alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016991703/wah-kerenmesin-pemanen-dan-perontok-padi-seharga-rp300-juta-jadi-tontonan-warga
wah keren...Mesin Pemanen dan Perontok Padi Seharga Rp300 Juta Jadi Tontonan Warga
Mesin Pemanen dan Perontok Padi Seharga Rp300 Juta Jadi Tontonan Warga
wah keren...Mesin Pemanen dan Perontok Padi Seharga Rp300 Juta Jadi Tontonan Warga
Mesin pemanen sekaligus perontok padi buatan China yang dioperasikan di persawahan Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen, Rabu (17/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)


Puluhan orang berjajar di pinggir areal persawahan Jalan Solo-Sragen, Desa Duyungan, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Rabu (17/10/2012) sekitar pukul 10.00 WIB. Beberapa pengendara sepeda motor dan mobil yang kebetulan lewat, menghentikan laju kendaraannya, lalu turun ke tempat itu. Arus lalu lintas pun agak sedikit terhambat karena banyak kendaraan parkir di pinggir jalan itu.

Mata puluhan orang itu tertuju pada satu mesin perontok padi yang sedang dioperasikan di sawah itu. Ketika mesin dioperasikan, bagian depan mesin langsung memotong habis tanaman padi yang sudah siap dipanen. Dari bagian belakang mesin, keluar jerami padi yang sudah bersih. Jerami itu pun tertata rapi di areal persawahan. Sementara padi yang sudah bersih, keluar dari bagian samping mesin dan langsung masuk ke dalam kantong padi.

Mesin buatan China itu bisa dikatakan istimewa karena baru dioperasikan beberapa hari terakhir di Sragen. “Tahun ini pertama kali ada di Sragen. Mesin milik saya baru datang tiga hari lalu dari China,” ujar pemilik mesin perontok padi itu, Joko Sriyono. Mantan Camat Sidoharjo itu mengungkapkan selain di Desa Duyungan, ada empat desa lainnya yang sudah menggunakan mesin tersebut. Yaitu Desa Tenggak Kecamatan Sidoharjo, Desa Nglorog dan Kedungpit Kecamatan Sragen dan Desa Bener Kecamatan Ngrampal.

Mesin seharga Rp300 juta itu, kata Joko, memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mesin perontok padi lainnya. Yaitu hemat tenaga karena ketika memanen padi hanya membutuhkan tiga orang hingga padi bersih, tingkat kehilangan padi hanya sekitar 2%. Padahal jika padi dipanen dengan mesin perontok padi tleser atau pun alat tradisional, tingkat kehilangan padi bisa mencapai 8% dan membutuhkan banyak tenaga manusia. “Jika dihitung keseluruhan, termasuk hemat biaya. Untuk memanen padi seluas kurang lebih 3.500 meter, saya kenai biaya Rp700.000. Padi sudah diangkut hingga pinggir jalan,” jelasnya.

Salah seorang petugas penyuluh lapangan dari Kecamatan Sidoharjo, Suratman, mengungkapkan mesin tersebut menjadi solusi bagi petani atau penebas yang tidak ingin repot memanen padi. Pasalnya keluar dari mesin, padi sudah bersih, bahkan bagian padi yang tidak berisi ikut dibersihkan saat di mesin. “Ini lebih praktis,” ujarnya.

Salah seorang penebas padi, Miyo, 66, mengungkapkan melihat kerja mesin itu yang cepat dan hasilnya baik, ia tertarik untuk menggunakannya. Tapi ia akan menghitung-hitung dulu, apakah secara keseluruhan lebih menguntungkan atau tidak. “Jika menguntungkan, saya pilih pakai mesin ini,” ujarnya.

sumber
menurut ane alat ini bagus, sayang harganya mahal.
dampak + lebih praktis, hasilnya lebih maksimal, hemat tenaga [manusia]
dampak - para buruh tani [pemanen akan kehilangan pekerjaannya]

semoga alat ini banyak manfaatnya
300 juta tiap 3500 meter 700 ribu

bisa cepet balik modal yak kaya nya emoticon-Belo
300 jt itu kena cukai ngga ya? emoticon-Embarrassment

Kalo kena ya ******** namanya. katanya pro petani. emoticon-Embarrassment
emoticon-Ngakak jadi kasihan sama buruh panen..
ga dapet duit lagi nih kalau alat ini udah banyak yg gunain
persentasenya harusnya dihadapan serikat pekerja, sambil presentase, presenternya ngemeng "ini loh mesin yang bisa gantiin pekerjaan manusia"
wah klo buat manen sawah yg luas kayaknya lebih efektif ni mesin,
tapi klo cuman sawah yg kecil2 enakan pake tenaga manusia.
Wah orang luar dah pake alat ini dari dulu kita baru sekarang. Semoga deh alat ini bisa memajukan dunia pertanian kita.
Hayo anak2 ITB.. di jiplak tu mesin..di buat lagi dengan harga murah..moso china aja yg bisa jiplak mesin orang. kita harus belajar jadi plagiat. emoticon-Smilie
smga aja adanya mesin ini bisa memajukan pertanian Indonesia
bukkannya dijadikan ajang mark up baru..emoticon-Shutup
semoga anak-anak bangsa bisa menciptakan mesin prontok yang lebih baik dengan harga yang lebih bersahabat aka murah bukan murahan

Thumbs up 

waOOaw... mantap!!!
Quote:Original Posted By kerajaan.sorga
mungkin nanti ada industri lokal yang bisa COpycatemoticon-Big Grin

semoga anak2 esemka bs buat lbh murah emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By HEYLEL
300 juta tiap 3500 meter 700 ribu

bisa cepet balik modal yak kaya nya emoticon-Belo

ya lumayan gan...lom biaya laen2 ex:bbm+onderdil gaji operatornya
Quote:Original Posted By dewacuki
300 jt itu kena cukai ngga ya? emoticon-Embarrassment

Kalo kena ya ******** namanya. katanya pro petani. emoticon-Embarrassment

ya pemerintah seharusnya membantu dung...
Quote:Original Posted By KoplakDarurat
emoticon-Ngakak jadi kasihan sama buruh panen..
ga dapet duit lagi nih kalau alat ini udah banyak yg gunain

iya gan kasian para buruh tani..klo mesin ini diproduksi masal
Quote:Original Posted By drRidhoRhoma94
persentasenya harusnya dihadapan serikat pekerja, sambil presentase, presenternya ngemeng "ini loh mesin yang bisa gantiin pekerjaan manusia"

harusnya menteri pertanian nonton alat ini jg
Quote:Original Posted By pakmomon
wah klo buat manen sawah yg luas kayaknya lebih efektif ni mesin,
tapi klo cuman sawah yg kecil2 enakan pake tenaga manusia.

setuju gan
Quote:Original Posted By Mexalyth
Wah orang luar dah pake alat ini dari dulu kita baru sekarang. Semoga deh alat ini bisa memajukan dunia pertanian kita.

emoticon-Ngakak (S) iya gan orang luar dah lama pake alat ini
Quote:Original Posted By kurakura1983
Hayo anak2 ITB.. di jiplak tu mesin..di buat lagi dengan harga murah..moso china aja yg bisa jiplak mesin orang. kita harus belajar jadi plagiat. emoticon-Smilie

ayo buat dngan bahan lokal dan harganya terjangkau petani emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Cahsewu
smga aja adanya mesin ini bisa memajukan pertanian Indonesia
bukkannya dijadikan ajang mark up baru..emoticon-Shutup

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Bata (S) mpe dimark up
Quote:Original Posted By kikochan
semoga anak-anak bangsa bisa menciptakan mesin prontok yang lebih baik dengan harga yang lebih bersahabat aka murah bukan murahan

anak2 esemka mana ne emoticon-Smilie
semoga segera bs diproduksi di dalam negeri ni mesin, n klo bs harganya lebih murahemoticon-Add Friend (S)
emang sudah saatnya pakai mesin kayak gini.
krn efisiensi panen juga menentukan keuntungan petani.
buruh tani juga mahal skr, dan susah diperoleh krn anak muda sudah malu jadi kuli. lebih suka jadi ojek.
wah ane liat ini tadi gan,emoticon-Malu (S), ane pikir apaan orang2 pada berhenti di pinggir jalan,,ternyata liat ginian.emoticon-Malu (S)
mesinya kog ternyata dari china...,china lagi china lagi... indonesia jadi bangsa konsumen kog nggak habis2.
harganya tetep kemahalan gan emoticon-Frown







.MnNm™ post ©2012
Follow @mnnm_shop "Better Place for Shopping"
Seharusnya anak-anak SMK diberdayakan bikin ginian, negara kita kan (katanya) negara agraris.

emoticon-Malu (S)
mestinya kalau pemerintah memang pro petani ini harus dijadikan prioritas, kasih subsidi biar harganya terjangkau, jangan ngurusin mobil mulu.... jalan udah padat,....
dilematis jg, soal nya alat nya lmyn di perlukan buat mempersingkat panen, tapi yang kasihan buruh2 tani nya tuh emoticon-Big Grin