi Hotel Century, Jakarta. Sedangkan uang untuk Angie diberikan melalui Oktarina Furi, staf keuangan Grup Permai.

Bayu menambahkan, Direktur Marketing Grup Permai Mindo Rosalina Manulang pernah memerintahkan dirinya mengajukan permohonan kas kepada perusahaan senilai Rp 1 miliar. Sebanyak Rp 250 juta bakal diserahkan kepada Oheo, dan Rp 500 juta kepada Angie.

Ihwal tujuan pemberian duit untuk Oheo, Bayu mengatakan tidak tahu. Biasanya, kata dia, uang dari Grup Permai diberikan kepada para politikus Senayan agar anggaran proyek bisa cair.

Oheo hingga tadi malam tidak berhasil dihubungi. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Tantowi Yahya, mengatakan belum mengetahui soal tuduhan bahwa Oheo menerima uang dari Grup Permai. "Kami menjunjung asas praduga tak bersalah. Jika memang ada bukti, Oheo dapat diberhentikan dari Golkar," kata dia kepada Tempo, kemarin.

Wayan Koster belum bisa dimintai konfirmasi. Sebelumnya, dia pernah membantah terlibat dalam proyek yang diurus Grup Permai. “Bu Angie dan Bu Rosa sendiri membantah keterlibatan saya,” ucap Koster.

sumber

makin banyak aja oknum DPR terungkap minta jatah nih...
×