alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016976092/panser-anoa-alat-tempur-quotmaticquot-buatan-pindad
Hepi 
Panser Anoa, Alat Tempur "Matic" Buatan Pindad
Panser Anoa, Alat Tempur "Matic" Buatan Pindad

Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) produksi dalam negeri kini mulai diminati negara-negara luar negeri. Salah satu produsen dalam negeri paling dilirik adalah PT Pindad (Persero).

Menurut Kepala Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Iwan Kusdiana, PT Pindad memproduksi sejumlah peralatan, di antaranya senjata, munisi, dan panser. Salah satu paling diminati selain senjata, adalah Panser Anoa.

Iwan menjelaskan, Panser Anoa buatan PT Pindad ini dibuat dengan mesin automatic. "Ini sudah matic. Jadi seperti kita mengendarai Honda Jazz atau lainnya posisi di D itu dia sudah jalan sendiri. Mesinnya kita pakai Renault, transmisinya ZR, sehingga bisa dikendarai dengan sistem otomatis," kata Iwan di PT Pindad, Bandung, Jawa Barat, Selasa 16 Oktober 2012.

Cuma bedanya, lanjut Iwan, bagaimana pun juga Panser Anoa merupakan kendaraan tempur, di mana saat melaju di medan-medan yang sangat extrem seperti di lumpur atau lainnya, maka tidak direkomendasikan di posisi D. "Kita rekomen posisi 1 atau 2 untuk menyeimbangkan dengan medannya," kata dia.

Iwan menjelaskan, mesin matic Panser Anoa bisa diatur dalam posisi full otomatis atau dibatasi gigi otomatisnya. "Jadi kalau di lokasi extrem dia bisa main di posisi 1 atau posisi 2, tidak perlu diatur sampai full otomatis," ujar dia.

Menurutnya, negara-negara luar memang menunjukkan ketertarikannya terhadap Panser Anoa ini. Dan PT Pindad juga akan melakukan kustomisasi sesuai permintaan negara berminat. "Misalnya Filipina, dia minta mesinnya pakai mesin Mercy. Jadi kita sesuaikan permintaan dia," kata dia.

Meski begitu, Iwan mengakui, belum ada satu negara pun yang sudah deal untuk membeli alutsista buatan PT Pindad, khususnya Panser Anoa. Semua masih dalam tahap penjajakan.

"Belum ada deal. Yang sudah ada deal itu cuma dari dalam negeri. Negara luar yang sudah penjajakan, itu Malaysia, kemarin dia minta 31 Panser Anoa. Brunei Darussalam 10 buah. Ada juga dari Irak. Kalau fix, nanti ada kontrak pembelian," ujar Iwan.

Anoa Paling Laris

Panser Anoa menjadi produksi PT Pindad yang paling laris terjual. Meski, pembelinya masih dalam negeri, seperti TNI dan Polri. Bahkan, karena Anoa ini, penjualan PT Pindad menjadi melambung. "Secara penjualan sedikit, tapi omzetnya besar. Kita sampai 2008, ada omzet Rp1,13 triliun. Karena itu penjualan PT Pindad didongkrak oleh penjualan Anoa," ujar Iwan.

"Itu omzet dalam negeri saja. Karena harga untuk luar negeri itu beda," ujarnya.

Pada tahun 2008, dia menambahkan, TNI memesan 154 buah Panser Anoa berbagai tipe. Untuk tahun 2011 TNI memesan 11 Panser Anoa tipe APC. "Tahun ini pesan 61 unit," kata dia.

"Tipe Anoa itu ada tipe APC, Ambulan, Recovery, Logistik, Amunisi. Itu sudah tersebar di berbagai Kodam. Siliwangi, Makassar, Timika, dan lain-lain," ujarnya.

Iwan menjelaskan, Panser Anoa memang digunakan untuk pengamanan juga. "Biasanya pengamanan tamu-tamu penting VVIP atau ada kunjungan Presiden keluar kota," ujar Iwan

Sumber
wah boleh juga nih pindad,,,,
tentu saja harga nya lebih terjangkau dan kualitas nya tak di ragukan lagi,,,,
terus berekperimen aja dah buat masa depan,,,,,emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
kudu dikembangin lagi nih kendaraan2an bikinan pindad,
tar kan bisa diekspor keluar biar nambah2 devisa buat negara.
Pansernya bagus. emoticon-thumbsup:


Poto yang naik panser saja bikin nggak bagus.emoticon-thumbdown
anoa itu sejenis dengan kerbau kan ?
iya mirip gan

Panser Anoa, Alat Tempur "Matic" Buatan Pindad

pibot jg sama dengan kerbau emoticon-Ngakak (S):
keren nyoooo emoticon-Matabelo kemaren nntn acara offroad, banyak boil nya yg pake matic..ane aja sampe bingung, matic bisa buat offroad, tenaganya ga kalah pula sama yg manual.. ternyata skrg buat panser jugaa.. emoticon-Matabelo
karena ada seorang oknum tertentu, fotonya jadi disturbing gan, request ganti dong : ngakak
Malaysia belinya lumayan banyak tuh, keknya ada something deh emoticon-Ngakak (S)

Panser anoa, ntar panser orang utan pasti lebih kereen.. Tuh panser bisa manjat2 emoticon-Hammer

emoticon-Ngacir
boleh g org sipil beli!!!!
wah salut deh buat pindad emoticon-I Love Indonesia
boleh juga nih Pindad .
Tingkatkan deh , buat indonesia bangga emoticon-thumbsup
namanya kurang gagah.. emoticon-Hammer2

btw ada yg sudah tes di medan tempur?
semoga makin abgus nih pindad emoticon-I Love Indonesia (S)







.MnNm™ post ©2012
Follow @mnnm_shop "Better Place for Shopping"