alexa-tracking

(Yang Boneng Nih ?) 2027 Jakarta Lebih Maju dari Singapura?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509c60857c124366550000a5/yang-boneng-nih--2027-jakarta-lebih-maju-dari-singapura
Poll: menurut agan bisakah jakarta seperti singapura di tahun 2027 ?

This poll is closed - 58 Voters

View Poll
bisa asal pimpinan rakyat dan birokrat saling bersatu dalam memajukan jakarta 37.93% (22 votes)
bisa asal mental semua rakyatnya dirobah 24.14% (14 votes)
ngak selama jakarta masih seperti ini 8.62% (5 votes)
ngimpi kale 29.31% (17 votes)
(Yang Boneng Nih ?) 2027 Jakarta Lebih Maju dari Singapura?
 (Yang Boneng Nih ?) 2027 Jakarta Lebih Maju dari Singapura?  (Yang Boneng Nih ?) 2027 Jakarta Lebih Maju dari Singapura?

VIVAnews - Jakarta diminta belajar dari success story Singapura, mengingat sebagai ibukota pemerintahan sekaligus pusat ekonomi Indonesia, Jakarta mempunyai berbagai masalah mulai dari kemacetan, dan sistem transportasi yang tak memadai.
Kurangnya daerah hijau, dan padatnya penduduk tanpa disertai perumahan yang terjangkau oleh masyarakat kelas bawah membuat persoalan di Jakarta teramat kompleks.

Global Nexus Institute (GNI) menggelar acara The Jakarta Master Plan Summit, yang bertujuan untuk mendorong pembangunan kota Jakarta yang diprediksi pada 2027 mendatang dapat setara bahkan lebih maju dari Singapura.

Hal itu mungkin terjadi apabila Jakarta Masterplan 2030 atau lebih dikenal dengan sebutan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Jakarta 2030, yang saat ini masih menunggu putusan DPRD DKI, berjalan dengan baik.

Dalam acara ini GNI mengundang Khoo Peng Beng, arsitek yang mewakili Singapura dalam Venizie Biennalle, pameran arsitektur terbaik di dunia. Dia menyatakan bahwa dunia perlu 1.000 kota seperti Singapura yang nyaman dan ramah lingkungan, dan dia berpendapat Jakarta dapat menjadi salah satu dari bagian itu.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, hadir membuka acara ini. Dalam kesempatan itu, Fauzi mengutarakan satu pemikiran filosof Yunani, Plato, yang mengatakan "Bagaimana kota kita, tergantung bagaimana penduduknya."

Menurut Fauzi, pemerintah kota dan pemerintah pusat membuat kebijakan dan mengatur kota-kota tetapi pada akhirnya penduduknya sendiri yang membentuk dan menghasilkan kota dimana mereka tinggal.

"Kota tidak hanya sekedar bangunan dan arsitektur, tetapi yang paling penting adalah orang-orang yang tinggal disana dan bagaimana mereka menginginkan kehidupan mereka. Pada akhirnya peradaban dan kebudayaan menentukan pengelolaan kota dan bagaimana itu terbentuk," ujar Fauzi Bowo saat membuka acara The Jakarta Masterplan Summit; Jakarta vs Singapore: A Comprehensive Comparison, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2011.

Hingga saat ini, posisi Jakarta memang masih berada di bawah Singapura. Namun, Fauzi memastikan pembangunan terus diupayakan, salah satunya adalah dengan adanya Rencana Tata Ruang Wilayah Jakarta 2030. Jakarta Masterplan akan menentukan pola dan pemanfaatan ruang, ekonomi, transportasi dan lingkungan di Jakarta.

"Dapat kah 1.000 kota seperti Singapura didirikan di dunia? Penduduk Jakarta perlu diyakinkan untuk berubah secara kultural dan saya tidak yakin ini apakah ini jalan yang penduduk Jakarta ingin lakukan," ungkapnya.

Sementara itu, GNI mengungkapkan tiga kesuksesan Singapura yang dapat dipelajari Jakarta, antara lain:

1. Kiat membangun perumahan. Sampai saat ini, fasilitas perumahan yang higienis dan layak masih sangat kurang di Jakarta yang diakibatkan oleh kelemahan kelembagaan yang kurang terpadu. Jakarta perlu melihat bahwa rahasia sukses Singapura adalah sinergi Central Provident Fund (CPF) Dana Jaminan Sosial yang dapat digunakan untuk membeli rumah dari Housing Development Board (HDB). Hasilnya 85% rakyat Singapura memiliki rumah dalam 1 generasi.

2. Rencana Tata Ruang dan Wilayah Singapura mewajibkan 40% kawasan hijau, 40% fasilitas umum seperti bandara, pelabuhan, jalan raya sehingga bangunan yang berpenghuni hanya 20%. Dalam komposisi seperti ini maka kota Singapura teratur rapi dan fungsional.

3. Sistem transportasi efisien termasuk operasional pelabuhannya menjadikan Singapura menjadi pusat transportasi terbesar di Asia Tenggara.


http://nasional.news.viva.co.id/news...ari-singapura-
sebenernya bisa tapi mental warga dan pejabatnya musti diubah dan dikombinasikan dengan pimpinan yang bener insyaallah pasti bisa emoticon-I Love Indonesia
ada pooling untuk memperkirakan apa kira kira penghambat terbesar jakarta tidak bisa seperti singapura silahkan diisiemoticon-Kiss
masih sepi nih emoticon-Mewek
vbot tolong temenin ane dong emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By Gateman.iRevo
2027 Jakarta bisa saja lebih maju dri singapura tahun 1987 emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Ngimpi kebanyakan. Penyakit nomer satu jakarta adalah kualitas penduduknya!



_______________________________________________________
Kunci Pintu Digital com



thanks udah komeng gan emoticon-Kiss

kalo begitu sdm kita musti dirombak lagi ya emoticon-Bingung
bisa sih, kalo ngurus nya bener....kalo yg ngurus masih kaya si kumis, malah mundur ntar....
yeah liat aja nti....klo mw berubah...ya rubahlah dari diri sendiri emoticon-Big Grin
gurbenur dan wakil DKI skrang sudah bagus...tinggal masyrakatnya aja yg perlu d bagusin...
bisa aja asal peminpinnya bagus dan rakyatnya MW DIATUR . kalo tiap kali demo tauran anarkis, perusakan dan pembakaran. ampe tahun kiamat juga jakarta dan indonesia ga bakal maju
bisa gan

JAKARTA 2027 = SINGAPUR 2012

singapur 2027 dah pada pindah ke bulan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ah itu kan kata timsesnya Jokowow aja gan.

 (Yang Boneng Nih ?) 2027 Jakarta Lebih Maju dari Singapura?
Quote:Original Posted By rowanatkinsom



thanks udah komeng gan emoticon-Kiss

kalo begitu sdm kita musti dirombak lagi ya emoticon-Bingung


Iya gan, menurut prof, orang2 di Jakarta rata2 udah demoralized karena tekanan yang konstan. Mulai dari problem di jalan, di kantor, kelewat lelah di rumah, dan begitu terus siklusnya.

Manusia jakarta sudah mulai degeneratif otaknya sehingga mereka perlu sebisa mungkin lepas dari kota itu.

Seperti pak bowo bilang "Dijakarta kebanyakan orang2 yang ga berkualitas" dan itu didukung sama statistik yang menunjukkan orang dengan kemampuan tinggi justru keluar dari Jakarta (bisa ke luar negri atau ke daerah lain)
GA KOMENKO
bisa aja gan, kalau ada kemauan pasti ada jalan.
sepuluh tahun yg lalu juga udah ada artikel spt ini
kenyataannya ?
CUMI
cuma mimpi

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
BISA!!! Asal JOKOWI jd RI1 10 tahun
asal komitmen dgn masterplan..psti bsa
jgn ilang harapan emoticon-Big Grin
Wuooyyyy, berita kapan neeeh, Gubernur DKI nya masih si Kumis emoticon-Cape d... (S)
ane kasian sama orang indonesia ,saking pengennya maju sampai2 ngarepin sesuatu yang konyol
pengen maju tapi mental masih indon
Quote:Original Posted By OmotomO
sepuluh tahun yg lalu juga udah ada artikel spt ini
kenyataannya ?
CUMI
cuma mimpi

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


b1tch pliss
kalo gubernurnya macem ali sadikin juga bisa ditambah lagi kalo birokratnya juga bener jangan patah semangat lah emoticon-I Love Indonesia
kelamaan 2027 keburu kiamat akhir tahun iniemoticon-Hammer (S)