alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/508470365b2acff809000017/mahasiswa-peduli-itb-membangun-jaringan-air-bersih-permukiman-warga
Thumbs up 
[MAHASISWA PEDULI] ITB Membangun Jaringan Air Bersih Permukiman Warga
[MAHASISWA PEDULI] ITB Membangun Jaringan Air Bersih Permukiman Warga

Quote:Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Institut Teknologi Bandung (ITB) membangun jaringan air bersih di permukiman warga Kabupaten Garut, Jawa barat, yang sering kesulitan mendapatkan air saat musim kemarau.

"Pembangunan jaringan air bersih ini dalam rangka membantu masyarakat agar mudah mendapatkan air bersih," kata Ketua HMS ITB Mario Simorangkir di Garut, Minggu (21/10/2012).

Jaringan air bersih itu dibangun di permukiman penduduk Kampung Sukasari, Desa Sukahaji, Kecamatan Sukawening. Warga Kampung Sukasari selalu dilanda kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari saat musim kemarau.

Program Sipil Bangun Desa yang ditargetkan selesai Desember 2012 itu dilakukan dengan membangun menara air setinggi 10 meter, kemudian disalurkan ke menara air setinggi lima meter di setiap Rukun Tetangga (RT).

Selanjutnya, dibuatkan pipanisasi untuk mengambil air dari sumber air yang tersedia cukup bagus di sekitar kampung tersebut.

"Selain membangun menara air, kita dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang selama ini didapatkan di kuliah akan membangun juga delapan MCK umum," kata Mario.

Ia menjelaskan, dana pembangunan tersebut diperoleh dari berbagai sumber di antaranya dana dari kampus, sumbangan para mahasiswa, dan alumni ITB. "Mudah-mudahan nanti musim kemarau yang akan datang warga di kampung sini tidak lagi kesulitan air bersih," katanya.

Tokoh masyarakat Kampung Sukasari, Amin, menyatakan bersyukur karena ada pihak perguruan tinggi yang peduli terhadap situasi masyarakat saat kemarau dengan membangun jaringan air bersih untuk kepentingan masyarakat.

Ia berharap, musim kemarau yang akan datang tidak ada lagi warga Kampung Sukasari menggunakan air yang diambil dari selokan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kalau kemarau, warga di kampung sini selalu kesulitan mendapatkan air, karena sumur yang biasa dijadikan sumber air kering," katanya.


SUMBER


Quote:nah gitu dong....mahasiswa yg peduli thd masyarakat luar....patut jadi contoh....emoticon-thumbsup
jangan tawuran melulu....emoticon-Mad (S)
nah gini dung mahasiswa, mengabdi pada masyarakat.

woi yang masih doyan tawuran tobat, contoh nih anak ITB
sebagai alumni ane bangga ama kampus ane, selalu mengutamakan bakti masyarakat..
tapi saran ane kalo udah lulus n udah kerja, loyalitas terhadap tempat kerja harus lebih ditingkatkan yaa..emoticon-Kiss (S)
nah yang gini ini acara yang mantap . daripada demo2 ga jelas buang2 tenaga . mending langsung berkontribusi kpda masyarakat emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Ini baru Mantab ... emoticon-2 Jempol