alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50889515e974b4c94c000003/indonesia-bantah-larangan-ibadah-di-aceh
Indonesia bantah larangan ibadah di Aceh
sumber http://www.bbc.co.uk/indonesia/berit...rejaaceh.shtml


Pemerintah membantah melakukan pelarangan beribadah menyusul penutupan gereja dan vihara di Aceh sejak pekan lalu.

Sebanyak sembilan gereja dan enam vihara Buddha di kota Banda Aceh, menghentikan kegiatan keagamaan sejak 18 Oktober.

Penutupan diperintahkan karena tidak memiliki izin yang sah sebagai rumah ibadah. Pendeta Nico Tarigan dari Gereja Bethel Indonesia mempertanyakan larangan itu karena sejak berdiri pasca tsunami pada 2005 untuk melayani jemaat yang mayoritas adalah staf LSM , izin yang mereka minta hanyalah izin ibadah karena semua gereja dan vihara berbentuk ruko.

"Kami menggunakan tempat dimana kami tinggal sebagai tempat ibadah, menurut SKB [Tiga Menteri] hal itu diizinkan selama ada izin dari pemilik bangunan dan melapor ke Bimbingan Masyarakat setempat," kata Nico.

Menurut Nico, Sekretaris Daerah yang menemuinya dan memintanya untuk menandatangani surat pernyataan penutupan mengatakan mereka mendapat tekanan dari pihak-pihak tertentu.

"Kami juga mendapat SMS dari FPI yang mengatakan kalau kami tidak menutup gereja maka mereka akan mengerahkan massa untuk merobohkan gereja kami," kata dia.
Yurisdiksi Pemda

Menanggapi hal itu, humas Kementerian Dalam negeri Reydonnyzar Moenek mengatakan tidak ada larangan beribadah di Banda Aceh.

"Tidak pernah ada larangan beribadah, harap diluruskan. Yang diminta adalah agar gereja dan vihara mengurus izin mendirikan rumah ibadah yang sah agar kegiatan keagamaan tidak terkendala," kata Reydo.

Ia menambahkan meski ada SKB Tiga Menteri yang mengatur mengenai ibadah di luar rumah ibadah, pengurus gereja dan vihara tetap harus mengikuti peraturan yang berlaku di daerah masing-masing.

"Penutupan karena tidak ada izin adalah yurisdiksi pemerintah daerah atau pemerintah kota kabupaten setempat," kata Reydo.

Satu-satunya solusi yang ada, menurut dia, adalah mengajukan izin mendirikan rumah ibadah yang sah.

"Ikuti semua aturan termasuk persyaratan bahwa rumah ibadah harus mendapat tandatangan dari minimal 60 kepala keluarga yang terdekat," kata dia.

Peraturannya
PENDIRIAN RUMAH IBADAT
Pasal 2
(1) Pendirian rumah ibadat didasarkan pada keperluan nyata dan sungguh-sungguh
berdasarkan komposisi jumlah penduduk bagi pelayanan umat beragama yang
bersangkutan di wilayah kelurahan/gampong;
(2) Pendirian rumah ibadat dilakukan dengan tetap menjaga kerukunan umat
beragama, tidak menganggu ketentraman dan ketertiban umum serta mematuhi
peraturan perundang-undangan;
(3) Dalam hal keperluan nyata bagi pelayanan umat beragama di wilayah
kelurahan/gampong sebagaimana dimaksud ayat (1) tidak terpenuhi,
pertimbangan komposisi jumlah penduduk digunakan batas wilayah kecamatan
atau Kabupaten/Kota atau Provinsi;
Pasal 3
(1) Pendirian rumah ibadat harus mematuhi persyaratan administratif dan
persyaratan teknis bangunan gedung;
(2). Selaian…………/4
MW\DATATU\F\doc.Wahed\PER\JUNI,07
- 4 -
(2) Selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pendirian
rumah ibadat harus memenuhi persyaratan khusus meliputi :
a. Daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk pengguna rumah ibadat paling
sedikit 150 (Seratus lima puluh) orang disahkan oleh pejabat setempat
sesuai dengan tingkat batas wilayah sebagaimana dimaksud dalam pasal 2
ayat (3);
b. Dukungan masyarakat setempat paling sedikit 120 (seratus dua puluh) orang
yang disahkan oleh Lurah/Geuchik setempat;
c. Rekomendasi tertulis Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota;
dan
d. Rekomendasi tertulis FKUB Kabupaten/Kota;
(3) Dalam hal persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a terpenuhi
sedangkan persyaratan huruf b belum terpenuhi, Pemerintah Kabupaten/Kota
berkewajiban memfasilitasi tersedianya lokasi bangunan rumah ibadat;
Pasal 4
Rekomendasi FKUB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) huruf d
merupakan hasil musyawarah dan mufakat dalam rapat FKUB, dituangkan dalam
bentuk tertulis;
Pasal 5
(1) Permohonan pendirian rumah ibadat sebagaimana dimaksud dalam pasal 4
diajukan oleh panitia pembangunan rumah ibadat kepada Bupati/Walikota untuk
memperoleh IMB rumah ibadat;
(2) Bupati/Walikota memberikan keputusan paling lambat 90 (sembilan puluh) hari
sejak permohonan pendirian rumah ibadat diajukan sebagaimana dimaksud pada
ayat (1);
Pasal 6
Pemerintah Kabupaten/Kota memfasilitasi penyediaan lokasi baru bagi bangunan
gedung rumah ibadat yang telah memiliki IMB yang dipindahkan kerena perubahan
rencana tata ruang wilayah;
BAB III
IZIN SEMENTARA PEMANFAATAN BANGUNAN GEDUNG
Pasal 7
(1) Pemanfaatan bangunan gedung bukan rumah ibadat sebagai rumah ibadat
sementara harus mendapat surat keterangan pemberian izin sementara dari
Bupati/Walikota dengan persetujuan Camat setempat secara tertulis dengan
memenuhi persyaratan :
a. Laik Fungsi; dan
b. Pemeliharaan kerukunan umat beragama serta ketentraman dan ketertiban
masyarakat;
(2) Persyaratan laik fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a mengacu
pada peraturan perundang-undangan tentang bangunan gedung;
(3) Persyaratan. …………../5
MW\DATATU\F\doc.Wahed\PER\JUNI,07
- 5 -
(3) Persyaratan pemeliharaan kerukunan umat beragama, ketentraman dan
ketertiban masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, meliputi :
a. Izin tertulis pemilik bangunan;
b. Rekomendasi tertulis Lurah/Geuchik;
c. Pelaporan tertulis kepada FKUB Kabupaten/Kota; dan
d. Pelaporan tertulis Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota;
Pasal 8
(1) Surat keterangan pemberian izin sementara pemanfaatan bangunan gedung
bukan rumah ibadat oleh Bupati/Walikota sebagaimana dimaksud dalam pasal 7
ayat (1) diterbitkan setelah mempertimbangkan pendapat tertulis Kepala Kantor
Departemen Agama Kabupaten/Kota dan FKUB Kabupaten/Kota;
(2) Surat keterangan pemberian izin sementara pemanfaatan bangunan gedung
bukan rumah ibadat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku paling lama 2
(dua) tahun;
Pasal 9
(1) Penerbitan surat keterangan pemberian izin sementara sebagaimana dimaksud
dalam pasal 9 ayat (1) dapat dilimpahkan kepada Camat;
(2) Penerbitan surat keterangan pemberian izin sementara sebagaimana dimaksud
pada ayat (1) dilakukan setelah mempertimbangkan pendapat tertulis Kepala
Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota dan FKUB Kabupaten/Kota;
BAB IV
PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Pasal 10
(1) Perselisihan akibat pendirian rumah ibadat diselesaikan secara musyawarah oleh
masyarakat setempat;
(2) Dalam hal musyawarah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak tercapai,
penyelesaian dilakukan oleh Bupati/Walikota dibantu Kepala Kantor
Departemen Agama Kabupaten/Walikota melalui musyawarah yang dilakukan
secara adil dan tidak memihak dengan mempertimbangkan saran FKUB
Kabupaten/Kota;
(3) Dalam hal penyelesaian perselisihan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak
dicapai, penyelesaian dilakukan melalui pengadilan setempat;
Pasal 11
Gubernur melaksanakan pembinaan terhadap Bupati/Walikota serta instansi terkait
di daerah dalam menyelesaikan perselisihan sebagaimana dimaksud dalam pasal 10;

semoga cepat selesai ijinnnya, kl ada niat mengurus pasti akan di fasilitasi pemda. Jaga keutuhan NKRI
ya saya percaya itu tidak benar, itu ijinnya palsu kurang dsbnya.

tapi jemaat yasmin bogor gmana tuh? udah ada putusan final dari MA tetap aja gk bisa ibadah di tempat asalnya.

masih percaya ama kaum "parasit " tukang tipu n suka bangun "ruko" ilegal ini emoticon-Ngakak

hidup kok selalu nyusahin aja n menebar permusuhan emoticon-Ngakak

gak di jawa,bali,aceh selalu memaksakan egonya............emoticon-Ngakak

TUKANG MEWEK emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By priapendiam
masih percaya ama kaum "parasit " tukang tipu n suka bangun "ruko" ilegal ini emoticon-Ngakak

hidup kok selalu nyusahin aja n menebar permusuhan emoticon-Ngakak

gak di jawa,bali,aceh selalu memaksakan egonya............emoticon-Ngakak

TUKANG MEWEK emoticon-Berduka (S)





pantat ama mulut lo sama saja, bau.
ngomong kaya odong-2 banyaka alasan, intinya emank intoleran takut kalah pengaruh, tipikal ! emoticon-Najis
Quote:Original Posted By suryagemilang83
ya saya percaya itu tidak benar, itu ijinnya palsu kurang dsbnya.

tapi jemaat yasmin bogor gmana tuh? udah ada putusan final dari MA tetap aja gk bisa ibadah di tempat asalnya.



gw ga membela salah satu pihak, cm memberi informasi aja. kl mslh jasmin kynya sudah banyak ug membahas, silahkan di cari.
Rosulullah pun saat jaya tidak pernah memerintahkan pelarangan ibadah agama lain, begitu pula dengan khalifah2, seharusnya kita mencontoh mereka...
sumbernya maana nich.... no video=hoazzzzzzzzz
Quote:Original Posted By khan10




pantat ama mulut lo sama saja, bau.
ngomong kaya odong-2 banyaka alasan, intinya emank intoleran takut kalah pengaruh, tipikal ! emoticon-Najis


don't feed the troll please.....!!!!!
dan jangan ikut ngetroll ya, tlg buat trit gw bersih dr troll jahanam.
gimana mau dirikan bangunan buat ibadah, lha ijinnya aja dipersulit, memang selau ada seribu satu alasan untuk selalu memeprsulit, dan ada juga ormas2 tetrtntu yang sangat agresif menolak pembangunan tempat2 ibadah kalangan tertentu... emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By hbhbhb2008
sumbernya maana nich.... no video=hoazzzzzzzzz


sory td lupa, udah di edit tuh. video apaan??
Quote:Original Posted By ekstensifikasi


gw ga membela salah satu pihak, cm memberi informasi aja. kl mslh jasmin kynya sudah banyak ug membahas, silahkan di cari.
Rosulullah pun saat jaya tidak pernah memerintahkan pelarangan ibadah agama lain, begitu pula dengan khalifah2, seharusnya kita mencontoh mereka...


Jaman Nabi memang gk ada begini begitu
AgamaKu agama Ku, agamamu agamamu.

jasmin/yasmin gk gitu ngikutin last sih masih demo di istana....
Quote:Original Posted By khan10




pantat ama mulut lo sama saja, bau.
ngomong kaya odong-2 banyaka alasan, intinya emank intoleran takut kalah pengaruh, tipikal ! emoticon-Najis


orang bego aja yang mau dipengaruhi ama " sampah parasit " emoticon-Ngakak

tong gw bilang gini biar kaum lu itu nyadar ama kebusukan sendiri emoticon-Ngakak

noh...kan....dari pc gw aja kecium tu bau bangke golongan "sampah parasit ini
Quote:Original Posted By priapendiam


orang bego aja yang mau dipengaruhi ama " sampah parasit " emoticon-Ngakak

tong gw bilang gini biar kaum lu itu nyadar ama kebusukan sendiri emoticon-Ngakak

noh...kan....dari pc gw aja kecium tu bau bangke golongan "sampah parasit ini


bau bangke tu bau lu sendiri thoblok!
lu itu ga nyadar ama kebusukan sendiri emoticon-Ngakak
tipikal pecundang selalu kalah dalam persaingan hidup ! hatinya panas terus menjurus gila kecian!
gw sih santai aje, nikmati hidup!
Memang sebenarnya sudah sepantasnya tidak ada larangan untuk beribadah, dan akta-akta perizinan memang harus lengkap, cuma kalau alasannya ada lah kelengkapan perizinan dan yang ditutup gereja dan vihara semua, emang masjid-masjid akta dan perizinannya sudah pada lengkap semua ya? emoticon-Bingung (S)
yang lain jangan terpancing sama troll macam priapendiam & khan10 emoticon-Najis
Quote:Original Posted By UseYourMind
Memang sebenarnya sudah sepantasnya tidak ada larangan untuk beribadah, dan akta-akta perizinan memang harus lengkap, cuma kalau alasannya ada lah kelengkapan perizinan dan yang ditutup gereja dan vihara semua, emang masjid-masjid akta dan perizinannya sudah pada lengkap semua ya? emoticon-Bingung (S)


kl ijin mendirikan masjid & musholla ya hrsnya jg di lengkapi sesuai SK tersebut, tp gw ga ada info brp masjid yg ada / tidak ada ijin. kl memang ada yg tidak punya ijin seharusnya jg ditindak tegas. hukum harus adil. masjid lebih mudah dpt ijin ya karena disana mayoritas islam jd untuk memenuhi syarat2 di atas pasti sangan mudah. CMIIW
Quote:Original Posted By ekstensifikasi
yang lain jangan terpancing sama troll macam priapendiam & khan10 emoticon-Najis


lo review lagi tu omongan priapendiam, emank omongan gitu perlu dijelasin secara logika sehat, caranya gimana? emoticon-Najis
disuruh ngurus ijin mah biar keliatan bagus dimata aja mah...
ane yakin, kalo bikin ijin legal pasti dihalang2in...
emang orang2 munafik ini selalu menganggap diri dan agamanya paling bener...
tampaknya peringatan dari Tuhan yang memanggil puluhan ribu jiwa di aceh masih belum cukup keras emoticon-Berduka (S)
dasar kaum barbar.emoticon-Najisemoticon-Najis
gimana suruh urus ijin kl semua dipersulit?
oon
Quote:Original Posted By ekstensifikasi
yang lain jangan terpancing sama troll macam priapendiam & khan10 emoticon-Najis


maaf gan jika dianggap ngetroll ..... cuman gw gemes aja liat kebebalan golongan ini.....mau tau buktinya

NIH UDAH MUNCUL "KORBAN CERITA MINGGUAN " emoticon-Ngakak
V
V
V

Quote:Original Posted By 28_ucs
disuruh ngurus ijin mah biar keliatan bagus dimata aja mah...
ane yakin, kalo bikin ijin legal pasti dihalang2in...
emang orang2 munafik ini selalu menganggap diri dan agamanya paling bener...
tampaknya peringatan dari Tuhan yang memanggil puluhan ribu jiwa di aceh masih belum cukup keras emoticon-Berduka (S)


TUH KAN KURANG BUSUSK APA LAGI COBA

BANTUAN = MENGHARAP IMBALAN
SALAH DIPERINGATKAN ... EH MALAH MENDOAKAN YANG MENGINGATKAN TERKENA BENCANA



kaum mana lagi yang sanggup menandingi kebebalan mereka...???? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By khan10


lo review lagi tu omongan priapendiam, emank omongan gitu perlu dijelasin secara logika sehat, caranya gimana? emoticon-Najis


makanya gw blg DON'T FEED THE TROLL!!! emoticon-Cape d... (S)