alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5087ba02562acfb919000027/kesepakatan-buruh-dengan-pak-ahok
Kesepakatan Buruh dengan Pak Ahok
JAKARTA, KOMPAS.com — Sejak Rabu (24/10/2012) pagi tadi, ribuan buruh dari berbagai organisasi buruh Jakarta dan sekitarnya menggeruduk gedung Balaikota DKI Jakarta.

Para buruh mendesak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menemui mereka. Namun karena tak berada di tempat, akhirnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang tengah menggelar rapat koordinasi terpaksa turun tangan menemui buruh secara langsung.

Dalam kesempatan itu, Basuki sempat menembus barikade pengamanan untuk merangsek masuk ke tengah massa buruh yang sedang berunjuk rasa. Ia pun sempat menaiki sebuah mobil mimbar dan berbicara melalui mikrofon untuk menenangkan para pengunjuk rasa sekaligus mengundang perwakilan buruh ikut bersamanya ke ruang rapat kerja guna melakukan mediasi.

Mediasi berjalan sekitar 120 menit. Satu per satu perwakilan buruh menyampaikan aspirasi dan tuntutannya. Alhasil, lahirlah 13 putusan rapat dalam mediasi yang baru saja berakhir. Berikut 13 kesepakatan tersebut:

1. Mengenai kebutuhan hidup layak (KHL), tidak boleh ditetapkan berdasarkan rata-rata hasil survei di tahun 2012, tetapi hasil survei di bulan Oktober 2012 ditambah proyeksi bulan November 2012 dan Desember 2012 hingga Desember 2013 yang kemudian dirata-ratakan.

2. Tidak ada putusan KHL pada hari ini (24 Oktober 2012).

3. Penetapan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2013 ditetapkan dengan mempertimbangkan besaran inflasi di tahun berikutnya dan penetapan upah minimum di wilayah penyangga Jakarta.

4. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengusut dugaan adanya mafia politik upah murah.

5. Pemerintah DKI Jakarta akan mengkaji komponen KHL yang terdiri dari 100 item (untuk lajang) dan 122 item (untuk pekerja yang telah berkeluarga).

6. Penetapan UMP dan UMSP ditetapkan dalam satu paket ketetapan, serta dalam waktu yang bersamaan.

7. UMSP sektor ritel, perkayuan, dan printing, serta delapan perusahaan di sektor logam, elektronik, dan mesin dimasukkan dalam tambahan sektor unggulan.

8. Pada 2 November 2012 akan diadakan pertemuan pada pukul 08.00 WIB untuk penetapan KHL 2013 dengan mengundang unsur pengusaha dan perwakilan serikat pekerja yang hadir pada hari ini.

9. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan turun ke lapangan untuk memeriksa pelanggaran praktik outsourcing dan mencabut izin perusahaan outsourcing yang melanggar.

10. Semua proses interview karyawan di perusahaan (terutama di ruang tertutup) wajib dilengkapi CCTV.

11. Pengawas ketenagakerjaan harus aktif turun ke lapangan, dan ketika turun ke lapangan harus menemui dan mendapatkan tanda tangan serta bukti dokumentasi dari serikat pekerja.

12. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta buruh untuk membantu memberantas pungli terhadap penguasa di DKI Jakarta.

13. Keterwakilan unsur pekerja di dewan pengupahan merujuk pada Keputusan Menteri Nomor 201 Tahun 2001.

Spoiler for Sumber:
Quote:Original Posted By Samsung.EZon
Pungli hilang = upah bisa naik?

Sebesar itukah pungli sampe2 bisa naikin upah sebanyak itu?

Siap2 cari kerja baru bagi kawan yang di Jakarta. Dunia lagi krisis, dan ini minta naik gaji.


Kl gak salah lebih dari 20% PDB Singapura disumbang oleh sektor manufaktur. Gaji buruh disana pastinya jauh lebih tinggi dari buruh di Indonesia. Kenapa perusahaan masih sanggup bayar? Salah satunya ya karena perusahaan tidak dibebani pungli macam" seperti di Indonesia.

Btw ini yg nomer 10. Semua proses interview karyawan di perusahaan (terutama di ruang tertutup) wajib dilengkapi CCTV., maksudnya apa ya?emoticon-Bingung Mosok Serikat Pekerja mau ikut proses rekrut karyawan. Perusahaan punya hak penuhlah siapa yg mau direkrut. Lebay ni tuntutannya! Koh Ahok, ini permintaan perlu dicermati gunanya apa?emoticon-Matabelo
Gampang ... Kl umr udh gk reasonable ... Pindah ke karawang ... Kl naek juga ... Pindah ke vietnam ... emoticon-Big Grin


Sorry ... This is not personal ... Just business ... emoticon-Big Grin
emang PUNGLI di Jakarta sedemikian parahnya kah ???

bokap gua yang pengusaha jarang dapat pungli , palingan cuman sekali pas ngurus pajak !!! emoticon-Najis (S)
PUNGLI dari PEMDA gak ada tuh !!
banyakan pungli dari ormas AGAMA (agama mayoritas tentu saja ) sama ORMAS PEMUDA (yang suka bikin rusuh itu)
Quote:Original Posted By Samsung.EZon
Pungli hilang = upah bisa naik?

Sebesar itukah pungli sampe2 bisa naikin upah sebanyak itu?

Siap2 cari kerja baru bagi kawan yang di Jakarta. Dunia lagi krisis, dan ini minta naik gaji.



jangan dibayangin pungli itu mirip pak ogah di pengkolan yang minta srebuan doang gan emoticon-Cape d... (S)

usut juga tuh hok pengusaha yang doyan nyuap sana-sini demi dapet keputusan yang selalu menguntungkan pengusaha
yang doyang nyuap menyuap tuh biasanya mirip-mirip ma ente fisikya hok emoticon-Ngacir
masih agak kabur dgn yg satu ini...perlu informasi tambahan supaya lebih mudah dicerna
dopos emoticon-Cape d... (S)
yang penting dah ditemui. daripada daerah lain, yg ditemui malah anjing herder...
Quote:Original Posted By bvcxz



jangan dibayangin pungli itu mirip pak ogah di pengkolan yang minta srebuan doang gan emoticon-Cape d... (S)

usut juga tuh hok pengusaha yang doyan nyuap sana-sini demi dapet keputusan yang selalu menguntungkan pengusaha
yang doyang nyuap menyuap tuh biasanya mirip-mirip ma ente fisikya hok emoticon-Ngacir


Ah masa sih ...??

Bos yg nyuap emang ada sebagian yg fisiknya mirip ama siahok .. Tapi yg pelaksana penyuapan dan penerima duit suapan ... Udh pasti fisiknya mirip ama lo .. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By auto55646687
emang PUNGLI di Jakarta sedemikian parahnya kah ???

bokap gua yang pengusaha jarang dapat pungli , palingan cuman sekali pas ngurus pajak !!! emoticon-Najis (S)
PUNGLI dari PEMDA gak ada tuh !!
banyakan pungli dari ormas AGAMA (agama mayoritas tentu saja ) sama ORMAS PEMUDA (yang suka bikin rusuh itu)


terang aja jarang dapet pungli....bokap lu pengusaha nasi uduk emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By jakuprak


Kl gak salah lebih dari 20% PDB Singapura disumbang oleh sektor manufaktur. Gaji buruh disana pastinya jauh lebih tinggi dari buruh di Indonesia. Kenapa perusahaan masih sanggup bayar? Salah satunya ya karena perusahaan tidak dibebani pungli macam" seperti di Indonesia.

Btw ini yg nomer 10. Semua proses interview karyawan di perusahaan (terutama di ruang tertutup) wajib dilengkapi CCTV., maksudnya apa ya?emoticon-Bingung Mosok Serikat Pekerja mau ikut proses rekrut karyawan. Perusahaan punya hak penuhlah siapa yg mau direkrut. Lebay ni tuntutannya! Koh Ahok, ini permintaan perlu dicermati gunanya apa?emoticon-Matabelo


maksudnya dr penyampaian buruh tadi, banyak pemerasan, ancaman, dan pelecehan seksual...
misalanya kalo ga mau gaji segini dipecat, (gaji dibawah rata2)
wanita bnyk pelecehan ..kan ga ada yg tau ga ada bukti di ruang tertutup. kalo ada cctv kan enak..setidaknya ada bukti..

youtube-thumbnail
Quote:Original Posted By auto55646687
emang PUNGLI di Jakarta sedemikian parahnya kah ???

bokap gua yang pengusaha jarang dapat pungli , palingan cuman sekali pas ngurus pajak !!! emoticon-Najis (S)
PUNGLI dari PEMDA gak ada tuh !!
banyakan pungli dari ormas AGAMA (agama mayoritas tentu saja ) sama ORMAS PEMUDA (yang suka bikin rusuh itu)


Kalo ada kesempatan coba deh tanya pengusaha asing yg buka usaha di Indonesia.
Quote:Original Posted By auto55646687
emang PUNGLI di Jakarta sedemikian parahnya kah ???

bokap gua yang pengusaha jarang dapat pungli , palingan cuman sekali pas ngurus pajak !!! emoticon-Najis (S)
PUNGLI dari PEMDA gak ada tuh !!
banyakan pungli dari ormas AGAMA (agama mayoritas tentu saja ) sama ORMAS PEMUDA (yang suka bikin rusuh itu)


kalau pelaporan pajak bokap lo bener pasti gak akan mau kalau di pungli...
Ya baguslah sudah ada kesepakatannya.

Tinggal tunggu penerapannya.
Gaji setinggi itu mending relokasi usaha ke luar Jakarta. Atau negara ASEAN lain yg lebih kondusif.
Quote:Original Posted By bvcxz



jangan dibayangin pungli itu mirip pak ogah di pengkolan yang minta srebuan doang gan emoticon-Cape d... (S)

usut juga tuh hok pengusaha yang doyan nyuap sana-sini demi dapet keputusan yang selalu menguntungkan pengusaha
yang doyang nyuap menyuap tuh biasanya mirip-mirip ma ente fisikya hok emoticon-Ngacir


Ga usah ngeles, sdh jd rahasia umum kalo oknum mirip ente suka menciptakan kondisi utk disuap spy semua urusan jadi lancar. emoticon-Ngakak
Luar biasa, kayaknya yang komen diatas rata2 pengusaha semua. Kalo pekerja/karyawan, sudah pasti senang kalo ada peningkatan upah/gajji.

Btw, ngomong2, emang dibanding Vietnam, Cina atau setahu "agan pengusaha", upah buruh di Indonesia lebih tinggi? Dan sudah sedemikian tipisnya untung perusahan, sehingga kenaikan upah buruh akan langsung membuat usaha dak layak lagi?

Atau biar kelihatan keren aja, biar dibilang punya jiwa enterprenur? emoticon-Ngakak:
Quote:Original Posted By orgastor


kalau pelaporan pajak bokap lo bener pasti gak akan mau kalau di pungli...


gan kalo pajak , orang macam GAYUS dan DANA banyak gan !!!! walau pun udah bener pun tetep aja mereka minta jatah !!!!

makanya sekarang tuh DIRJEN PAJAK tiap hari bikin iklan di detik buat nutupin kebusukan mereka !!!


Quote:Original Posted By priapendiam


terang aja jarang dapet pungli....bokap lu pengusaha nasi uduk emoticon-Ngakak


kagak hubungannya sama material

Quote:Original Posted By jakuprak


Kalo ada kesempatan coba deh tanya pengusaha asing yg buka usaha di Indonesia.


yah tapi gak bisa dipungkiri lebih banyak pengusaha buka usaha di jakarta daripada di daerah lain
Quote:Original Posted By saya_neeh
Luar biasa, kayaknya yang komen diatas rata2 pengusaha semua. Kalo pekerja/karyawan, sudah pasti senang kalo ada peningkatan upah/gajji.

Btw, ngomong2, emang dibanding Vietnam, Cina atau setahu "agan pengusaha", upah buruh di Indonesia lebih tinggi? Dan sudah sedemikian tipisnya untung perusahan, sehingga kenaikan upah buruh akan langsung membuat usaha dak layak lagi?

Atau biar kelihatan keren aja, biar dibilang punya jiwa enterprenur? emoticon-Ngakak:


Menurut ane indonesia termasuk yg termurah gan,
Trus izin dan lain2nya juga cukup menguntungkan untuk perusahaan.
Liat aja pabrik besar mitra apple udah mau pindah dari cina ke indo.

Itu yg diatas pada mau mindahin perusahaan, emang mudah? (ane yakin yg koment gitu bukan prngusaha tapi pegawainya).
Harus beli/sewa lahan lagi, bangun tempat lagi, ngurus surat2 lagi, izin ke pemda lagi, izin imb, izin gangguan, dll
Itu butuh sangat banyak biaya dan waktu, kalo Ane sebagai pengusaha pasti pilih win2 solution, toh pemetintah juga akan memperhatikan pengusaha dan buruh, sama2 butuh lah.
Quote:Original Posted By jakuprak

Btw ini yg nomer 10. Semua proses interview karyawan di perusahaan (terutama di ruang tertutup) wajib dilengkapi CCTV., maksudnya apa ya?emoticon-Bingung Mosok Serikat Pekerja mau ikut proses rekrut karyawan. Perusahaan punya hak penuhlah siapa yg mau direkrut. Lebay ni tuntutannya! Koh Ahok, ini permintaan perlu dicermati gunanya apa?emoticon-Matabelo


walah gan, ntar banyak beredar video 3gp nih..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak