alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017002236/letkol-robert-saya-hanya-peduli-dng-perintah-atasan-bukan-dng-kode-etik-jurnalistik
Poll: kota tercinta
semarang 0% (0 votes)
jakarta 100% (1 votes)
Thumbs up 
Letkol Robert: Saya Hanya Peduli Dng Perintah Atasan, Bukan Dng kode Etik Jurnalistik
Quote:Letkol Robert Simanjuntak, lakon pencekik fotografer Riau Pos, Didik Hermanto sempat mengatakan tak peduli dengan kode etik jurnalistik. Ia hanya peduli dengan perintah atasnnya. Hal tersebut diungkapkan Didik Hermanto kepada wartawan di Riau, Rabu (17/10).

"Saya sempat bilang kalau tindakan Robert melanggar kode etik jurnalistik. Namun, ia tetap mencekik saya dan bilang tak peduli dengan kode etik jurnalistik," ujarnya.

Robert, lanjut Didik, hanya peduli dengan perintah atasannya, yang diduga mengintruksikan untuk mengusir wartawan.

Sebagaimana diketahui, Didik menjadi korban kekerasan TNI, saat tengah meliput insinden jatuhnya pesawat tempur jenis Hawk 200 di Kampar Riau.

Kontan aksi tersebut menuai kecaman. Apalagi, peliputan tersebut dilakukan di area warga sipil, bukan wilayah militer.

Menyikapi kejadian tersebut, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengaku menyesalkan tindakan bawahannya tersebut.

Meski begitu, Agus sempat berkilah bahwa langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk pengamanan. Terlebih di dalam pesawat tersebut, terdapat bahan peledak.

"Sekali sebenarnya mereka menginginkan keselamatan masyarakat ataupun wartawan. Karena kita ketahui bahwa pesawat tersebut masih membawa bahan peledak. Tapi, saya mengakui bahwa tindakan yang dipakai di luar batas kepatutan," ujar Agus.


EMBER

aduh bung, lo mau triak2 ampe muntah darah di depan TNI soal kode etik jurnalistik ga bakal d dengerin...emoticon-Big Grin

kalau sama polisi mungkin bisa lempem mereka, tapi kalau sama TNI? mending mikir2 dlu deh...emoticon-Big Grin
jelas yg salah KOMANDANNYA... prajurit kan robot, disuruh ke kiri kekiri, disuruh kekanan ya kekanan

oknum itu gak salah....

dan si wartawan juga gak salah, lah kejadiannya di tempat umum, ngapain gak ambil di tempat sembunyi2...


damai aja dech...
Makanya wartawan jangan terlalu maksa, ikuti aturan aja lah... Ga usa jumawa karena pegang kartu pers.
huh? the commander instruct the soldier to make the reporter go away from the scene not to beat em up...emoticon-Cape d... (S)

well the reporter it self is not clean....when some soldier told you to get the hell out of there and you insist to stay..then you will receive some punch in your face, kick in your stomach and else emoticon-army:
emang wartawan kampret sekali2 perlu dibina sm TNI emoticon-I Love Indonesia (S)
wartawan goblog kalo bilang gitu..,
bukannya kode etik jurnalistik cuman berlaku buat jurnalis emoticon-Gila
sang perwira kan boekan djoernalis, mana taoe segala oeroesan kode etik djoernalis jaaa
Quote:Sekali sebenarnya mereka menginginkan keselamatan masyarakat ataupun wartawan. Karena kita ketahui bahwa pesawat tersebut masih membawa bahan peledak.

memangnya untuk manejaga keselamatan masayarakat dan wartawan harus mukul sama nyekek gitu emoticon-fuck
wah gw pertamax pilih no 3
lu kudu ksh gw hadiah nih Pong

emoticon-Genit:emoticon-Genit:

* serious mode on *
gw ga nyalahin TNI nya tuh
tp emg kudunya lebih manis lagi dienya
peluk si wartawan , bawa ke truk . trus strum deh disono .emoticon-army:emoticon-army:
Letkol Robert: Saya Hanya Peduli Dng Perintah Atasan, Bukan Dng kode Etik Jurnalistik

Kasssian betul pak letkol... Masak kagak ada tamtama & bintara yang bantuin, maksudnya nahan wartawannya supaya kagak usah bergumul gitu.

Kejadian kek gini nunjukin lemahnya aparat kita. Gak siap menghadapi warga sipil. Masak nutup lokasi aja gak bisa. Lagi kek gini kan selayaknya personil koramil & polsek ikut ngebantu.

============

Vote TS.
wartawanya seharusnya tau diri juga sih
yg kecelakaan ini kan pesawat tempur, dan pesawat tempur ini kalo membawa bomb pasti sangat berbahaya sekali disaat kondisi pesawat kecelakaan yg memungkinkan terjadi kebakaran. dan dimanapun yang namanya fasilitas militer jelas gak boleh sembarangan ambil gambar
Quote:Original Posted By HMasterz
huh? the commander instruct the soldier to make the reporter go away from the scene not to beat em up...emoticon-Cape d... (S)

well the reporter it self is not clean....when some soldier told you to get the hell out of there and you insist to stay..then you will receive some punch in your face, kick in your stomach and else emoticon-army:


and the reporter deserve that punch.. rite !!! emoticon-Big Grin
menurut ane yang salah bukan letkol nya, tapi TNI nya secara keseluruhan yang masih membuat jarak dengan sipil yg jelas jelas menggaji TNI via duit pajak rakyat sipil

di amerika, tentara itu menaruh hormat pada rakyat loh, serve and protect
cuma di indonesia aja TNI nya minta diperlakukan kayak shogun raja raja kecil jaman baheula
TNI paradigma nya udah ketinggalan jaman, gak cocok dgn jaman skarang
liat aja mobil2x pribadi TNI kalo dijalanan kelakuannya kayak emoticon-Tai: emoticon-fuck
Jagoan ku TNI lah, wartawan mah ke laut ajah deh.. emoticon-army:
Quote:Original Posted By Adzka27
memangnya untuk manejaga keselamatan masayarakat dan wartawan harus mukul sama nyekek gitu emoticon-fuck


Pilotnya masih adik pak letkol tsb. dia berpikir adiknya masih ada di dalam pesawat hawk tsb, eh ada yang ngotot banget ngambil gambar...
Emosi lagi ga stabil jadi kejadian deh..
alasan penganiayaan aja belum jelas, kok TNI bisa segitu marahnya sama wartawan. kalo emg demi keselamatan, lah wong waktu itu masyarakat lain juga banyak di sekitar mereka, itu di foto pencekikan malah ada anak SD.

apa jangan jangan TNI menutupi sesuatu nih? krn selama ini kan indonesia terkenal dengan gaya penerbangan yang unik, gak ditembak pun bisa jatuh emoticon-Hammer

atau malu di ketahui masyarakat tiap tahun buang2 duit dengan ngancurin pesawat emoticon-Ngakak (S)
menurut saya sih tni salah ambil sikap seharus nya kan itu wartawan dirangkul trus bawa masuk kemubil trus bawa pergi trus di bina

masih inget saya cerita kawan dri AD pas darurat militer di aceh dulu AD lg kontak senjata sama GAM wartawan suruh mundur karena bahaya eeee wartawan ngotot "saya wartawan anda tidak berhak mehalangi wartawan" giliran wartawan di tangkap GAM trus MEWEK nyalahan AD gak bisa melindungi mereka
ya mungkin letkol TNI melakukan itu demi keselamatan wartawan juga,agar wartawan jgn dekat2 dgn TKP untuk menghindari hal2 yg tidak di inginkan
Bukannya udah damai kemarin di tv oon?
Quote:Original Posted By cool parker
wartawan goblog kalo bilang gitu..,
bukannya kode etik jurnalistik cuman berlaku buat jurnalis emoticon-Gila


mungkin wartawannya mengira dng berlindung d balik kode etik jurnalistik bisa semaunya...ternyata dia salah..emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By lydliem
wah gw pertamax pilih no 3
lu kudu ksh gw hadiah nih Pong

emoticon-Genit:emoticon-Genit:

* serious mode on *
gw ga nyalahin TNI nya tuh
tp emg kudunya lebih manis lagi dienya
peluk si wartawan , bawa ke truk . trus strum deh disono .emoticon-army:emoticon-army:


hadiahnya mau yg dlm format video yah??emoticon-Genit:


hahaha di peluk trus d setrum2,...terlalu kejam gan,.emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By goed.adit
Letkol Robert: Saya Hanya Peduli Dng Perintah Atasan, Bukan Dng kode Etik Jurnalistik

Kasssian betul pak letkol... Masak kagak ada tamtama & bintara yang bantuin, maksudnya nahan wartawannya supaya kagak usah bergumul gitu.

Kejadian kek gini nunjukin lemahnya aparat kita. Gak siap menghadapi warga sipil. Masak nutup lokasi aja gak bisa. Lagi kek gini kan selayaknya personil koramil & polsek ikut ngebantu.

============

Vote TS.


mungkin mereka yg duluan sampai gan, jadi langsung ngamanin lokasi, & personil d lapangan jga kurang & wartawan jga udah pada datang,.. d video kaya'a baru lewad 1 mobil patroli dari polsek,..emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By Adzka27
memangnya untuk manejaga keselamatan masayarakat dan wartawan harus mukul sama nyekek gitu emoticon-fuck


yah mungkin karna wartawannya ngeyel dan nyolot jadi kena pukul sama pak TNI...emoticon-Ngakak (S)