alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50861057542acf4b4a00002c/aturan-kepemilikan-lahan-indonesia-terlalu-ruwet-bakal-disederhanakan
Aturan Kepemilikan Lahan Indonesia Terlalu Ruwet, Bakal Disederhanakan
Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti

Di Indonesia dikenal banyak hak kepemilikan properti dijual, seperti hak milik, hak guna usaha (HGU), dan hak guna bangunan (HGB). Belum lagi ada hak kepemilikan khusus yakni hak pengelolaan lahan (HPL), seperti yang diberlakukan di kawasan Senayan dan Kemayoran.

Hal ini menurut Teguh Satria terlalu rumit dan membingungkan. “Hak kepemilikan kita terlalu ruwet, tidak hanya bagi investor asing, tetapi juga bagi masyarakat lokal,” kata Presiden FIABCI Asia Pasifik ini saat berbincang dengan Rumah.com di sela acara FIABCI Asia Pacific Regional Secretariat Summit ke-15, Sabtu, (20/10) lalu.

Melihat kondisi ini, imbuh Teguh, para pengembang mengusulkan agar kepemilikan lahan yang berlaku di Indonesia—yang merupakan warisan dari undang-undang Belanda—tersebut disederhanakan.

“Sebaiknya kita mengikuti negara-negara tetangga seperti Singapura yang menggunakan istilah free hold dan lease hold,” kata Teguh. “Jadi nanti cuma ada dua hak kepemilikan: hak milik dan hak pakai saja.”

“Kami (pengembang-red) lewat organisasi Real Estat Indonesia sedang berusaha memperjuangkan hal ini dengan cara mengganti peraturan kepemilikan yang ada di Undang-undang Pertanahan, yang saat ini sedang disusun,” pungkasnya.

SUMBER

utk yg satu ini ane dukung deh, agan sekalian gmn?
terus itu yg freeport gimana? apa lubang segede bulan itu dtingal aja? apa untungnya buat warga papua seratus tahun mendatang dgn lobang segede gaban?