alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/508900bf0c75b4a836000001/pidato-quotkerenquot-jokowi-di-depan-lurah-dan-camat-se-dki
Pidato "Keren" JOKOWI di depan Lurah dan Camat Se-DKI
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Jokowi untuk pertama kalinya mengumpulkan para wali kota, bupati, 44 camat dan 267 lurah se-Jakarta. Jokowi memberi wejangan tentang perlunya perubahan birokrasi sebagai abdi pelayan masyarakat.

Wejangan Jokowi disampaikan di Balai Agung Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2012). Semua hadirin mengenakan batik, tak terkecuali Jokowi yang berkemeja batiklengan panjang warna coklat.

Berikut pidato tanpa teks Jokowi tersebut:

Saya minta tersenyum semuanya. Jangan tegang. Saya lihat tegang semuanya. Saya tidak akan marah hari ini. Camat dan Lurah adalah partner saya. Rekan kerja saya yang berada di front paling depan yang berhubungan dengan masyarakat. Sehingga saya minta semuanya nanti mempunyai visi, budaya kerja, dan budaya pelayanan yang sama.

Saya tidak ingin bicara banyak. Yang kemarin (sidak-red) saya nggak ada urus. Sudahlah. Tapi ke depan, saya pengin semuanya punya visi yang sama. Jadi jangan takut yang kemarin saya kunjungi jadi nggak nyenyak tidur. Tidurlah yang nyenyak, nggak ada. (Hadirin tertawa kecil-red).

Saya lihat di kelurahan dan kecamatan (Jokowi memperlihatkan foto-foto hasil kunjungannya dengan Infocus-red) banyak ruangan yang tertutup. Pakai sistem loket sudah 200 tahun ketinggalan. Coba lihat tempat pelayanan di bank. Nggak ada yang pakai loket, semuanya open, terbuka. Jadi kalau memang jam 07.30 sudah buka, mestinya harus sudah siap melayani.

Kemudian ada tempat pelayanan yang campur-campur. Mulailah dibersihkan sehingga menjadi tempat yang nyaman. Kalau ada anggaran tahun sekarang, kita bangun sekarang. Tapi kalau belum, mulailah didesain supaya nanti menjadi tempat yang nyaman.

Saya kemarin nyoba mau buat KTP, saya nunggunya di mana? Hanya ada satu kursi, dua kursi. Kalau ada yang lain, antrenya di mana, apa harus duduk di lantai? Kita ini melayani masyarakat. Mereka itu ibaratnya konsumen. Harus dilayani seperti raja.

Ke depan, tata ruang di kelurahan, kecamatan, walikota, semua wilayah, bupati, semuanya tempat pelayanan itu kayak bank, terbuka. Tempat duduknya yang dilayani justru harus enak. Tolong Pak Lurah, Bu Lurah, Pak Camat dan Bu Camat, beritahu mereka, kalau masyarakat datang, beri ucapan selamat pagi. Kalau siang, selamat siang. Ini melayani.

Jangan yang ada di front depan, sudah tehnya nggak enak, nggak ngucapin salam, merengut. Makanya pasang yang cantik di depan. Ini tempat pelayanan, budaya itu harus diubah. Saya yakin SDM di DKI ini luar biasa bagus. Luar biasa bagus.

Kita punya recource SDM yang baik. Kita cuma ingin mengubah dari pola lama ke pola yang baru. Dan saya yakin semuanya sanggup untuk itu. Gimana sanggup nggak? (hadirin menjawab sangguup!-red). Saya tunggu tanggal mainnya.

Untuk tempat ngantre buatkan sofa yang bagus. Niru bank-lah. Ada gambar tata ruang yang sama, di seluruh kelurahan dan kecamatan sehingga kelihatan bahwa kita sedang berubah sistem pelayanan. Kalau perlu yang di depan pakai pakaian khusus, jas dasi. Kalau perlu beli air conditioner. Orang nunggu 1 jam juga enak. Ini yang harus kita ubah.

Pada hari ini saya ingin menyampaikan ini saja. Saya kira semuanya sudah paham apa yang diinginkan. Jadi jangan kira saya datang ke kelurahan, kecamatan, walikota, hanya hari itu saja. Tidak. Setiap hari saya akan datang ke tempat pelayanan. Baik puskesmas, kelurahan, kecamatan, dan jangan kaget saya bisa datang pagi. Datang sore juga. Jam berapa habis kerja? (Ada yang menjawab jam empat!-red). Jam empat di sana pas akhir.

Saya datang juga tidak mau marah-marah. Hanya dolan saja, main saja. Paling kalau ada yang tidak beres, saya catat. Tapi yang kemarin saya tidak catat. Nggak akan saya tulis apa-apa. Ke depan, mesti saya bawa catatan. Itu rapor. Rapor itu perlu.

Saya dolan ke Pak Lurah, Bu Lurah, senang nggak? (Hadirin menjawab: Senaaang-red)
Saya dolan aja kok.

[URL="http://news.detik..com/read/2012/10/25/151826/2073064/10/pidato-ciamik-jokowi-di-depan-camat-dan-lurah-se-jakarta?991104topnews"]Sumber Asli[/URL]
wahhhhh.. jam ngobyek bisa berkurang nih.....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Thumbs up 

Wah, salut sama pemimpin yg satu ini. Jadikan yg sudah lewat sebagai pembelajaran, keep moving forward menuju Jakarta yg lebih baik. Semoga semakin banyak pemimpin yg pro rakyat kayak gini. emoticon-Matabelo
kalo sdm jadi berkualitas yakin da ini kota jakarta bakal maju
mantap pak jokowi terus beri perubahan buat lurah dan camat emoticon-I Love Indonesia
ayo pak pimpin jakarta maju
jokowi maha pengampun
keren abis nih pemimpin
yg kemarin kemarin sidak semuanya di ampuni dan gak akan diungkit ungkit lagi
cuma dgn pidato itu, terselip visi dan misi yang kudu di taati semua PNS DKI
yang lalu yah sudah lah gak usah dicari kambing hitam nya, gitu kurang lebih pesan terselubung jokowi
pokoknya skarang melihat ke masa depan yg lebih baik
asli keren nich jokowi
contoh instansi yg tempat pelayanannya nyaman ky di bank Pidato "Keren" JOKOWI di depan Lurah dan Camat Se-DKI

pasti pemda DKI bisa!!!!
cara nyentilnya bagus banget.... bijak dan sama sekali ngga menghakimi. Semoga jakarta makin maju.
jangan kesiangan Pak klo mo dateng..ya kl bisa sebelum jam 12-an gitu..kl diatas jam segitu,bisa2 udah sepi Pak..udah pada pulang orang2nya.. emoticon-Malu (S)
semoga jakarta makin maju ntar ane bisa tambah lahan bisnis di sono kalo udah mudah urusanya
Kalo pegawainya yang bagian depan cantik2 kayak di bank.. trus antre dlm ruangan AC gw yakin bakalan betah orang2 nunggu mau buat KTP dan lain2 di kelurahan...
Top markotop, perubahan perlu dilakukan dengan cara yang tepat...
Maju terus jokowi.... emoticon-Smilie
Pidato "Keren" JOKOWI di depan Lurah dan Camat Se-DKI
Quote:Makanya pasang yang cantik di depan.
wuahhhh ... bisa2 makin rajin nih ngurus2 urusan ke kelurahan
emoticon-Big Grin
gw nangkepnya sih yang udah ya udah biar lewat, kedepannya ya kita tata biar lebih rapih, biar sistemnya lebih bagus coman kalo masih kek begini2 aja...ya liat aja rapornya....

kena ban paling langsung
coba kalau Foke masih memimpin... tidak akan ada yang berubah...

berubah dikit seh... JAKARTA TENGGELAM...oleh GENANGAN!
Quote:Original Posted By ekstensifikasi
contoh instansi yg tempat pelayanannya nyaman ky di bank Pidato "Keren" JOKOWI di depan Lurah dan Camat Se-DKI

pasti pemda DKI bisa!!!!


soalnye yang biasanya pada ingin berkeluh kesah gan

klo tempatnya amburadul kaya kelurahan

habislah petugas pelayanan

maklum selama ini diwarisin mental pemalas. mental ndoro. maunya dilayani bukan melayani. semoga pada nyadar.

#givebackmyoldkaskus

kaskus malah parah emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By krupukalengan
maklum selama ini diwarisin mental pemalas. mental ndoro. maunya dilayani bukan melayani. semoga pada nyadar.

#givebackmyoldkaskus

kaskus malah parah emoticon-Cape d... (S)


tampilan kaskus skrg kaya facebook ya gan emoticon-Ngakak

maju terus jokowiiiiiiii emoticon-Kiss
Harusnya emang gitu sikap dan mental melayani. Ga perlu lah diajarin jobs description sbg PNS.

Ketika seseorang memutuskan bekerja menjadi PNS, pahit manis sbg PNS ya harus bisa ditelan bulat2.

Klo ane, pengalaman dengan birokrasi paling salut dan menyentuh hati adalah di Kota Balikpapan. Pelayananya ane acungin banyak jempol. Bener2 bekerja untuk melayani tanpa ada embel2 yg lain emoticon-thumbsup