alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5087eb7bea74b4894d000007/2013-mobil-murah-tapi-bbm-subsidi-akan-dibatasi-amp-mobil-pribadi-harus-pertamax
2013, Mobil Murah, tapi BBM-subsidi akan Dibatasi & Mobil pribadi harus Pertamax
2013, Mobil Murah, tapi BBM-subsidi akan Dibatasi & Mobil pribadi harus Pertamax
Mobil 'murah' jenis RR

Lagi, pemerintah usulkan pelarangan mobil pribadi beli premium
Rabu, 24 Oktober 2012 18:15:00

Setelah gagal memberlakukan pelarangan penggunaan premium untuk kendaraan pribadi di 2012, dan hanya memberlakukan pada kendaraan dinas. Pemerintah mengusulkan program serupa di 2013. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) berencana akan melanjutkan pembatasan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Hal tersebut atas tindak lanjut Peraturan Menteri nomor 12 tahun 2012 terkait pembatasan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. "Pemerintah akan mengeluarkan aturan pembatasan kuota penggunaan jenis bensin Ron 88 atau premium untuk kendaraan pribadi mulai Juli 2013," ujar Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR, Jakarta Rabu (24/10).Selain itu, pemerintah akan mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan minyak solar untuk mobil barang dan kapal barang non barang di seluruh Indonesia mulai Desember 2012. "Pelarangan konsumsi premium untuk kendaraan dinas pemerintah, BUMN dan BUMD di seluruh Indonesia pada Januari 2013," paparnya.

Aturan pengaturan konsumsi premium dan solar untuk mobil pribadi akan dikeluarkan awal tahun mendatang. "Mulai Januari pemerintah akan mengatur konsumen pengguna premium dan solar untuk mobil tertentu," katanya.Dia mengakui tidak bisa mengawasi pengendalian penggunaan BBM bersubsidi, yang melarang penggunaan BBM bersubsidi untuk kendaraan dinas, perkebunan dan Pertambangan."Petugas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tidak berani memberlakukan kepada TNI dan Polri. Petugas juga tidak mengenali plat khusus dan tidak memiliki kekuatan hukum untuk melindungi dirinya," ujarnya.

Selain itu banyak PNS nakal, yang mengganti mobil berplat merah dengan plat hitam palsu. "Ada juga pengguna premium berpindah (migrasi) mengisi BBM di luar wilayah pengawasan bagi pengguna yang berada atau tinggal di perbatasan wilayah tersebut," jelasnya.Dia menegaskan ada kondisi SPBU yang menjual BBM Solar non subsidi mengalami penurunan omzet penjualan yang drastis. Hal ini karena kendaraan pertambangan dan perkebunan mengisi di SPBU subsidi tempat lain. "Banyak kendaraan Pertambangan dan perkebunan melepas stiker," ujarnya.
http://m.merdeka.com/uang/lagi-pemer...i-premium.html

2013, Mobil Murah, tapi BBM-subsidi akan Dibatasi & Mobil pribadi harus Pertamax
Bentley sport, hanya 10 milyad rupiah

Pemakaian premium dibatasi mulai Juli 2013
Rabu, 24 Oktober 2012 17:56 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi akan mengeluarkan peraturan yang membatasi penggunaan premium bersubsidi untuk kendaraan pribadi mulai Juli 2013. Kepala BPH Migas Andy N Sommeng saat rapat dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Rabu, mengatakan aturan tersebut merupakan tahapan pembatasan penggunaan BBM subsidi sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri ESDM No 12 Tahun 2012 tentang Pengendalian Penggunaan BBM. "Sebagai tindak lanjut Permen ESDM 12/2012, maka perlu pengaturan batasan kuota penggunaan premium bersubsidi untuk kendaraan pribadi mulai Juli 2013," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengeluarkan aturan yang mengatur konsumen pengguna premium dan solar untuk mobil pribadi mulai Januari 2013. Lalu, aturan yang melarang penggunaan solar bersubsidi bagi mobil barang dan kapal barang nonpelayaran rakyat untuk seluruh Indonesia mulai Desember 2012. "Juga pelarangan penggunaan premium bersubsidi untuk kendaraan dinas pemerintah, pemda, BUMN, dan BUMD di seluruh Indonesia mulai Januari 2013," ujarnya. BPH Migas memperkirakan konsumsi BBM bersubsidi sampai akhir 2012 akan mencapai 45,373 juta kiloliter atau melebihi kuota APBN Perubahan yang ditetapkan 44,04 juta kiloliter. Sepanjang Januari-September 2012, konsumsi BBM subsidi mencapai 32,906 juta kiloliter atau 75 persen dibandingkan kuota 44,04 juta kiloliter. Sementara pada Oktober 2012, konsumsi BBM diperkirakan mencapai 3,882 juta kiloliter, November 3,931 juta kiloliter, dan Desember 2012 naik lagi menjadi 4,221 juta kiloliter.

Dengan demikian, sampai akhir tahun kami perkirakan akan menjadi 45,373 juta kiloliter. Kelebihan konsumsi tertinggi terjadi pada BBM jenis solar yang diperkirakan 6,9 persen menjadi 16,041 juta kiloliter dibandingkan kuota APBN Perubahan 2012 sebesar 15 juta kiloliter. Lalu, premium akan "over" kuota sebesar 1,3 persen dari 27,84 menjadi 28,196 juta kiloliter. Sedangkan perkiraan realisasi minyak tanah akan di bawah kuota sebesar 5,3 persen dari target 1,2 juta kiloiter, hanya terealisasi 1,136 juta kiloliter. Kuota BBM subsidi yang ditetapkan APBN Perubahan 2012 sudah dinaikkan menjadi 44,04 juta kiloliter dari angka APBN yang 40 juta kiloliter. Kementerian Keuangan juga menargetkan realisasi konsumsi BBM subsidi 2012 mencapai 43,5 juta kiloliter agar beban subsidi tidak membengkak lagi.
http://www.antaranews.com/berita/340...ulai-juli-2013

2013, Mobil Murah, tapi BBM-subsidi akan Dibatasi & Mobil pribadi harus Pertamax
Bentlay-Brooklands

Pengguna mobil murah diharap pakai Pertamax
Selasa, 25 September 2012 14:43:20

Salah satu unsur rancangan regulasi produksi mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) adalah penggunaan bahan bakar Pertamax. Pengguna mobil jenis itu diharapkan tidak menggunakan premium agar konsumsi bahan bakarnya lebih maksimal. Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin Budi Darmadi menyatakan kebijakan itu didasarkan masukan dari beberapa pihak, termasuk BPPT. "Salah satu imbauan kita setelah ada kajian dari aspek teknologi, mobil LCGC akan maksimal konsumsi bahan bakarnya, menggunakan bahan bakar jenis ron 92," ujarnya di Gedung Kemenperin, Selasa (25/9).

Selain alasan efisiensi, bahan bakar non-subsidi merupakan jenis yang hasil pembakarannya akan lolos uji emisi karbon. "Regulasi LCGC yang kita rancang kan memberi syarat kriteria bahan bakar harus lolos uji emisi euro 2, ini supaya sifat green carnya dapat, karena itu sebaiknya menggunakan bahan bakar beroktan 88," ujarnya. Dengan rekomendasi itu, konsumen diharapkan membeli bahan bakar non-subsidi seperti pertamax atau sejenis dari SPBU asing. Namun, karena sifatnya imbauan, pihaknya tidak bisa memaksa pemilik kendaraan menggunakan Pertamax. "Kalau di jalan saya tidak paksa pemilik kendaraan beralih dari premium," kata Budi.

Pada dasarnya, kata dia, mobil LCGC terdiri dari berbagai jenis dengan bahan bakar berbeda mulai dari jenis hibrid, listrik, dan CNG yang memakai gas. Artinya, ada banyak alternatif pilihan bahan bakar bagi pengguna kendaraan. Kemenperin membuat tiga regulasi soal LCGC. Dua aturan diantaranya terkait kewajiban impor peralatan pabrik dan regulasi lain terkait bahan baku bagi produsen yang telah diedarkan Mei lalu. Aturan regulasi bahan bakar diperkirakan tuntas akhir tahun ini. Selain tiga regulasi itu, spesifikasi produksi LCGC untuk produksi massal juga diatur dalam Peraturan Presiden. Rancangannya berasal dari usulan Kemenperin, dan saat ini sedang dibahas Kementerian Keuangan dan Sekretariat Negara.
http://m.merdeka.com/uang/pengguna-m...-pertamax.html

------------------------------

Kabarnya, menghadapi persaingan bisnis SPBU yang semakin keras, beberapa diantara perusahaan pengelola SPBU akan bersedia memberi layanan kredit untuk produk BBM-nya. Anda sedot dulu di SPBU, bayarnya boleh di kredit akhir bulan ..... emoticon-Big Grin
mendingan daripada pembatasan segala, premiumnya dihilangkan aja... cuma produksi pertamax.. duit kelebihannya dipake buat infrastruktur, pertanian ato modal bergilir....
2013, Mobil Murah, tapi BBM-subsidi akan Dibatasi & Mobil pribadi harus Pertamax

Inilah Deretan Mobil Murah
23 Oktober 2012

Jakarta, Zamrudtv --Bersiaplah bagi anda yang ingin memiliki mobil, tapi memiliki uang terbatas. Saat ini sudah mulai banyak mobil murah ramah lingkungan yang di produksi. Mobil murah ini rata-rata memiliki kapasitas mesin 1.000 cc, dengan konsumen bahan bakar di atas 20 km per satu liter. Adalah Tata Nano, mobil buatan India yang menjadi pelopor mobil paling murah. Di negeri asalnya, Tata Nano dibanderol Rp25-30 juta. Untuk mesin, Tata Nano menggunakan mesin 624 cc, 2 silinder, MPFI, yang mampu menghasilkan daya maksimum 35 hp pada 5.200 rpm, dengan torsi 48 Nm pada 3.000-3.500 rpm. Untuk akselerasi mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 105 km/jam, dengan konsumsi bahan bakar hingga 23,6 km/liter.

Kedua adalah Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Mobil kembar dari Astra ini diperkenalkan di Indonesia pada pertengah September lalu melalu ajang Indonesia International Motor Show 2012. Untuk dapur pacu, Toyota Agya mengusung mesin 1 KR dengan kapasitas 998 cc DOHC fuel injection, yang dapat melontarkan tenaga hingga 65 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 85 pada 3.600 rpm dan dikimpoikan dengan transmisi manual 5 speed dan transmisi otomatis 4 speed. Untuk harga, Toyota rencananya akan melepas dikisaran harga Rp75-110 juta. Sementara sang kembarannya, Astra Daihatsu Ayla sedikit lebih murah dibandingkan dengan Astra Toyota Agya. Perbedaan tersebut dikarenakan adik Xenia ini tidak dilengkapi dengan sistem keamanan Airbag. Untuk harga pun Ayla dikabarkan tidak akan lebih dari Rp70-100 juta.

Ketiga yakni Suzuki Alto 800. Mobil ini menjadi senjata Suzuki untuk bermain di segmen mobil murah. Bahkan, Suzuki rela menstop produksi Karimun Estilo yang diproduksi langsung dari India. Suzuki Alto 800 ini dilengkapi mesin 800 cc tiga silinder, mampu menghasilkan tenaga hingga 48 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi 69 Nm pada 3.500 rpm. Untuk memberikan kepuasan konsumen, Suzuki Alto 800 dilengkapi empat varian mulai dari tipe standar, LX, LXi dan LXi yang dilengkapi sistem keamanan Airbag. Sedangkan untuk harga rencananya untuk tipe teredah akan dilepas dengan harga Rp44 juta.

Keempat yakni Nissan. Meski belum diinformasikan mengenai spesifikasi mesin, mobil garapan Nissan ini rencananya akan mengembangkan enam model sekaligus, dengan harga sekitar US$3,000 sampai US$5,000 atau sekitar Rp28,8-48 juta. Kelima adalah Volkswagen. Tingginya permintaan mobil di negara berkembang, membuat mobil dari daratan benua biru Volkswagen (VW) tergiur untuk ikut bermain mobil murah.

Rencananya mobil murah VW itu bakal tersedia dalam tiga bentuk yakni sedan (Rp75 juta), wagon (Rp88 juta) dan MPV (Rp100 juta). Ketiganya merupakan satu platform. Mobil ini dilepas ke pasar pada kuartal akhir 2015. Asia menjadi tujuan pertama mobil murah dari VW. Keenam yaitu Mazda. Meski spesifikasi mesin dan harga belum diinformasikan, namun pihak Mazda akan memberi nama mobil murahnya itu dengan sebutan Mazda1.

Kini Mazda tengah mengembangkan dan memikirkan akan kemana sasaran mobil murahnya tersebut. Apakah akan menyasar mobil kecil dengan biaya rendah seperti halnya Tata Nano (Rp25-30 juta), atau mobil kecil dengan biaya sedikit lebih tinggi seperti halnya Volkswagen Up (di atas Rp100 juta namun kurang dari Rp150 juta). Tidak hanya itu, Mitsubishi dan Honda juga rencana akan meluncurkan mobil murah. Meski kedua masih merahasiakan model yang akan disodorkan ke pasar.
http://www.zamrudtv.com/otomotif-601...an-mobil-murah
wah, emang ni pemerintah kek ga niat buat ngurus pembatasan kendaraan bermotor...
kenapa motor juga gak sekalian dibatasi om... emoticon-No Hope
subsidi dihapus aja supaya adil buat semua,klo premium dan pertamax harganya berdekatan tanpa dihimbau juga yg pake mobil bagus udah pasti pilih pertamax emoticon-Cendol (S)
BBM yang gampang diselundupin malah disubsidi banyak....giliran listrik yang nyuri saja susah malah naik tarifnya....
Masih gak ngerti jalan pikiran anggota DPR nih.
kenapa ga produksi mobil juga di tekan ya ? trus kalo emang beli pertamax semua tapi jalanan macet sama aja kan emoticon-No Hope
emoticon-Najis udah deket pemilu mulai dh mainan BBM.. emoticon-Najis

yang tegas lah.. klo memang dibatasi ya batasi.. tarik ulur terus.. emoticon-Tai emoticon-Tai
Emangnya kalau mobil dibawah seratus jutaan itu, tidak nyedot BBM-bersubsidi yang besar secara nasional?

Wajar saja mereka disuruh beli Pertamax aja!
Awas pembodohan publik ...hati-hati alasan BBM tidak dinaikkan jika dibatasi otomatis pakai pertamax...kekurangan pertamax diimpor dari Singapura.
Kenapa premium gak dinaikkan saja???
Quote:Original Posted By rocka88
kenapa ga produksi mobil juga di tekan ya ? trus kalo emang beli pertamax semua tapi jalanan macet sama aja kan emoticon-No Hope


Emangnya lo kira produksi mobil itu di indonesia? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By gusdecool


Emangnya lo kira produksi mobil itu di indonesia? emoticon-Ngakak


emang perakitan mobil udah ada di indo kan

=====

pemerintah kalo mau menerapkan kebijakan jangan cuma setengah-setengah. bagaimana melarang bbm bersubsidi? dengan menghentikan produksi/impor bbm subsidi! mengurangi kendaraan bermotor pribadi? naikin pajak kendaraan! jalanan buruk? perbaiki/tambahkan! angkutan umum tidak memadai? perbaiki tata kota! budaya masyarakat masih kampungan? didik!
ah tipikal orang, udah murah mana mau beli mahal?
naik angkot eh odong2 ogah...pake mobil tapi bbm minta disubsidi makyus memang.

pembatasan premium hanya untuk angkutan umum , dan kendaraan roda 2 dibawah / maksimal 110cc.
kalo mo naikin naikin aja, kalo masih galau mo naikin ato tidak mending dalam tiap spbu pompa buat premium satu aja, yang lain pompa untuk petromak....
so biarkan yang mo ngirit antri panjannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnng....
penjualan mobil murah/mahal kok dipermasalahkan...^^
Motor ane juga kadang make pertamax, masa nyang punya boil make premium emoticon-Big Grin
jadi inget pernyataan seorang anggota dewan di tv dari partai oposisi soal subsidi BBM.
ketika harga premium mau dinaikkan dianya dikutan menolak mentah-mentah. dilain hari dia ditanya soal anggaran subsidi BBM yang terlalu besar dia bilang itu urusan pemerintah kenapa subsidi BBM dibuat besar emoticon-Cape d... (S)

ternyata partainya cuma cari muka sama rakyat waktu kemaren itu. sekaligus menggoyang-goyang sibeye. emoticon-Malu (S)

sayang kagak ane rekam siarannya, cuma sekilas soalnya emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By kabei
kalo mo naikin naikin aja, kalo masih galau mo naikin ato tidak mending dalam tiap spbu pompa buat premium satu aja, yang lain pompa untuk petromak....
so biarkan yang mo ngirit antri panjannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnng
....


Good Option dr mbah Kabei emoticon-Big Grin
bisa juga sbagai psychotherapy bwat orang kaya ngaku kere emoticon-Big Grin
klau mo buru2 atau males liat antrean pasti mau gk mau ngisi Pertamax
tapi ntar bisnis spbu K-5 makin booming dong ? emoticon-Hammer
berarti esemka juga donkemoticon-Matabelo
Sedikit Komeng :

Masa lu naik Mobil yang Kursinya 4 , Trus diisi premium 50.000, Woi gw naik motor kursinya 1 juga isi segitu.. masa punya mobil ( daya beli msyarakat yg "sok tinggi") msh minta di subsidi juga ...

Mending jalan kaki ajah luh..emoticon-Marahemoticon-Marah

Saran :
- Perbanyak Pohon / penghijauan
- Beli speda aja
- Naik Angkutan Umum
- Jangan tertipu daya tarik marketing yg semlohay deh gan.. emoticon-Wink