alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50879d17572acf136d00001d/upah-minimum-di-jakarta-bisa-rp-6-juta
Smile 
Upah Minimum di Jakarta Bisa Rp 6 Juta
Ahok: Upah Minimum di Jakarta Bisa Rp 6 Juta
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI memperbaiki proyeksi komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sesuai dengan tuntutan buruh.

Dalam mediasinya hari ini bersama 25 perwakilan buruh di ruang rapat wagub, Basuki menyampaikan bahwa seharusnya angka KHL di Jakarta itu dihitung berdasarkan rata-rata dengan prediksi inflansi meningkat, bukan justru menurun selama satu atau dua bulan ke depan.

"Kalau yang dipakai hasil survei terkahir dan dari komponen pengusaha sanggup, dengan prediksi inflasi tinggi hingga Desember 2013, maka UMP di Jakarta bisa mencapai Rp 6 juta," kata Basuki, Rabu (24/10/2012) di Balai Kota.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga menjanjikan bahwa dirinya dalam waktu dekat bersama Disnaker DKI akan duduk bersama dengan para pengusaha guna meluruskan masalah penetapan rata-rata KHL.

Menurut dia, pengusaha masih terkendala untuk menyesuaikan angka KHL, karena banyaknya pungli dan berbelit-belitnya biaya birokrasi, maka dirinya akan turun bersama buruh untuk membereskannya sehingga pengusaha tidak ada alasan lagi terbebani menaikkan angka KHL.

Tabel perbandingan Upah luar negeri gan
Tabel

Update dari salah satu media :

Mediasi antara perwakilan buruh dan pak Ahok berjalan sekitar 120 menit. Satu per satu perwakilan buruh menyampaikan aspirasi dan tuntutannya. Alhasil, lahirlah 13 putusan rapat dalam mediasi yang baru saja berakhir. Berikut 13 kesepakatan tersebut:

1. Mengenai kebutuhan hidup layak (KHL), tidak boleh ditetapkan berdasarkan rata-rata hasil survei di tahun 2012, tetapi hasil survei di bulan Oktober 2012 ditambah proyeksi bulan November 2012 dan Desember 2012 hingga Desember 2013 yang kemudian dirata-ratakan.

2. Tidak ada putusan KHL pada hari ini (24 Oktober 2012).

3. Penetapan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2013 ditetapkan dengan mempertimbangkan besaran inflasi di tahun berikutnya dan penetapan upah minimum di wilayah penyangga Jakarta.

4. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengusut dugaan adanya mafia politik upah murah.

5. Pemerintah DKI Jakarta akan mengkaji komponen KHL yang terdiri dari 100 item (untuk lajang) dan 122 item (untuk pekerja yang telah berkeluarga).

6. Penetapan UMP dan UMSP ditetapkan dalam satu paket ketetapan, serta dalam waktu yang bersamaan.

7. UMSP sektor ritel, perkayuan, dan printing, serta delapan perusahaan di sektor logam, elektronik, dan mesin dimasukkan dalam tambahan sektor unggulan.

8. Pada 2 November 2012 akan diadakan pertemuan pada pukul 08.00 WIB untuk penetapan KHL 2013 dengan mengundang unsur pengusaha dan perwakilan serikat pekerja yang hadir pada hari ini.

9. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan turun ke lapangan untuk memeriksa pelanggaran praktik outsourcing dan mencabut izin perusahaan outsourcing yang melanggar.

10. Semua proses interview karyawan di perusahaan (terutama di ruang tertutup) wajib dilengkapi CCTV.

11. Pengawas ketenagakerjaan harus aktif turun ke lapangan, dan ketika turun ke lapangan harus menemui dan mendapatkan tanda tangan serta bukti dokumentasi dari serikat pekerja.

12. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta buruh untuk membantu memberantas pungli terhadap penguasa di DKI Jakarta.

13. Keterwakilan unsur pekerja di dewan pengupahan merujuk pada Keputusan Menteri Nomor 201 Tahun 2001.

Sumber
ane jadi buruhnya bini ane aja gan... emoticon-Ngakak
nah pemimpin itu begini...berani bermediasi...bukan cuma ngumpet di kantor kalo ada demo
6 juta?...besok anak gw suruh jd buruh saja,ngapain sekolah tinggi2,bapaknya S1 gaji cuma 2,3 juta.....
Buruh 6 juta, Kerja di kantoran jadi staff lulusan S1 palingga 10-12 juta..wwwwoooowww emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By sarymin
6 juta?...besok anak gw suruh jd buruh saja,ngapain sekolah tinggi2,bapaknya S1 gaji cuma 2,3 juta.....


idem gan...
klo gt g mending jadi buruh aje ye di jkt, sekarang gaji ane aja cmn 2,5..mana telat pula gajiannya emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Quote:Upah Minimum di Jakarta Bisa Rp 6 Juta

Dia cuma bilang "BISA" loh.... bukan "HARUS" atau "BAKALAN JADI"
emoticon-Big Grin
Bakalan tambah penuh nih JKT. Yg dari daerah pada ke Jkt dapetin gaji 6jt.
Koh Ahok, hati2 statementnya. Mending di analisa dulu pantasnya berapa. Cari data sebanyak2nya. Jangan sampe menyelesaikan masalah dengan masalah. Pikirkan dampaknya ke depan.
buruh apaan tuh gaji 6 juta?
buruh merangkap germo ??? emoticon-Ngakak
bisa itu dengan komponen komponen tertentu, nah sedangkan dengan iklim ekonomi sekarang apakah mungkin BISA?
makin ngawur nih ahok.. hati2 wok kalo ngemeng.. emoticon-Nohope
diatas ada yg curhat...S1 tp gaji sekian......
ane cuma bisa bilang RESIGN !!!!!

FAKTA HIDUP !!
D3 4jt/bln ....skill di atas rata2, pengalaman kerja smp saat ini sdh 17thn pada +- 6perusahaan

emoticon-Kiss
Gpp gaji buruh di jkt 6jt, toh besok pabrik di jkt ditiadakan dan dipindah ke bodetabek emoticon-Ngakak
Quote:
"Kalau yang dipakai hasil survei terkahir dan dari komponen pengusaha sanggup, dengan prediksi inflasi tinggi hingga Desember 2013, maka UMP di Jakarta bisa mencapai Rp 6 juta," kata Basuki, Rabu (24/10/2012) di Balai Kota.

http://jakarta.tribunnews.com/2012/1...bisa-rp-6-juta


6 juta tersebut hanya terjadi,,,,,kalau,,,,.gan emoticon-Matabelo



variabel dari kalau itu tadi: pengusaha sanggup dan lonjakan inflasi tinggi hingga Desember 2013 yah gan
emoticon-Mewek
mantabh ... dan ga sampe setahun pabrik kolaps semua dan buruh nganggur ...
Quote:Original Posted By Oneiroi.
diatas ada yg curhat...S1 tp gaji sekian......
ane cuma bisa bilang RESIGN !!!!!

FAKTA HIDUP !!
D3 4jt/bln ....skill di atas rata2, pengalaman kerja smp saat ini sdh 17thn pada +- 6perusahaan

emoticon-Kiss


Ane lulusan S1 cuma 9 Juta / Bulan, pengalaman kurang lebih 5 tahun di 3 perusahaan berbeda
menurut ane sih positif, kalau perlu naikkan umr dki jakarta menjadi 10juta sekalian biar para investor cabut dan pindahkan kegiatannya ke daerah sehingga terjadilah pemerataan pembangunan, ...
pemimpin yang mau berkeringat gini yang dicari gan..
bukan ngadem di kantor aja..
mudah2an aja buruh di jakarta bisa dapat bayaran yang bagus..
emoticon-I Love Indonesia (S)
birokrasi ga jelas gimana mau maju dunia usaha ,, palagi dapat mensejahtarakan para buruh dan perkerja,,emoticon-Cape d... (S)
semoga berhasil pak JOKOWI dan AHOK, kalo ga ada realiasasi bisa2 buruh turun kejalan lagi..dengan masa yg lebih besar nih...
HIDUP BURUH...!!!emoticon-I Love Indonesia (S)
×