alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017014554/ga-jadi2-nih-proyek-jokowi-minta-kaji-ulang-proyek-mrt-tertunda
(Ga jadi2 nih proyek) Jokowi Minta kaji Ulang, Proyek MRT Tertunda
Jakarta - Keinginan Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Wagub Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkaji kembali secara menyeluruh proyek Mass Rapid Transit (MRT) mendapat respons dari PT MRT Jakarta (MRTJ) selaku pelaksana proyek. Pihak MRTJ menyerahkan keputusan tersebut kepada gubernur DKI Jakarta.

"Posisi kami sebagai eksekutor sejauh ini masih menjalankan proyek sesuai jadwal. Namun kami tunduk pada keputusan yang diambil pemerintah," kata Kepala Biro Humas PT MRT Jakarta Manpala Rega Chandra Gupta Sitorus kepada detikFinance, Kamis (18/10/2012)

Gupta mengakui Wakil Gubernur Ahok akan melakukan kajian ulang terhadap proyek MRT termasuk soal nilai proyek yang dianggap terlalu besar. Namun menurut Gupta, saat ini kenyataannya proses persiapan pembangunan MRT sudah masuk tahap pengumuman pemenang tender 3 paket terowongan yang diumumkan Oktober ini. Hal ini menjadi persoalan baru karena akan berdampak pada penundaan proyek.

"Harus ditunda dulu? Terus kalau dibatalkan, gantinya MRT apa," kata Gupta.

Sementara itu Pakar Transportasi Darmaningtyas dalam tulisannya di instran.org, mengatakan harga pembangunan perkilometer MRT di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan dengan pembangunan MRT sejenis di kota-kota lain di dunia.

Darmaningtyas menuturkan biaya pembangunan MRT di Singapura US$ 54,5 juta, Seoul US$ 65,8 juta, Kalkuta US$ 59,9 juta, Mexico Line B US$ 43,8 juta, tapi biaya pembangunan MRT di Jakarta mencapai US$ 98 juta/km.

Menurut Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) perlu adanya tenaga ahli internasional untuk melakukan review atau mengevaluasi proyek MRT di Jakarta secara obyektif.

"Pada saat ini, international expert tersebut hanya dari Jepang saja. Ini tidak obyektif, karena dana pinjaman dari Jepang, konsultan dari Jepang, kontraktor dari Jepang; sehingga ibaratnya jeruk makan jeruk bila international reviewer-nya juga dari Jepang," kata Darmaningtyas.

Sebelumnya Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy Priatna menyatakan, Jokowi ingin memastikan nilai proyek pembangunan terowongan MRT sekitar Rp 4,5 triliun dari Blok M ke Bundaran HI ini tidak kemahalan.

"Jadi pihak Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) pernah memberi masukkan, proyek MRT DKI Jakarta ini dua atau tiga kali lebih mahal ketimbang proyek MRT di Singapura. Namun ternyata, proyek MRT di Singapura itu dikerjakan tahun 1994 lalu" kata Dedy saat ditemui di Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Selasa malam (9/10/2012).

Karena menghitung eskalasi (kenaikan harga), ujar Dedy, nilai proyek ini jelas naik dibandingkan proyek MRT Singapura yang dibangun sekitar 18 tahun yang lalu.

Sumber : http://finance.detik.com/read/2012/1...asrah?f9911023

Komen dari TS :

Pasti pakdhe Jokowi takut ditangkap KPK klo serta-merta menyetujui proyek yang udah jelas kemahalan ini. yang jadi pertanyaan, dulu waktu jaman Foke bijimane sih penganganan proyek ini, apa ga tau kalo harganya kemahalan???
Tpi jangan lama-lama ya nundanya, keburu Jakarta udah macet total nih pakdhe.
memang perlu di kaji ulang ,,, yg pasti banyak penyimpangan2 terutama dana pembangunannya sedemikian gede,,, jan2 ada banyak biaya siluman
Quote:Sementara itu Pakar Transportasi Darmaningtyas dalam tulisannya di instran.org, mengatakan harga pembangunan perkilometer MRT di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan dengan pembangunan MRT sejenis di kota-kota lain di dunia.

Darmaningtyas menuturkan biaya pembangunan MRT di Singapura US$ 54,5 juta, Seoul US$ 65,8 juta, Kalkuta US$ 59,9 juta, Mexico Line B US$ 43,8 juta, tapi biaya pembangunan MRT di Jakarta mencapai US$ 98 juta/km.

wow harus di selidiki dulu tuh kenapa harga nya bisa "2x lipat" dari tempat lain emoticon-I Love Indonesia (S)
wajar....proyek rentenir halus
pinjaman dana, tnaga ahli en barang2x nya semua dri jepang..

jangankan pemda dki, pemerintah pusat juga nga berani
emoticon-Big Grin

(mengutip kt seorang kaskuser)
Ayooo Jokowi-Ahok , sikaatt tuh kenapa project MRT di Jakarta jauh lebih mahal dibanding S'pore. Pasti ada "sesuatu" itu...emoticon-Cape d... (S)
yauda pak jo busway aja dulu deh uda cukup bagus kok busway cuma kurang armada aja

ditambain 100 armada pasti mankyoss bangetlah itu
benar yang dilakukan pakde jokowi ini, MRT dikaji lagi
kalo memang terlalu mahal ya mending di batalin aja diganti proyek sejenis yang lebih murah
soalnya klo biaya terlalu mahal nanti ujung-ujungnya pasti dibebankan ke pengguna juga kan
dibatalkan ajalah MRT
banyak yg gak suka sama MRT
bikin macet tambah parah aja
apalagi busway suka mogok gitu, makin macet aja deh
jalur busway diganti railway aja (semacam busway, tapi kereta rel), dijamin anti mogok kayak busway dan gak ada yg berani serobot jalur railway kecuali niat bunuh diri
kalo gak sanggup dana nya, jalur busway diganti monorel aja
tapi yg penting sebenarnya, metromini kopaja mayasari ppd itu semuanya kudu diremajakan semuanya, termasuk supir dan kenek nya
keamanan nya juga tuh, tembak aja pengamen yg suka mainin silet didalam angkot yg bikin resah warga pemakai angkot
Buseett, koq bisa di Jakarta lebih mahal ya?
Quote:Original Posted By snowonsummer
wow harus di selidiki dulu tuh kenapa harga nya bisa "2x lipat" dari tempat lain emoticon-I Love Indonesia (S)


Udah dijawab diberitanya.
"Karena menghitung eskalasi (kenaikan harga), ujar Dedy, nilai proyek ini jelas naik dibandingkan proyek MRT Singapura yang dibangun sekitar 18 tahun yang lalu."
Quote:Original Posted By badass77
Buseett, koq bisa di Jakarta lebih mahal ya?


korupsi detected ,,,...korupsi detected
setuju kalau dikaji ulang. tidak setuju kalau ditunda. emang harus dicek ricek lagi kalo proyek berbiaya tinggi. banyak banget celah uang bocor.

kayak ban dalem motor, bocor alus lama-lama kempes. uang proyek bocor alus, lama-lama mangkrak.

______________________________
satu KASKUS, satu INDONESIA, selamanya
VCC 100%BuKanKloNenGanBiaSa
Mantaf dah pak gubernur jokowi. Mumpung belon jalan proyeknya, diricheck lg proyeknya. Jangan sampai ada kasus dibelakang nantinya.
Quote:Original Posted By Graft
Udah dijawab diberitanya.
"Karena menghitung eskalasi (kenaikan harga), ujar Dedy, nilai proyek ini jelas naik dibandingkan proyek MRT Singapura yang dibangun sekitar 18 tahun yang lalu."


Kenaikan harga dari apaan ya?? bisa lebih jelasin detailnya ga gan soalnya tetep ga masuk akal biaya MRT lebih mahal dari MRT singapura, malaysia, thailand pdahal harga tanah di kita lebih murah dan mereka semua MRT nya full di bawah tanah sementara MRT di jakarta ngga semua.
Quote:Original Posted By Graft
Udah dijawab diberitanya.
"Karena menghitung eskalasi (kenaikan harga), ujar Dedy, nilai proyek ini jelas naik dibandingkan proyek MRT Singapura yang dibangun sekitar 18 tahun yang lalu."


Ga bisa segampang itu ngitung nilai proyek dibandingkan dgn singapure + inflasi. Karena proyek2 infrastruktur semacam ini, material terbanyaknya paling cuma beton, tulangan baja, rel kereta, bantalan dll yg notabene ini semua sudah diproduksi lokal (ga import). Belum lagi upah pekerja yang pastinya jauh lebih murah di Indonesia dibanding Singapore.

Yang bener-bener impor palingan cuma sistem sinyal, kereta MRT, wessel, kabel listrik, dan alat buat ngebor.

Toh udah ada ahlinya yang ngomong klo nilainya emang kemahalan, masa dia ga tahu adanya eskalasi harga, inflasi, dll. Bukan ahli donk namanya...
Quote:Original Posted By rexdamnatorum
dibatalkan ajalah MRT
banyak yg gak suka sama MRT
bikin macet tambah parah aja
apalagi busway suka mogok gitu, makin macet aja deh
jalur busway diganti railway aja (semacam busway, tapi kereta rel), dijamin anti mogok kayak busway dan gak ada yg berani serobot jalur railway kecuali niat bunuh diri
kalo gak sanggup dana nya, jalur busway diganti monorel aja
tapi yg penting sebenarnya, metromini kopaja mayasari ppd itu semuanya kudu diremajakan semuanya, termasuk supir dan kenek nya
keamanan nya juga tuh, tembak aja pengamen yg suka mainin silet didalam angkot yg bikin resah warga pemakai angkot


yang ini malah sudah dilakukan oleh solo waktu dia masih jabat gan emoticon-thumbsup
PROYEK sebetule Ditangan KONSULTAN


Hati-hati Pakdhe Wid


emoticon-Angkat Beer
ane mah ga setuju ada MRT
Langit jakarta bakal penuh dengan beton sepertinya
Jalan tol dimana", gedung" bertingkat tkebangetan tinggi, ditambah tiang" MRT yang nganggur emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By Graft
Udah dijawab diberitanya.
"Karena menghitung eskalasi (kenaikan harga), ujar Dedy, nilai proyek ini jelas naik dibandingkan proyek MRT Singapura yang dibangun sekitar 18 tahun yang lalu."


kalo mata uangnya pake rupiah ane percaya aja ama alasan dibangun 18 tahun lalu.

tapi ini kan pake usd. ... yg mana inflasinya ga segila rupiah.
makin lama makin kebuka belangnya si foke emoticon-Ngakak