alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5085edd42d75b44216000016/falsafah-jawa-berpolitik-ala-jokowi
falsafah [jawa] berpolitik ala JOKOWI
http://www.merdeka.com/peristiwa/4-f...an-jokowi.html
Quote:1. Sugih tanpa bandha

Yang pertama kalimat pertama "sugih tanpa bandha". "Sugih itu mempunyai arti kaya, sedangkan "bandha" itu berarti harta. Jika dirangkai makan menjadi kaya tanpa harta, itulah arti harfiah kalimat ini.

Jokowi dikenal masyarakat sebagai sosok yang sederhana. Padahal saat mendaftar sebagai calon Gubernur hartanya tercatat lebih dari Rp 18 miliar lebih. Dalam budaya Jawa masyarakat tidak diajarkan untuk menyombongkan diri atau memperlihatkan harta kekayaannya.

Bagi orang jawa harta itu bersifat duniawi saja atau mudah lenyap. Harta hanyalah titipan dari yang maha kuasa. Jadi belum tentu akan abadi, bahkan bisa musnah kapan saja. Demikian juga jika suatu saat harta itu hilang makan kita tidak akan kecewa atau merasa kehilangan.

Menurut budayawan Kraton Surakarta KP Winarno, selama ini Jokowi tidak pernah membanggakan kekayaannya. Karena Jokowi sadar bahwa hartanya hanya titipan saja. Jokowi lebih memilih kaya hati daripada kaya duniawi. Keluhuran hati yang dimiliki Jokowi perlu dicontoh oleh para pejabat di negeri ini.


Quote:2. Digdaya tanpa aji

Digdaya mempunyai arti sakti, aji berarti dimaknai azimat. Jika digabungkan adalah sakti tanpa azimat.

Menurut KP Winarnokusumo, kalimat ini mempunyai makna sebuah nasihat untuk semua manusia. Bahwa kesaktian, kekuatan apapun hanya milik Allah SWT. Manusia tidak boleh mengandalkan kekuatannya sendiri, sesakti apapun dia, semua akan kembali dan hanya milik yang Maha Kuasa.

Falsafah tersebut juga melekat pada diri Jokowi, sifat yang tegas dan tidak takut pada siapapun. Yang benar akan dikatakan benar, begitu juga sebaliknya jika salah maka akan dikatakan salah.

"Pernah saya mendengar ucapan Jokowi ketika akan membuat tulisan dengan aksara jawa, untuk penamaan jalan dan beberapa perkantoran di Solo. Jokowi mempertahankan pendapatnya, untuk tetap menaruh huruf jawa di atas, dan huruf latin di bawah, sekalipun harus dipecat dari jabatannya sebagai walikota" ucap budayawan Kraton Surakarta KP Winarno.

Sikap tegas Jokowi tersebut membuat banyak orang segan. Bahkan dia tidak bisa disetir oleh siapapun. Sewaktu menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jokowi enggan untuk diatur atur, sekalipun oleh partai yang mengusungnya. Bagi Jokowi, dia sekarang adalah pejabat publik, yang notabene adalah milik semua rakyat yang dipimpinnya, dan bukan milik golongan lagi.


Quote:3. Nglurug tanpa bala

Kalimat ini terdiri dari kata "nglurug, yang berarti menyerang, tanpa bala artinya tanpa membawa pasukan. Bagi orang Jawa kata-kata tersebut merupakan falsafah atau ajaran yang sangat akurat untuk dilaksanakan. Dalam falsafah Jawa, ngluruk tanpa bala mempunyai makna bahwa untuk mencapai sesuatu tidak harus dengan kekuatan yang luar biasa atau dengan kelengkapan fasilitas yang serba cukup.

Menurut KP Winarso, Jokowi menerapkan falsafah tersebut, berbuat sesuatu dengan penuh kehati-hatian, kebijaksanaan serta tidak gegabah. Jokowi lebih mengedepankan pendekatan kepada orang lain dari hati ke hati. Dengan pendekatan tersebut orang lain merasa diuwongke (dianggap) atau dihormati pendapatnya.

Dengan model pendekatan tersebut rupanya banyak orang yang semula tidak senang kepada Jokowi menjadi bersimpati. Yang semula memusuhi, dengan model pendekatan seperti yang dilakukan Jokowi, orang akan cenderung berbalik mendukungnya.

Sifat yang dimiliki Jokowi tersebut terbukti ampuh saat dirinya mengikuti pilkada DKI Jakarta. Di saat orang-orang mencibir dengan apa yang dia lakukan, mencalonkan diri sebagai gubernur Jakarta, ternyata Jokowi yang hanya orang biasa dan tak diperhitungkan, karena minim dukungan partai, bisa memberikan kejutan dengan menjadi pemenang pada Pilgub DKI.

Quote:4. Menang tanpa ngasorake

Kalimat ini bermakna mencapai kemenangan tanpa harus merendahkan orang lain.
Peribahasa ini merupakan ajaran dari R.M. Pandji Sosrokartono (1877-1952) kakak kandung dari pahlawan nasional R.A. Kartini.

Menurut KP Winarno, Jokowi dulu dimana pun mendapatkan cacian, serangan namun tidak pernah merasakan sakit hati. Dia mencontohkan saat Jokowi berbeda pendapat dengan Gubernur Jawa Tengah, meski dicibir, dimarahi dan dikatakan "bodoh" namun Jokowi tak pernah merasa dendam. Terakhir saat pelantikan Walikota Solo, Jokowi yang merasa yunior rela mencium tangan Bibit Waluyo, meskipun reputasinya lebih baik.

Tak pernah merendahkan orang lain, ini dibuktikan Jokowi dengan mau mengunjungi kampung - kampung kumuh, berbagi dan mendengarkan keluhan mereka. Dengan cara tersebut siapapun akan tunduk dan mengikutinya, tanpa harus diminta sekalipun.

Menurut KP Winarna, inti dari ajaran-ajaran ini hampir semua melekat pada diri Jokowi. Sehingga Jokowi tak hanya sukses di Solo, bahkan sukses memenangkan pilkada dan menjadi Gubernur DKI Jakarta.


http://www.merdeka.com/peristiwa/4-f...an-jokowi.html

ane salut
ati2x Gan,ntar jawa haters nyampah dimari emoticon-Big Grin
sosok jokowi memang sagt fenomenal
saya katakan sekali lagi fenomenal
sangat
jangan dengarkan amien rais emoticon-Stick Out Tongue



Jokowi adalah pemimpin yang berkepribadian luhur, dan kebetulan dia orang Jawa, sehingga sudah sepatutnya Jokowi mengamalkan keluhuran ajaran Jawa.

emoticon-No Sara Please
Quote:Original Posted By gendulJR
ati2x Gan,ntar jawa haters nyampah dimari emoticon-Big Grin


tenang gan mereka yg haters jawa lagi ngurusin kerusuhan di kampungnya emoticon-Big Grin
gw penasaran dengan gaya jokowi pimpin jakarta.
udah nggak sabar, nungguin taun depan, jakarta kayak apa setelah dipimpin jokowi.
penasaran bangetttt
Quote:Original Posted By LOMOMODGWNUBIIN


tenang gan mereka yg haters jawa lagi ngurusin kerusuhan di kampungnya emoticon-Big Grin


mak jlebb komen ente gan emoticon-Ngakak
ya kebetulan aj jokowi orang jawa. orang lain yg memegang budaya luhur mereka juga bisa kok kyk jokowi emoticon-Smilie ane orang jawa, tapi ane banyak saudara diluar jawa. kita sama kok, sama2 punya budaya yg berbudi luhur, sama2 orang indonesia emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By priyatin
sosok jokowi memang sagt fenomenal
saya katakan sekali lagi fenomenal
sangat
jangan dengarkan amien rais emoticon-Stick Out Tongue





Gan ... jangan kau sebuet2 lagi nama amin rais deeeh ... gatel kupingku saiki ...emoticon-Frown
duet jokowi - ahok pastilah berat untuk membenahi jakarta. ingat, ... jakarta adalah provinsi loh, ...

mustinya, 5 walikota (jakpus, jakut, jakbar, jaksel, jaktim) dan 1 bupati (kepulauan seribu) juga harus bekerja sebagaimana jokowi lakukan....

pertanyaannya, ... sekarang ini apa kerja walikota, ... ???
apakah mereka sedang ongkang-ongkang kaki, ... lantas untuk apa mereka dibayar rakyat... ???

atau hanya karena media massa malas memberitakan kinerja walikota karena isunya dianggap tidak menarik... ???

mampukah jokowi + ahok membuat para walikota dan bupati bekerja giat ... ???

bukankah walikota dan bupati di dki jakarta tidak dipilih, melainkan diangkat ... ?

Quote:Original Posted By anarsakus
duet jokowi - ahok pastilah berat untuk membenahi jakarta. ingat, ... jakarta adalah provinsi loh, ...

mustinya, 5 walikota (jakpus, jakut, jakbar, jaksel, jaktim) dan 1 bupati (kepulauan seribu) juga harus bekerja sebagaimana jokowi lakukan....

pertanyaannya, ... sekarang ini apa kerja walikota, ... ???
apakah mereka sedang ongkang-ongkang kaki, ... lantas untuk apa mereka dibayar rakyat... ???

atau hanya karena media massa malas memberitakan kinerja walikota



karena isunya dianggap tidak menarik... ???

mampukah jokowi + ahok membuat para walikota dan bupati bekerja giat ... ???

bukankah walikota dan bupati di dki jakarta tidak dipilih, melainkan diangkat ... ?



media dibutuhkan disini sebagai pengawas gan..emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By anarsakus
duet jokowi - ahok pastilah berat untuk membenahi jakarta. ingat, ... jakarta adalah provinsi loh, ...

mustinya, 5 walikota (jakpus, jakut, jakbar, jaksel, jaktim) dan 1 bupati (kepulauan seribu) juga harus bekerja sebagaimana jokowi lakukan....

pertanyaannya, ... sekarang ini apa kerja walikota, ... ???
apakah mereka sedang ongkang-ongkang kaki, ... lantas untuk apa mereka dibayar rakyat... ???

atau hanya karena media massa malas memberitakan kinerja walikota karena isunya dianggap tidak menarik... ???

mampukah jokowi + ahok membuat para walikota dan bupati bekerja giat ... ???

bukankah walikota dan bupati di dki jakarta tidak dipilih, melainkan diangkat ... ?




setuju gan!
Bang JOK & Bang HOK harus kasih pelajaran pada para walikota & bupati, biar ikut kerja seperti mereka!


emoticon-thumbsup
Jokowi minded nih........

Tapi, fenomena jokowi memang unik dan menarik........
falsafahnya kayak falsafah semar di pewayangan ya gan?
Quote:Original Posted By toekidjan


Gan ... jangan kau sebuet2 lagi nama amin rais deeeh ... gatel kupingku saiki ...emoticon-Frown


falsafah [jawa] berpolitik ala JOKOWI
amin amin amin amin emoticon-Ngakak
semoga Uncle Jo..,,bisa mewujudkan apa yang pernah dijanjikan selama kampanye..,,,Mungkin buat sebagian masyarakat Jakarta ...Uncle Jok terbaik ataupun ada yang menganggap Uncle Jo bukan yang terbaik untuk Jakarta,,,tetapi kenyataan Uncle Jo terpilih sebagai Gurbernur DKI Jakarta,,,semua rakyat Jakarta seharusnya mendukung Uncle Jo...emoticon-I Love Indonesia (S)
jokowi lagi jadi trending di masyarakat indonesia emoticon-Big Grin
Hebat ni karisma pak dhe... gaya kepemimpinannya emang membuka mata segenap rakyat Indonesia...
Quote:Original Posted By rokokopimik
falsafahnya kayak falsafah semar di pewayangan ya gan?


heh...
Quote:Original Posted By .SEMAR.


heh...


ampyun mbah...ampyunn... emoticon-linux