alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016997888/pak-wapres-bilang-rel-ganda-ke-surabaya-harus-selesai-2013
Pak Wapres Bilang: Rel Ganda ke Surabaya Harus Selesai 2013
Quote:Wakil Presiden (Wapres) Boediono meminta pembangunan rel ganda (double track) kereta api (KA) lintas utara Jawa sepanjang 727 kilometer (km) bisa selesai pada 2013. Apalagi rel ganda untuk rute Jakarta-Surabaya ini strategis bagi perekonomian nasional.

"Saya ingatkan, untuk lintas Cirebon-Semarang harus sudah selesai pada Juni 2013, sehingga pada angkutan Lebaran nanti sudah bisa dioperasikan," kata Wapres usai memberikan pengarahan kepada Satuan Kerja (Satker) Proyek Double Track Lintas Utara Jawa di Semarang, kemarin.

Turut mendampingi Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tundjung Inderawan, dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan. Wapres meninjau langsung pelaksanaan pekerjaan dari Semarang ke Tawang yang rawan mengalami penurunan tanah karena dikelilingi luapan air rawa.

Untuk lintas Cirebon-Semarang sepanjang 433 km masih ada 143 km yang belum dikerjakan, yaitu lintas Cirebon-Berebes sepanjang 63 km dan Pekalongan-Semarang 90 km. Wapres lantas optimistis sisa pekerjaan bisa selesai Juni 2013 dan menginstruksikan seluruh pekerjaan wajib diselesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan.

Menurut dia, rel ganda (double track) lintas utara Jawa ini akan meningkatkan kapasitas angkut barang dan penumpang angkutan massal keerta api, sehingga mampu mengurangi beban di jalan raya. Jadi, proyek ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional, misalnya peningkatan angkutan komoditas dari 5 juta TEUs peti kemas menjadi 15 juta TEUs peti kemas per pekan. Saat proses pembangunan, proyek ini sudah memberikan dampak positif dengan menyerap material atau bahan bangunan seperti pasir, batu, dan tanah untuk penimbunan. Belum lagi industri pembuat bantalan rel.

"Saya melihat koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah tertata baik. Karena itu, saya sampaikan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek ini. Ini merupakan proyek yang direncanakan bersama oleh berbagai pihak, jadi harus selesai sesuai jadwal yang ditentukan," tutur Boediono.

Wapres lantas mengaku akan terus memantau pelaksanaan proyek perkeretaapian ini, termasuk masalah pencairan anggarannya. Apalagi proyek ini juga mendukung langsung pelaksanaan masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 140.000 orang.

"Soal anggaran, saya akan pantau terus dan mengkoordinasikannya dengan Kementerian Keuangan, makanya masalah ganti rugi tanah warga yang masuk dalam proyek harus segera diselesaikan dalam waktu dekat," ujarnya.

Lahan

Terkait hal ini, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tundjung Inderawan mengatakan, proses penyelesaian ganti rugi lahan milik warga yang terkena dampak proyek ditargetkan selesai dalam waktu dua pekan ke depan. Dalam hal ini, tidak ada kendala signifikan, karena sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah (pemda) setempat.

Sejak awal, proyek kereta api ini sudah mendapat dukungan penuh dari pemda setempat. Apalagi pemda juga berkepentingan dengan kelancaran transportasi. Selain itu juga nilai tambah dalam perekonomian sejak proses pembangunan hingga pengoperasian rel ganda kereta api.

"Dampak positif dari proyek ini sudah dirasakan masyarakat. Industri rumahan jadi berkembang, tenaga kerja di lingkungan setempat terserap. Sektor industri lainnya juga merasakan dampaknya," kata Tundjung.

Selain Jakarta-Surabaya, juga sudah terbangun jalur rel ganda KA lintas Cirebon-Surabaya sepanjang 294 km untuk rute Brebes-Tegal dan Tegal-Pekalongan, sedangkan yang masih jalur rel tunggal sepanjang 433 km meliputi Cirebon-Berebes 63 km, Pekalongan-Semarang 90 km, Semarang-Bojonegoro 180 km, dan Bojonegoro-Surabaya 103 km.

Perkembangan pekerjaan fisik hingga 15 Oktober 2012 secara kumulatif mencapai 38 persen dari target 60 persen dari keseluruhan proyek atau untuk pekerjaan tahun anggaran 2012. Sisanya 40 persen dilaksanakan pada tahun anggaran 2013. (Syamsuri S)



http://www.suarakarya-online.com/new...html?id=313542

Semua orang juga mengharapkan double track ini segera beres pak...
Quote:Original Posted By japek
http://www.suarakarya-online.com/new...html?id=313542

Semua orang juga mengharapkan double track ini segera beres pak...


iya nih biar ga kecelakaan mulu, udah sering anjlok, satu rel di pake 2 arah jadinya sering ngetem tuh kereta, nunggu kereta yang laen lewat emoticon-Ngakak
Mudah-mudahan bisa diselesaikan secepat mungkin, jangan seperti hambalang tidak bertanggung jawab...
wapres baru belajar exist,
ini wapres simbolik cuma buat melindungi cikeas,
kerja nya aga ga pernah kelihatan
menjelang selesai masa jabatan, wapresnya baru nongol emoticon-Cape d... (S)
kita masih punya wapres ya?
mafia impor bukan? emoticon-Big Grin
BUDIONO BAEKNYA DIAM AJA DAH ,,, SITU WAPRES CUMA SYMBOL SBY JAemoticon-Cape d... (S)
asal ada uang, semuanya bisa diselesaikan.
kenapa baru nongol sekarang ? sebelum sebelumnya ke mana aja ? emoticon-Cape d...
ini budi
ini bapak budi
ini ibu budi
ini adik budi
situ sapanya budi?
tumben ada beritanya pak wapres emoticon-Big Grin
Ha? Emang kita ada wapres nya ya?
weew Indonesia punya wapresemoticon-Matabelo
Terus daerah diluar pulau jawa bijimane donk pak boed? didiemin aja? emoticon-Malu (S)
Apa rel harus di sumatra,kalimantan,sulawesi,papua hrs nunggu th 2031? emoticon-Bingung (S)
Bud...kemana aja lu ah...
sepertinya ada yg ngomong sesuatu tapi kok ada orangnya yah emoticon-Bingung
semoga menjadi kenyataan bukan cuman menjadi mimpi semata wakakakak
wapres mana sih itu? parung bukan? emoticon-Ngakak
Jangan cuma berharap doang ..........
Kerjakan dan realisasikan dong
Nah gitu dong emoticon-thumbsup
jgn sampe molor aj kerjany emoticon-fuck2