alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5089ba6fea74b4ab41000004/apakah-indonesia-itu-hanya-jakarta-dan-jawa-dahlan-iskan-pilih-risiko-msuk-penjara
[Apakah Indonesia itu hanya Jakarta dan Jawa?] Dahlan Iskan Pilih Risiko Msuk Penjara
Quote:Dahlan Iskan Pilih Risiko Masuk Penjara daripada Listrik Jakarta Padam

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan dirinya lebih memilih risiko masuk penjara daripada membuat listrik Jakarta padam. Karena itu PLN gagal menghemat Rp 37 triliun di 2009/2010 saat dirinya menjadi Dirut PLN.

Dikatakan Dahlan, pemborosan Rp 37 triliun seperti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ini terjadi karena PLN tidak mendapat alokasi gas untuk pembangkit listrik di Jakarta, sehingga masih harus menggunakan BBM yang lebih mahal.

"Pilihannya ada dua. Saya dihadapkan pada dua pilihan, pilihan satu memadamkan listrik Jakarta, pilihan kedua menggunakan BBM," tegas Dahlan di kantor presiden, Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Menurutnya, karena BBM lebih mahal dari gas, maka terjadi inefisiensi atau pemborosan triliunan rupiah.

"Kalau itu salah, artinya tetap menghidupkan listrik untuk Jakarta meski BBM, kalau itu salah, saya harus berani menanggung risikonya, masuk penjara pun saya jalani dengan seikhlas-iklasnya. Karena jadi pemimpin tidak boleh hanya mau jabatannya, tapi mau dengan risikonya. Risiko itu akan saya tanggung, masuk penjara pun saya ikhlas," cetus Dahlan.
Memang listrik Jakarta bergantung kepada pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) di Muara Karang yang kemarin pun sempat membuat listrik Jakarta padam karena pasokan gas tersendat. Padamnya beberapa wilayah di Jakarta kemarin membuat masyarakat protes. Ini juga yang dialami Dahlan, sehingga harus menggunakan BBM.

Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi PDIP Effendy Simbolon kemarin mengatakan, Komisi VII hanya ingin meminta verifikasi dari Dahlan terkait hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal temua pemborosan PLN Rp 37 triliun di 2009/2010. Saat itu Dahlan menjabat sebagai Direktur Utama PLN.

Menurut Effendy, laporan BPK bukanlah perkara enteng, ini merupakan perkara besar yang menyangkut kerugian negara.

"Ini perkara besar, tulisannya saja 'PLN kehilangan kesempatan untuk berhemat' sebenarnya itu artinya kerugian negara, jadi kalau sudah kerugian negara ini sudah tindak pidana, jadi jangan main-main," tegasnya.

Selain itu, Effendy juga meminta Dahlan memenuhi undangan Komisi VII DPR setelah Senin kemarin Dahlan tidak hadir karena ikut dalam kunjungan kerja Presiden SBY dan Rabu tak hadir karena ada kunjungan kerja ke Jambi.

"Janganlah bersembunyi di balik presiden dengan alasan kunker (kunjungan kerja). Kalau presidennya tahu ya malu juga. Apalagi dituding mempolitisasi, kalau pun itu tuduhannya ya karena kami semua di sini politisi," ucapnya.

"Siapapun yang membuat negara rugi dia korupsi, ini pidana, kalau beliau merasa benar terangkan ke kami. Ingat, kami tidak menghakimi, kami juga dalam waktu dekat akan memanggil Mantan Menteri ESDM, ini biar jelas penyebab kenapa PLN bisa gagal berhemat Rp 37 triliun," kata Effendy.
Dalam kesempatan tersebut, Effendi mengancam akan memanggil paksa Dahlan jika tak hadir. "Kami akan panggil paksa Dahlan karena kami punya kewenangan. Ada pasalnya dalam tata tertib, ini bukan perkara kecil. Century saja Rp 6 triliun sangat besar, dampaknya ini Rp 37 triliun lho," tegas Efendi.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan, kehilangan kesempatan penghematan tersebut terjadi karena tidak adanya pasokan gas ke PLTG. "Karena nggak ada gas," ucapnya.

Tidak dapat gas, kata Pamudji, karena Kementerian ESDM dan BP Migas memiliki prioritas tersendiri untuk pasokan gas. "Itu ada Permen ESDM nomor 3 tahun 2010 terkait prioritas gas," jelasnya.

Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini juga mengatakan, penyebab pemborosan yang ditemukan BPK dikarenakan tata niaga gas.

"Ada priotitas peruntukkan gas, di mana prioritas pertama untuk injeksi produksi minyak (minyak duri yang dikelola Chevron), untuk listrik, untuk pupuk dan terakhir untuk industri," kata Rudi.

Dikarenakan prioritas gas tersebut, alokasi gas untuk PLN tidak ada.

"Betul (karena prioritas gas). Tapi kan barangnya nggak ada. Barangnya nggak ada. Lagipula, masalahnya adalah mau ke mana ini didahulukan. Waktu itu kan harus injeksi uap nomor satu, baru PLN, lalu pupuk yang terkahir baru industri. Itu yang jadi masalah. Karena pada saat itu ketika gas shortage, kalau nggak salah 20 hari, karena sesuai permen itu yang dilakukan," ungkap Rudi.

sumebr : [url]http://finance.detik..com/read/2012/10/25/152531/2073068/4/dahlan-iskan-pilih-risiko-masuk-penjara-daripada-listrik-jakarta-padam?991101mainnews
[/url]

kecewa gw ama pak DI emoticon-Nohope
apakah Indonesia itu hanya Jakarta? atau skala lebih luas hanya JAWA?
daerah2 luar jawa hanya berfungsi sebagai PELENGKAP PENDERITA saja kah? emoticon-Nohope

kalimantan setiap hari padam listrik minimal 4 jam!


sudah saatnya daerah2 di luar jawa menimbang2 lagi, untung rugi,
APAKAH MASIH PERLU BERGABUNG dengan NKRI emoticon-Embarrassment

jangan bicara soal raja2 kecil deh, soal listrik dan minyak bumi, masih dipegang ama jakarta, dan didistribusikan secara adil dan merata untuk rakyat yg ada di pulau JAWA emoticon-Smilie


semoga rakyat kalimantan bener2 memblokade batubara agar ga usah dikirim ke jawaemoticon-Smilie


prinsip orang2 pusat, Harta Lu ya Harta gue, tapi Derita Lo ya Lo aja rasain sendiri emoticon-fuck3 emoticon-Betty (S)

Quote:Original Posted By khalempong


skotlandia kali gan emoticon-Big Grin


oh, udah ganti ya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By princerzky
Bismillah...
Ane coba jelasin dari dua sudut pandang berbeda ya. Sebelumnya ane mau bilang, ane orang kalimantan yg sekarang lagi di DKI.
Kalimantan saat ini krisis listrik teramat parah, tiap hari listrik mati 4-6 jam bahkan ada 12-18 jam sehari. Bayangkan kita tanpa listrik selama itu. Tanpa AC, BB mati, sinetron kesayangan terlewatkan... , trus yg punya usaha warnet, Dan usaha lain yg bergantung pada listrik bakal tutup seharian.
Disaat yg sama kita harus lihat ber-truck2 batu bara dan ber-barel2 minyak bumi kita dibawa ke pulau jawa utk diolah dan disebar ke seluruh Indo. Sangat ironis kita penghasil tapi kita yg krisis. Padahal kita mampu kelola sendiri. Disini ane bisa rasain yg ts rasakan, karena Kalimantan saat ini menyedihkan. emoticon-Berduka (S) mau salahkan pemda? Pemda bilang ini kebijakan pusat, urusan BUMN.

jakarta juga ga boleh mati listrik apapun alasannya, jakarta itu sentral, pusat pemerintahan dan industri. Jakarta mati listrik akan berpengaruh pada nilai kurs dan akan membuat Indonesia makin kacau.

Ga perlu kita saling menyalahkan dan bilang ini lebih prioritas dari ini, karna itu akan menimbulkan kecemburuan sosial. Mari lakukan yg bisa kita lakukan dari hal terkecil yg kita bisa, contoh thread ini saja sudah sangat membantu hingga komentar2 yg ada membuat teman2 daerah lain mengerti keadaan listrik Kalimantan. Masalah ini memang perlu di blow up karena Kalimantan sudah mengalami krisis listrik yg memprihatinkan.

Maap kalo ada salah kata.emoticon-I Love Indonesia (S)


apalah bedanya "nambah" sedikit kekacauan emoticon-Big Grin
toh yg menikmati hasilnya juga bukan orang daerah emoticon-Big Grin
yg menikmati cuman seputaran istana dan gedung hewan doang emoticon-Big Grin
jakarta kacau mah daerah tetep aja kayak gitu2 aja emoticon-Big Grin
kacau atau kaga , padam bergilir jalan terus, betul? emoticon-Wowcantik
komen TS terlalu cetek, ga tau ya dampaknya kalo jakarta padam?
kegiatan ekonomi udah pasti berhenti efeknya nanti juga kedaerah lah. kalo kalimantan sering mati lampu berarti ya pemerintah sana yg kudu diteken.
tanyain ke gubernurnya. masa iya ga ada solusi. terlallu provokasi bacotnya TS emoticon-Recommended Seller
irlandia aja taon depan mau voting emoticon-Big Grin
kenapa ga dijadikan momentum ama orang2 luar jawa biar minta refrendum juga ya? emoticon-Big Grin
kita lihat ntar jawa nyalain lampu pake apa emoticon-Big Grin
atau jangan2 kembali ke jaman pake lampu teplok emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
mobil2 ditarik pake kebo emoticon-Big Grin

soalnya orang kalimantan dan sumatera pasti lebih memilih diekspor ke luar daripada dikirim gratisan ke jakarta / jawa emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Aa JaMbRoNg
komen TS terlalu cetek, ga tau ya dampaknya kalo jakarta padam?
kegiatan ekonomi udah pasti berhenti efeknya nanti juga kedaerah lah. kalo kalimantan sering mati lampu berarti ya pemerintah sana yg kudu diteken.
tanyain ke gubernurnya. masa iya ga ada solusi. terlallu provokasi bacotnya TS emoticon-Recommended Seller


jakarta padam?
bukan urusan gua emoticon-Smilie
sebagaimana yg orang jakarta katakan kalau daerah padam emoticon-Smilie

lu aja yg otaknya sedengkul emoticon-Big Grin
masalah listrik dan migas,
itu urusan PUSAT alias JAKARTA! emoticon-Betty (S):

udah lupa kemaren gubernur se-kalimantan mau boikot pengiriman batubara ke jawa?
si wacik langsung kebakaran jenggot emoticon-Betty (S):

pengaturan tentang energi di negeri ini , semua Jakarta yg atur! emoticon-Tai: emoticon-Betty (S):

rakyat lapor -------> gubernur ---------- > lapor pusat --------- > didengar ama pusat emoticon-Toast:
lanjut aja NKRI nya

rakyat lapor --------> gubernur -----------> lapor pusat ----------> dicuekin ama pusat emoticon-Najis
(mendingan bubar saja )

Quote:Original Posted By khalempong


skotlandia kali gan emoticon-Big Grin


oh, udah ganti ya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By princerzky
Bismillah...
Ane coba jelasin dari dua sudut pandang berbeda ya. Sebelumnya ane mau bilang, ane orang kalimantan yg sekarang lagi di DKI.
Kalimantan saat ini krisis listrik teramat parah, tiap hari listrik mati 4-6 jam bahkan ada 12-18 jam sehari. Bayangkan kita tanpa listrik selama itu. Tanpa AC, BB mati, sinetron kesayangan terlewatkan... , trus yg punya usaha warnet, Dan usaha lain yg bergantung pada listrik bakal tutup seharian.
Disaat yg sama kita harus lihat ber-truck2 batu bara dan ber-barel2 minyak bumi kita dibawa ke pulau jawa utk diolah dan disebar ke seluruh Indo. Sangat ironis kita penghasil tapi kita yg krisis. Padahal kita mampu kelola sendiri. Disini ane bisa rasain yg ts rasakan, karena Kalimantan saat ini menyedihkan. emoticon-Berduka (S) mau salahkan pemda? Pemda bilang ini kebijakan pusat, urusan BUMN.

jakarta juga ga boleh mati listrik apapun alasannya, jakarta itu sentral, pusat pemerintahan dan industri. Jakarta mati listrik akan berpengaruh pada nilai kurs dan akan membuat Indonesia makin kacau.

Ga perlu kita saling menyalahkan dan bilang ini lebih prioritas dari ini, karna itu akan menimbulkan kecemburuan sosial. Mari lakukan yg bisa kita lakukan dari hal terkecil yg kita bisa, contoh thread ini saja sudah sangat membantu hingga komentar2 yg ada membuat teman2 daerah lain mengerti keadaan listrik Kalimantan. Masalah ini memang perlu di blow up karena Kalimantan sudah mengalami krisis listrik yg memprihatinkan.

Maap kalo ada salah kata.emoticon-I Love Indonesia (S)


apalah bedanya "nambah" sedikit kekacauan emoticon-Big Grin
toh yg menikmati hasilnya juga bukan orang daerah emoticon-Big Grin
yg menikmati cuman seputaran istana dan gedung hewan doang emoticon-Big Grin
jakarta kacau mah daerah tetep aja kayak gitu2 aja emoticon-Big Grin
kacau atau kaga , padam bergilir jalan terus, betul? emoticon-Wowcantik
Otak TS lagi padam juga?
Quote:Original Posted By daniel_gin
Otak TS lagi padam juga?


kebetulan lagi terang benderang emoticon-Cool
emang ada yg salah kalo minta berdiri sendiri? emoticon-Stick Out Tongue
kok pada komen negatif semua ya? emoticon-Big Grin
ini kan hanya WACANA emoticon-Stick Out Tongue
kalo kejadian di ibukota suatu negara... kan ga gimana gitu...emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By Berrsetubuh
irlandia aja taon depan mau voting emoticon-Big Grin


skotlandia kali gan emoticon-Big Grin
TS nya gak sadar kalo Dahlan itu di kriminalisasikan oleh DPR karena Dahlan menolak setor upeti BUMN ke DPR
kasus listrik yg 37 triyun itu murni politik, kesalahan yg dicari cari DPR agar Dahlan lengser dari jabatan nya
dengan begitu DPR tetap bisa meraup uang haram BUMN
DPR mau adu pintar sama DI ....
Yg berhak memanggil DI dalam kapasitasnya sebagai mantan Dirut PLN cuma Polisi dan KPK dalam hal kerugian negara.

DPR? cari muka en ga ada kerjaan... biasalah ngejar uang rapat.
kasus kriminalisasi lagi kah?

emoticon-Cape d...

terlihat dari pernyataannya itu loh
http://www.kaskus.co.id/show_post/50...o-msuk-penjara
Quote:"Siapapun yang membuat negara rugi dia korupsi, ini pidana, ...,"

KBBI
Quote:ko·rup·si n penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dsb) untuk keuntungan pribadi atau orang lain

UU No 3 Tahun 1971
Quote:Pasal 1, ayat 1(a)

barangsiapa dengan melawan hukum melakukan perbuatan
memperkaya diri sendiri atau orang lain, atau suatu Badan,
yang secara langsung atau tidak langsung merugikan
keuangan negara dan atau perekonomian negara, atau
diketahui atau patut disangka olehnya bahwa perbuatan
tersebut merugikan keuangan negara atau perekonomian
negara


Hmmm...
Bagaimana pak? sudah pasti korupsi? emoticon-Smilie
Wah pada debat
Yg penting daerah ane ngk ada pemadaman
Bismillah...
Ane coba jelasin dari dua sudut pandang berbeda ya. Sebelumnya ane mau bilang, ane orang kalimantan yg sekarang lagi di DKI.
Kalimantan saat ini krisis listrik teramat parah, tiap hari listrik mati 4-6 jam bahkan ada 12-18 jam sehari. Bayangkan kita tanpa listrik selama itu. Tanpa AC, BB mati, sinetron kesayangan terlewatkan... , trus yg punya usaha warnet, Dan usaha lain yg bergantung pada listrik bakal tutup seharian.
Disaat yg sama kita harus lihat ber-truck2 batu bara dan ber-barel2 minyak bumi kita dibawa ke pulau jawa utk diolah dan disebar ke seluruh Indo. Sangat ironis kita penghasil tapi kita yg krisis. Padahal kita mampu kelola sendiri. Disini ane bisa rasain yg ts rasakan, karena Kalimantan saat ini menyedihkan. emoticon-Berduka (S) mau salahkan pemda? Pemda bilang ini kebijakan pusat, urusan BUMN.

jakarta juga ga boleh mati listrik apapun alasannya, jakarta itu sentral, pusat pemerintahan dan industri. Jakarta mati listrik akan berpengaruh pada nilai kurs dan akan membuat Indonesia makin kacau.

Ga perlu kita saling menyalahkan dan bilang ini lebih prioritas dari ini, karna itu akan menimbulkan kecemburuan sosial. Mari lakukan yg bisa kita lakukan dari hal terkecil yg kita bisa, contoh thread ini saja sudah sangat membantu hingga komentar2 yg ada membuat teman2 daerah lain mengerti keadaan listrik Kalimantan. Masalah ini memang perlu di blow up karena Kalimantan sudah mengalami krisis listrik yg memprihatinkan.

Maap kalo ada salah kata.emoticon-I Love Indonesia (S)
mantau aja ah...emoticon-Cool
ane jg orang kaltim gan. ane ngerasain betul gmn mati lampu hampir tiap hari selama beberapa jam. dan ini sgt jrg terjadi ketika ane tinggal d jawa ampe sekarang.

kalo ane lebih dukung borneo memisahkan diri aja dari nkri. kalo ada yg menganggap komen ane ancaman terhadap disintegrasi bangsa, silahkan. ane ngak suka pura2, nanti liat aja hasilny bagaimana borneo itu kaya bgt ama sda-ny. emoticon-I Love Indonesia (S)
Jakarta harus mau nyoba tuh matilampu 4 jam sehari, supaya tahu yang namanya penderitaan dan perjuangan.. dan tidak selalu menggunakan sesuatu yang instant.....emoticon-I Love Indonesia untuk penghematan BBM dan kelangsungan Indonesia emoticon-I Love Indonesia
eleh weleh habisnya bisa 37T gitu?? masak sih?? yang dikorup si berapa persennya ya emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By princerzky
Bismillah...
Ane coba jelasin dari dua sudut pandang berbeda ya. Sebelumnya ane mau bilang, ane orang kalimantan yg sekarang lagi di DKI.
Kalimantan saat ini krisis listrik teramat parah, tiap hari listrik mati 4-6 jam bahkan ada 12-18 jam sehari. Bayangkan kita tanpa listrik selama itu. Tanpa AC, BB mati, sinetron kesayangan terlewatkan... , trus yg punya usaha warnet, Dan usaha lain yg bergantung pada listrik bakal tutup seharian.
Disaat yg sama kita harus lihat ber-truck2 batu bara dan ber-barel2 minyak bumi kita dibawa ke pulau jawa utk diolah dan disebar ke seluruh Indo. Sangat ironis kita penghasil tapi kita yg krisis. Padahal kita mampu kelola sendiri. Disini ane bisa rasain yg ts rasakan, karena Kalimantan saat ini menyedihkan. emoticon-Berduka (S) mau salahkan pemda? Pemda bilang ini kebijakan pusat, urusan BUMN.

jakarta juga ga boleh mati listrik apapun alasannya, jakarta itu sentral, pusat pemerintahan dan industri. Jakarta mati listrik akan berpengaruh pada nilai kurs dan akan membuat Indonesia makin kacau.

Ga perlu kita saling menyalahkan dan bilang ini lebih prioritas dari ini, karna itu akan menimbulkan kecemburuan sosial. Mari lakukan yg bisa kita lakukan dari hal terkecil yg kita bisa, contoh thread ini saja sudah sangat membantu hingga komentar2 yg ada membuat teman2 daerah lain mengerti keadaan listrik Kalimantan. Masalah ini memang perlu di blow up karena Kalimantan sudah mengalami krisis listrik yg memprihatinkan.

Maap kalo ada salah kata.emoticon-I Love Indonesia (S)


setuju sama agan ini...

mudah - mudahan kasus kaya gini bisa terdengar sampe atas..biar pada mikir juga...

yang sabar ya gan ... emoticon-Smilie
Betul juga, kenapa cuman Jakarta doang yah

Hmmm

DI gak adil nih.

Maksud gw gini, yg dinyalain gak cuman di Jakarta dan Jawa doang dong tp di seluruh Indonesia termasuk Kalimantan.

Nah kalo gitu adil gak gan?

Derita TS itu derita rakyat yg nyata!

DI, DPR, dan yg di Jakarta mah enak, gak mau tahu yg diderita orang kalimantan.

Gw jadi punya USUL nih kenapa Indonesia gak jadi negara serikat aja yah

Biar Otonomi Daerah itu gak cuman jadi bungkus doang, kosong, gak ada untungnya buat daerah.

Kalo negara serikat kan bener2 independen.

Tiap daerah mikirin nasib masing2.

Yg kere ya kere, yg SDA nya berlimpah ya kaya (tinggal nanti gimana ngelolanya juga sih, kalo dikelola sama asing sama aja)

Buat apa persatuan, kalo nyatanya gak bersatu kek gini!

Gw nanya, Indonesia ini udah bersatu belum sih? Haha

Jangan bilang Indonesia itu Negara yg bersatu dan Negara Kesatuan!

Kalo sesama warga negara yg menderita aja gak mau mikirin nasib yg ditindas sama penguasa!

Kesatuan wilayah iya sih, tapi kesatuan kedaulatan SDA?

Semua disetor kemana coba, Papua, Kalimantan, dan daerah2 yg lainnya? emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Berrsetubuh
irlandia aja taon depan mau voting emoticon-Big Grin
kenapa ga dijadikan momentum ama orang2 luar jawa biar minta refrendum juga ya? emoticon-Big Grin
kita lihat ntar jawa nyalain lampu pake apa emoticon-Big Grin
atau jangan2 kembali ke jaman pake lampu teplok emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
mobil2 ditarik pake kebo emoticon-Big Grin

soalnya orang kalimantan dan sumatera pasti lebih memilih diekspor ke luar daripada dikirim gratisan ke jakarta / jawa emoticon-Big Grin




jakarta padam?
bukan urusan gua emoticon-Smilie
sebagaimana yg orang jakarta katakan kalau daerah padam emoticon-Smilie

lu aja yg otaknya sedengkul emoticon-Big Grin
masalah listrik dan migas,
itu urusan PUSAT alias JAKARTA! emoticon-Betty (S):

udah lupa kemaren gubernur se-kalimantan mau boikot pengiriman batubara ke jawa?
si wacik langsung kebakaran jenggot emoticon-Betty (S):

pengaturan tentang energi di negeri ini , semua Jakarta yg atur! emoticon-Tai: emoticon-Betty (S):

rakyat lapor -------> gubernur ---------- > lapor pusat --------- > didengar ama pusat emoticon-Toast:
lanjut aja NKRI nya

rakyat lapor --------> gubernur -----------> lapor pusat ----------> dicuekin ama pusat emoticon-Najis
(mendingan bubar saja )


kalimantan padam juga bukan urusan gw gan emoticon-Big Grin
itu udah tanggung jawab daerah masing2. kalo mau protes sama pemerintah jangan disini kaga guna, dimari kaga ada yg dengerin emoticon-Stick Out Tongue
langsung aja congor lu tongolin di di dprd trus minta follow up ke pusat. done.
yakin mau didenger bacot lu gan? kaga bakalan didenger gan. lu kan tau sendiri birokrasi di Indonesia kaya sampah semua orang-orangnya.

Quote:Original Posted By daniel_gin
Otak TS lagi padam juga?


lagi kesel TS-nya sama pemerintah cyiinnn emoticon-Kiss emoticon-Embarrassment[Apakah Indonesia itu hanya Jakarta dan Jawa?] Dahlan Iskan Pilih Risiko Msuk Penjara