alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50874f0b582acf650100000c/muncul-wacana-revisi-lagu-indonesia-raya
Peringatan! 
Muncul Wacana Revisi Lagu Indonesia Raya
Syair dan lirik Indonesia Raya dinilai sudah tidak tepat dengan kondisi saat ini.

Sejumlah tokoh mendesak agar Lagu kebangsaan Indonesia Raya direvisi karena syair dan liriknya dinilai kurang tepat dengan kondisi sekarang.

“Lirik lagu Indonesia Raya perlu direvisi, khusus bagian ‘di sanalah aku berdiri jadi pandu ibuku'. Kalimat itu multitafsir dan menjadikan lagu Indonesia Raya kurang bermakna. Sebab konotasinya memandu itu seperti memandu orang yang sudah meninggal, walaupun dimaksudkan untuk Ibu Pertiwi," kata Ketua Lembaga Musik Indonesia, Didied Maheswara, di Jakarta, hari ini.

Menurut Didied, usul revisi ini sebelumnya juga pernah disampaikan kepada Preiden Soeharto dan Habibie. Namun, tidak ada respons dari pemerintah saat itu.

Didied menilai lirik atau syair lagu memiliki kekuatan dan efek pengaruh bagi yang mendengarkan. “Lirik lagu Indonesia Raya sangat hebat. Lirik ‘di sanalah aku berdiri', mesti disesuaikan liriknya jadi ‘dengan tegak aku berdiri menjadi pandu bangsaku',” ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Hukum Tata Negara Margarito Kamis berpendapat, merevisi lagu kebangsaan bukan perkara yang sulit.

Dikatakan Margarito, revisi tersebut sangat mungkin dilakukan dan tidak perlu secara legalistik dengan menyampaikannya ke MPR.

“Revisi itu akan menjadi konvensi kalau ada kesepakatan antara Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MPR dan Presiden, itu saja sudah cukup,” kata Margarito.

Aktivis Gerakan Indonesia Bersih (GIB) sekaligus penyair, Adhie Massardi, mengatakan lagu Indonesia Raya diciptakan dalam situasi darurat. Karena itu liriknya pun disesuaikan dengan situasi darurat.

“Konstitusi saja bisa diubah, yang penting semangatnya perubahan untuk Indonesia baru, dan ini harus menjadi gerakan kesadaran bernegara dan berkonstitusi,” imbuh dia.

Peraturan tentang lagu kebangsaan Indonesia Raya terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1958 yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno. Tahun 2009 terbit UU Nomor 24 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

EMBER

Quote:Kalo mau revisi mesti minta ijin ke yang nyiptain emoticon-Thinking kenapa gak lagu cucak rowo atau iwak peyek aja
lebay dan caper aja tuh orang, biar tercatat dlm sejarah kaleee sebagai perevisi lagu Indonesia Raya emoticon-Ngakak

sebenernya ini orang tokoh apaan sih, cuman numpang eksis biar tenar doang emoticon-Mad (S)
gak sekalaian aja ganti lagu kebangsaan sendiri ama gangnam style emoticon-Marah otaknya gak beres tuh
gw melihat Indonesia Raya tidak terlalu urgent untuk dirubah. poerubahannya pun sangat subtle sehingga perbedaannya gw ragu akan memberikan dampak besar.
pengaruhnya apa jika lagu indonesia raya di ganti emoticon-Bingung (S)
lagi pula lagu indonesia raya itu kan ada sejarahnya sama juga seperti bendera pusaka emoticon-Cape d... (S)
ini orang kayaknya pengen nyari sensasi aja emoticon-Nohope
yaa, maklumkan saja orang gak punya kerjaan kaya gini... emoticon-Cape d... (S)





emoticon-kucing Si manis butuh emoticon-Cendol (S) niiih~~ emoticon-Paw
emoticon-Paw Salam meooong~~~ emoticon-kucing
kasih pak beye aja yg revisi secara dia jago ciptain lagu
betul.....rubah liriknya.....

kalau bisa separuhnya.....biar makin hot....emoticon-Najis

keknya lambang garuda perlu ada sedikit perubahan juga tuh........

nengoknya jangan kekanan atau kiri.........biar adil kedepan....

emoticon-Ngakak

udah ga ada kerjaan ape ye.....caper doang...........
emoticon-Najis
Orang Caper dan Kurang Kerjaan, kayak gk ada hal lain aja yang lebih penting

Seharusnya Pemberantasan Korupsi tuh yang diurusin. Ato emang niatnya cuma mengalihkan isu aja emoticon-Cape d... (S)
HARUS minta ijin sama keluarga besar Wage Rudolf Supratman. itu harta intelektual. sembarangan aja gonta ganti.
tokoh siapa? jangan koar di media tanpa berani menyebutkan namanya.. emoticon-Mad (S)
Kelompok tolol mana lagi nih yg punya ide begok gini emoticon-Mad (S)
ya terserah sih, mau diganti ato nggak...
toh ane juga dah jarang ikut upacara...emoticon-Big Grin
yang penting ane te2p cinta Indonesia...emoticon-I Love Indonesia (S)
YAng mau revisi tolol atau kaga baca sejarah emoticon-Mad:, kata pengarang lagu asli WR suprataman saat taon 1928 dia liat para pandu (pramuka) yang hanya boleh berbaris di luar pagar atas perintah PID (agent rahasia belanda) tidak boleh masuk ke gedung kramat raya 56
ah lebay kaga ada kerjaan laen apaemoticon-Ngakak
Setelah mo mengamandemen UUD 1945, sekarang dengan berbagai dalih mo merevisi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah terwujud, nanti langsung minta mengubah bendera dan lambang negara. Kalau bisa, lalu mengubah negara dari kesatuan ke negara agama. Nih yang usul pasti orang nggak ngerti sejarah.
Para orang-orang gublok kaga menghargai sejarah dan perjuangan pahlawan dlu lagipula kg ada penting bangt kaleeeeeeeemoticon-Najis

Ganti aja sekalian lagu indonesia raya sama lagu baru ciptaan pak beye biar pas nyanyi pada prihatin semuaemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By BERlSlK
Syair dan lirik Indonesia Raya dinilai sudah tidak tepat dengan kondisi saat ini.

Sejumlah tokoh mendesak agar Lagu kebangsaan Indonesia Raya direvisi karena syair dan liriknya dinilai kurang tepat dengan kondisi sekarang.

“Lirik lagu Indonesia Raya perlu direvisi, khusus bagian ‘di sanalah aku berdiri jadi pandu ibuku'. Kalimat itu multitafsir dan menjadikan lagu Indonesia Raya kurang bermakna. Sebab konotasinya memandu itu seperti memandu orang yang sudah meninggal, walaupun dimaksudkan untuk Ibu Pertiwi," kata Ketua Lembaga Musik Indonesia, Didied Maheswara, di Jakarta, hari ini


bold: itu maah ditandu.

pandu = penunjuk jalan = penjaga = orang yg berjalan disamping seseorang bertujuan membantu.

ketua lembaga musik koq bahasa indonya jeblok?
lagi2 manusia caper berkeliaran emoticon-Cape d... (S)
×