alexa-tracking

Dahlan Iskan VS DPR 2

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5088aab5e874b4c068000012/dahlan-iskan-vs-dpr-2
Dahlan Iskan VS DPR 2 (UPDATE)
Referensi : http://www.metrotvnews.com/read/news...anggilan-DPR/1

Dahlan Iskan Bantah Tolak Panggilan DPR

Metrotvnews.com, Jambi: Menteri BUMN Dahlan Iskan membantah dirinya menolak memenuhi panggilan DPR RI, namun ketidakhadirannya itu terjadi karena dirinya masih meninjau berbagai proyek di Jambi.

"Saya ke Jambi meresmikan penjualan seribu ekor sapi hasil program integrasi sawit di PT Perkebunan Nusantara VI. Kalau bukan sekarang sapi-sapi itu dijual, lantas kapan lagi, karena tidak mungkin sapi dijual setelah Idul Adha," katanya di Jambi, Rabu (24/10) malam.

Selain itu, Dahlan juga sedang meninjau proyek pembangunan Bandara Sultan Thaha dan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Jambi hingga tengah malam.

"Sebenarnya, rencana kunjungan ke Jatim itu sudah lama, tapi kebetulan karena sibuk, maka baru hari ini dapat dilakukan," katanya.

Ditanya tanggapan soal pemanggilan oleh DPR dan akan ada pemanggilan paksa oleh DPR, Dahlan mengatakan tidak menjadi soal, sebab dirinya tidak merasa merugikan negara saat menjabat Dirut PLN.

"Terserah DPR saja, tidak jadi menteripun tidak masalah, Alhamdulillah. Saya ini ditunjuk sebagai menteri Alhamdulillah, tidak ditunjuk sebagai menteri pun Alhamdulillah. Tidak hanya itu, saya sakit Alhamdulillah, mati Alhamdulillah dan hidup pun Alhamdulillah," katanya.

Menanggapi hasil audit BPK terkait dugaan kerugian negara sebesar Rp37 triliun di PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) saat dirinya menjabat Direktur Utama, Dahlan menerangkan, waktu itu PLN dijanjikan akan dipasok gas sebagai pengganti BBM untuk pembangkit listrik sebanyak 200 MM sebagai langkah penghematan, dan sudah disahkan oleh DPR.

Namun katanya, hingga tahun 2011, gas yang dijanjikan tidak datang, sementara PLN tidak memiliki gas maka rencana tersebut gagal dilakukan.

Dalam situasi itu, kata Dahlan, hanya ada dua pilihan yang dapat dilakukan dalam menghadapi persoalan itu, yakni listrik di Jakarta padam selama 6-8 bulan, atau tetap menggunakan BBM, dan pilihan kedua-lah yang dilakukan.

Menurut Dahlan, karena tidak jadi pakai gas, maka rencana penghematan tidak dapat terwujud, sebab gasnya memang tidak ada. Audit atas rencana dan catatan itulah yang mungkin menjadi temuan BPK "Karena tetap pakai BBM, maka tidak jadi penghematan, dan mungkin karena itulah saya dikatakan telah merugikan negara sebesar Rp37 triliun," katanya.

Hingga Rabu pukul 21.30 WIB, Dahlan Iskan masih berada di lapangan meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Dahlan Iskan mengatakan, proyek pembangkit tenaga mesin gas tersebut sangat vital dan merupakan proyek pertama di Indonesia.

"Gas di Sungai Gelam ini sudah ditemukan sejak 25 tahun lalu, namun tidak pernah dimanfaatkan, karena memang sedikit, namun sangat potensial dikembangkan sebagai pembangkit listrik. Baru sekarang akan dimanfaatkan. Kemajuan pelaksanaannya juga sudah mendekati penyelesaian," katanya.

Ia menambahkan, jika proyek PLTMG Sungai Gelam ini berhasil, maka akan menjadi proyek percontohan bagi daerah-daerah lain, sebab masih banyak potensi gas yang belum termanfaatkan secara maksimal di berbagai daerah di Indonesia.
(Ant/RZY)

Itu alasan kenapa PLN merugi pas Dahlan menjabat. Semoga semua jadi gamblang bagi yang suka memakai alasan ini untuk menjelekkan Pak Dahlan Iskan... emoticon-I Love Indonesia (S)

UPdate : Dahlan Iskan Larang BUMN Beri 'Upeti', Anggota DPR Meradang

Spoiler for update:


Update 2: Dahlan Iskan Diminta Tunjukan Kinerja

Spoiler for update 2:

lawan terus DPR pak dahlan emoticon-I Love Indonesia (S)

Dahlan Iskan VS DPR 2
hmmm... koq agenda presiden dijadikan alasan untuk gak hadir di DPR???
apa semua agenda presiden itu ada hubungan nya sama dahlan??

mulai pinter banyak alesan untuk berdalih... emoticon-Ngakak
Quote:


ooooo, ... kirain benar-benar clean, ... ternyata ada kasus juga toh, ...
Quote:


dari artikel di atas kok saya tidak menemukan kata-kata "agenda presiden" ya ? emoticon-Bingung (S)

Quote:


yg penting dia melakukan itu bukan untuk memperkaya diri sendiri, keluarga, teman, atau kelompoknya....tapi supaya jakarta tidak gelap gulita emoticon-Big Grin
Quote:


Emang atasan Menteri Siapa? Yg milih Menteri siapa ya? emoticon-Ngakak

lagian emang ada nyinggung soal agenda presiden diatas?

sendirinya sok pinter tapi baca aja gk bisa?
emoticon-Ngakak
akh, anggota hewannya aja Gan kalo menurut ane mahemoticon-Najis
buat apa pak dahlan ngikutin panggilan sarang maling.
kerja aja dulu.buat negara.. biarin para anggota maling yang terhormat itu bekoar-koar..
emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis
Pembantu presiden ko ga menghormati panggilan DPR ?
pantes sakit2an mulu...
Quote:


Dapat cerita dimana nih gan....DI ke jambi karena agenda presiden,
Kalau kerugian negara karena PLN ga dapat pasokan gas.....sungguh terlalu, ternyata negara kita lebih mentingin ekspor ya....lalu gimana hasil perburuan gas pa DI ke Iran
emoticon-Bingung
kaga usah datang pak is, paling juga mau dipalak ama tu preman apbn...
kl DPR merugikan negara brp ya? hayoo ngaku
Quote:


Dimana ada tulisan agenda ????? ane smpi baca dua kali ckckckk......
Quote:


Biasalah ... mereka itu mencuri start terlebih dahulu. Bukankah ada berita yang mengatakan Dahlan Iskan melaporkan adanya "oknum" DPR yang suka memalak BUMN emoticon-Big Grin

Sepertinya, mereka ini mau balas dendam dan ingin membungkam menteri yang baik ini.

maling teriak maling
yang benar pasti yang disudutkan oleh anggota dpr, takut kartunya dibuka kali emoticon-Ngakak
dpr sudah mulai tersaingi populeritasnya.. shg memanfaatkan segala isu untuk mengcounter DI...

Quote:


Quote:


Quote:


apapun itu, ane lebih percaya DI daripada kek yg diatas" ini... yg keknya lebih percaya dpr..

kita lihat aja babak selanjutnya.... emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Keren nih Opa Dahlan emoticon-Smilie
Berantas korupsi..

UPDATE 3

Anggota DPR Ungkit Soal Pengusiran Dahlan Iskan Saat Jadi Bos PLN

Referensi : [url]http://finance.detik..com/read/2012/10/24/215915/2072243/4/anggota-dpr-ungkit-soal-pengusiran-dahlan-iskan-saat-jadi-bos-pln?991104topnews[/url]

Jakarta - Rekam jejak Menteri BUMN Dahlan Iskan ketika memimpin PT PLN (Persero) beberapa waktu lalu tidak lah mulus. Bagi anggota Komisi VII Fraksi PAN DPR-RI Alimin Abdullah, Dahlan pernah diusir dalam rapat dengan Komisi VII.

Alimin menuturkan pada periode awal menjabat Dirut PLN, Dahlan pernah diprotes keras Komisi VII.

"Karena seenaknya, tidak tahu aturan langsung menaikan tarif dasar listrik, kayak perusahaan nenek moyangnya saja, bahkan dia minta maaf kepada kami," kata Alimin kepada wartawan di Ruang Komisi VII, Rabu (24/10/2012).

Dikatakan Alimin, bahkan Dahlan pernah diusir dari rapat karena membuat laporan dengan angka kecil-kecil. "Kita pernah usir dia pada rapat Komisi VII, karena membuat laporan kecil-kecil, dengan begitu tanda dia tidak ingin laporannya dibaca," ujar Alimin.

Bahkan ia menuding akibat kebijakan Dahlan yang salah membuat PLN mengalami inefisiensi terbesar sepanjang sejarah PLN.

"Seperti sewa genset, dengan bangganya meningkatkan elektrifikasi dan menghindari byar pet, dia tanpa kasih tahu kami sewa-sewa genset, buatan China lagi, sekarang banyak rusak, seharusnya kan itu dihindari gensetkan pakai banyak BBM, makin boros," tandasnya.

Seperti diketahui, Komisi VII DPR-RI memanggil Dahlan Iskan terkait pembahasan hasil audit BPK terhadap PLN yang membuat kerugian negara Rp 37 triliun.

Terkait alasan pemborosan ini, Direktur Utama PLN Nur Pamudji menjelaskan pemborosan PLN Rp 37 triliun di 2009/2010 tersebut terjadi karena tidak adanya pasokan gas ke PLTG. "Karena nggak ada gas," ucapnya. Ini mengakibatkan pembangkit listrik PLN masih harus menggunakan BBM yang harganya lebih mahal.

Menurutnya tidak adanya pasokan gas ke PLN karena Kementerian ESDM dan BP Migas memiliki prioritas tersendiri untuk pasokan gas. "Itu ada Permen ESDM nomor 3 tahun 2010 terkait prioritas gas," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM, Rudi Rubiandinimengatakan, penyebab pemborosan yang ditemukan BPK dikarenakan tata niaga gas.

"Ada priotitas peruntukkan gas, di mana prioritas pertama untuk injeksi produksi minyak (minyak duri yang dikelola Chevron), untuk listrik, untuk pupuk dan terakhir untuk industri," kata Rudi.

Dikarenakan prioritas gas tersebut, alokasi gas untuk PLN tidak ada.

"Betul (karena prioritas gas). Tapi kan barangnya nggak ada. Barangnya nggak ada. Lagipula, masalahnya adalah mau ke mana ini didahulukan. Waktu itu kan harus injeksi uap nomor satu, baru PLN, lalu pupuk yang terkahir baru industri. Itu yang jadi masalah. Karena pada saat itu ketika gas shortage, kalau nggak salah 20 hari, karena sesuai permen itu yang dilakukan," ungkap Rudi.

(rrd/hen)
Quote:


Sebetulnya kita bisa hemat gas dengan beli ke Iran. Sayang karena USA embargo Iran, pemerintah kita juga ikutan USA gan.
×