alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50862cd10a75b4697700000a/bung-hatta-naik-haji-dengan-menabung-tak-mau-diongkosi-negara
Bung Hatta naik haji dengan menabung, tak mau diongkosi negara
Bung Hatta naik haji dengan menabung, tak mau diongkosi negara
Mohammad Hatta. image.bzlink.us

Selama ini kita mendengar dan melihat banyak pejabat di Indonesia pergi ke Mekkah menunaikan ibadah haji menggunakan fasilitas negara. Contoh terbaru adalah rombongan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Sambil menjalankan tugasnya sebagai amirul haj Indonesia di Tanah Suci, Menag membawa rombongan dalam jumlah besar. Anggotanya adalah para kerabat, sahabat, dan koleganya di partai.

Rombongan jumbo itu tentu tidak patut. Apalagi jika rombongan itu semua ditanggung oleh negara. Bandingkan dengan sikap Mohammad Hatta.

Bung Hatta, biasa Mohammad Hatta dikenal, yang waktu itu menjadi wakil presiden menunjukkan sikap kesederhanaannya. Dalam buku "Mengenang Bung Hatta" yang ditulis oleh sekretaris Bung Hatta, Iding Wangsa Widjaja, buku itu menceritakan sosok luar biasa seorang Hatta.

Tahun 1952, Bung Hatta hendak melakukan ibadah haji bersama istri dan dua saudarinya. Waktu itu Bung Karno menawarkan agar menggunakan pesawat terbang yang biayanya ditanggung negara. Tapi Bung Hatta menolaknya, karena ia ingin pergi haji sebagai rakyat biasa, bukan sebagai wakil presiden. Dia menunaikan rukun Islam kelima dari hasil honorarium penerbitan beberapa bukunya.

Bung Hatta yang dikenal sebagai Gandi dari Indonesia itu dikenal sangat ingin menyelami kehidupan sebagai rakyat Indonesia. Ketika meninggal dunia pun Hatta tidak mau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Dia hanya ingin dimakamkan di taman makam biasa.

"Saya ingin dikubur di kuburan rakyat biasa. Saya adalah rakyat biasa," kata Hatta.

http://www.merdeka.com/peristiwa/bun...si-negara.html

--
Yg seperti Bung Hatta udah langkaaaaa sekarang, ga ada lagi panutan, yg ada rata rata pemimpin rai gedek, naik haji bukan menunaikan perintah Tuhan tapi buat berhala kehormatan biar dianggap suci sama orang lain, udah gitu pake duit bukan hasil jerih payah sendiri ... emoticon-Cape d... (S)

Bung Hatta naik haji dengan menabung, tak mau diongkosi negara
yah beda donk, kalo bung Hatta ke sana kan dalam rangka menunaikan ibadah haji, jadi pulangnya bawa gelar haji

kalo menag kita dan keluarga serta sahabat2nya ke sana kan dalam rangka dinas, jadi pulangnya ndak pantas bawa gelar hajiemoticon-Ngakak
ini kwalitet orang jaman dulu.
ga bisa dibandingin dong,kalau jaman sekarang ga diongkosi negara,bisa-bisa ga balik modal,belum biaya anak sekolah emoticon-Nohope