alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017003810/diskusi-nyok--begini-proyek-monorel-joko-widodo
( Diskusi Nyok ) Begini Proyek Monorel Joko Widodo
( Diskusi Nyok ) Begini Proyek Monorel Joko Widodo

TEMPO.CO, Jakarta - Satu dari berbagai rencana bangunan penunjang transportasi Jakarta yang telah lama direncanakan adalah monorel. Ini pula yang menjadi "''pekerjaan rumah" bagi Joko Widodo. Gubernur DKI Jakarta itu kini hendak menghidupkan proyek yang akan terkoneksi dengan mass rapid transit (MRT) tersebut.

Berikut Proyek Monorel itu:

KONSEP:
Monorel akan terkoneksi dengan mass rapid transit (MRT), busway, dan kereta listrik.

KONSEP JOKOWI (KAMPANYE) :
Monorel kapsul bersusun empat dalam satu tiang di tengah jalan atau kanan dan kiri jalan.

DAYA ANGKUT:
Sekali angkut 800 penumpang.

RUTE:
- Proyek pertama jalur Palmerah-Tanah Abang sepanjang 14,6 km.
- Jalur 2 melalui Cawang-Jembatan Tiga dan Tol Pelabuhan sepanjang 19,20 km, serta Simpang Kuningan-terowongan Kuningan sepanjang 600 meter.
- Jalur 3 adalah Cawang Atas-Ancol sepanjang 14 km.
– Jalur 4 Grogol-Harmoni-Cempaka Mas melewati Kyai Tapa sepanjang 12,15 km.

RUTE LAMA (MANGKRAK):
– Sepanjang 14,2 kilometer akan melayani rute Semanggi-Kuningan.
– Sepanjang 12,2 kilometer melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy.

INVESTASI:
Rp 12-13 triliun ditanggung BUMN (PT Adhi Karya, PT Kereta Api, dan PT LEN) serta BUMD.

Sumber

Jokowi Minta Konsorsium Monorel Presentasi

( Diskusi Nyok ) Begini Proyek Monorel Joko Widodo

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk mempresentasikan proyek monorel di minggu pertamanya menjabat sebagai gubernur.

"Saya minta besok (Kamis hari ini). Kalau enggak bisa ya minggu depan," ujar Joko Widodo usai menemani Presiden Susilo Bambang Yuhoyono di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Oktober 2012.

Jokowi ingin pembangunan monorel dapat segera terwujud. Namun, dia ingin mendapatkan penjelasan dari pencetus konsorsium, Adhi Karya, soal terhambatnya proyek tersebut. "Dipresentasikan dulu baru saya putuskan. Kalau bisa ya langsung jalan," katanya.

Mengenai pergeseran koridor busway jika proyek monorel jadi dibangun, Jokowi belum bisa berkomentar banyak. Dia ingin mendengarkan presentasi mengenai proyek itu terlebih dulu.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono masih enggan berkomentar mengenai proyek monorel yang bakal dihidupkan kembali pada pemerintahan Jokowi. "Masih menunggu arahan Pak Gubernur," kata Pristono.

Dalam waktu dua-tiga hari ini, Pristono rencananya akan melakukan presentasi ke Jokowi mengenai seluruh permasalahan lalu lintas di Jakarta.

Menurutnya, warga Jakarta telah mengetahui kondisi tiang pancang monorel yang tidak digunakan beberapa tahun belakangan ini. "Ke depannya masih menunggu Pak Gubernur," ujarnya.

Pemerintah rencananya akan menghidupkan kembali proyek monorel ini. Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan, mengatakan untuk pembangunan tahap pertama proyek ini akan melewati rute Tanah Abang, sekaligus Depona, lalu melewati Waduk Melati, Bundaran Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Kuningan, Mega Kuningan, dan kawasan SCBD Senayan.

Total rute yang dilewati itu adalah 13 kilometer dengan 16 stasiun, melewati 21 mal, 110 gedung perkantoran, 26 pasar dan sekolah, serta 19 apartemen. Nilai investasi yang dibutuhkan untuk tahap pertama ini, kata Kiswo, berkisar antara Rp 12 triliun hingga Rp 13 triliun.

Nantinya, dana akan ditanggung bersama badan usaha milik daerah, PT Inka, dan PT LEN Industri. "Proyek tidak akan menggunakan APBD. BUMN akan tanggung 30 hingga 40 persen dibagi tiga, sisanya BUMD," ujarnya.


Sumber


Menurut TS untuk masalah transportasi yang perlu dibenahi sesuai urutan adalah :

1. Metromini dan Kopaja
2. Busway
3. Monorail
4. MRT

Ini hanya pendapat TS bagaimana dengan pendapat agan2 sekalian ? emoticon-I Love Indonesia (S)
mau gimana yg dibenahin n dibangun duluan yg penting bisa mengakomodasi banyak penumpang
Quote:Original Posted By suradisuroto
Menurut TS untuk masalah transportasi yang perlu dibenahi sesuai urutan adalah :

1. Metromini dan Kopaja
2. Busway
3. Monorail
4. MRT

Ini hanya pendapat TS bagaimana dengan pendapat agan2 sekalian ? emoticon-I Love Indonesia (S)


bagaimanapun urutan yg om ts berikan semua akan bisa berjalan lancar untuk mengatasi kemacetan jakarta , mau mrt duluan atau busway duluan atau apalah yg duluan juga gak masalah . urutan pendapat yg om ts kasih itu di acak juga sebenernya no problem kok .
akar masalah macet jakarta cuma satu , ego dan gengsi penduduknya (menengah keatas) .
asalkan individu di jakarta bisa menyingkirkan ego dan gengsi dirinya , jakarta bisa terhindar kok dari macet .
karena yg bikin jakarta macet adalah egoisme dan gengsi masyarakatnya .
CMIIW emoticon-Blue Guy Peace
semua yang teriak2 pembatasan kendaraan pribadi. kalo misal ntar pemerintah ambil keputusan tiru China yang melarang sepeda motor berlintas dijalanan kota besar, apa pada setuju? emoticon-Big Grin

gue sendiri biker, kemaren ada keperluan ke ciledug sore, pulangnya sekitar jam 7 malam ke arah jakarta, dulu bbrp bulan lalu jalanannya lancar deh, gak taunya semalam macet parah 2 arah, ternyata bikers berjamaah dari arah jakarta ambil jalur berlawanan arah, makyus.
yang paling urgent dibenahi adalah tata ruang jakarta sendiri. selama masih ruwet ya begitulah emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
sinergikan dengan MRT sebagai tulang punggung lalu lintas orang masuk dan keluar jakarta.
seperti komentar yang lain aja emoticon-Big Grin
kalau orang gak egois dan mau naik kendaraan umum maka dengan sendirinya jalanan lancar kok emoticon-Big Grin
ane sering lihat mobil besar (Kijang Inova, Harrier, dll) yang naik cuma 1 orang doang. emoticon-Hammer (S)





satu dua tiga empat emoticon-Ngacir
double post
Setau ane itu konsep direksi adhikarya deh.
Bukan konsep jokwi.
Quote:Original Posted By kaoskoruptor
Monorail ini penting untuk angkutan massal, tapi yg jauh lebih penting di jakarta itu pembatasan peredaran kendaraan bermotor karena sudah terlampau melebihi kapasitas, mau ditingkat jalan 10 tingkat kalau peredaran kendaraan gak dibatasi gak selesai-selesai masalah macet jakarta. emoticon-Big Grin



Nitip lapak gan:


Tenang, gan
Angkutan dibenerin semaksimal mungkin, terus parkir dinaikin, kalo perlu, 3 in 1 di perluas dan pake road pricing
Nanti juga orang bakal pindah sendiri ke angkutan umum kok emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ran.sato
seperti komentar yang lain aja emoticon-Big Grin
kalau orang gak egois dan mau naik kendaraan umum maka dengan sendirinya jalanan lancar kok emoticon-Big Grin
ane sering lihat mobil besar (Kijang Inova, Harrier, dll) yang naik cuma 1 orang doang. emoticon-Hammer (S)





—satu dua tiga empat emoticon-Ngacir™


Bukan soal itu... transportasi umumnya kaya kandang... siapa yg mau naik klo punya mobil/motor yang lebih memanusiakan manusia... emoticon-I Love Indonesia (S)
wah, keren tuh klo mang bener2 bs ada monorel di jkt...
ga kalah ma singapura dan malingsia, eh, malaysia...emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
salah satu terobosan ngatasin macet, paling efektif ya transportasi massal emang. kapasitas & rute jangkauan perlu ditingkatkan, secara biaya pasti lebih efisien dibanding bawa kendaraan pribadi.

yg jadi masalah bagi pengguna, cuman disiplin di waktu keknya.
yg sok sibuk & perlu ontime ke tujuan, perlu menyesuaikan diri.
para pejabat maupun pegawai (staf) tak perlu lagi pake mobdin.
tak lagi ada alasan untuk menolak EFISIENSI & EFEKTIFITAS untuk keperluannya, kecuali yg g tahu diri aja. emoticon-Hammer
setuju sama agan yg diatas.. pembangunan nya juga harus dibarengi dengan pembatasan kendaraan bermotor..
itu diatas kertas, berita dari kompas malah bilang proyek monorel belum dapat dipastikan, gimana nih pak dhe? emoticon-Matabelo

http://megapolitan.kompas.com/read/2...pat.Dipastikan
Quote:Original Posted By suradisuroto
( Diskusi Nyok ) Begini Proyek Monorel Joko Widodo

TEMPO.CO, Jakarta - Satu dari berbagai rencana bangunan penunjang transportasi Jakarta yang telah lama direncanakan adalah monorel. Ini pula yang menjadi "''pekerjaan rumah" bagi Joko Widodo. Gubernur DKI Jakarta itu kini hendak menghidupkan proyek yang akan terkoneksi dengan mass rapid transit (MRT) tersebut.

Berikut Proyek Monorel itu:

KONSEP:
Monorel akan terkoneksi dengan mass rapid transit (MRT), busway, dan kereta listrik.

KONSEP JOKOWI (KAMPANYE) :
Monorel kapsul bersusun empat dalam satu tiang di tengah jalan atau kanan dan kiri jalan.

DAYA ANGKUT:
Sekali angkut 800 penumpang.

RUTE:
- Proyek pertama jalur Palmerah-Tanah Abang sepanjang 14,6 km.
- Jalur 2 melalui Cawang-Jembatan Tiga dan Tol Pelabuhan sepanjang 19,20 km, serta Simpang Kuningan-terowongan Kuningan sepanjang 600 meter.
- Jalur 3 adalah Cawang Atas-Ancol sepanjang 14 km.
– Jalur 4 Grogol-Harmoni-Cempaka Mas melewati Kyai Tapa sepanjang 12,15 km.

RUTE LAMA (MANGKRAK):
– Sepanjang 14,2 kilometer akan melayani rute Semanggi-Kuningan.
– Sepanjang 12,2 kilometer melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy.

INVESTASI:
Rp 12-13 triliun ditanggung BUMN (PT Adhi Karya, PT Kereta Api, dan PT LEN) serta BUMD.

Sumber

Jokowi Minta Konsorsium Monorel Presentasi

( Diskusi Nyok ) Begini Proyek Monorel Joko Widodo

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk mempresentasikan proyek monorel di minggu pertamanya menjabat sebagai gubernur.

"Saya minta besok (Kamis hari ini). Kalau enggak bisa ya minggu depan," ujar Joko Widodo usai menemani Presiden Susilo Bambang Yuhoyono di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Oktober 2012.

Jokowi ingin pembangunan monorel dapat segera terwujud. Namun, dia ingin mendapatkan penjelasan dari pencetus konsorsium, Adhi Karya, soal terhambatnya proyek tersebut. "Dipresentasikan dulu baru saya putuskan. Kalau bisa ya langsung jalan," katanya.

Mengenai pergeseran koridor busway jika proyek monorel jadi dibangun, Jokowi belum bisa berkomentar banyak. Dia ingin mendengarkan presentasi mengenai proyek itu terlebih dulu.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono masih enggan berkomentar mengenai proyek monorel yang bakal dihidupkan kembali pada pemerintahan Jokowi. "Masih menunggu arahan Pak Gubernur," kata Pristono.

Dalam waktu dua-tiga hari ini, Pristono rencananya akan melakukan presentasi ke Jokowi mengenai seluruh permasalahan lalu lintas di Jakarta.

Menurutnya, warga Jakarta telah mengetahui kondisi tiang pancang monorel yang tidak digunakan beberapa tahun belakangan ini. "Ke depannya masih menunggu Pak Gubernur," ujarnya.

Pemerintah rencananya akan menghidupkan kembali proyek monorel ini. Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan, mengatakan untuk pembangunan tahap pertama proyek ini akan melewati rute Tanah Abang, sekaligus Depona, lalu melewati Waduk Melati, Bundaran Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Kuningan, Mega Kuningan, dan kawasan SCBD Senayan.

Total rute yang dilewati itu adalah 13 kilometer dengan 16 stasiun, melewati 21 mal, 110 gedung perkantoran, 26 pasar dan sekolah, serta 19 apartemen. Nilai investasi yang dibutuhkan untuk tahap pertama ini, kata Kiswo, berkisar antara Rp 12 triliun hingga Rp 13 triliun.

Nantinya, dana akan ditanggung bersama badan usaha milik daerah, PT Inka, dan PT LEN Industri. "Proyek tidak akan menggunakan APBD. BUMN akan tanggung 30 hingga 40 persen dibagi tiga, sisanya BUMD," ujarnya.


Sumber


Menurut TS untuk masalah transportasi yang perlu dibenahi sesuai urutan adalah :

1. Metromini dan Kopaja
2. Busway
3. Monorail
4. MRT

Ini hanya pendapat TS bagaimana dengan pendapat agan2 sekalian ? emoticon-I Love Indonesia (S)


metromini kopaja susah gan...pemilik na pd ga mau peremajaan...alesan ga ada duit
Thread lama bangkit lagi emoticon-Big Grin

Inget monorel jadi inget :
1. Proyek bales budi ke ES
2. Besok tinggal ngecorrr
3. metro kapsul
4. mrt mangkrak
5. TJ karatan

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Maaf, kalian kurang beruntung...!
Quote:Original Posted By rsryomantap
Thread lama bangkit lagi emoticon-Big Grin

Inget monorel jadi inget :
1. Proyek bales budi ke ES
2. Besok tinggal ngecorrr
3. metro kapsul
4. mrt mangkrak
5. TJ karatan

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


6. air ciliwung siap minum

ada yg tambahin..
Trus realisasinya? emoticon-Ngakak
Kebanyakan wacana sama pencitraan emoticon-Busa:
jgn lupa deep tunnel emoticon-Ngakak