alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/508546011b76086c60000021/film-yang-dibenci-ical-film-lumpur-lapindo-jadi-dokumenter-terbaik-di-eagle-award
Thumbs up 
{Film yang Dibenci Ical} Film Lumpur Lapindo Jadi Dokumenter Terbaik di Eagle Award
Film Lumpur Lapindo Jadi Dokumenter Terbaik di Eagle Award

Jakarta-C&R/OMG-Setitik Asa dalam Lumpur, film dokumenter yang menceritakan tentang lumpur lapindo di Sidoarjo, berhasil menjadi film dokumenter terbaik 2012 dalam ajang Eagle Awards Documentary Competition yang digelar oleh Metro TV Jumat (19/10).

Seperti yang dikutip dari situs resmi Eagle Awards, film Setitik Asa dalam Lumpur berhasil menyisihkan lima finalis lainnya dalam kompetisi yang bertema Indonesia Tangguh tersebut. Selain menjadi film terbaik, film juga menjadi film favorit pilihan pemirsa melalui polling SMS (short message service).

Setitik Asa dalam Lumpur disutradarai oleh Achmad Fathur Rozaq, berusia 23 tahun dan Fachrudin, berusia 23 tahun juga. Keduanya masih kuliah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur.

Sementara film berjudul Mimpi di Kandang Wedhus Gembel karya sutradara Maharani dan Gilang Akbar Noviansyah berhasil menjadi film rekomendasi juri.

Eagle Awards Documenter Competition (EADC) adalah kompetisi yang diadakan oleh Metro TV. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada 2005, merupakan ajang kompetisi dokumenter bagi pemula pembuat film dokumenter dari kalangan mahasiswa. Kompetisi ini merupakan wadah bagi kaum muda peminat dokumenter untuk menyampaikan aspirasi dan merespon isu-isu terkini tentang ke Indonesia-an.

Melalui Eagle Awards anak-anak muda diajak untuk peduli dan kritis terhadap keadaan di sekitar mereka dan menjadikan mereka para sutradara dokumenter Indonesia. EADC melakukan road show ke berbagai perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian menjaring peserta melalui penyeleksian proposal hingga pitching forum serta memfasilitasi peserta yang memiliki proposal terbaik untuk mendapatkan program beasiswa berupa workshop film bersama para professional di bidang film. (Winda Rahmawati)

Source

Minggu, 21 Oktober 2012 20:50
Isu Lapindo dan Persoalan Pajak, Tenggelamkan Elektabilitas Ical
Rizavan Shufi Thoriqi

Jakarta - Sulitnya Aburizal Bakri menaikkan elektabilitasnya diduga disebabkan oleh sejumlah isu yang terkait dengannya. Beberapa isu yang terkait dengan Ical diantaranya adalah persoalan lumpur lapindo, isu pengemplangan pajak yang dilakukan perusahaan Bakrie Group maupun konflik internal didalam partai Golkar.


Hal ini terlihat dari hasil monitoring terhadap pemberitaan di 12 surat kabar nasional, 7 media online dan 6 televisi yang dilakukan oleh Riset Political Weather Stasion (PWS).


Surat kabar yang dimonitoring adalah Bisnis Indonesia, Republika, Indo Pos, Jurnas, Kompas, Koran Tempo, Media Indonesia, Rakyat Merdeka, Sindo, Sinar Harapan, Suara Pembaharuan dan The Jakarta Post. Untuk online, yaitu antaranews.com, detik..com, inilah..com, kompas.com, okezone.com, tempo.co, dan vivanews.co.id.


Sedang televisi yang dipantau adalah Metro TV, RCTI, SCTV, Trans TV, TV One, dan TVRI Pusat. "Pengumpulan data dilakukan 7 Oktober 2011 hingga 7 Oktober 2012," kata Marbun


Menurut Direktur Riset PWS, Marseden Marbun, tingkat kesukaan responden terhadap Ical hanya 45,6 %. Posisinya berada di bawah JK yang mencapai 70% dan priyo 49,25%. Sementara tingkat kesukaan terhadap Akbar Tandjung 40,84%, Fadel Muhammad 35%, Agung Laksono 32,89%, Hajriyanto 23,64% dan Syarif Cicip 19,71%.


Hasil monitoring atas pemberitaan mereka terhadap Ical , hanya 45 % yang positif. Sedang negatifnya 22%, netral 27% dan positif-negatif 6%. Padahal pemberitaan positif Jusuf Kalla mencapai 73%, negative 5%, netral 16% dan positif-negatif 6%.


Posisi pemberitaan terhadap Priyo Budi Santoso juga lebih baik dibandingkan Ical. Pemberitaan positif Priyo sebesar 52%, negatif 13%, netral 26% dan positif-negatif 9%.

Source

Semoga Ical juga ikut nonton film dokumenter ini. emoticon-Matabelo
Bakalan hilang ntar produser nih film emoticon-Takut
Quote:Original Posted By ShotGun.Blues
Bakalan hilang ntar produser nih film emoticon-Takut


Iya,bentar lagi nih yang buat pelem tau-2 ilang dikarungin sama pasukan nasi kuning cap beringin emoticon-army:
ati-ati ntar tiba2 nongol di tvone sambil minta maaf ke ical emoticon-Takut
ical memang susah kalo mau jadi presiden. masak rakyat disuruh makan lumpur emoticon-Ngakak
Lumpur Lapindo kubur cadangan migas berlimpah
Senin, 22 Oktober 2012 − 10:09 WIB


Sindonews.com - Kandungan minyak dan gas (migas) di kawasan semburan lumpur dan sekitarnya diprediksi sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan keluarnya gas dari pusat semburan yang berlangsung lebih dari enam tahun. Penelitian yang dilakukan Kementrian ESDM juga menunjukkan jika kandungan migas di beberapa kawasan di Sidoarjo sangatlah besar.

Sayangnya untuk mengelola gas alam tersebut belum bisa dilakukan. Tak lain karena pembayaran ganti rugi warga korban lumpur belum tuntas. Selain itu, belum ada methode yang tepat untuk mengeksplorasi gas dari pusat semburan lumpur itu. Sebab, kawasan sekitar lumpur rentan terjadi penurunan tanah (subsidence).

Sebenarnya untuk memperkirakan berapa besar kandungan migas di bawah pusat semburan lumpur harus dilakukan uji seismic. Namun, ketika tim dari Geologi Kementrian ESDM dan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) akan menguji seismic ditentang oleh warga.

"Sebenarnya kalau bisa dilakukan uji seismic, akan diketahui berapa cadangan migas di bawah lumpur itu," ujar Kabid ESDM Dinas Koperasi Perindustrian dan ESDM Pemkab Sidoarjo, Agus Darsono.

Meski demikian, diperkirakan kandungan gas disekitar areal lumpur cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari semburan lumpur dan gas yang setiap harinya bisa mencapai 100 ribu meter kubik dan sudah menyembur lebih dari enam tahun. Bahkan, karena besarnya kandungan gas, bermunculan gas liar di areal lumpur dengan radius 1 kilometer.

Kandungan migas di sekitar semburan lumpur diperkirakan lebih besar dibandingkan dengan beberapa kawasan di Sidoarjo yang terdapat cadangan migas. Seperti di kawasan Tanggulangin Field, Wunut Field, kawasan Carat yang berbatasan dengan Mojokerto dan kini juga ditemukan lagi cadangan migas di Kepetingan Field yang berada di pesisir timur Sidoarjo.

Cadangan migas di Tanggulangin Field sejauh ini terdeteksi sebesar 7 BSCF (Billion Standard Cubic Feed) dan di Wunut Field terdapat 6 BSCF. Sedangkan untuk Kepetingan Field belum bisa diketahui karena belum dilakukan pengeboran. Namun, kandungan migasnya diperkirakan cukup besar.

Bahkan, Lapindo Brantas Inc selaku perusahaan pertambangan yang memiliki izin eksplorasi di blok Brantas, optimis jika ekplorasi migas di kawasan Sidoarjo dimaksimalkan daalam sehari bisa memproduksi 20 juta kaki kubik. Bukan hanya gas, melainkan juga minyak yang terkandung di beberapa titik.

"Selama ini migas yang diekplorasi baru kedalaman 1000 meter atau 3000 feed. Masih ada dua lapisan lagi yang belum diekplorasi, yaitu dengan kedalaman 6000 feed dan 11 ribu feed," urai Agus Darsono.

Sebenarnya upaya untuk mengekplorasi migas sampai kedalaman 11 ribu feed sudah dilakukan Lapindo Brantas Inc di sumur Banjar Panji 1, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong. Namun, malah berujung bencana semburan lumpur yang menenggelamkan sekitar 700 hektar kawasan di sekitar Porong.

Hasil penelitian ESDM, lanjut Agus Darsono tidak ada konektifitas antara kawasan semburan lumpur dengan lokasi migas di Tanggulangin Field maupun Wunut Field. Sehingga, jika dilakukan eksplorasi sampai kedalaman 11 ribu feed di dua titik itu tidak ada masalah.

"Masih aman kalau dilakukan eksplorasi di Wunut maupun Tanggulangin. Masalahnya, warga masih trauma ata munculnya semburan lumpur sehingga mereka menolak rencana eksplorasi yang akan dilakukan Lapindo," beber Agus Darsono.

Sedangkan di Sidoarjo selama ini terdapat sebanyak 21 sumur di blok Wunut dan sekitarnya dan di blok Tanggulangin terdapat 5 sumur. Semua sumur itu dioperasikan oleh Lapindo Brantas Inc. Selama ini Sidoarjo yang merupakan blok Brantas merupakan daerah kerja perusahaan Bakrie Grup tersebut.

Kini di blok Tanggulangin, kawasan Kalidawir yang beroperasi tinggal tiga sumur dan di Wunut tinggal 11 sumur gas atau cadangannya sekitar 2 BSCF. Diperkirakan jika diekplorasi terus, gas di sumur-sumur itu baru habis dalam jangka waktu 5 tahun lagi. Sehingga perlu adanya eksplorasi sumur migas baru untuk memenuhi kebutuhan gas Nasional.

Padahal, selama ini dari sumur gas Lapindo ini digunakan untuk menyuplai kebutuhan gas rumah tangga sesuai program pemerintah City Gas. Belum lagi, suplai gas untuk keperluan perusahaan.

Untuk gas rumah tangga, selama ini ada sebanyak 2900 samburan gas rumah tangga di kawasan Kali Rungkut, Surabaya. Kemudian, kawasan Ngingas dan Wedoro, Kecamatan Waru sebanyak 4000 SR (sambungan rumah tangga), kawasan Medaeng dan Tambaksawah, Kecamatan Waru sebanyak 2500 SR.

Untuk program City Gas tahap tiga juga dipasang sebanyak 2500 SR, di kawasan Kalidawir, Tanggulangin, Kludan, Ngaban, Gempolsari dan Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin. Demikian pula di Desa Kedungturi dan Taman, Kecamatan Taman juga dipasang sebanyak 2500 SR. Untuk keperluan pemenuhan gas SR ini, disuplai 2 BSCF dari sumur Lapindo.

External Humas Lapindo Brantas Inc, Anita Ariyani mengakui untuk memenuhi kebutuhan gas nasional pihaknya perlu adanya perluasan sumur. Dalam hal ini dengan eksplorasi sumur-sumur yang ada di kawasan Tanggulangin. Namun, eksplorasi itu masih terkendala belum keluarnya izin karena sebagian warga masih menolak.

"Jika tidak ada ekplorasi sumur migas, cadangan gas di sumur kita semakin sedikit dan dikhawatirkan tidak akan bertahan lebih dari 5 tahun," ujarnya.

(gpr)

http://ekbis.sindonews.com/read/2012...igas-berlimpah
ngeri belum selse jga tu lumpur
oh acaranya tv nasdem yah, wajarlah secara nasdem ama golkar kan emang ga rukunemoticon-Ngakak
apa kabarnya nih lapindo? udah tenggelam begitu saja..
Quote:Original Posted By sivaruck
oh acaranya tv nasdem yah, wajarlah secara nasdem ama golkar kan emang ga rukunemoticon-Ngakak


wkwk iya gan, biasa saling gebuk di media massa masing-masing emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ShotGun.Blues
Bakalan hilang ntar produser nih film emoticon-Takut


ga ilang juga sih. lebih besar kemungkinannya muncul di tipi oon sambil klarifikasi "lumpur sidoarjo". emoticon-Busa:
kenyataannya emang kebanyakan warga di lapindo masih ga bisa hidup layak dan kondisi lingkungan di sana udah kayak bom waktu..tanggul jebol abis udah! emoticon-Takut

nih si ical ga bakal nonton...sibuk dia jual tampang sama senyum ngemis2 perhatian semua orang emoticon-Najis

kaskus beta bikin keki! emoticon-Marah

ah ini cuma akal2an nasdem doang buat nyerang lawan politik nya yaitu si dagumen blangsak ...

secara nasdem sama golkar kaga akur

btw ... semoga si dagumen kaga jadi presiden gara2 ini film lumpur
tuh dewan juri beneran netral pa ga yah!?
Masalahnya yang punya acara ini kan TV itu!

salah satu tipi favorit ane juga sih emoticon-Nohope
film ini buat mengingatkan kita tentang para korban yg dizalimi ama beliau..
Quote:Original Posted By koclokk
tuh dewan juri beneran netral pa ga yah!?
Masalahnya yang punya acara ini kan TV itu!

salah satu tipi favorit ane juga sih emoticon-Nohope


itu kan versi pilihan pemirsa lewat sms gan,,
kl pilihan dewan juri yg wedus gembel itu lho gan,,,,
adil dan biijaksana bukan ??
dah hampir 6 th tu lumpur blum berhenti juga, mau nyalon pula jadi presiden.

emang nggk tau malu nih.

btw, vbot dah nnton blum filmnya?
Quote:Original Posted By musyarofah
ati-ati ntar tiba2 nongol di tvone sambil minta maaf ke ical emoticon-Takut


Hahaha, bener juga kalo mengaca sama kejadian si penulis buku century. Masih ga yakin gw sama orang yang satu kalo jadi RI 1. Moga ngga kejadian deh


Pas banget menangnya di tema "Indonesia Tangguh"
ical bakalan anti banget kalau berita tentang lumpur whahahahah...
masih mau jadi capres???
ntar di ancurin tu film am densus ical, wkakka
×