alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50869958572acf185c000019/mrt-tertunda-pemerintah-didenda-rp-15-juta-sehari
MRT Tertunda, Pemerintah Didenda Rp 15 juta Sehari
Di tempo denda 15 juta sehari di kompas 800 juta sehari...beda urusan, salah ketik berita apa gimana?

Yang penting mah komen nya si nurdin petot, beda biaya per km antara MRT Cina & Jakarta sampe $ 28 juta, itung2lah kasaran 250 milyar....pasti diitungnya total biaya, anggap aja panjang total MRT 10 km, berarti ada beda biaya 2.5 trilyun.

Semahal itu kah ongkos bikin sinyal, sampe 2.5 trilyun?

oh iya, termasuk gerbong juga katanya....OK lah anggap ongkos pasang sinyal 1 trilyun, sisanya 1.5 trilyun buat gerbong, dapet berapa rangkaian kereta itu ya? 10, 20, 30?

Panjang jalur 10 km bisa kah menampung 10 rangkaian kereta sekaligus?

si nurdin ini goblok atau dia emang lagi "memperkenalkan diri" ke gubernur baru?

MRT Tertunda, Pemerintah Didenda Rp 15 juta Sehari

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Selamat Nurdin mengatakan pemerintah harus membayar denda penalti bila proyek mass rapid transport (MRT) tertunda dari jadwal yang ditentukan. “Denda penalti sudah pasti ada,” kata Selamat ketika dihubungi Tempo, Selasa, 23 Oktober 2012.

Menurut Selamat, denda itu mencapai Rp 5,5 miliar per tahun atau Rp 452 juta per bulan dan Rp 15 juta per hari.

Selamat berharap Gubernur DKI Jakarta tidak membatalkan proyek yang saat ini tengah menunggu pengumuman proses lelang. “Untuk studi saja, kita sudah keluarkan Rp 1,7 triliun,” katanya. Adapun pengumuman proses lelang yang seharusnya 14 Oktober 2012 lalu, tertunda karena pergantian Gubernur.

Dia mengusulkan agar Gubernur Joko menerbitkan Instruksi Gubernur untuk menahan semua proyek yang tengah berjalan. “Setiap hari isu baru muncul dari monorel, hibah peremajaan bus, dan MRT. Kami di DPRD enggak pernah di-sounding,” kata Selamat.

Menurut dia, dengan menahan aktivitas semua proyek selama 1-2 bulan mendatang, Gubernur Joko dapat memahami manajemen proyek transportasi di Jakarta.

“Kalau Gubernur ragu dengan proyek yang ada, dia bisa bentuk tim independen untuk membandingkan semua proyek yang ada di Jakarta dengan di negara lain. Kalau perlu, silahkan kaji lagi pola transportasi makro di Jakarta,” katanya.

Selamat mengusulkan agar Gubernur Joko mempertimbangkan perkembangan selama lima tahun ke depan selama menahan dan mengkaji ulang proyek. “Simulasikan dulu berapa banyak yang akan ditransfer dari angkutan private ke angkutan publik lima tahun ke depan, dimana titik penumpukan, berapa market share-nya, pembiayaannya bagaimana. Baru tentukan moda-nya busway, monorel atau MRT,” katanya.

Menurut Selamat, Proyek MRT Jakarta kerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) merupakan proyek yang paling feasible (layak) ketika kontrak diteken dengan Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Fauzi Bowo.

“Ini sudah di komparasi dengan 9 negara lain yang punya MRT,” katanya.

Keraguan Jokowi terkait nilai proyek yang dinilai terlalu tinggi, kata dia, bisa dijelaskan oleh PT MRT Jakarta.

Selamat menjelaskan biaya pembangunan proyek MRT hasil kerja sama dengan JICA mencapai US$ 94 juta per kilometer. “Kalau dibandingkan Cina yang US$ 66 juta per kilometer, memang kelihatan mahal. Tapi MRT JICA yang US$ 94 juta per kilometer ini sudah mencakup pengadaan gerbong dan persinyalan. Kalau yang cina, baru konstruksi saja,” katanya.

http://www.tempo.co/read/news/2012/1...15-juta-Sehari
Quote:Original Posted By weeshnoe
D
MRT Tertunda, Pemerintah Didenda Rp 15 juta Sehari “Untuk studi saja, kita sudah keluarkan Rp 1,7 triliun,” katanya.


mantebbb
studinya aja segitu malingnya
apalagi pelaksanaanya nanti

gk puas2 ni maling
kpk.. tolong lgsg di cek ini proyek..
orang goblok memang. Di cina saja UMR jauh lebih besar masih bisa lenih murah. dibanding cina 50% lebih mahal? itu mungkin duitnya sudah lari ke Foke dkk kali. maju terus Pak Jokowi - Ahok. bisa hemat 30jt Us per km adalah sebuah prestasi besar
Pekerjaan memungut sampah memang susah ya ...

Agreement dibuat orang lain, dan pelaksanaannya dilakukan oleh pemangku jabatan baru. Bila terjadi sesuatu hal di luar harapan, yang nanggung pasti orang baru. emoticon-Frown
Wuahhh .... , kasihan pejabat Gubernur yang baru. emoticon-Frown
WASPADA... Ngelanjutin proyek rintisan orang lain tidak mudah...
buset dah tu proyek cari duit doang kek nya emoticon-Najis
giliran dapet bayarnya
studi abis 1,7T itu buat apa aja ? enak bener yang jadi konsultan emoticon-Matabelo
ada rencana batal lg mrt di indonesia?
studi aja abis 1,7T buat apa aja itu? trus hasil studinya apa? siapa aja yang dikirim buat studi? emang hebat maling2 ini
bused deh gubernur baru kena getahnya dari yang buat proyek sebelumnya emoticon-Mad
biaya gila gilaan, harus di audit lagi tuh semuanya, pelanggaran yang terjadi di meja hijaukan aja emoticon-Kagets
itu perhitungan dendanya bagaimana ? trus kontraknya seperti apa ?

seumpama saya mau bangun rumah trus saya tenderkan, dan ada pemenangnya....
biayanya juga dipinjemin oleh pemenang tender dengan bunga yg sangat kecil sekali...
nah kalo saya tunda pembangunan rumah saya itu,
saya bisa kena denda ya ?
setau saya, kalo si pemenang tender tidak mampu menyelesaikan pembangunan sesuai kesepatakan, dialah yg harus bayar denda ke saya.

maklum saya orang udik...jadi gak masalah kontrak2an emoticon-Malu (S)
dki jokowi+ahok msh level metromini+kopaja emoticon-I Love Indonesia (S)
gampang bener ya nyari duitnya.....
Quote:Original Posted By mmengong


maklum saya orang udik...jadi gak masalah kontrak2an emoticon-Malu (S)


kalo di daerah jabodetabek mah emang mending ngontrak gan daripada beli rumah, beli rumah mending di kabupaten, tanah murah, lega, kosong udara segar. beli tanah 2 hektar itu investasi namanya, ntar juga kabupaten jadi kota, lah jabodetabek mah dah sumpek, tinggal tunggu waktu aja ntar turun drastis harganya. ntar anak2 pas mau kuliah suruh kost juga, lah sd - sma mah ga penting tempatnya dimana, cuman kuliah emang riskan karena hubungannya untuk kerja.
paling juga tuh duit habis menguap kaga karuan dah,,yg repot yah rakyat ujung-ujungnya,,emoticon-Cape d... (S)
jangan didengerin pak gubernur, kami tahu anda sedang memikirkan yang terbaik, jadi jangan dengarkan mereka yang sedang koar-koar
Quote:Original Posted By carlanox
orang goblok memang. Di cina saja UMR jauh lebih besar masih bisa lenih murah. dibanding cina 50% lebih mahal? itu mungkin duitnya sudah lari ke Foke dkk kali. maju terus Pak Jokowi - Ahok. bisa hemat 30jt Us per km adalah sebuah prestasi besar


tapi klau alasan ini BENAR, brarti ya fk apple to apple dong ? emoticon-Embarrassment
Quote:Selamat menjelaskan biaya pembangunan proyek MRT hasil kerja sama dengan JICA mencapai US$ 94 juta per kilometer. “Kalau dibandingkan Cina yang US$ 66 juta per kilometer, memang kelihatan mahal. Tapi MRT JICA yang US$ 94 juta per kilometer ini sudah mencakup pengadaan gerbong dan persinyalan. Kalau yang cina, baru konstruksi saja,” katanya.

coba juga di check, proyek di China tahun kapan ?
bukannya apa, tp kemarin ada yg koar2 membandingkan proyek MRT di Jakarta yg baru mo dimulai tahun 2012 KEMAHALAN dibandingkan proyek serupa di Singapura yg dikerjakan tahun... 1990 emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By mmengong
itu perhitungan dendanya bagaimana ? trus kontraknya seperti apa ?

maklum saya orang udik...jadi gak masalah kontrak2an emoticon-Malu (S)


spertinya itu bukan denda melainkan commitment fee, cmiiw
kek kasus State Credit US$1 billion dr Rusia yg gak kunjing dipake buat beli Alutsista dr mereka (alokasi untuk KILO Class 2 biji). Walaupun uang gk dipakai tapi kita tetap kudu bayar cicilan+comitment fee nya emoticon-Embarrassment
(mending diPAKE kan ?)