alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016979348/transportasi-jakarta-harus-diubah-dari-berbasis-jalan-ke-rel
Transportasi Jakarta Harus Diubah dari Berbasis Jalan ke Rel
Quote:Transportasi Jakarta Harus Diubah dari Berbasis Jalan ke Rel



JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah dilantik, dan langsung berhadapan dengan salah satu masalah Jakarta yang paling kronis, yakni kemacetan.
Mengenai masalah kemacetan di Jakarta, anggota DPR yang mengurusi masalah transportasi (Komisi V) Teguh Juwarno mengatakan, kuncinya adalah transportasi massal yang nyaman dan aman.

Menurut politisi PAN, model transportasi di Jakarta harus diubah, dari berbasis jalan ke rel. Untuk itu, Jokowi harus duduk bareng dengan jajaran PT KAI, untuk membicarakan hal tersebut.

"Agar kereta yang mengangkut pekerja dari luar Jakarta, betul-betul dibuat nyaman dan memadai, baik dari kapasitas maupun harga. Karena, dengan kereta bisa tepat waktu. Maka, pekerja akan beralih dari kendaraan pribadi ke kereta," tutur Teguh kepada Tribun, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/10/2012).

Selain itu, pada saat yang sama disambungkan dari stasiun-stasiun dengan Bus TransJakarta, yang mengangkut ke lokasi-lokasi kerja di kawasan perkantoran.

Untuk itu, kata Teguh, perlu dilakukan revitalisasi peran TransJakarta. Juga, harus ditambah kapasitas dan kepastian waktu kedatangan di titik-titik pemberhentiannya.
"Bila alur ini saja bisa dibenahi, maka saya yakin pengguna kendaraan pribadi akan mau beralih ke moda transportasi umum," ucapnya.



sumber



idenya oke pak..tinggal pelaksanaanya..



Quote:Jokowi: Monorel Itu Masalah Sederhana, Jangan Dibuat Rumit


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai persoalan monorel masalah mudah dan tidak perlu menjadi rumit. Seperti juga Mass Rapid Transit (MRT) yang dalam waktu dekat ini akan dibahas secara keseluruhan untuk segera dilaksanakan pembangunannya.

"Sekarang monorel berhenti, jadi harus presentasi lagi. Kalau kalkulasi oke, rencana makronya oke, jalan. Jangan rumit-rumit lah, masalah sederhana jangan dibikin rumit," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 17 Oktober 2012.

Karena itu, Jokowi akan membahas mengenai monorel dan MRT secara keseluruhan. Dalam waktu dekat akan dipresentasikan. Bila tidak ada kendala, termasuk masalah pendanaan, maka proyek tersebut akan segera dijalankan. Demikan juga dengan monorel.

Jokowi memastikan bahwa monorel tidak akan menggusur jalur busway. Nantinya, monorel justru akan dibangun bersebelahan dengan jalur bus Transjakarta.

"Jadi mau menggusur gimana. Nanti kalau MRT dan monorel sudah selesai, baru busway digeser ke pinggir. Duitnya juga masih kurang. Nanti (TransJakarta) jadi feeder," katanya.
mudah-mudahan ga beli kereta seken dari luar negeriemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kaoskoruptor
Itu Ide dari jamannya sutiyoso, dari jaman dulu kala juga. harusnya berbarengan antara transport jalan raya sama rel, masa Ibu Kota Negara ga punya Blue Print perencanaan kota..

Yang paling penting sebenernya ya kontrol penjualan kendaraan motor roda dua atau roda selebihnya, itu yang bikin kacau, kongkalikong sm produsen mobil jepang emoticon-Big Grin :


iye gan bnr jg ente..tp apakah berani ya pak joko batesin kendaraan bermotor ato pajak nya dibuat mahal..
tapi juga harus di tambah dong jalanya
mendingan busway nya diganti kereta aja
kegunaannya banyak, bisa utk seruduk penyerobot jalur buswayy yg masih nekad masuk kedalam sekalian ngurangin jumlah pndududuk alay
trus bisa ngangkut banyak orang , jauh lebih banyak dari busway
atau bisa juga dibikin monorel di jalur busway, gak usah tinggi tinggi lah, yg sejajar sama jalan juga gak papa
sekalian bikin pagar pengaman biar org gk bisa masuk kesitu

jujur aja, ngurangin kemacetan itu gak mngkin rasanya
yg bisa dilakukan paling mengurangi minat pemilik kendaraan utk memakai kendaraan nya
itu bisa dilakukan dgn memperbanyak transportasi massal hingga ke pelosok pelosok, jangan cuma di jalan protokol yg gede gede aja
trus angkot2x yg ada, hapuskan sistim setoran, di gaji aja supir nya, jadi mereka gak ngetem lagi (bikin macet) dan gak ugal2xan lagi
Quote:Original Posted By rexdamnatorum
mendingan busway nya diganti kereta aja
kegunaannya banyak, bisa utk seruduk penyerobot jalur buswayy yg masih nekad masuk kedalam sekalian ngurangin jumlah pndududuk alay
trus bisa ngangkut banyak orang , jauh lebih banyak dari busway
atau bisa juga dibikin monorel di jalur busway, gak usah tinggi tinggi lah, yg sejajar sama jalan juga gak papa
sekalian bikin pagar pengaman biar org gk bisa masuk kesitu

jujur aja, ngurangin kemacetan itu gak mngkin rasanya
yg bisa dilakukan paling mengurangi minat pemilik kendaraan utk memakai kendaraan nya
itu bisa dilakukan dgn memperbanyak transportasi massal hingga ke pelosok pelosok, jangan cuma di jalan protokol yg gede gede aja
trus angkot2x yg ada, hapuskan sistim setoran, di gaji aja supir nya, jadi mereka gak ngetem lagi (bikin macet) dan gak ugal2xan lagi

iya, percuma ada busway juga.
mending jalurnya buat railbus yang kaya di solo aja kasih gerbong yang banyak ..
Quote:Original Posted By kaoskoruptor
Itu Ide dari jamannya sutiyoso, dari jaman dulu kala juga. harusnya berbarengan antara transport jalan raya sama rel, masa Ibu Kota Negara ga punya Blue Print perencanaan kota..

Yang paling penting sebenernya ya kontrol penjualan kendaraan motor roda dua atau roda selebihnya, itu yang bikin kacau, kongkalikong sm produsen mobil jepang emoticon-Big Grin


bner juga nih kata agan emoticon-Big Grin
Ide paling masuk akal ngurangin kendaraan ya ganjil genap. Asal transportasi massal udah memadai. Ane yakin pengguna mobil mau beralih. asal dari dan ke halte/stasiun aman, nyaman.
asyik akan ada trem di jekardah
dari tahun jebot cuma ide dan wacana doang...
kapan pelaksanaannya ? emoticon-Bata (S)
di kota-kota besar indonesia sepertinya harus nunggu ancaman macet dulu agar beralih ke transportasi berbasis rel emoticon-Ngakak
langsung action ajah pak, biar masalahnya dapat langsung teratasi
turut mendukung, jengah benar dengan kemacetan di jakarta
apapun caranya, yang penting kemacetan bisa ditekan
dan tahun depan banyak mobil murah bertebaran.. bisa dibayangkan???

semoga 1 tahun ke depan sudah ada tata lalu lintas yang lebih teratur saja, untuk kendaraan massal mungkin butuh 2 / 3 tahun lagi..

ane setuju kalo ganti bus ama kereta, asal....
relnya kalo bisa jangan nyatu ama jalanan mobil (ntah buat flyover, terowongan bawah tanah atau kepisah agak jauh ama jalan

kenapa?
ane pernah tinggal di kota yang pake sistem tram di tengah jalan, dan itu kurang efektif kalo jalanan macet atau ada kecelakaan. tetep aja harus berhenti tuh tram... beberapa minggu yang lalu ane harus nunggu 30 menit di tram gara gara ada kecelakaan di jalur tram dan ya tam gak bisa lewat emoticon-Hammer2
yang penting saran transportasi umum nyaman, aman dan tepat waktu ... emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By SupermicroX9
mudah-mudahan ga beli kereta seken dari luar negeriemoticon-Big Grin


kalo uangnya seken ya keretanya juga seken emoticon-Ngakak
Peralihan ke jalur kereta akan lebih efektif klo dibarengin juga dengan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi,,supaya mereka beralih ke kendaraan umum...
keuntungan pake rel, gak bakalan bisa diterobos ama kendaraan lain, even plat merah mau nerobos jalur busway juga gak bakalan bisa, so tetap steril buat bus
×