alexa-tracking

Seminggu di Mekkah, rombongan Menteri Agama habiskan Rp 2,3 M

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5087c3d65b2acf8b1c0000af/seminggu-di-mekkah-rombongan-menteri-agama-habiskan-rp-23-m
Seminggu di Mekkah, rombongan Menteri Agama habiskan Rp 2,3 M
Seminggu di Mekkah, rombongan Menteri Agama habiskan Rp 2,3 M

Seminggu di Mekkah, rombongan Menteri Agama habiskan Rp 2,3 M

Kecaman dan kritikan terhadap Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) terus bergulir. Penyebabnya, menteri yang juga Ketua Umum PPP itu membawa rombongan 34 orang yang berisi keluarga, kerabat, dan koleganya ke Tanah Suci.

Rombongan jumbo Suryadharma Ali tersebut menginap di hotel mewah bintang lima, Hotel Hilton selama di Mekkah. Menurut Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, selama 7 hari di tanah suci, rombongan tersebut telah menghabiskan Rp 2,3 miliar.

"Selama 7 hari saja sudah menghabiskan sebesar Rp 2,3 miliar. Jika keberangkatan Menteri Agama bersama rombongan dengan jumlah 34 orang ke Saudi Arabia memakai APBN sangat merugikan alokasi anggaran negara," jelas Uchok dalam rilisnya, di Jakarta, Rabu (24/10).

Uchok membeberkan, kalau memakai asumsi dengan standar biaya pemerintah tahun 2012 atau PMK No 84/PMK.02/2011, keberangkatan Menteri Agama dengan 34 rombongan sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp 2.310.525.000 selama 7 hari.

Padahal hal itu belum dihitung anggaran menginap di hotel mewah bintang lima, Hotel Hilton. Rombongan Menteri Agama Suryadharma Ali dikabarkan berangkat tanggal 17 Oktober, tepat satu Minggu kemarin.

Alokasi anggaran untuk satu orang ongkos pesawat saja, dari Jakarta ke Riyadh sebesar USD 4.598 dengan tempat duduk eksekutif atau sebanyak 34 orang akan menghabiskan sebesar Rp 1.4 miliar. Dan alokasi anggaran perorang untuk biaya uang harian untuk hotel, transportasi lokal, dan lain-lain akan mendapat sebesar USD 391 perhari atau sudah 7 hari di Mekkah, dengan jumlah 35 orang, akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 862,1 juta.

Fitra pun menyayangkan Menteri Agama yang berangkat bersama rombongan yang sebagian rombongan adalah keluarga mereka.

"Memang besok bisa dibantah bahwa ongkos perjalanan ke Saudi Arabia diambil dari ongkos uang sendiri. Dan Kita tahu, Menteri Agama adalah orang kaya yang sanggup membawa rombongan sebanyak 34 orang ke Mekkah tanpa memakai uang negara. Tapi, sebagai seorang menteri harus bisa memisahkan mana tugas negara, dan mana tugas keluarga," kata Uchok.

Menurut Fitra, tidak seharusnya membawa rombongan dari orang-orang terdekat sendiri. Kalau mau membawa keluarga ke Mekkah, tidak seharusnya saat jadi menteri. Oleh karena, jika masih menjadi menteri, tetap saja keluarga atau orang dekat menteri akan menikmati fasilitas negara yang sebetulnya tidak boleh keluarga pakai selain oleh menteri sendiri.

"Sepulang dari Mekkah, kami meminta kepada Menteri Agama untuk menjelaskan kepada publik, tentang alokasi anggaran yang dipakai oleh orang-orang terdekat atau keluarga menteri yang ikut rombongan ke Mekkah agar tidak menjadi preseden buruk bagi Kementerian Agama sebagai lembaga negara," terangnya.

sumber berita


Seminggu 2,3 M, berarti sehari 300 juta lebih pengeluarannya. emoticon-Malu
Justru klo keluar pake duit sendiri gak akan seboros itu,blom jatah kuota yg diambil,biarpun keluarga mentri ya antri juga donk,kasian tuh yg gak jadi berangkat emoticon-Cape d... (S)
Quote:"Memang besok bisa dibantah bahwa ongkos perjalanan ke Saudi Arabia diambil dari ongkos uang sendiri. Dan Kita tahu, Menteri Agama adalah orang kaya yang sanggup membawa rombongan sebanyak 34 orang ke Mekkah tanpa memakai uang negara. Tapi, sebagai seorang menteri harus bisa memisahkan mana tugas negara, dan mana tugas keluarga," kata Uchok.

orang kaya kok, sudah sudah jangan pada sirik emoticon-Wink
beneran gak pakai duit negara kan, kok kesannya kaya jutawan aja yah sehari 300jt emoticon-Big Grin