alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017019949/lele-malaysia-banjiri-batam-peternak-lele-protes
Lele Malaysia Banjiri Batam, Peternak Lele Protes
Peternak ikan lele di Batam berunjuk rasa mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batam, Kamis, 18 Oktober 2012. Aksi mereka dipicu makin maraknya ikan lele asal Malaysia yang menyebabkan peternak lele di Batam terancam gulung tikar.

"Ikan lele diselundupkan, sebab bila secara legal pasti diketahui pihak karantina," kata peternak lele, Stefan, kepada Tempo. Oleh sebab itu, pihaknya minta agar pemerintah dan Dewan melindungi peternak ikan lele agar tidak terjadi gulung tikar. Sebab ikan lele asal Malaysia dijual dengan harga murah.

Pedagang lokal menjual ikan lele Rp 12 ribu per kilogram, sedangkan ikan lele ilegal asal Malaysia dijual dengan harga Rp 9 ribu per kilogram. "Ini dumping namanya," kata Stefan dalam orasinya.

Para pendemo minta agar Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Batam lebih pro-aktif memikirkan anak negeri, dan tidak terpengaruh orang luar. Sebab impor ilegal tersebut selain menghilangkan pendapatan daerah karena tidak membayar pajak, juga tidak membayar bea masuk. Artinya merugikan negara.

Sebab bila ikan lele impor itu melalui jalur resmi, tak mungkin bisa menjual dengan harga Rp 9 ribu per kilogram, karena harus bayar bea masuk, biaya transportasi, dan keperluan lainnya. Selain itu, pengusaha lele Malaysia akan menekan dan menaikkan harga ikan lele bila diketahui peternak ikan lele di Batam gulung tikar. "Jadi sekarang saja harganya lebih murah," katanya.

Wakil Wali Kota Batam, Rudi, kepada para pendemo berjanji akan menindaklanjuti keluhan peternak lele di Kota Batam itu. "Beri kami waktu, akan kami selesaikan," katanya kepada para pendemo ketika berada di depan kantor Wali Kota Batam. Rudi juga mengatakan dalam waktu tujuh hari pihaknya akan menyelesaikan permasalahan yang timbul terkait peternak ikan lele.
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:


Kebetulan loe ngomong tentang tokai... Gw mau nanya, bisnis sedot tokai tuh habis sedot di kemanain yah tokai2 nya tuh?
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:


tumben agan nanya serius gak menjurus "anu" .. ane jawab gan .. sebagian iyah .. sebagian lagi gak .. namun keuntungan yang pake pellet kecil dibanding ma yang makan tokai dari peternakan ayam (misalnya) .. karna harga melambung pelletnya banyak yang gak ternak lele ..

Hepi 

Quote:Original Posted By KimaxKaw
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:


lol mungkin.,..

tp sekarang udah jarang banget..
peternak lele [spt tetangga 1 rt] itu cerita klo skrg udah jarang peternak lele pake media tanah sebagai dasar[lumpur]..kebanyakan di kolam
cm kendalanya susah gedenya emoticon-Hammer2

teyus.. klo yang di lumpur + di kasi makan aneh2[tokai n dll].. itu cepet gede..cm ada efek samping..yakni bau amisnya melebihi yang di budidaya di kolam.. [klo temen ane bilang mau tanah..ya tentu aja bau tanah pas udah mateng lele-nya]

Quote:Original Posted By balqisya
tumben agan nanya serius gak menjurus "anu" .. ane jawab gan .. sebagian iyah .. sebagian lagi gak .. namun keuntungan yang pake pellet kecil dibanding ma yang makan tokai dari peternakan ayam (misalnya) .. karna harga melambung pelletnya banyak yang gak ternak lele ..

yang di kasi makan tokai ayam emang cepet gemuk,...cm bukan kendala di mahal peletnya aja..tp konsumen dah mulai jeli dalam memilih lele

coba tanya ibu2 bedanya lele di gedein di kolam tanah+ makan aneh2 [tokai n dll] rasa dan aromanya beda sama yang di gedein di kolam semen[atau dasar plastik].. pasti klo ibu2 yang demen masak pasti bisa jawab emoticon-Big Grin

lempar cendol donk untuk penjelasan panjang lebarnya emoticon-Cendol (S)
bokap ane juga miara lele di rumah tuh,
dari pada ngambil drnegara sebelah mending ngambil di tempat bokap ane.
kira2 apa sih bedanya lele malaysia dengan indonesia?
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:


kalo ternak lele ane sih, udah modern lah Gan...
pakan ternak khusus lele lah...

btw... pemerintah memang bener2 sdh carut marut nih urusannya.
bener2 negara "lost" kita.
habis.

malu sama para pendiri bangsa ini Gan emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By BlackAge
Kebetulan loe ngomong tentang tokai... Gw mau nanya, bisnis sedot tokai tuh habis sedot di kemanain yah tokai2 nya tuh?


tokainya dijual ke peternak lele gan
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:


sekarang sudah jarang gan dikarenakan ongkos pembuatan empang juga besar dan empang juga butuh lapak tanah yang besar makanya petani lebih suka lele tarok di kolam kolam kecil dan empan lele juga bukan tokai lagi emoticon-Smilie


btw,, lele yang dikasih makan tokai biasanya gemuk gemuk loh emoticon-Embarrassment
lele dari malaysia dikasih makan tokai bukan ya?

masa makan tokai nya orang malaysia emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:


Saya pakai pakan khusus lele. Menjijikan harus memelihara seperti itu.
yang membantu lele ilegal malaysia masuk ke batam dan mengahancurkan produk indonesia itu sama dengan orang yang telah mendukung bangsa asing menjajah ekonomi bangsa indonesia

TS numpang link, buat share aja tentang indonesia
http://beliindonesia.com/
kasian,, sampe lele malaysia juga ikut menjajah lele indonesia emoticon-Berduka (S)
perasaan lele, malaysia dari indonesia juga
Quote:Original Posted By DollfieDress
lol mungkin.,..

tp sekarang udah jarang banget..
peternak lele [spt tetangga 1 rt] itu cerita klo skrg udah jarang peternak lele pake media tanah sebagai dasar[lumpur]..kebanyakan di kolam
cm kendalanya susah gedenya emoticon-Hammer2

teyus.. klo yang di lumpur + di kasi makan aneh2[tokai n dll].. itu cepet gede..cm ada efek samping..yakni bau amisnya melebihi yang di budidaya di kolam.. [klo temen ane bilang mau tanah..ya tentu aja bau tanah pas udah mateng lele-nya]


yang di kasi makan tokai ayam emang cepet gemuk,...cm bukan kendala di mahal peletnya aja..tp konsumen dah mulai jeli dalam memilih lele

coba tanya ibu2 bedanya lele di gedein di kolam tanah+ makan aneh2 [tokai n dll] rasa dan aromanya beda sama yang di gedein di kolam semen[atau dasar plastik].. pasti klo ibu2 yang demen masak pasti bisa jawab emoticon-Big Grin

lempar cendol donk untuk penjelasan panjang lebarnya emoticon-Cendol (S)


pantes kalo makan lele suka amis banget wah berarti tuh makanannya tokai

ah besok ngga makan lele lagi ah emoticon-Takut (S)

Ngakak 

lele lele apa yang bisa ngomong? emoticon-Hammer (S)
ane demen makan lele, but belum pernah makan lele malaysia..seperti apa yaa rasanya?
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Kebetulan trid tentang lele... gue mau nanya... beneran yah gan peternak lele biasa ngasi makan lelenya pake tokai... ? ... pertanyaan serius neh yah... emoticon-army:


lo juga bakalan kaget max... klo di kota gue, ada peternak lele yg ngasih makan pake bangkai tikus got emoticon-Big Grin

tp tetep enakkan lele meskipun dikasih makan tikus ato tokai emoticon-Ngakak (S)
Lele Indonesia bisa Matil lohh, kalo Lele Malaysia bisa gak? emoticon-Stick Out Tongue