alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5088dc800c75b4b70c000011/ini-7-mega-proyek-infrastruktur-di-kaltim-yang-diresmikan-sby
Ini 7 Mega Proyek Infrastruktur di Kaltim yang Diresmikan SBY
Balikpapan - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini meresmikan 7 (tujuh) proyek infrastruktur di Balikpapan, Kaltim. Apa saja?

Ketujuh proyek ini merupakan beberapa dari sekian banyak proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang diprogramkan pemerintah khususnya di Kalimantan Timur.
Ini 7 Mega Proyek Infrastruktur di Kaltim yang Diresmikan SBY
Berikut daftar tujuh proyek yang diresmikan SBY dari data yang dikutip, Rabu (24/10/2012):

1. Terminal Peti Kemas Kariangau

Proyek ini dibangun secara bertahap sejak 2008 hingga 2012 dengan anggaran sekitar Rp 731,09 miliar. Sumber pendanaan berasal dari APBN, APBD Provinsi, serta kas PT Pelindo IV (Persero). Ujicoba operasional pelabuhan telah dilakukan pada 30 Agustus lalu dengan 20 unit kapal, yang membawa 2600 Teu's kontainer dan kapasitas bongkar muat 25 box/hari/crane.

2. Bandara Kalimarau

Proyek ini dikembangkan oleh Pemprov Kaltim dan Pemkab Berau, dengan anggaran sekitar Rp 460 miliar. Bandara kini telah siap beroperasi, dan bangunan utama telah selesai dibangun, sementara bangunan penunjang sudah dalam kondisi 75%.

Maskapai penerbangan yang telah masuk ke Bandara Kalimarau adalah Batavia dan Sriwijaya untuk tipe Boeing, Kalstar (proSENSOR), serta Trigana Air. Diharapkan ke depan jumlah maskapai yang masuk ke Kalimarau akan bertambah seiring dengan pertumbuhann ekonomi di Kabupaten Berau, khususnya sektor pariwisata.

3. Pabrik Pupuk Kaltim 5 Bontang

Saat ini proyek tersebut tengah dikerjakan di atas lahan milik Pupuk Kaltim dengan investasi sekitar Rp 6,1 triliun. Pekerjaan tersebut telah mencapai progres 30%, dan ditargetkan mulai operasional tahun 2014.

4. Pengembangan Bandara Sepinggan

Pengembangan bandara ini dibagi menjadi 3 paket dengan investasi sekitar Rp 1,5 triliun. Paket I yang merupakan pekerjaan terminal kargo, hanggar A1, apron, apron servis building, gedung administrasi, shelter alat berat, ekspedisi muatan udara, dan kantor maskapai.

Saat ini pembangunannya mencapai 73%. Paket 2 meliputi pekerjaan terminal penumpang dengan luas 110.000 m2 dengan daya tampung 10 juta penumpang/tahun. Saat ini progress pembangunannya mencapai 14%. Paket 3 meliputi pekerjaan infrastruktur flyover, jalan, area parkir, dengan progress pembangunan 24 persen.

Paket 4, pekerjaan hanggar A2, apron, tower, saat ini dalam proses DED, dan rencana fisik diselesaikan Juli 2013, operasional Oktober 2013.

5. Pembangunan Bandara Samarinda Baru

Proyek ini dibangun dengan pola pembiayaan multiyears contract APBD Provinsi senilai Rp 696 miliar. Saat ini pembangunan di sisi darat telah mencapai 13,8%, dan ditargetkan selesai di 2013.

Luas terminal penumpang 15.000 m2 dengan daya tampung 2,5 juta penumpang/tahun. Setelah pembangunan bandara, juga tengah dilakukan pelebaran dan peningkatan jalan akses menuju bandara dengan lebar 15 meter dan panjang 21 Km.

6. Proyek Centralized Crude Terminal (CCT) PPU

Ini adalah proyek yang dikembangkan oleh Pertamina sebagai pengembangan dan terminal minyak mentah yang sudah ada saat ini. Proyek senilai Rp 4,4 triliun ini pembangunannya dilakukan dalam 2 tahap.

Tahap pertama akan dikembangkan hingga 8 juta barel minyak mentah, dan pada tahap kedua akan dikembangkan hingga 15 juta barel.

7. Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Maloy

Luas kawasan industri adalah 5.305 Ha, pada tahap awal adalah 1.000 Ha. Kawasan ini tengah diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Pemprov Kaltim bersama Trans Kalimantan Economic Zone, dengan nilai investasi mencapai Rp 4,8 triliun.

Sekiranya dengan mega proyek ini bisa menjadi langkah yang baik untuk menjadikan Indonesia negara yang maju dan berkembang emoticon-Big Grin

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/10/24/134827/2071654/4/8/ini-7-mega-proyek-infrastruktur-di-kaltim-yang-diresmikan-sby"]SUMBER[/URL]

Kunjungi juga Thread bermutu ane lainnya emoticon-Matabelo
Quote:1 Like mu akan dihargai Rp 1.000
[BACA GAN!!] 9 hewan legenda yang masih misterius
[BACA INI] Agan bakal sadar bahwa agan sangat beruntung!!

Quote:Original Posted By anime999

Sekiranya dengan mega proyek ini bisa menjadi langkah yang baik untuk menjadikan Indonesia negara yang maju dan berkembang emoticon-Big Grin


amin gan.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Semoga juga pada gak pada ijo kalo denger kata ''proyek'' emoticon-Wink
cpt banget agan diatas ane ini....emoticon-Ngakak
mdh2an semua karya anak bangsa....emoticon-Malu (S)
Amin amin. semoga indonesia menjadi lebih maju.. emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By rockenrollan


amin gan.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Semoga juga pada gak pada ijo kalo denger kata ''proyek'' emoticon-Wink

Amin. hahaha. proyek maksudnya serba duit yah emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By Ronygoklas
Amin amin. semoga indonesia menjadi lebih maju.. emoticon-I Love Indonesia

Amin gan. semoga indonesia bisa go internasional emoticon-Matabelo
dari ketujuh proyek itu ..

mana kira2 yang ndak dikorupsi gan ?
Quote:Original Posted By subad
dari ketujuh proyek itu ..

mana kira2 yang ndak dikorupsi gan ?


kayaknya sihh gak ada sihh gann emoticon-Najis
Ini megaproyek yg dibuka di publik.. Kalimantan loh itu, banyak megaproyek terselubung, apalagi yg berhubungan dgn pihak asing..emoticon-Matabelo
moga gak ada yang bernasib seperti Jembatan di Kutai yang lalu emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By subad
dari ketujuh proyek itu ..

mana kira2 yang ndak dikorupsi gan ?


kalau pilihannya, ada proyek trus di korupsi atau gk ada proyek sama sekali karna takut di korupsi dengan resiko gk ada pembangunan sama sekali kira2 pilih mana gan ? emoticon-Embarrassment

Resiko pasti ada, tinggal GIMANA saja kita meminimalisirnya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By princerzky
Ini megaproyek yg dibuka di publik.. Kalimantan loh itu, banyak megaproyek terselubung, apalagi yg berhubungan dgn pihak asing..emoticon-Matabelo

mungkin banyak megaproyek yang terselubung, maka dari itu diharapkan pemerintah bisa meminimalisir
Quote:Original Posted By celso.petso
moga gak ada yang bernasib seperti Jembatan di Kutai yang lalu emoticon-Embarrassment

amin gann emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Uthe18


kalau pilihannya, ada proyek trus di korupsi atau gk ada proyek sama sekali karna takut di korupsi dengan resiko gk ada pembangunan sama sekali kira2 pilih mana gan ? emoticon-Embarrassment

Resiko pasti ada, tinggal GIMANA saja kita meminimalisirnya emoticon-Smilie


Benar sekali segala sesuatu yang besar pasti memiliki resiko yang besar pula. semua bisa dikenddalikan jika kita memanagenya dengan baik
semoga mega poyek ini makin berkembang demi negara ini
Mantap lah Kaltim...
KEK Maloy udah start...
Next...Tanjung Lesung, Palu dan BItung emoticon-I Love Indonesia (S)
Kue ekonomi makin merata emoticon-Cendol (S)
membuka lapangan kerja nih....
akan ada lapangan kerja baru di luar jawa.
Quote:Original Posted By aGHi sPyWaRe
semoga mega poyek ini makin berkembang demi negara ini

Amin emoticon-I Love Indonesia semoga indonesia cepat maju emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Graft
Mantap lah Kaltim...
KEK Maloy udah start...
Next...Tanjung Lesung, Palu dan BItung emoticon-I Love Indonesia (S)
Kue ekonomi makin merata emoticon-Cendol (S)


Kue ekonomi maksudnya apayah gan?
akses ke pelabuhannya gmana?
jalan tol, rel kereta api?
Quote:Original Posted By anime999

Amin emoticon-I Love Indonesia semoga indonesia cepat maju emoticon-Matabelo


Kue ekonomi maksudnya apayah gan?


Pusat ekonomi maksudnya gan... jadi orang kalimantan nyari kerja ya kesitu aja... ga usah ke jawa...

Quote:Original Posted By arviarvi
akses ke pelabuhannya gmana?
jalan tol, rel kereta api?


Maloy itu pelabuhan gan, kereta api ada investor dari russia katanya....
emoticon-Kiss sip dah semakin maju aja bumi kalimantan gan! biar gk jadi anak tiri!
Katanya FREEPORT mau masuk Borneo jg
Disono lagi ribut energi ,kok pembangunannya ga ada yang menyinggung