alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017009205/komnas-ham-tolak-hukuman-mati
Thumbs down 
Komnas HAM Tolak Hukuman Mati
Quote:REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menolak hukuman mati. Pasalnya, Komnas HAM menilai setiap terpidana memiliki hak mendapatkan grasi dan hak hidup.

"Kita bayangkan jika tak ada grasi, mereka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hak mereka (untuk hidup)," kata Ketua Komnas HAM, Ifdhal Kasim dalam diskusi bertajuk 'Polemik Pemberian Grasi Dalam Kasus Narkoba' di kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (18/10).

Ifdhal mengatakan setiap terpidana dalam kasus apapun, termasuk korupsi dan narkoba, bisa jadi menjadi korban dari adanya kesalahan dalam sistem peradilan. Bisa jadi, masih kata Ifdhal, terjadi kesalahan dalam proses hukum mereka dari tingkat penyelidikan, penyidikan, hingga peradilan.

"Kita harus fair, masih ada sistem peradilan yang sesat. Oleh karena itu, kita tak bisa menampik adanya kesalahan dalam sistem peradilan pidana kita," kata Ifdhal.

Karenannya, Ifdhal tak mempersoalkan pemberian grasi Presiden SBY terhadap terpidana narkoba, Deni Setia Maharwan. Menurutnya, Presiden SBY memang punya kewenangan memberikan grasi.

Untuk diketahui, Mahkamah Agung (MA) membatalkan hukuman mati Deni alias Rapi Muhammad Majid, sindikat narkoba. Sebab pengajuan grasi yang diajukan ke Presiden RI dikabulkan.

Selain Deni, MA juga membatalkan vonis hukuman mati untuk produsen narkotika Hengky Gunawan. MA beralasan pengenaan hukuman mati bertentangan dengan pasal 28 ayat 1 UUD 1945 dan melanggar Pasal 4 UU No 39/1999 tentang HAM.\


sumber

yup, setiap makhluk mempunyai hak masing2
hak untuk hidup, begitu juga hak untuk mati emoticon-Angkat Beer
komnas HAM perlindungan anak sama Komnas HAM beda y gan??

klo gak salah komnas HAM perlindungan anak setuju pengedar Narkoba dihukum mati dan malayangan protes ke SBY waktu memberikan Grasi ke pengedar narkoba CMIWemoticon-Cape d... (S)
korupsi makin demen nih..
klo bs koruptor di hukum mati aja dah
Quote:Original Posted By wasntmee
komnas HAM perlindungan anak sama Komnas HAM beda y gan??

klo gak salah komnas HAM perlindungan anak setuju pengedar Narkoba dihukum mati dan malayangan protes ke SBY waktu memberikan Grasi ke pengedar narkoba CMIWemoticon-Cape d... (S)


komnas perlindungan anak
dan komnas hak asasi manusia,
itu bedanya gan emoticon-Angkat Beer
memang sebuah dilema...dilain pihak sangat meresahkan dipihak lain mereka juga punya hak hidup (bertobat)
sepertinya cuman memikirkan Hak Asasi Manusia perlaku kejahatan
bukan pada korban & keluarga korban yg ditinggalkan.

katakanlah kasus pembunuhan terencana atau narkotika
si korban menderita bahkan hilang nyawa,
keluarga korban akan merasa kehilangan,
klo punya keluarga, pastinya berantakan akibat kehilangan
istrinya menjanda & anak2nya menjadi yatim.
padahal mereka adalah korban (obyek yg menjadi kejahatan)
sedangkan pelaku dgn perbuatan luar biasanya tak pernah sekalipun peduli atau sekedar mempertimbangkan Hak Asasi Manusia mereka.

para pembela non-hukuman mati cuman mempertimbangkan sisi kemanusiaan PELAKU KEJAHATAN, bukan berpihak pada sisi KORBAN KEJAHATAN.

kita punya hati, nurani, keluarga & harapan masa depan peradaban yg perlu perlindungan. itulah sistem hukum yg menjaga kehidupan manusia tetap TERJAGA BERADAB.

bila dikatakan eksekusi mati melawan peradaban, itu karena pelaku kejahatan dengan sengaja melawan sistem hukum yg melindungi peradaban.

#BERKATA-KATA itu mudah (apalagi terkesan humanis single layer, menafikan dampak multi layer kemanusiaan). namun SEKALI LAGI lihatlah dari sisi kepentingan si korban & keluarganya, serta dampak rusaknya peradaban.


emoticon-I Love Indonesia (S)
teroris jg ttp aj dhukum mati

perlu efek jera gan
gmn klo mrka justru membunuh gnerasi muda ms depan?
nyatany pnegakan hukum d Indonesia jg parah sihemoticon-Marah
HAM-put bikin HAM-buradul tatanan masyarakat.
memang narkoba itu tidak boleh disalahkan,narkoba juga punya HAM utk hidup.

liat aja afriani xenia menewaskan 9 orang dan korban luka2 parah itu salahnya mengkonsumsi miras bukan narkoba makanya dihukum 15 tahun.terus sekarang lagi rame kasus novi itu salah karena mengkonsumis miras dan mendapatkan bisikan gaib dan untunya novi mengkonsumsi narkoba tidak menewaskan korban cuma korban lecet2 sedikit.

narkoba itu tidak akan menewaskan orang agan emoticon-Big Grin ,makanya komnas HAM dan aktifis HAM membela sampe mati2 utk mengurangi hukuman bahkan bebas kasus narkoba
Quote:Original Posted By primula
sepertinya cuman memikirkan Hak Asasi Manusia perlaku kejahatan
bukan pada korban & keluarga korban yg ditinggalkan.

katakanlah kasus pembunuhan terencana atau narkotika
si korban menderita bahkan hilang nyawa,
keluarga korban akan merasa kehilangan,
klo punya keluarga, pastinya berantakan akibat kehilangan
istrinya menjanda & anak2nya menjadi yatim.
padahal mereka adalah korban (obyek yg menjadi kejahatan)
sedangkan pelaku dgn perbuatan luar biasanya tak pernah sekalipun peduli atau sekedar mempertimbangkan Hak Asasi Manusia mereka.

para pembela non-hukuman mati cuman mempertimbangkan sisi kemanusiaan PELAKU KEJAHATAN, bukan berpihak pada sisi KORBAN KEJAHATAN.

kita punya hati, nurani, keluarga & harapan masa depan peradaban yg perlu perlindungan. itulah sistem hukum yg menjaga kehidupan manusia tetap TERJAGA BERADAB.

bila dikatakan eksekusi mati melawan peradaban, itu karena pelaku kejahatan dengan sengaja melawan sistem hukum yg melindungi peradaban.

#BERKATA-KATA itu mudah (apalagi terkesan humanis single layer, menafikan dampak multi layer kemanusiaan). namun SEKALI LAGI lihatlah dari sisi kepentingan si korban & keluarganya, serta dampak rusaknya peradaban.


emoticon-I Love Indonesia (S)


yup, semua punya hak
butuh ketegasan eksekutor
mau penggal. tesss, atau di lepas
emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By ajacid
memang sebuah dilema...dilain pihak sangat meresahkan dipihak lain mereka juga punya hak hidup (bertobat)
selama dia di sel tahanan,
kan banyak kesempatan bertobat dibalik terali besi gan? emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By felix.vendition
teroris jg ttp aj dhukum mati

perlu efek jera gan
gmn klo mrka justru membunuh gnerasi muda ms depan?
nyatany pnegakan hukum d Indonesia jg parah sihemoticon-Marah
isu terorisme & penanggulangannya,
masih bisa diperdebatkan kepentingannya.
pro-kontra di ranah publik msh terbuka dgn isu "terduga" yg penuh dugaan & belum ada kepastian secara hukum (pengadilan).

keberpihakan atas kepentingan penanggulangan (baca: pemberantasan) teroris juga msh dalam tensi polemik yg tinggi. bahkan saat ini cenderung sudah tak populer lagi, krn kental nuansa subjektifnya meski diperkuat fakta2 yg menurut banyak pengamat (fakta bisa & biasa direkayasa) emoticon-Embarrassment

belum lagi indikasi teknis yg brutal, dan berbau2 "smoke screen" ala ninja msh menyengat kuat.

#TERORISME memang perlu ditanggulangi. tanpa membawa isu2 SARA, bawa ke proses peradilan resmi (bukan ala jalanan), sumber pendanaan yg jelas & transparan, serta tak membikin gaduh publik (dgn asumsi menanggulangi teror, bukan dgn teknis teror yg justru berdampak teror lebih masif daripada efek ketakutan aksi terorisme)
alah komnas tai2anemoticon-Tai:


ga sekalian aja bebasin tuh pelaku kejahatan karna polisi telah mengganggu kebebasan berekspresinya pra pelaku
Quote:Original Posted By shegiet99
alah komnas tai2anemoticon-Tai:


ga sekalian aja bebasin tuh pelaku kejahatan karna polisi telah mengganggu kebebasan berekspresinya pra pelaku


komnas ham kan 1 peranakan sama dewan pers

emoticon-Ngacir
takuut kena ciduk pake gayung emoticon-Ngakak
Nggak heran kalau yg ngomong Komnas HAM. Buat mereka kan hukuman mati itu dianggap menyalahi hak hidup, tanpa peduli udah seberapa parahkah tindakan pelanggaran hukum yg dah dilakukan oleh calon penerima hukuman mati
Quote:Original Posted By Cakopit
memang narkoba itu tidak boleh disalahkan,narkoba juga punya HAM utk hidup.

liat aja afriani xenia menewaskan 9 orang dan korban luka2 parah itu salahnya mengkonsumsi miras bukan narkoba makanya dihukum 15 tahun.terus sekarang lagi rame kasus novi itu salah karena mengkonsumis miras dan mendapatkan bisikan gaib dan untunya novi mengkonsumsi narkoba tidak menewaskan korban cuma korban lecet2 sedikit.

narkoba itu tidak akan menewaskan orang agan emoticon-Big Grin ,makanya komnas HAM dan aktifis HAM membela sampe mati2 utk mengurangi hukuman bahkan bebas kasus narkoba

ketidakadilan akan menyebabkan ketidakpuasan diberbagai kasus.
keluar penjara, langsung dihabisi keluarga korban.
menjadi kasus kriminal berantai yg tak pernah putus rantai koneksinya.

Quote:Original Posted By shegiet99
alah komnas tai2anemoticon-Tai:


ga sekalian aja bebasin tuh pelaku kejahatan karna polisi telah mengganggu kebebasan berekspresinya pra pelaku
sindiran yg ngena banged emoticon-Big Grin


komnas HAM mungkin belum pernah ngalamin kejadian luar biasa kejam di wilayah HAM. makanya dia berkomentar begitu "liar" bagi kemanusiaan. emoticon-Hammer
setuju ane, ane juga nolak hukuman mati..
bisa aja misalnya si a sama si b
yang salah si a tapi yang dijerumusin si b, kenalah b akhirnya b dihukum mati padahal gak salah..
padahal pelaku si a, rasanya gak adil
perasaan semenjak adanya mahluk yg bernama HAM, kehidupan bermasyarakat jadi semrawut, tak mau di atur, individual karena menuntut haknya, menyedihkan,
pelajaran PPKN pun sudah tak terdengar dengan kata2 "DAHULUKAN KEWAJIBAN SEBELUM MENUNTUT HAK" sekarang malah terbalik "BANYAK NUNTUT KEWAJIBAN NOL BESAR"
Quote:Original Posted By beatzblue
perasaan semenjak adanya mahluk yg bernama HAM, kehidupan bermasyarakat jadi semrawut, tak mau di atur, individual karena menuntut haknya, menyedihkan,
pelajaran PPKN pun sudah tak terdengar dengan kata2 "DAHULUKAN KEWAJIBAN SEBELUM MENUNTUT HAK" sekarang malah terbalik "BANYAK NUNTUT KEWAJIBAN NOL BESAR"
isu HAM paling di dorong2 buat negara "terbelakang" yg dianggapnya msh jauh dari peradaban manusia (versi pengusung ham). isu2 yg paling manis = humanis, bahkan faunis (hewan).

cuman sepertinya pengalihan isu saja & biar terlihat perfect dgn teknik presentasinya yg memang dilatih & terlatih meyakinkan.

padahal klo mau lebih kritis, maukah mereka melakukan serangkaian investigasi kebrutalan invasi perang di negara ke-3 di seluruh dunia?. entah dgn alasan (pemaksaan) isu demokratisasi maupun kejahatan perang terhadap penduduk sipil. emoticon-norose

#BUKAN menafikan aspek HAM, hanya saja lebih menguak latar-belakang driver isu HAM yg menolak hukuman mati saja. cmiiw emoticon-Blue Guy Peace
Komnas Hamburgeremoticon-Busa:
Lagi kaga bakal di didengerin dia biar dia koar-koar gimana jugaemoticon-Big Grin

Koruptor kakap,bandar narkoba kakap,pembunuh berantai..hukuman matiemoticon-shakehand:
karena nggak pernah para koruptor di hukum mati makanya nggak takut korup