alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50898b4d2775b40326000001/miris-gan-rombongan-jumbo-menteri-agama-naik-haji-habiskan-dana-rp-23-milyar
[miris gan] Rombongan Jumbo Menteri Agama Naik Haji Habiskan Dana Rp 2,3 milyar
Quote:WartaNews-Jakarta - Kecaman dan kritikan terhadap Menteri Agama, Suryadharma Ali kembali bergulir. Penyebabnya, Menteri Agama RI itu membawa rombongan jumbo yang berisi keluarga, kerabat, dan koleganya saat bertugas sebagai amirul haji Indonesia di Tanah Suci. Terlebih, rombongan jumbo Suryadharma Ali tersebut menginap di hotel mewah bintang lima, Hotel Hilton.

Menurut Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparasi Angaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi mengatakan, selama 7 hari saja sudah menghabiskan sebesar Rp 2.3 miliar. Selain itu dirinya juga menyayangkan Menteri Agama tersebut yang membawa rombongan jumbo ke tanah suci.

"Jika keberangkatan menteri agama bersama rombongaan dengan jumlah 35 orang ke Saudi Arabia memakai APBN sangat merugikan alokasi anggaran negara," kata Uchok, Rabu (24/10).

Uchok membeberkan, kalau memakai asumsi dengan standar biaya pemerintah tahun 2012 atau PMK No.84/PMK.02/2011, keberangkatan menteri agama dengan jumlah 35 rombongaan sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp 2.310.525.000 selama 7 hari. Padahal hal itu belum dihitung anggaran rombongan yang dihitung menginap di hotel mewah bintang liam, Hotel Hilton. Rombongan Menteri Agama Suryadharma Ali dikabarkan berangkat tanggal 17 Oktober, tepat satu Minggu kemarin.

"Dimana diasumsi, alokasi anggaran untuk satu orang ongkos pesawat saja, dari Jakarta ke. Riyadh sebesar USD 4598 dengan tempat duduk eksekutif atau sebanyak 35 orang akan menghabiskan sebesar Rp 1.4 miliar. Dan alokasi anggaran perorang untuk biaya uang harian untuk hotel, transportasi lokal, dan lain-lain akan mendapat sebesar USD.391 perhari atau sudah 7 hari di Mekah, dengan jumlah 35 orang, akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 862.1 juta," beber Uchok.

Berikut ini nama-nama anggota rombongan tersebut yang berada di Mekkah:

Suryadharma Ali Menag/amirul haj
Wardatul Asriah (istri Menag/anggota DPR)
Rendhika D Harsono (anak menantu)
Dewi Sri Masitho (adik)
Elyati Ali Said (adik)
Mimik Ismiasih B Sawojo (adik)
Anwar Musadda Ropiudin (adik)
Neneng L Susanti (Adik)
Joko Purwanto (Ketua Angkatan Muda Kabah PPP)
Deasy Aryani Larasati (istri Joko Purwanto)
Najmuddin H Rasyid (keluarga Joko Purwanto)
Rosma Lotang Sawalleng (istri Najmuddin)
Richard Lessang Frans (sahabat menag)
Inani Arya Tangkary (istri Richard)
Muhammad Mardiono (ketua DPW PPP Banten)
Etty Triwi Kusumaningsih (istri Mardiono)
Erik Satrya Wardhana (sahabat Ibu Emalena)
Ermalena Muslim Hasbullah (staf khusus)
Guritno Kusumo Dono (staf khusus)
Titiek Murrukmihati (istri Guritno)
Saefudin A Syafii (sesmenag)
Abdul Wadud K Anwar (wasesmenag)
M Mukmin Timoro (ajudan menteri)
Ivan Adhitira (ajudan menteri)
Hendri Amri M.Saud (ADC/pengawal pribadi)
Agus Riadi Pranoto (pengawal pribadi)
Karto Kamid (staf Kemenag)
Sundari Kasiran (ajudan istri menag)
Sholichul Qodri (ajudan istri menag)
Reni Marlinawati (anggota F-PPP DPR/Komisi X)
Mochammad Amin (suami Reni Marlinawati)
Irgan Chairul Mahfiz (wakil ketua komisi IX DPR/F-PPP)
Wardatun N Soejono (istri Irgan)
KH Nur M Iskandar
Nur Djazilah M (istri KH Nur Iskandar). (ipk)


disaat orang2 sangat susah naek haji bahkan sering gagal, ini malah menggunakan uang negara untuk naek haji yg bisa di bilang uang rakyat juga, mau di taro mana tuh muka emoticon-Cape d... (S)
emang mereka masih punya muka gan ?
gue heran keluarga pejabat sama kaya pejabatnya
ga tau malu emoticon-Nohope

kalo gue malu abis kalo punya bapak kaya gitu.
gue lebih bangga kalo bapak gue jadi perampok beneran, dibanding perampok duit rakyat emoticon-Nohope
Emang pake APBN gan? gile jg kl pake APNB bisa dicerca terus ini
DASAR BINATANGemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis
Quote:Original Posted By tole_90


Beritanya masih belum jelas. Mari berpikir positif, bisa saja mereka menggunakan dana pribadi, bukan dari APBN. Kalau memang dari APBN, bisa kena pasal korupsi. GAK USAH BERANTEM SESAMA ORANG INDONESIA.

#INDONESIA UNITE


oh belum jelasya gan, tp kenapa nama2nya terpampang ya

Klo bener pake fasilitas...gak tau diri gan...rombongannya 1RT emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
O ini warisan orde baru ya ckckck semoga cepat bertobat ya pejabat negara tidak bersikap negarawan emoticon-Cape d... (S)
anjeeenggg ini emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S) ini pasti duit rakyat emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
cetaaannnn,,,duit APBN buat berangkat haji emoticon-Mad (S) rombongan keluarga besar lageee,....nginep di 5 star lageee....emoticon-Mad (S) inget suryadharma ali inget PPP

Haji Abidin

Ini adalah keturunan Haji Abidin: "atas biaya dinas".
inii adik sama mantunya ada kepentingan apa yaa emoticon-Bingung
Wah keterlaluan tuh kalo
Beneran pake duit negara
Mana ngajak orang satu kampung lagi
ya kalo semisal pake uang pribadi, tapi kok langsung naik haji ya???kasian dong yang harusnya naik haji tahun ini jadi gak bsia karena dia emoticon-Frown
** SENSOR **tttt...
duit keluar lagi..
gk tau malu emg, udah dikasih gaji , masih juga mau pake duit rakyat, yg paling miris, itu duit rakyat buat bayarin dia ibadah..
emg nya kita rela..?
gw jelas gk rela !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)
Emang mereka naik haji pake APBN? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By johnkamal
DASAR BINATANGemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

barokah gak tuh hajinya..... depag terkenal paling korup kan.... emoticon-Embarrassment
gue rasa normal lah 35 orang naek haji dg biaya 2,4 M. haji plus kan sekitar 70 jt kali 35 org udah berapa. tinggal yg jadi pertanyaan knapa tuh 35 org banyak temen2 dan saudaranya yg ikut

dan coba lihat deh itung2annya kan bener biaya pesawat 1.4M trus biaya penginapan kan 850 an juta klo ditotal ya 2,2 M 200 nya mungkin utnuk biaya2 lainnya


mungkin yg harus di ungkap sumber dananya. kadang LSM juga cuma cari nama doang sih
ooooo.... pantas ongkos naik haji (onh) sekarang ini mahal banget, ... buat bayarin yang begituan toh, ...

tapi kalau ikhlas ya gpp, ... namanya juga ibadah, ...

×