alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017022055/pemerintah-depok-bermimpi-jadi-kota-permukiman
Pemerintah Depok Bermimpi Jadi Kota Permukiman
Pemerintah Depok Bermimpi Jadi Kota Permukiman


Pemerintah Kota Depok menghentikan pengeluaran izin pembangunan pabrik atau industri baru karena akan fokus menjadi kota permukiman. Kepala Dinas Tata Kota dan Pemukiman (Tarkim) Nunu Heriana, mengatakan Pemerintah Kota Depok dan DPRD tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). "Dalam rancangan Raperda itu ditentukan bahwa Depok akan fokus pada kota permukiman," katanya.

Dengan demikian, kata Nunu, Pemerintah Kota Depok tidak akan lagi mengeluarkan izin bagi industri lainnya yang hendak mendirikan pabrik. Namun, untuk industri yang sudah berdiri masih diperkenankan untuk beroperasi. Industri itu berada di wilayah Cimanggis dan Tapos. "Industri di Depok kan sudah ada sejak zaman Belanda, jadi dipertahankan. Tapi kalau mau berubah fungsi ke yang lain ya silakan," kata dia.

Menurut Nunu, Depok akan dijadikan sebagai kota hunian dengan pertumbuhan penduduk empat persen per tahun. Dengan pertambahan penduduk yang terlalu cepat itu, Depok akan terlalu padat. Tercatat pada 1999 Depok masih dihuni 900 ribu penduduk. "Sekarang sudah 1,8 juta, itu cepat sekali," kata dia. Menurut Nunu, wilayah di Kota Depok akan dibagi menjadi lima zonasi: permukiman, industri, perdagangan dan jasa, pertanian, serta lahan berkelanjutan. Zonasi ini juga akan diatur di Perda RTRW itu. "Sehingga perkembangan kawasan di Depok mengikuti zonasi itu,” katanya.





SUMBERR


mungkinkah?
emang depok favorit banget buat jadi tempat tinggal?
kalo jadi pemukiman doang berarti malah makin macet, soalnya penghuni pemukiman itu kan musti commuting ke tempat kerjanya tiap hari....

Kota yang bagus itu kalo tempat kerja deket sama tempat tinggal....
tapi sayang transportasi massalnya walaupun udah ada KRL masih kurang aja, buktinya macet mulu
Siapin dulu sarana transportasi massalnya baru realisasi jadi kawasan suburban. Kalo ngga ya sama aja pada naek mobil semua ke Jakarta. Asal jangan ngemis ya buat bangun kota? emoticon-Big Grin