alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50892d1be374b49544000017/kalimantan-utara-jadi-provinsi-baru
Kalimantan Utara Jadi Provinsi Baru

Jurnas.com | RAPAT paripurna DPR RI di Jakarta, Kamis, mengesahkan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai daerah otonom baru hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur. Provinsi baru ini memiliki empat kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Bulungan, Nunukan, Malinau, Tanatidung, dan Kota Tarakan. Sementara Ibukota provinsinya berada di Tanjung Selor.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI Marzuki Alie dan Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunanjar Sudarsa itu juga mengesahkan empat kabupaten baru, yakni Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), Kabupaten Pesisir Barat (Lampung), Kabupaten Manokwari Selatan (Papua Barat), dan Kabupaten Pegunungan Arfak (Papua Barat).

Menurut Agun, dengan disetujuinya lima RUU tentang pembentukan daerah otonom baru itu, DPR berharap pemekaran wilayah sebagai upaya menata daerah menjadi solusi untuk mengoptimalkan pelayanan publik, memperpendek rentang kendali pemerintahan sehingga lebih efektif dan efisien.

Khusus untuk pembentukan Provinsi Kaltara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Agun menegaskan, DPR berharap tidak terulang lagi peristiwa pencaplokan wilayah NKRI sebagaimana yang terjadi pada Pulau Sipadan dan Ligitan oleh Malaysia pada 2002.

"Berdasarkan prinsip efektivitas, perlu adanya tindakan nyata dari pemerintah dalam menjalankan dan menerapkan fungsi negara pada suatu wilayah yang berdampak pada rawan wilayah perbatasan RI baik darat maupun laut dari upaya pencaplokan," ujarnya.

Dalam konteks Provinsi Kaltara, sejumlah daerah yang rawan terhadap upaya pencaplokan atau pemindahan patok-patok tapal batas itu seperti di Sebatik dan Krayan (Kabupaten Nunukan) serta pencaplokan wilayah laut di kawasan Laut Ambalat.

"Selain itu juga banyak terdapat tenaga kerja Indonesia ilegal di Sabah dan Serawak yang rentan terhadap perlakuan yang tidak manusiawi seperti human trafficking," ujarnya seperti dikutip Antara.

Secara geostrategis, Provinsi Kaltara merupakan pintu terbuka ke Malaysia (Sabah), Filipina Selatan, dan Brunei Darussalam. Provinsi tersebut dinilai berada pada posisi yang strategis sehingga dapat dikembangkan menjadi kekuatan nasional untuk menghadapi segala ancaman terhadap NKRI yang datang dari dalam maupun luar, langsung dan tidak langsung.

Namun, kata Agun, kondisi objektif di daerah perbatasan itu pada saat ini justru sebaliknya, masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan secara perlahan mulai tereduksi semangat nasionalismenya.

"Hal ini disebabkan oleh faktor ekonomi, daerah perbatasan sebagian besar merupakan daerah pedalaman yang tertinggal dan tidak tersentuh pembangunan karena panjangnya rentang kendali dari pusat pemerintahan Provinsi Kaltim di Samarinda," ujarnya.

sumber : http://www.jurnas.com/news/74853/Hor...litik-Keamanan

---------------------------------------------------------------------------
Semoga dengan terbentuknya KALTARA membuat negara tetangga menjadi segan memindah/mencaplok batas-batas wilayah NKRI gan emoticon-Cendol (S)
Ini provinsi keberapa gan, jangan sampai rebutan kursi legeslatif..yang fair aja gan rebutannya emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By Ibenayuk
Ini provinsi keberapa gan, jangan sampai rebutan kursi legeslatif..yang fair aja gan rebutannya emoticon-Sorry


Provinsi Kaltara adalah provinsi ke 34 Republik Indonesia gan
Ane sedih sekaligus seneng baca berita TS nih,
sedih wilayah Kaltim jadi berkurang
seneng karena emang ini yang warga sono, ane ngbayangin sebelum kebentuk provinsi baru, dari ibukota kabupaten di utara mesti ke ibukota provinsi kaltim (samarinda) mesti makan waktu paling cetet 3-4 jam + pesawat.

Semoga maju dah teras terluar Indonesia
ah intinya biar maju ajaemoticon-Kiss
kenapa enggak disingkat Kalut ya? Sumatera Utara = Sumut, Sulawesi Utara = Sulut.
perasaan wacana ni dah dari jaman bahula kaga kelar2
Quote:Original Posted By donegan
perasaan wacana ni dah dari jaman bahula kaga kelar2


Udah sah kok emoticon-Embarrassment
Semoga Kalimantan Utara semakin maju emoticon-I Love Indonesia (S)
kabar nya masih ada provinsi baru lagi nanti nya ? 4lagi kalo gak salah ?
Semoga ga jadi bumerang
selamat...selaat buat Kaltara emoticon-Cool
Mekarin teyuzzz.....

Biar abis duit negara buat bayar gaji pegawainya emoticon-Hammer2

ga ngaruh

rasanya biar jadi kaltara ga akan ngaruh ma negara tetangga, apalagi ntar kalo kaltara gagal mendisejahterakan rakya patok akan tetap geser
Berarti, pembagian admisnitrasi Pulau Kalimantan nantinya akan jadi seperti ini:
Kalimantan Utara Jadi Provinsi Baru
mudah2an masyarakat menjadi makin sejahtera dengan propinsi baru bukan malah buat makin kaya raja2 didaerah emoticon-Nohope
Ooo ... propinsi baru ya, emoticon-Belo
Namanya Kaltara.

Kalimantan Utara.

Selamat ya buat Warga dan Propinsinya. emoticon-shakehand
Selamat kepada warga kalimantan timur....eh...utara...

mohon segera mengubah kTp anda....dikelurahan terdekat... emoticon-Big Grin

BTW...warga pedalaman apakah sudah di informasikan?... emoticon-Embarrassment
selamat kerajaan baru telah terbentuk emoticon-Ngakak
Semoga setelah pemekaran rakyatnya ikutan sejahtera.
Gak cuma pejabatnya aja yang kaya raya. emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By bakaneko
Berarti, pembagian admisnitrasi Pulau Kalimantan nantinya akan jadi seperti ini:
Kalimantan Utara Jadi Provinsi Baru


Good, semoga bisa ngejer kaltim nanitnya.... potensi daerah kaltra ini cukup besar .