alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50909226ea74b405140000a0/13-puisi-terbaik-chairil-anwar-sepanjang-masa-serba-13
Poll: Puisi Chairil Anwar yang agan suka adalah...
Diponegoro 8% (3 votes)
Tak Sepadan 5% (2 votes)
Sia-sia 5% (2 votes)
Aku 31% (12 votes)
Lagu Biasa 3% (1 votes)
Hampa 3% (1 votes)
Di Mesjid 3% (1 votes)
Derai-Derai Cemara 10% (4 votes)
Isa 3% (1 votes)
Doa 8% (3 votes)
Senja Di Pelabuhan Kecil 3% (1 votes)
Krawang-Bekasi 13% (5 votes)
Lainnya... :) 8% (3 votes)
Puisi-Puisi Terbaik Chairil Anwar Sepanjang Masa
Bismillah...

Langsung aja, ngak pake lama, mudah2an tidak emoticon-Blue Repost dan emoticon-Salah Kamar
Ane mau share mengenai 13 Puisi Terbaik Chairil Anwar sepanjang masa. Semoga bermanfaat, menghibur dan menambah wawasan. emoticon-Big Grin

Quote:13 Puisi Terbaik Chairil Anwar Sepanjang Masa [Serba 13]
Chairil Anwar (1922 – 1949), dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku), adalah penyair terkemuka Indonesia. Ia diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi. Puisinya menyangkut berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, hingga tak jarang multi-interpretasi.


Quote:"Ajarkanlah sastra pada anak-anak kalian. Sebab sastra akan mengubah yang pengecut menjadi pemberani" #Umar bin Khattab

1. Diponegoro

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


2. Tak Sepadan

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


3. Sia-sia (Versi Deru Campur Debu)

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


4. Aku (Versi Deru Campur Debu)

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


5. Lagu Biasa

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


6. Hampa

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


7. Di Mesjid

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


8. Derai-Derai Cemara

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


9. Isa

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


10. Doa

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


11. Senja Di Pelabuhan Kecil

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


12. Krawang-Bekasi

Spoiler for Puisi:

Spoiler for info:


Spoiler for sumber:


Mohon maaf karena sebenarnya masih banyak puisi-puisi Chairil Anwar yang tidak kalah 'masterpiece'-nya tidak bisa ditampilkan. emoticon-Malu (S)
emoticon-Rate 5 Star Tolong bantu rate ya jika berkenan.. =D
Ane juga tidak menolak dan akan senang sekali jika ada yang ingin memberikan emoticon-Toast
Ditunggu komennya gan. emoticon-Peace

keren gan puisinya emoticon-Matabelo

Quote:Dapet $2 Perhari Dari Bermain Curang Lumayan gan...
Teka-teki Sri Ayati dalam ‘Senja Di Pelabuhan Kecil’

Quote:
13 Puisi Terbaik Chairil Anwar Sepanjang Masa [Serba 13]

21 April 2010. Akhir tahun 70-an, di sebuah gedung pertemuan di kota Magelang, sekelompok seniman mengadakan acara ’Mengenang Chairil Anwar’. Di antara seniman yang punya hajat malam itu, muncul seorang nenek yang didapuk membacakan puisi karya Chairil Anwar berjudul ‘Senja Di Pelabuhan Kecil’. Belum habis puisi itu dibaca, nenek yang nampak anggun, itu terdiam. Air mata menetes di pipinya. Ia tidak mampu meneruskan membaca puisi romantik karya penyair terpenting Indonesia itu.

Beberapa seniman muda yang melihat momen mengharukan itu cepat tanggap. Mereka kemudian memapah nenek itu dan mendudukkannya di kursi depan panggung. Siapakah nenek itu, yang demikian terhanyut menghayati puisi yang dengan kuat menggambarkan suasana hati penyairnya itu?

Ya, sang nenek memang punya kaitan erat dengan puisi terkenal itu. Nenek berusia hampir 60 tahun yang masih menyiratkan sisa-sisa kecantikan, itu adalah Sri Ayati, yang namanya secara khusus tercantum pada sub-judul puisi berjudul ‘Senja Di Pelabuhan Kecil’.
hadeuh.. sepi amir ini trit. coba emoticon-Sundul mana tau ada kaskuser sosialis humaniora yg komeng. emoticon-Cendol (S)

Love 

emoticon-Matabelo

Suka karya2nya Chairil Anwar. Walaupun kadang tidak terlalu mengerti maknanya. Bahasa sastra tersirat c..
keren bgt gan puisinya emoticon-Matabelo
puisi yg paling legendaris di indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By Sent4n1
emoticon-Matabelo

Suka karya2nya Chairil Anwar. Walaupun kadang tidak terlalu mengerti maknanya. Bahasa sastra tersirat c..


iya, banyak kata2 yg implisit gan. tapi ada jg puisi2ny yg bermakna jelas (eksplisit). emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By adelelaki
keren bgt gan puisinya emoticon-Matabelo


yg mana gan yg keren? emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By Apeglie
puisi yg paling legendaris di indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)


hanya 27 tahun masa hidupny, tapi dia adalah legenda angkatan 45. emoticon-I Love Indonesia (S)
berdebar hati ane bacanya gan emoticon-Matabelo

puisi yg ke13 paling epic gan emoticon-Belo

Khairil Anwar akan terus dikenang sepanjang masa emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By La.Baco
berdebar hati ane bacanya gan emoticon-Matabelo

puisi yg ke13 paling epic gan emoticon-Belo

Khairil Anwar akan terus dikenang sepanjang masa emoticon-I Love Indonesia (S)


kalo dbaca larik per larik dengan penuh penjiwaan emang bikin merinding gan. emoticon-Takut

Quote:Original Posted By sesai21
puisinya emg keren2 iki

klik http://aryasaloka.blogspot.com/2012/...b-32-ppcw.html


iya gan. btw itu promo apa gan? emoticon-Bingung (S)
puisisnya sangat mengahrukan aplg yg sri ayati emoticon-Mewek
jadi inget masa-masa SD dulu.. emoticon-Mewek
bukannya

eventnya udah abis ya serba 13 ?
emoticon-Matabelo wah yg menceritakan diponegoro , bnr2 keren.. menghayati bgt
ah jadi mau baca bukunya dia
yach betul , syairnya membuat ku inget waktu lomba puisi di sd
ane taunya cuma puisi yang krawang - bekasi gan emoticon-Malu (S)
puisi nya gag abis kemakan jaman
ane seneng yg diponegoro ama doa

pe skr coba bikin puisi nga bisa2 emoticon-Berduka (S)
makasih gan puisinya nih...

emoticon-Matabelo
kalo ane ingetnya cuma yang AKU aja gan
×