alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50858b56532acf1d59000015/presiden-harus-baca-ini-freeport-mulai-menggali-bumi-kalimantan
PRESIDEN HARUS BACA INI..!!! Freeport Mulai Menggali Bumi Kalimantan
bismillah..

biasakan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star untuk trit yang agan baca


INSYA ALLAH TIDAK REPOST

Spoiler for BUKTI TIDAK REPOST DI NEWKASKUS:


Spoiler for saya ingin bangsa ini berbenah berikut juga perangkat di dalamnya:


Freeport Mulai Menggali Bumi Kalimantan

Oleh Aji Wihardandi, May 30, 2012 2:36 pm

Spoiler for LOKASI FREEPORT KALIMANTAN:


Quote:Setelah beroperasi di Papua sejak awal era 70-an, kini Freeport-McMoran Copper and Gold melebarkan sayap ke bumi Kalimantan. Perusahaan tambang -yang menurut penuturan Dr. Candra Dewi MSi, Anggota Komisi VII DPR RI baru mengakui bahwa mereka menambang emas di Indonesia tahun 1995 ini setelah menambang emas selama 21 tahun di bumi Papua- ini bekerjasama dengan Kalimantan Gold Corporation.

Proses penambangan tembaga di Kalimantan Tengah ini sendiri dimulai sejak 23 Mei 2012 silam, menurut data yang didapat dari rilis yang didapat dari tmx.quotemedia.com. Kedua perusahaan raksasa ini membentuk sebuah anak perusahaan untuk menjalankan operasi tambang di Kalimantan Tengah, yaitu PT. Kalimantan Surya Kencana. Daerah operasi mereka adalah di titik Beruang Tengah, Kalteng.

Kalimantan Gold Corporation dalam laporan resmi yang dirilis di Bursa Efek Toronto pada Selasa (29/5/2012) menyebutkan, pengeboran pertama sedang dilakukan di Beruang Tengah sejak 23 Mei 2012. ”Pengeboran pada lubang kedua diharapkan dapat dilakukan di Berungan kanan pada awal Juni 2012,” ujar Faldi Ismail, Deputy Chairman and CEO Kalimantan Gold, dalam keterangan pers yang dikutip KONTAN dari [url=http://www.tmx.quotemedia.com,]www.tmx.quotemedia.com,[/url] Selasa (29/5/2012).

Kalimantan Gold Corporation Limited (KLG) merupakan perusahaan tambang dengan fokus usaha melakukan eksplorasi tembaga dan emas di Kalimantan. Selain tercatat di bursa efek Toronto, Kanada, KLG juga tercatat di Bursa Efek London.

Di Indonesia, Kalimantan Gold memiliki tiga anak usaha, yaitu PT Jelai Cahaya Minerals yang fokus menambang emas, PT Kalimantan Surya Kencana yang menambang emas dan tembaga, serta PT Indobara Pratama yang menambang batu bara.

Adapun Freeport McMoran di Indonesia beroperasi di Papua melalui anak usahanya, PT Freeport Indonesia. Kongsi antara Kalimantan Gold dan Freeport terbentuk pada 13 Desember 2010, dengan membentuk PT Kalimantan Surya Kencana.

Dalam kerja sama ini, Kalimantan Gold berperan sebagai operator, sedangkan Freeport yang memiliki 75 persen saham akan mendanai proyek. Pada tahap eksplorasi ini, Freeport akan menginvestasikan 7 juta dollar AS dengan kompensasi 51 persen saham dalam tiga tahun pertama, dan 3 juta dollar AS untuk setahun berikutnya. Freeport juga akan mendanai kegiatan feasibility study untuk tambahan 24 persen saham.

Juru Bicara PT Freeport Indonesia, Ramdani Sirait, mengatakan, proyek kerja sama ini tidak terkait dengan anak perusahaan Freeport-McMoran, yaitu PT Freeport Indonesia. “Itu proyek Freeport -McMoran bukan Freeport Indonesia,” ujarnya

Freeport-McMoran yang beroperasi lewat PT Freeport Indonesia terkait erat dengan banyak kasus pelanggaran lingkungan hidup di Indonesia. Kementerian Lingkungan Hidup telah berkali-kali memperingatkan perusahaan ini sejak tahun 1997, Freeport dinilai melanggar peraturan perundang-undangan tentang lingkungan hidup.

Menurut perhitungan Freeport sendiri, penambangan mereka di Papua dapat menghasilkan limbah/bahan buangan sebesar kira-kira 6 miliar ton (lebih dari dua kali bahan-bahan bumi yang digali untuk membuat Terusan Panama). Kebanyakan dari limbah itu dibuang di pegunungan di sekitar lokasi pertambangan, atau ke sistem sungai-sungai yang mengalir turun ke dataran rendah basah, yang dekat dengan Taman Nasional Lorentz, sebuah hutan hujan tropis yang telah diberikan status khusus oleh PBB.

Sebuah studi bernilai jutaan dolar tahun 2002 yang dilakukan Parametrix, perusahaan konsultan Amerika, yang dibayar oleh Freeport dan Rio Tinto, mitra bisnisnya, yang hasilnya tidak pernah diumumkan mencatat, bagian hulu sungai dan daerah dataran rendah basah yang dibanjiri dengan limbah tambang itu sekarang tidak cocok untuk kehidupan makhluk hidup akuatik.

Laporan itu diserahkan ke New York Times oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. New York Times berkali-kali meminta izin kepada Freeport dan pemerintah Indonesia untuk mengunjungi tambang dan daerah di sekitarnya karena untuk itu diperlukan izin khusus bagi wartawan. Semua permintaan itu ditolak. Freeport hanya memberikan respon secara tertulis.

Sebuah surat yang ditandatangani oleh Stanley S Arkin, penasihat hukum perusahaan ini menyatakan, Grasberg adalah tambang tembaga, dengan emas sebagai produk sampingan, dan bahwa banyak wartawan telah mengunjungi pertambangan itu sebelum pemerintah Indonesia memperketat aturan pada tahun 1990-an.

SUMBER: REDAKTUR



ini kementerian yang bertanggungjawab untuk kasus yang satu ini

Spoiler for SALAH SATU KEMANTERIAN YANG PALING BANYAK HARUS BEBENAH:



Spoiler for seharusnya kita malu:


ini akibat yang bangsa kita buat di tanah papua:

Spoiler for freeport papua:


Spoiler for tanah papua yang kata kita sangat kita cintai:


Spoiler for apakah ini bentuk cinta kita?:


Spoiler for dimana moralitas kita?:


Spoiler for papua yang kita jual demi 10% royalti dan bagi hasil:


Spoiler for MARI KITA RENUNGKAN BERSAMA:



Quote:YANG SETUJU DENGAN TRIT ANE, TOLONG BERIKAN emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star atau emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) BIAR TULISAN ANE YANG SEADANYA INI BISA PALING TIDAK MEMBERIKAN RENUNGAN YANG BERHARGA UNTUK KITA PADA KHUSUSNYA. DAN ANE SANGAT BERHARAP DAN DAPAT PALING TIDAK TERSAMPAIKAN SEDIKIT PADA PRESIDEN KITA YANG SANGAT TERHORMAT TAPI TIDAK SEGERA SELALU RAGU2 DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN, BAPAK SUSILO BAMBANG YUDHOYONO.
MAAF APABILA DALAM PENYAJIAN YANG TS BERIKAN ADA KATA2 YANG KURANG BERKENAN. TS TIDAK BERMAKSUD MELECEHKAN ATAU MEMOJOKKAN PI HAK MANAPUN emoticon-I Love Indonesia



Quote:TAMBAHAN INPOH DARI KOMENG AGAN-AGAN YANG BAIK HATI

makasih agan agan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By salimbanget
aq tambahan fotonya bro



posisi tambang pada peta:
[SPOILER=peta posisi TKP nya gan]PRESIDEN HARUS BACA INI..!!! Freeport Mulai Menggali Bumi Kalimantan
[/SPOILER]

Sumber gambar:
Kompasiana


Breaking News! 
TAMBAHAN INPOH DARI KOMENG AGAN-AGAN YANG BAIK HATI

Quote:TAMBAHAN INPOH DARI KOMENG AGAN-AGAN YANG BAIK HATI

makasih agan agan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

oiya, reputasi ane masih 6 ni gan.. klo ada yang berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) ke ane, ane ucapin makasiihh bangettttt emoticon-Mewek emoticon-Sorry emoticon-Sorry

Quote:Original Posted By salimbanget
aq tambahan fotonya bro



posisi tambang pada peta:
[SPOILER=peta posisi TKP nya gan]PRESIDEN HARUS BACA INI..!!! Freeport Mulai Menggali Bumi Kalimantan
[/SPOILER]

Sumber gambar:
Kompasiana



KOMENG YANG MENARIK LAINNYA

Quote:Original Posted By empinGarden
benar, presiden harus baca ini. :norose
VBot juga harus baca ini!! emoticon-Mad (S)


jgn mau kita d jajah terus pak presiden..lindungi rakyat-rakyatmu
emangnya perusahaan asing yang mengeruk SDA Indonesia cuma Freeport? kenapa hanya fokus ke Freeport doang? dulu Bung Karno gak hanya menolak Freeport, tapi raksasa pertambangan lainnya juga ditolak untuk beroperasi di Indonesia oleh beliau.

gw baru tau klo New York Times juga gak bisa meliput pertambangan di Grasberg
Pecuma gan... Pemerintah kita buta, tuli, juga bisu...
emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By fadhlierlanda
emangnya perusahaan asing yang mengeruk SDA Indonesia cuma Freeport? kenapa hanya fokus ke Freeport doang? dulu Bung Karno gak hanya menolak Freeport, tapi raksasa pertambangan lainnya juga ditolak untuk beroperasi di Indonesia oleh beliau.

gw baru tau klo New York Times juga gak bisa meliput pertambangan di Grasberg


banyak sekali gan..
mulai dari wilmar group, newmoon, danone, brigeston yang mengambil karet indonesia, cevron, dll.. bahkan raja garuda mas dan sinarmas group yang mengambil kekayaan alam kita yang berupa kelapa sawit juga sekarang hampir semuanya berkantor pusat di singapura dan statusnya BUT di Indonesia walaupun ada beberapa anak usahanya yang masih berupa perusahaan Indonesia..

memang untuk saat ini yang menjadi berita hangat yang berkembang di masyarakat freeport karena masalah bagi hasil royalti yang sangat kecil dan wilayah pertambangan yang besar serta akibat yang ditimbulkan begitu signifikan buruknya..

semoga agan puas dengan trit ane yang seadanya, ane cuma risih aja terhadap pengelolaan negara ini yang sama sekali belum ada tanda2 kesereusan dari pemerintahnya sendiri.. emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By RedBK5195CT
jgn mau kita d jajah terus pak presiden..lindungi rakyat-rakyatmu


bener gan, ane juga heran sama pemerintahan kita iini yang tak kunjung sadar untuk mengelola negara sebesar indonesia butuh lebih dari sekedar keseriusan.. emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By choezwa
Pecuma gan... Pemerintah kita buta, tuli, juga bisu...
emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek


bener gan, ane juga heran, tetapi paling kaga walaupun pemimpin2 kita buta tuli bisu tetapi mereka masih mau berusaha meraba kepentingan rakyatnya walaupun sangat sulit dan dibutuhkan kerja keras emoticon-Cendol (S)
EGP yang penting keluarga gue kaya....

gitu kali yeh cara pikir mereka
Quote:Original Posted By suryagemilang83
EGP yang penting keluarga gue kaya....

gitu kali yeh cara pikir mereka


kemungkinan cara pikirnya seperti itu gan.. masih cara pikir mementingkan kepentingan pribadi padahal yang diurusnya adalah negara yang luas wilayah laut dan daratannya hampir setara dengan benua australia emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
atau kemungkinananya lagi pemerintahan kita tidak peduli dengan apa yang terjadi di wilayah indonesia karena disibukan dengan urusan birokrasi jawa dan pusat. emoticon-Najis
saya prihatin.... emoticon-Cape d... (S)

mau peduli tapi gimana ya...... emoticon-Bingung (S)
gila kerusakannya ampe segitu emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By yyttsseejjaamm
saya prihatin.... emoticon-Cape d... (S)

mau peduli tapi gimana ya...... emoticon-Bingung (S)


menurut ane kita mulai dari apa yang kita gan..
misal mulai dengan banyak menulis, tulisan kita mau dibaca atau tidak yang penting kita sudah berusaha memberikan opini kita untuk kemaslahatan bangsa yang lebih baik emoticon-I Love Kaskus
Quote:Original Posted By anticela
gila kerusakannya ampe segitu emoticon-Cape d... (S)


emang parah banget gan.. apajadinya kalau kalimantan juga dieksplorasi oleh PT yang sama yang notabene sudah mempunyai track record yng sangat buruk sewaktu ia menambang di papua. emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Kapan ya , preport nggali duburnya SiBeYe .... emoticon-Amazed
ini salah satu SDA di Indonesia yang patut kita jaga, pelihara dan kembangkan gan...ane turut prihatin terhadap pemerintah INDONESIA yang terkesan "CUEK" terhadap polemik yang terjadi di freeport ini...jika saja INDONESIA bisa mengolah SDA ini ane yakin INDONESIA bakal menjadi negara yang besar...emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By Khoontol
Kapan ya , preport nggali duburnya SiBeYe .... emoticon-Amazed


iya gan.. mungkin bisa ditemukan sumber mineral baru emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By WiddieFrystyan
ini salah satu SDA di Indonesia yang patut kita jaga, pelihara dan kembangkan gan...ane turut prihatin terhadap pemerintah INDONESIA yang terkesan "CUEK" terhadap polemik yang terjadi di freeport ini...jika saja INDONESIA bisa mengolah SDA ini ane yakin INDONESIA bakal menjadi negara yang besar...emoticon-I Love Indonesia


pasti gan.. ane yakin banget..
coba kita berkaca pada negara2 timur tengah, atau bahkan yang paling mudah adalah tetangga kita yag bernama bruney atau si malingshit, mereka semua bisa menasionalisasi industri pertambangan dan penbgelolaan SDZM mereka, bukan hanya mendapat royalti dan memungut pajak saja dari sana.. buktinya mereka juga bisa kaya emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ane bantu rate gan..

tp hopeless kl ngarep beye komentar.. palingan SR doang.. dibantu doa2 kaskuser seluruh dunia juga ga bakalan komen dia..

andaikan komen, paling banter cuman "saya prihatin.."
padalan kita2 tau dia itu SBY..


meh.
Lokasi Beruang Tengah di Kabupaten mana yah di Kalteng...perasaan baru denger daerah ini...

Ngomong ngomong ni provinsi bagai ayam mati di lumbung padi, miris banget ngeliat listrik byar pet setiap hari hidup dalam kegelapan...halo pemerintah pusat..kalo gak niat bangun pembangkit listrik disini...biar kami bangun sendiri aja...wong kaya kok