alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016979380/tiap-jam-tiga-nyawa-melayang-sia-sia-kerena-lakalantas
Peringatan! 
Tiap Jam Tiga Nyawa Melayang Sia-sia Kerena Lakalantas
Quote:Tiap Jam Tiga Nyawa Melayang Sia-sia Kerena Lakalantas


Statistik menunjukkan jumlah kecelakaan lalu lintas makin meningkat dari tahun ke tahun. Catatan dari kepolisian, jumlah kecelakaan lalu lintas di tahun 2012 dari Januari hingga Juli mencapai angka 69.345 kecelakaan.
Dari jumlah tersebut 31.185 orang meninggal dunia. Jika dihitung per jam, sekitar tiga orang kehilangan nyawa sia-sia akibat kecelakaan lalu lintas.

Catatan kepolisian menunjukkan, dari total kecelakaan yang ada, sebanyak 81 persen disebabkan faktor manusia. Faktor manusia itu diindikasikan lewat pelanggaran atau tidak mematuhi peraturan lalu lintas, sisanya merupakan faktor teknis, alam dan lain sebagainya.
Hal itulah yang membuat pihak kepolisian berusaha untuk mengkampanyekan kesadaran untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan keselamatan dalam berkendara.

“Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan juga presiden dunia lainnya menerima amanat dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melaksanakan Road Safety Partnership Action, karena kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu faktor penyebab kematian di dunia," ujar Nanan Sukarna, saat menghadiri Jambore Otomotif Nasional di Pangandaran, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Di hadapan sekitar 5.000 peserta yang terdiri dari pengguna kendaraan bermotor roda dua dan empat dari seluruh penjuru Indonesia tersebut, Nanan yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga menegaskan pencegahan kecelakaan bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian saja.

"Jadilan pelopor berlalu-lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Dengan melakukan itu, kami berharap jumlah kecelakaan lalu lintas bisa ditekan," ujar Nanan.

“Jadi para pengendara kendaraan bermotor jika ditanya siapakah kita? Jangan lupa menjawab saya adalah pelopor keselamatan berlalu lintas. Semangat itu yang harus ditanamkan agar menjadi budaya positif demi keselamatan dan keamanan di jalan," pungkas Nanan disambut tepuk tangan para peserta.




sumber




smua tergantung ke pribadi masing2.."keluarga anda menunggu dirumah".. kyknya da bnr2 serius gan jika dilihat yg ane bold
Selalu hati-hati dalam berkendara, jangan lawan arah. yang motor udh gelap jangan lupa nyalain lampu, manufer jangan aneh-aneh + pakai helm emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sunsetrain
Selalu hati-hati dalam berkendara, jangan lawan arah. yang motor udh gelap jangan lupa nyalain lampu, manufer jangan aneh-aneh + pakai helm emoticon-Big Grin


iya pak gulu_____emoticon-Ngacir
Seleksi alam buat para pengendara alay, bloon dan ceroboh



Soalnya terlalu gampang dapat SIM dan beli kendaraan dinegara ini
Quote:Original Posted By sunsetrain
Selalu hati-hati dalam berkendara, jangan lawan arah. yang motor udh gelap jangan lupa nyalain lampu, manufer jangan aneh-aneh + pakai helm emoticon-Big Grin




dngrin tu wejangan agan di atas jgn sampe kyk gn



Tiap Jam Tiga Nyawa Melayang Sia-sia Kerena Lakalantas


v
v
v
v
v
v
v






Quote:Original Posted By SupermicroX9
iya pak gulu_____emoticon-Ngacir
Bener banget gan kesadaran harus dipupuk dalam diri individu tiap pemakai jalan! Perhatikan rambu2,taati peraturan dan berkendara dengan aman,merupakan faktor penting yang berguna untuk menekan resiko kecelakaan di jalan.
Tiap Tiga jam Nyawa Melayang Sia-sia Kerena jalan berlubang emoticon-Big Grin
yang bener 3 nyawa melayang sia2 gara2 oknum ga beradab yang yang ga punya otak emoticon-Mad:
jalan berlubang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan emoticon-Hammer2
Komen mantap,,
Quote:Original Posted By arzdontcry
Tiap Tiga jam Nyawa Melayang Sia-sia Kerena jalan berlubang emoticon-Big Grin


Di Ibukota negara aja masih banyak jalan berlubang dan benjolan tambalan yang kurang baik.. apalagi di luar ibukota.
Pengalaman 3 bulanan lalu, ane naek motor kecepatan cuma 40km labas lobang lebarnya 30 centian, motor oleng hampir jatuh.
Sendi jempol tangan ane bergeser karna setang hampir terlepas dari tangan, sampe sekarang masih berasa ngilu kalo di pijit sedikit.
Quote:Original Posted By arzdontcry
Tiap Tiga jam Nyawa Melayang Sia-sia Kerena jalan berlubang emoticon-Big Grin


dan lampu yg terlampau silau dimalam hari emoticon-Cape d... (S)
apalagi klo dibelakang motor alay yg lampu remnya diganti jd putih terang benderang yg bikin sakit mata dan silau emoticon-Blue Guy Bata (S)
apa ini merupakan pengendalian penduduk secara alami emoticon-Bingung (S)
perbaiki jalan dan rambu rambunya, dan kehati hatian pengendara... bisa mengurangi lakalantas
jalanan indonesia sempit, sering rusak (mgkin dananya dikorup)
udah gitu pengguna motor sering seenaknya di jalanan,
harusnya kecepatan sepeda motor dibatasi sampai 40 kmpj saja macam di vietnam emoticon-Ngakak (S)
Selama penjualan kendaraan gak dibatasi & tidak adanya pengawasan yg ketat dlm menerbitkan ijin mengemudi....siap2 sajah bakal meningkat jd 10 orang perhari yg tewas akibat laka lantas....ane ajah sekarang stop ogah naik motor,abis buanyak bener ababil,emak2,bocah2,orangtua yg guoblok kalo bawa motor dijalan emoticon-Cape d... (S)....mending naik kereta ajalah ,cari yg safety biar korban waktu asal selamat....karena dijakarta orang bener jarang bgt mati nabrak,tp mati ditabrak orang bego banyak
tiap hari sekarang berita tv ada aja 2-3 orang mati karena laka lantas, banyakan eman pake motor

ya gimana mau berkurang, sikap mereka kalo naek motor emang sembrono banget, smsan ga brenti, malah ketengah2 jalan, ga pake helm, ga tau cara pake sein, nyalip seenaknya, dna banyak lagi lah kesembronoan mereka
terkadang diri kita sudah hati2 pake safety riding tapi masih ada orang bebal yang nyari gara2.... kalo udah takdir mo gimana lagi...
tapi tiap pagi ane baca detik apdet an selalu kecelakan minimal 3 kecelakaan di jakarta...
Urutan Kunci keselamatan di jalan raya :
- Perilaku
- Konsentrasi
- Pengamatan Efektif
- Skill Mengemudi

Kenapa skill paling bawah? soalnya Valentino Rossi sekalipun, kalau kelakuannya ugal-ugalan macam sebagian pengguna jalan di Indonesia ya bakalan nyungsep juga. Mulai dari diri sendiri, bersikap defensive di jalan raya.

Kalau ngerasa jago, balapan di event resmi, di trek balap resmi, kalo alasan gak punya duit, ya jangan sok-sokan ngebut di jalan raya....
- setiap jam ada 3 nyawa melayang karena kecelakaan lalu lintas

ironisnya, kendaraan yang membunuhnya buatan jepang.... kalau kesimpulannya setiap jam ada 3 orang mati "dibunuh" jepang, betul atw kagak yah, .... ???

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Selama penjualan kendaraan gak dibatasi & tidak adanya pengawasan yg ketat dlm menerbitkan ijin mengemudi....siap2 sajah bakal meningkat jd 10 orang perhari yg tewas akibat laka lantas....ane ajah sekarang stop ogah naik motor,abis buanyak bener ababil,emak2,bocah2,orangtua yg guoblok kalo bawa motor dijalan emoticon-Cape d... (S)....mending naik kereta ajalah ,cari yg safety biar korban waktu asal selamat....karena dijakarta orang bener jarang bgt mati nabrak,tp mati ditabrak orang bego banyak


Yakin Gan mau perketat pembuatan SIM? Nggak usah ambil contoh jauh-jauh, misalnya kayak di tetangga, Malaysia. Jangan sentimen dulu, kalau hal yang bagus kan nggak ada salahnya ditiru.

Bikin SIM disana tahapannya panjang nggak sehari jadi macam di Indonesia. Sebelum nyobain praktek belajar nyetir mobil/motor, pemohon SIM disana harus ikut pelatihan teori dasar mengemudi dan aturan lalulintas. Abis itu ujian teori deh, kalo lulus baru dapat SIM dengan kode “L”, pemilik SIM ini boleh belajar mengemudikan mobil di area tertentu dengan mobil khusus dan didampingi instruktur bersertifikat dari Negara bagian. Jadi nggak bisa bapak kita atau suami kita sendiri ngajarin di jalan2 kompleks macem disini.

Setelah training praktek minimal 20 jam, baru boleh ikutan ujian praktek dan kalo lulus dapat SIM dengan kode “P”. SIM berkode “P” ini punya batasan-batasan tertentu soal kecepatan, cc mobil dan penumpang (ane lupa aturannya). Selama itu di mobil agan harus di temple stiker kode “P” di kaca depan dan belakang. Kalau 2 tahun nggak ada masalah baru dapat sim penuh.

Ane yakin kalau diterapkan disini bakalan demo besar atau malah jadi sarana pungli. Tapi efek system ini berasa sih, nyetir di KL relative lebih nyaman dibanding di Jakarta. Sistem yang mirip bahkan lebih ketat diterapkan juga di Singapura dan Australia. Lebih mahal? Ya pasti, tapi tetep lebih murah daripada kerugian akibat kecelakaan dan nyawa yang hilang sia-sia di jalan raya.

×