alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509be8432775b45820000042/bahan-baku-melimpah-ehhindo-impor-tinta-pemilu-gan
Bahan Baku Melimpah, Ehh...Indo Impor Tinta Pemilu Gan!!
PADANG, (TubasMedia.Com) – Pemerintah didesak segera membentuk badan penyanggah biji gambir yang diharapkan dapat berperan meminimalisasi permainan harga yang dilakukan buyers asing selama ini. Posisi tawar Indonesia sebagai eksportir biji gambir memang amat lemah sebagai akibat dari tidak adanya industri di dalam negeri yang menggunakan biji gambir sebagai bahan baku industri.

Hal itu diutarakan Ketua Umum Asosiasi Komoditi Gambir Indonesia, Ramal Saleh menjawab tubasmedia.com di sela-sela kunjungan Staf Ahli Menteri Perindustrian bidang P3DN, Ferry Yahya didampingi Kepala Baristan Industri Padang, Umar Hapson di Padang Sumatera Barat, Kamis.

Ferry Yahya berada di Padang untuk melihat langsung proses pembuatan tinta pemilu yang menggunakan bahan baku biji gambir. “Kita akan dukung langkah ini. Sebab, selain memperkuat posisi tawar di pasar dunia, upaya ini sekaligus akan meningkatkan kesejahteraan petani gambir dan juga menghemat devisa,” kata Ferry.

Seperti diutarakan, selama ini gambir produksi Sumatera Barat sepenuhnya diekspor dalam bentuk gelondongan ke beberapa negara seperti India, Pakistan dan Singapura. Di negara tujuan ekspor, gambir gelondongan diolah menjadi antara lain tinta yang sering dipakai untuk kegiatan pemilihan umum baik pilpres, pilkada dan lainnya di Indonesia. Dan tinta pemilu yang bahan bakunya dari Indonesia itulah yang selama ini diimpor Indonesia.

Sebagai catatan, 90 persen gambir yang beredar di pasar dunia didatangkan dari Indonesia dan 85 persen di antaranya berasal dari Sumatera Barat. Kendati demikian, posisi tawar Indonesia teramat lemah karena buyers asing tahu persis jika di Indonesia belum ada industri yang bisa mengolah gambir menjadi produk industri. Karena itu diharapkan agar pemerintah membentuk badan penyanggah yang bisa menampung gambir hasil pertanian rakyat saat panen raya untuk kemudian melakukan intervensi saat terjadi gejolak harga.

“Terus terang, selama ini Indonesia belum mampu tampil jadi tuan di negeri sendiri, walau Indonesia dikenal sebagai negara penghasil gambir. Kita selalu didikte soal harga bahkan dipermainkan. Namun dengan penemuan teknologi pembuatan tinta pemilu, posisi tawar kita mengalami perubahan,” kata Ramal.

http://www.tubasmedia.com/berita/bad...gera-dibentuk/

Ini namanya sadis gan! Lah, biji gambirnya ada di sini semua, kenapa malah impor tintanya?? Kebiasaan nih Indo. Ekspor bahan baku, terus impor lagi barang jadinya. Tekor dong kita, ya gaemoticon-No Hope
anda ini bagaimana ?
klo gak impor berarti gak ada proyek
klo gak ada proyek berarti ga ada uwang
klo gak ada uang gimana ngurusin istri,selir, simpanan dll emoticon-Mad:

Bahan Baku Melimpah, Ehh...Indo Impor Tinta Pemilu Gan!!
hush, bicara gambir terus mana proyeknya? emoticon-Ngakak
gambir buat nyusur aja dah emoticon-Ngakak dan nggambir vagina

Bahan Baku Melimpah, Ehh...Indo Impor Tinta Pemilu Gan!!
hebatnya bangsaku
udah 1dekade lebih pemilu demokratis d terapin
puluhan juta galon tinta telah d abisin
tp knapa kok msh impor ajaa?
kebanyakan duit kayanya nihh negara... hebat dehh emoticon-Malu (S)
"ngapain cape2 bikin kalo bs beli" emang ampuh banget tuh kata2 buat ngegambarin nih bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)
kasian gAn, fakir pejabat miskin pada perlu santunan buat makan anak istrinya....
ya beginilah endonesah kita semua

mau gmn lagi mas bero
Itu pertanda, sebagai bangsa mita nggak PD dengan produk-produk sendiri.
gembar-gembor stop impor, ... udah bisa bikin jarum jahit apa belum ... ???
ngapain import di sini aja banyak emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By mukidivanbekasi
Itu pertanda, sebagai bangsa mita nggak PD dengan produk-produk sendiri.


bukan masalah nggak PD tapi memang belum ada yang buat


Indonesia oh indonesia...
Quote:Original Posted By faral
hebatnya bangsaku
udah 1dekade lebih pemilu demokratis d terapin
puluhan juta galon tinta telah d abisin
tp knapa kok msh impor ajaa?
kebanyakan duit kayanya nihh negara... hebat dehh emoticon-Malu (S)
"ngapain cape2 bikin kalo bs beli" emang ampuh banget tuh kata2 buat ngegambarin nih bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)


itulah letak kehebatan bangsa indonesia gan emoticon-I Love Indonesia (S)
kita kan negara kaya
apa2 harus impor dong....
ngapain susah2 produksi sendiri emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


hadeuuuuuuhhhhhhh emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis
selalu jadi budak, jadi sapi perahan
Kalo belum ada pabriknya, disuruh buat.
Tapi kalau sudah ada pabriknya, trus demo minta gaji setinggi langit.
Kalo pemerintah dan pengusaha ga mau mengabulkan tuntutan, lalu mogok dan mengancam perusahaan akan dibangkrutkan.

TRUS BIJIMANA MAS BEROOO???emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By ahuhaha
Kalo belum ada pabriknya, disuruh buat.
Tapi kalau sudah ada pabriknya, trus demo minta gaji setinggi langit.
Kalo pemerintah dan pengusaha ga mau mengabulkan tuntutan, lalu mogok dan mengancam perusahaan akan dibangkrutkan.

TRUS BIJIMANA MAS BEROOO???emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

hahha bener jg nih agan ane jadi mikir

di Indonesia belum ada industri yang bisa mengolah gambir menjadi produk industri.
Quote:Original Posted By guling2an
anda ini bagaimana ?
klo gak impor berarti gak ada proyek
klo gak ada proyek berarti ga ada uwang
klo gak ada uang gimana ngurusin istri,selir, simpanan dll emoticon-Mad:

Bahan Baku Melimpah, Ehh...Indo Impor Tinta Pemilu Gan!!


komen yg kritis nih emoticon-Cool





INGATLAH SUATU SAAT NANTI KITA AKAN MATI SAUDARAKU
Quote:Original Posted By Dewa2424


itulah letak kehebatan bangsa indonesia gan emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By lion.cub


ya udah gak usah banyak omong situ aja yang bikin pabrik tinta. apa-apa bikin sendiri nanti klo jualan gado-gado apa beras buat lontong nanam sendiri kali ya ?


situ yg banyak omong, udah bs bikin lontong blomm emoticon-Malu (S)

Pak Ferry Yahya...eks ketua perwakilan Indo di Taiwan...
Ckckckc...
Anaknya pak Ferry cantik loh emoticon-Big Grin
×