alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50856842552acf951900002a/bisakah-kerupuk-mendunia
Ngakak 
Bisakah Kerupuk Mendunia?
Bisakah Kerupuk Mendunia?

Quote:Indonesia adalah gudangnya kerupuk, karena hampir tiap daerah memiliki varian kerupuk khas. Seperti kerupuk gendar (Jawa Tengah), kerupuk lada (Jawa Barat), kerupuk udang (Cirebon), kerupuk krecek (Yogyakarta), dan kerupuk kemplang (Palembang).

"Namun, berdasarkan survei yang saya lakukan selama tiga bulan di Sumatera dan Jawa, ternyata kerupuk udang dan kerupuk keriting (kerupuk putih) adalah kerupuk yang paling banyak disukai masyarakat," ungkap Chef Ragil kepada Kompas Female, saat peluncuran camilan kerupuk beberapa waktu lalu di Jakarta.

Varian kerupuk di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya, kerupuk yang terbuat dari bahan baku berprotein tinggi biasanya banyak diproduksi di daerah pesisir. Di Palembang misalnya, kekayaan lautnya menghasilkan kerupuk dengan tambahan protein laut dari ikan, udang, dan lain-lain. Sedangkan kerupuk yang mengandung karbohidrat banyak ditemukan di daerah pertanian seperti di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kerupuk yang diproduksi pun lebih banyak menggunakan tepung beras, terasi, dan tepung terigu.

Rasa yang gurih serta tekstur yang renyah membuat kerupuk ternyata tak hanya disukai masyarakat Indonesia. "Ketika berkesempatan mempromosikan kerupuk di luar negeri, saya melihat banyak orang luar negeri yang sangat menyukai camilan ini," jelasnya.

Hal ini sebenarnya bernilai positif karena bisa menjadikan kerupuk sebagai produk ekspor baru yang menguntungkan. Hanya saja masih ada beberapa kendala yang dihadapi untuk "menduniakan" kerupuk.

1. Kemasan
Tak bisa dipungkiri bahwa packing atau kemasan memegang peranan penting dalam proses penjualan. Menurut Ragil, salah satu masalah terbesar dalam pemasaran kerupuk ke negara lain adalah kemasan yang kurang menarik. Biasanya kerupuk hanya dijual dalam kaleng besar atau dibungkus plastik transparan. Kemasan ini dinilai kurang higienis dan bersih oleh orang asing. Maka salah satu cara untuk memperkenalkan kerupuk sebagai salah satu warisan kuliner Indonesia adalah dengan memperbaiki kemasan dan menjaga kebersihannya.

2. Standarisasi
Pada umumnya kerupuk terbuat dari campuran tepung beras, terasi, ikan, bawang putih, dan lain-lainnya. Sayangnya, ada beberapa bahan baku pada kerupuk yang mungkin saja belum lolos uji standarisasi di negara lain. "Beberapa negara punya departemen kesehatan yang sangat ketat, sehingga ada beberapa bahan baku yang masih mungkin tak lolos uji," tambahnya.

Jika ingin mempromosikan kerupuk ke seluruh dunia, diperlukan adanya standarisasi bahan baku yang lebih baik lagi dari pemerintah, agar kerupuk bisa diterima secara luas.

3. Kemudahan akses penjualan di luar negeri
Sebenarnya banyak orang asing yang menggemari kerupuk sebagai lauk ataupun camilan. Masalahnya, belum ada eksportir atau orang yang benar-benar serius berniay menjualnya di luar negeri. "Biasanya kerupuk akan didapatkan saat ada pameran makanan Indonesia, dan setelah itu akan hilang dari peredaran di luar negeri. Ini disebabkan masih banyaknya orang yang beranggapan bisnis ini kurang menguntungkan," pungkasnya.

SUMBER


wah...paling demen ane sama krupuk legendar...emoticon-Big Grin
Mudah-mudahan berita ini bisa gua response.

Kaskus yang sering error saja sudah terkenal, apalagi kerupuk, pasti lebih terkenal. emoticon-Big Grin
kerupuk sudah mendunia koq..
krupuk merah dari sumbar ga disebut lay ? emoticon-Mad:

Bisakah Kerupuk Mendunia?

ane pesimis kerupuk bakal mendunia ...

1. pemerintah indonesia mana mau promosiin kerupuk
2. ndak ada promotor independen yang mau promosiin kerupuk
3. ndak ada ....
4. ndak ada . . .
perasaan kerupuk udah terkenal..cuma di luar namanya chips emoticon-Ngakak

definisi kerupuk di sini apa dulu...camilan atau kriuk2 dari tepung?

setau gw kerupuk udang atau ikan udah diekspor ke luar toh....tau deh yang lain

kaskus baru bikin keki! emoticon-Marah avatar gw ilang lagi emoticon-Nohope
Kerupuk palembang uenak tenannnn
Kemplang jugak...
Kerupuk udang juga ga kalah...

Apalagi klo dimakan sama yang agak2 basah, berkuah, dll.
Enak... mantab lah....
Apalagi klo dicocol pake sambel...

_________________________________________________ emoticon-Ngacir
Inovasi jenis kerupuk yang khas dan unik ini emang perlu dipromosikan
Quote:Original Posted By hhendryz
perasaan kerupuk udah terkenal..cuma di luar namanya chips emoticon-Ngakak

definisi kerupuk di sini apa dulu...camilan atau kriuk2 dari tepung?

setau gw kerupuk udang atau ikan udah diekspor ke luar toh....tau deh yang lain

kaskus baru bikin keki! emoticon-Marah avatar gw ilang lagi emoticon-Nohope


kalo chips itu bukannya polisi gan...emoticon-Ngakak...kek di film2 itu
Pasti bisa.......Tempe aja di jerman termasuk makanan yang harganya mahal kok.
Quote:Original Posted By subad
ane pesimis kerupuk bakal mendunia ...

1. pemerintah indonesia mana mau promosiin kerupuk
2. ndak ada promotor independen yang mau promosiin kerupuk
3. ndak ada ....
4. ndak ada . . .


wong salah satu bahan dasar kerupuk itu borax...gimana promosiin nya? ngimpi kali emoticon-Ngakak
tiap terminal kasih aja bingkisan berupa kerupuk, pasti mendunia deh kerupuk kita emoticon-Big Grin
yang doyan ma kerupuk jengkol ngacung emoticon-Request

Smile 
krupuk sudah mendunia

Sepertinya krupuk sudah cukup lama mendunia hanya saja kurang populer, lain halnya di negara kincir angin, masyarakatnya sangat menggemari kerupuk terutama kalangan manula, tidak usah dikunyah melainkan hanya cukup DIEMUT saja kerupuk akan NYUNYUT dgn sendirinya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By hhendryz
perasaan kerupuk udah terkenal..cuma di luar namanya chips emoticon-Ngakak

definisi kerupuk di sini apa dulu...camilan atau kriuk2 dari tepung?

setau gw kerupuk udang atau ikan udah diekspor ke luar toh....tau deh yang lain

kaskus baru bikin keki! emoticon-Marah avatar gw ilang lagi emoticon-Nohope


setau gue, kerupuk bahasa bulenya c rackers deh
kalo makan kaga ada krupuknya kaya makan sayur kaga pake garem

krupuk puli , sing uenak dewe , Nu.


Nu , Nu.

Komenku kliatan nggak , Nu.
Soalnya aku pakai Kaskus yang New , Nu. emoticon-Amazed
semoga bisa begitu...
kaskus error trus aja bisa rameemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By jioe


wong salah satu bahan dasar kerupuk itu borax...gimana promosiin nya? ngimpi kali emoticon-Ngakak


buset dah.. kapan hari bahan dasarnya dari borax gan? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

asli koplak..

Kalau Koment itu ga perlu panjang lebar,,cukup satu komen aja,, yang penting mengenai sasaran. ga usah pake inilah itulah, kadang juga ada yg sampe ribuan karakter.. kalo kaya gt kan kasihan.. kalo yang onlinenya pake HP bisa-bisa keypadnya rusak krn kelamaan dipencet,, nah kalo udah rusak kan kasihan dia ga bisa ol lagi,, harus menunggu HPnya dibenerin dulu..iya kalo sekedar menunggu,, dia jg kan harus ngocek kantongnya untuk biaya service,,
mending kalo orangnya udah kerja,, ga perlu minta2 ke ortu,, kalo dia masih sekolah atau masih nganggurkan kasihan.. belum tentu dia punya celengan,, kalo minta ke ortupun belum tentu ortunya lagi banyak uang,, ujung2nya kan cuma gi2t jari.. masa qta tega melihat teman qta cuma gi2t jari doang,, ntar kalo kelamaan gi2t jarikan lama2 jarinya bs potong,, kalo kaya gtkan repot urusannya.. harus ke rs dulu,,nungguinsembuh,, jadinya bete karena gak bs OL.. kasian banget kan Ya udahlah sobat,ceramahnya sampe disini dulu,, kalo pengin ngobrol panjang lebar datang aja kerumahku,, dan jangan lupa bawa gula, teh sama kopi nya ya,, biar ngobrolnya enak.. semoga bs dimengerti dan jg dpt dipahami.. salamkompak Yaa ?? Oh iya...... Sebenarnya saya malas mengomentari thread anda..tapi bagaimana lagi? tugas saya di kaskus ini hanya Update Thread, LikeThread, dan Komen Thread, jadi maaf klo komen saya ini terlalu panjang untuk anda mengerti.. sebenarnya sayajuga b......iiiiii.. .......ngung mau komen apa,, ya jadinya hanya tulisan-tulisan kecil ini yang bisa saya tulis.. seperti kerjaan saya di Kaskus yang hanya Update Thread,Like Thread, dan Komen Thread.. sekali lagi maaf klo dibilang nyampah dan menuh- menuhin notif anda, khan saya udah bilang klo kerjaan saya di kaskus hanya Update Thread, Like Thread, dan Komen Thread, jadi gak salah dong klo saya komen thread anda sebagai bagian darikerjaan saya di kaskus yaitu UpdateThread, Like Thread, dan Komen Thread.. mungkin dalam pikiran anda, knapa koq komen ini panjang sekali, apa gakcapek ngetiknya, dan kapan selesainya,hmm.. sebagai jawaban atas pertanyaan anda yang juga saya gak ngerti harap maklum karena kerjaan saya di kaskus hanya Update Thread,Like Thread, dan Komen Thread.. jadi sesuai pekerjaan saya saya akan komen thread anda, namun saya bingung mau komen apa karena saat ini otak saya sedang BLANK makanya saya sendiri bingung mau komen apa, mungkin sejenak anda berfikir, niyh komen koq gak abis-abis, panjang banget lagi, dan anda mulai ingin berhenti untuk membacanya, namun rasa penasaran anda ingin tau apa maksud dari komen saya ini maka dari itu anda teruskan membaca komen ini kata demi kata anda baca dengan serius, untuk mengetahui apa maksud dari komen ini, anda bahkan ikhlas menggerakkan tangan anda untuk meng-klik baca selengkapnya atau see more, tapi anda malah melihat komen ini malah nambah panjang, dan anda mulai berkeinginan untuk tak membacanya lagi, namun kembali rasa penasaran anda menggugah anda untuk meneruskan membaca komen inilebih lanjut, tapi anda gak menemukanmaksud dari komen saya ini, maka dariitu saya sudahi saja komen ini.. lagipula capek lho ngetik panjang-panjang ehh tapi sebentar sebenarnya saya malas mengomentari thread anda, tapi karena berhubung kok rada menarik ya saya coba sajalah untuk menambahkan isinya. kalau dipikir2 banyak komen2 yang luar biasa lho kaya memuji gitu, ato mengkritik.
banyak bgt hal2 yang bisa bikin ts tu senang, contoh bnyak yang komen, rate nya 5, nah mantap kan. jadi ane si sneneg aja kalo ts tu sneng dihargai trit nya, kan ga gampang toh bikinnya, kadang capcai nya salah, at bhkan isinya yang ga bermutu tapi di komen panjang lebar, nah lho kan, bisa begitu gawat kan , tapi jangan salah gan, trit yang banyak komennya bisa aja banyak yang mau nge junks kan, ato bahkan spamming, nah gawat bgt gan.hahaa. tapi tenang aja gan, justru kaskusers itu baik hati mau ngasih masukan dan ngasih lawakan, gitu kan..nah gan, hati2 kadang sama yang namanya penipuan, parah bgt emang penipuan itu, di FJB juga bnyak kan. berhubung komeng2 itu banyak yang beribet ga jelas, ane sbebnarnya jug amales gt, kalo panjang tp ga ada artinya, kadang mending kita simple2 aja, kan..contohnya kaya, mantep bro, ato ngakak gna, gitu bro.. tapi sayangnya kenapa yang simple-simple begitu malah dijadiin tempat banned buat id2 kaskus, padalah kan ga gampang juga untuk bikin id kaksus, mesti bikin email dulu, dna kadang bikin emailnya suka salah gt kan gan, ada aja, yg salah, contoh namanya diisi bejo tp tinggal nya di amerika, fail deh. nah ato engga capcai nya slaha masukin, paswword ketik ulang, kan jadinya cape deh..cape deh kan kaya laguyna trio macan gan, yg gini" cape deh, allalala, cape deh, lalalala, cape deh, aku pusing mikirin kamu, cape deh, alalalala, cape deh.alalalala" eh sorry gan, nah balik lagi gan, iya email itu kan ribet, nah sekarang udah punya email, tapi apa daya kan gt, id kaksus malah di banned... tapi bagaimana lagi, tugas saya di kaskus ini hanya Update Thread, Like Thread, dan Komen Thread, jadi maaf klo komen saya ini terlalu panjang untuk anda mengerti.. sebenarnya saya juga bingung mau komen apa ya jadinya hanya tulisan-tulisan kecil ini yang bisa saya tulis..seperti kerjaan saya di kaskus yang hanya Update Thread, Like Thread, dan Komen Thread, sekali lagi maaf klo dibilang nyampah dan menuh- menuhin notif anda, khan saya udah bilang klo kerjaan saya di kaskus hanya Update Thread, Like Thread, dan Komen Thread, jadi gak salah dong klo saya komen thread anda sebagai bagian dari kerjaan saya di kaskus yaitu Update Thread, Like Thread, dan Komen Thread.. mungkin dalam pikiran anda, knpa koq komen ini panjang sekali, apa gak capek ngetiknya, dan kapan selesainya,saya cm mw bilang 'nice info gan!
komen ini ditulis dengan singkat, padat, berisi dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.emoticon-Malu

NO JUNK emoticon-Peaceemoticon-Cendol (S)