alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016987474/transportasi-umum-monorel-jakarta-cibubur-senayan
[Transportasi Umum] Monorel Jakarta, Cibubur-Senayan
[Transportasi Umum] Monorel Jakarta, Cibubur-Senayan

Quote:Jakarta - PT Adhi Karya Tbk telah menyusun konsep transportasi Jakarta. Dari hasil uji kelayakan (feasibility study/FS), rencananya akan dibangun 4 koridor monorel Jakarta sepanjang 60,55 kilometer (km).

Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan menjelaskan, pengembangan 4 koridor monorel Jakarta tahap I bisa menggantikan 7 koridor Transjakarta sepanjang 127,47 km yang telah beroperasi di jalur monorel.

"Intinya, tidak ada lagi busway di dalam lingkaran ini, karena selama ini busway menyita jalan publik," kata Kiswo saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Seperti diketahui, 4 koridor monorel usulan terbaru Adhi Karya yakni jalur pertama arah Palmerah-Tanah Abang sepanjang 14,5 km, jalur kedua arah Cawang-Jembatan Tiga/Tol Pelabuhan sepanjang 19,2 km, Simpang Kuningan-Underpass Kuningan sepanjang 600 meter, jalur ketiga arah Cawang Atas-Ancol sepanjang 14 km, jalur keempat arah Grogol-Harmoni-Cempaka Mas sepanjang 12,15 km.

Kiswo menegaskan, nantinya setelah monorel tahap pertama sepanjang 60,55 km beroperasi, bus Transjakarta akan difokuskan untuk menjadi feeder atau penghubung monorel.

"Semua akan diganti monorel dan busway yang akan melayani luarnya," tambahnya.


[URL="http://finance.detik..com/read/2012/10/16/194759/2064394/4/monorel-jakarta-bakal-gusur-7-koridor-busway"]http://finance.detik..com/read/2012/10/16/194759/2064394/4/monorel-jakarta-bakal-gusur-7-koridor-busway[/URL]

Quote:Jakarta - PT Jasa Marga Tbk berencana membangun monorel di atas jalan tol (elevated) dalam kota untuk rute Cibubur-Senayan. Cara ini lebih efektif mengurangi kepadatan kendaraan di jalan dan memperlancar aktivitas masyarakat dari Bogor atau Cibubur.

Atas rencana ini, Jasa Marga berencana menghadirkan parkir kendaraan yang ekstra luas bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan moda transportasi masal tersebut. Demikian disampaikan Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman saat berbincang dengan detikFinance, Senin (24/9/2012).

"Kita akan sediakan lahan untuk menampung mobil baru masyarakat yang pakai monorel. Mobil diparkir," katanya.

Lahan ini diperkirakan mampu menampung 1.000 mobil. Namun ide ini masih terus dimatangkan perseroan, termasuk posisi lahan parkir ekstra tersebut.

"Lahannya belum namun kalau melihat posisinya, tanah yang masih cukup luas antara pintu tol Cibubur dengan Bukit Golf (Cimanggis). Kita bebaskan untuk parkir," paparnya.

Ide pembangunan monorel Cibubur-Senayan ini merupakan pengganti rencana awal, yaitu jalan tol layang. Monorel sengaja dipilih karena proyek ini paling layak, dibandingkan jalan tol. Daya angkut monorel juga lebih banyak, dibandingkan mobil yang jalan layang diatas jalan tol dalam kota.

Ongkos pembangunan monorel dianggap lebih murah dibandingkan jalan tol. Biaya struktur lebih efisien karena beban angkut monorel lebih kecil dibandingkan mobil. "Pembangunannya jauh lebih murah karena kalau monorel bisa dipastikan bebannya. Namun mobil jika dalam keadaan macet, semua menumpuk. Beban jadi lebih besar," ucap Adit.


[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/24/094758/2031692/4/ada-monorel-cibubur-senayan-jasa-marga-siapkan-parkir-1000-mobil-orang-jakarta"]http://finance.detik..com/read/2012/09/24/094758/2031692/4/ada-monorel-cibubur-senayan-jasa-marga-siapkan-parkir-1000-mobil-orang-jakarta[/URL]

Ah cari-cari perumahan yg asri di cibubur ahhhh... emoticon-Traveller

Depok Margonda mana neh... belum apa-apa udah minta duit aja nih walikotanya emoticon-Bata (S)
semoga bukan hanya angan-angan belaka ..... emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
lanjutkan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By ab_3715
semoga bukan hanya angan-angan belaka ..... emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Amin.. tol jagorawi itu dimulai tahun 1973.. dalam 40 tahun ngga mungkin jakarta ngga punya blueprint yg bagus tentang transportasi umum yg teratur dan layak..

Cuma pihak pelaksananya aja klo gw rasa... belum lagi lobi-lobi industri otomotif yg secara logika sangat besar kemungkinan ada emoticon-I Love Indonesia (S)
kita tunggu aja semoga proyeknya bisa berjalan lancar.
naah inibaru bener emoticon-Big Grin...
Idenya siapa nih?

emoticon-Cendol (S)
Asiiiiik. Cibubur senayan. Apalagi kalo ampe jonggol hehehe.. Ane dukuuuung